cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. blitar,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
ISSN : 25985175     EISSN : 25982877     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual is a scientific journal published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar c.q. Faculty of Science Education. This journal appears in both electronic and printed versions. This journal is published 4 (four) times a year ie January, April, July, October. This journal is for academics, practitioners, and educational stakeholders who want to publish and develop research results and thoughts for the progress of education.
Arjuna Subject : -
Articles 23 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 2 (2020): Volume 4, Nomor 2, April 2020" : 23 Documents clear
Upaya Peningkatan Kemampuan Guru dalam Membuat Media Pembelajaran Melalui Pelatihan Berbasis Masalah Asminarti .
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 4 No 2 (2020): Volume 4, Nomor 2, April 2020
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (308.802 KB) | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v4i2.216

Abstract

Berangkat dari permasalahan yang ada di SDN 184/V Parit Ponco, yakni tidak ada guru yang mengajar dengan media dan pembelajaran masih cenderung menggunakan metode ceramah maka dilakukan penelitian tindakan sekolah. Penelitian ini dilakukan selama 2 siklus dengan mengimpelementasikan pelatihan berbasis masalah dengan mengadaptasi model pembelajaran problem-based learning (PBL). Penelitian dilaksanakan di SDN 184/V Parit Ponco pada 8 guru. Data penelitian berupa data kuantitatif yang diperoleh dari lembar observasi untuk menilai 4 aspek dalam bentuk skala scematic differential. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan rata-rata skor kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran, yakni dari 59,97 pada siklus I menjadi 81,69 dengan semua guru menunjukkan adanya peningkatan skor. Selain itu, keempat aspek yang diukur dalam melihat kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran juga menunjukkan adanya peningkatan skor.
Penggunaan Media Kartu Angka untuk Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan dan Pengurangan Sriyati .
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 4 No 2 (2020): Volume 4, Nomor 2, April 2020
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (289.161 KB) | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v4i2.209

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penjumlahan dan pengurangan melalui kegiatan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilakukan di kelas 1 SDN 4/V Kuala Tungkal dengan subjek penelitian 27 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal tes penjumlahan dan pengurangan sebanyak 10 soal. Hasil penelitian berdasarkan nilai rata-rata daya serap individu meningkat dari 58,15 pada observasi awal menjadi 70,4 pada siklus I dan menjadi 86,7 pada siklus II. Nilai ketuntasan belajar klasikal juga meningkat dari 29,63 pada observasi awal menjadi 66,7% pada siklus I dan menjadi 92,6% pada siklus II. Dapat disimpulkan penelitian penggunaan media kartu angka berhasil dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam penjumlahan dan pengurangan.
Penerapan Supervisi Akademik dengan Teknik Pendekatan Lesson Study dapat Meningkatkan Profesionalisme Guru Ekonomi Andi Asrifan; Gunawan Gunawan
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 4 No 2 (2020): Volume 4, Nomor 2, April 2020
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (185.597 KB) | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v4i2.198

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan profesionalisme guru dalam mengajar di kelas melalui penerapan supervisi akademik dengan teknik pendekatan lesson study. Prosedur penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini berupa tindakan yang terbagi dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat kegiatan pokok, yaitu perencanaan, pelaksanaan, refleksi dan evaluasi. Tindakan yang dilakukan berupa simulasi mengajar/ tutor sebaya dengan menggunakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ) dengan pendekatan Lesson Study. Hasil penelitian tindakan sekolah ini pada siklus I dan siklus II adalah : (a), rata-rata hasil simulasi mengajar skor 74,83 (siklus I) dan 93,17 (siklus II), (b), Sikap guru terhadap simulasi PBM skor 73 (siklus I) dan 88 (siklus II), (c), Pembuatan RPP skor 73,83 (siklus I) dan 95,50 ( siklus II) (d). Pelaksanaan PBM di kelas skor 79 (siklus I) dan 95,83 (siklus II).Simpulan penelitian ini adalah pengawasan akademik dengan cara supervisi akademik dengan pendekatan lesson study lebih menumbuhkan profesionalisme guru dalam mengajar di kelas. Peneliti merekomendasikan agar kegiatan penelitian tindakan sekolah ini terus dilakukan untuk memperbaiki mutu profesionalisme guru dan sekolah, dengan terjalin komunikasi yang harmonis setiap elemen pendidikan akan dapat menyelesaikan permasalahan secara tuntas
Integrasi STEM dalam Proses Pembelajaran untuk Mengembangkan Soft Skill pada Siswa SDN Dandong 01 Srengat Blitar ANA WULANDANINGRUM, ENIS
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 4 No 2 (2020): Volume 4, Nomor 2, April 2020
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (395.441 KB) | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v4i2.227

Abstract

Pembelajaran berkualitas ditandai dengan tingginya keaktifan siswa dan ketepatan guru memilih metode pembelajaran. Tuntutan Kurikulum 2013 adalah keseimbangan soft skill perlu ditanamkan sejak SD. Penerapan STEM dalam pembelajaran dioptimalkan untuk memacu guru berkreatif dan mendorong siswa berpikir kritis. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa dan mendiskripsikan pengintegrasian STEM dalam pembelajaran dengan mengembangkan soft skill siswa Dandong Metode pemecahan masalah tiga tahap : persiapan, implementasi dan evaluasi. Persiapan (melakukan survei), pendahuluan (melihat kondisi di lapangan mengenai pengembangan profesional guru). Implementasi (pelatihan, metode ceramah dan presentasi, praktik pengajaran STEM). Evaluasi kegiatan dilakukan setiap tahap dengan mengumpulkan dan meringkas data setiap aktivitas.
Penerapan Permainan Tebak Gambar dan Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Kelompok A1 TK Negeri Pakunden 1 Kota Blitar Budiarti, Siti Nur Indah
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 4 No 2 (2020): Volume 4, Nomor 2, April 2020
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (104.047 KB) | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v4i2.217

Abstract

Bagi anak TK kelompok A, kemampuan berbahasa menjadi dasar utama untuk memasuki jenjang berikutnya.Kemampuan berbahasa harus dikuasai oleh anak agar dapat mengembangkan dirinya.Pada kenyataannya, di TK masih banyak guru yang belum mampu mengembangkan kemampuan berbahasa anak.Metode yang digunakan selalu tetap dan kurangnya media pembelajaran yang menarik dan melibatkan anak dalam pembelajaran, sehingga anak merasa bosan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimanakah penerapan permainan tebak gambar dan huruf untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak kelompok A1 TK Negeri Pakunden 1 Kota Blitar? 2) Apakah penerapan permainan tebak gambar dan huruf dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak kelompok A1 TK Negeri Pakunden 1 Kota Blitar? Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Subjek Penelitian ini adalah anak kelompok A1 TK Negeri Pakunden 1 dengan jumlah 15 anak.Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan penugasan, observasi dan dokumentasi.Instrumen penelitian berupa lembar observasi, lembar penilaian dan dokumen foto pembelajaran.Analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif dan kuantitatif, dengan bersifat kolaborasi dengan guru kelas. Pertemuan pada siklus I media yang digunakan yaitu I papan flannel, gambar binatang dan kartu huruf.Ketuntasan pada siklus I hanya 65% atau 7 anak yang belum berhasil.Pertemuan pada siklus II media yang digunakan yaitu 2 papan flannel, gambar binatang dan kartu huruf.Ketuntasan pada siklus II yaitu menjadi 95% atau 13 anak dapat dikatakan berhasil. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan penerapan permainan tebak gambar dan huruf dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak kelompok A1 di TK Negeri Pakunden 1 Kota Blitar, terbukti dari hasil ketuntasan kelas pada siklus II anak mampu merangkai huruf dengan benar. Disarankan bagi 1) pendidik agar memilih media yang cocok dan selalu memanfaatkan sumber belajar yang ada 2) bagi sekolah dapat memberikan bimbingan dan masukan kepada guru-guru di TK agar menggunakan pembelajaran yang menyenangkan dan tidak membosankan bagi anak, 3) Peneliti berikutnya diharapkan dapat memilih metode, teknik, media, serta permainan yang lebih inovatif lagi guna mencapai pembelajaran yang optimal.
Pelatihan Berbasis Peer Assessment dalam Meningkatkan Kualitas Rancangan Lembar Kerja Siswa (LKS) oleh Guru Mat Kasuri
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 4 No 2 (2020): Volume 4, Nomor 2, April 2020
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (244.273 KB) | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v4i2.210

Abstract

Berlatar belakang temuan rendahnya pengetahuan guru mengenai lembar kerja siswa (LKS) dan jarangnya guru merancang LKS untuk pembelajaran maka dilakukan penelitian tindakan sekolah (PTS). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas rancangan LKS yang disusun oleh guru disamping memberi pengetahuan terkait LKS dengan menerapkan peer assessment. Penelitian dilakukan di SDN 042/V Senyerang pada 9 guru (3 guru laki-laki dan 6 guru perempuan). Penelitian dilakukan selama dua siklus. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan melakukan scoring skala 100 sedangkan analisis data kuantitatif mengikuti langkah Miles dan Huberman. Penerapan peer assessment dalam pelatihan guru untuk merancang LKS menunjukkan hasil yang positif. Rata-rata skor kualitas rancangan LKS guru mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I rata-rata skor kualitas rancangan LKS adalah 82,22 dan meningkat menjadi 94,17 pada siklus II. Selain itu, berdasarkan ketiga aspek yang dinilai yakni aspek konten, tampilan dan bahasa juga mengalami peningkatan.
Penerapan Supervisi Akademik oleh Pengawas Sekolah dapat Meningkatkan Profesionalisme Guru dalam Menyusun Silabus dan RPP Andi Asrifan; Anis Pacinongi
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 4 No 2 (2020): Volume 4, Nomor 2, April 2020
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (264.412 KB) | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v4i2.199

Abstract

Penelitian tindakan sekolah ini didasari oleh tujuan untuk meningkatkan profesionalisme guru dalam menyusun silabus dan RPP untuk kegiatan belajar mengajar. Sedangkan tujuan umum dari kegiatan penelitian tindakan sekolah ini adalah untuk mengetahui penerapan supervisi akademik oleh pengawas sekolah dapat meningkatkan profesionalisme kerja guru penjaskes dalam kegiatan belajar mengajar di Sekolah. Simpulan yang diperoleh dari kegiatan PTS ini adalah 1) Penerapan supervisi akademik oleh pengawas sekolah terhadap guru penjaskes di SMA Negeri 1 Panca Lautang dapat meningkatkan profesionalisme guru dalam menyusun silabus dan RPP untuk kegiatan belajar mengajar di kelas. 2) Hasil analisis menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan guru penjaskes dalam menyusun silabus dan RPP, berimplikasi pada peningkatan partisipasi atau keaktifan siswa serta terhadap kegiatan belajar mengajar yang dapat mempengaruhi peningkatan prestasi siswa.
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Instalasi Tegangan Menegah 20 Kv Melalui Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Siswa Kelas XII TITL3 SMKN 01 Blitar ., Darwanto
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 4 No 2 (2020): Volume 4, Nomor 2, April 2020
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (58.096 KB) | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v4i2.231

Abstract

Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning siti nuriyah
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 4 No 2 (2020): Volume 4, Nomor 2, April 2020
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (345.138 KB) | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v4i2.187

Abstract

Dalam kurikulum 2013 pada prinsip pelaksanaan adalah berpusat pada peserta didik yang berbasis aktifitas yang memberikan kesempatan untuk mengembangkan potensi minat dan bakatnya dalam bidang yang ditekuninya secara mandiri. Upaya memandirikan siswa untuk belajar, bekerja sama, dan menilai diri sendiri diutamakan agar siswa mampu membangun kemauan, pemahaman, dan pengetahuannya. Peningkatan potensi, kecerdasan, dan motivasi siswa perlu terus-menerus diupayakan dengan cara proses pembelajaran yang direncanakan oleh guru. Upaya yang dilakukan guru adalah menggunakan model Problem Based Learning (PBL) sangat cocok untuk memotivasi siswa dalam memecahkan masalah masalah terkait dengan materi Pengaruh perubahan dan interaksi keruangan terhadap kehidupan di negara negara ASEAN. Dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) peserta didik dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial secara keseluruhan
Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Think Pair Share Siswa Kelas X Tata Boga Smk Negeri 3 Blitar syayidati islamiyati
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 4 No 2 (2020): Volume 4, Nomor 2, April 2020
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (161.219 KB) | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v4i2.218

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pembelajaran model Kooperatif Think Pair Share yang dapat meningkatkan hasil belajar materi gaya, usaha, dan energi pada siswa kelas X Tata Boga 1 SMK Negeri 3 Blitar Tahun Pelajaran 2019/2020Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksananakan dalam 2 siklus dengan tahapan (a) perencanaan (b) pelaksanaan (c) observasi dan (d) refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, dokumentasi, catatan lapangan, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan metode Think Pair Share (TPS) diawali dengan (1) Eksplorasi, yaitu guru menggali pengatahuan awal siswa yang berkaitan dengan materi, (2) Eksplanasi, yaitu guru membagi menjadi tiga tahap pembelajaran yaitu tahap berpikir atau Think, tahap berpasangan atau Pair dan tahap berbagi atau Share, (3) Ekspansi, yaitu guru memberikan tugas pada siswa yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari dan terakhir (4) evaluasi, yaitu guru melakukan tes. Ada peningkatan hasil belajar materi gaya, usaha, dan energi setelah dilakukan tindakan pembelajaran dengan model Think Pair Share (TPS), dimana pada siklus I tingkat ketuntasan belajar hanya mencapai 55,88% dan pada siklus II menjadi 91,18%. Disamping itu aktivitas guru dan siswa juga mengalami peningkatan dimana sebelumnya berkategori baik menjadi sangat baik. Begitu juga ketrampilan kooperatif dengan Think Pair Share (TPS), dari baik menjadi sangat baik.

Page 1 of 3 | Total Record : 23


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol 9 No 4 (2025): Volume 9, Nomor 4 Tahun 2025 Vol 9 No 3 (2025): Volume 9, Nomor 3 Tahun 2025 Vol 9 No 2 (2025): Volume 9, Nomor 2 Tahun 2025 Vol 9 No 1 (2025): Volume 9, Nomor 1 Tahun 2025 Vol 8 No 4 (2024): Volume 8, Nomor 4 Tahun 2024 Vol 8 No 3 (2024): Volume 8, Nomor 3, 2024 Vol 8 No 2 (2024): Volume 8, Nomor 2, 2024 Vol 8 No 1 (2024): Volume 8, Nomor 1, 2024 Vol 7 No 4 (2023): Volume 7, Nomor 4, 2023 Vol 7 No 3 (2023): Volume 3 Nomor 3, 2023 Vol 7 No 2 (2023): Volume 7 Nomor 2, 2023 Vol 7 No 1 (2023): Volume 7, Nomor 1, 2023 Vol 6 No 4 (2022): Volume 6, Nomor 4, Oktober 2022 Vol 6 No 3 (2022): Volume 6, Nomor 3, Juli 2022 Vol 6 No 2 (2022): Volume 6, Nomor 2, April 2022 Vol 6 No 1 (2022): Volume 6, Nomor 1, Januari 2022 Vol 5 No 4 (2021): Volume 5, Nomor 4, Oktober 2021 Vol 5 No 3 (2021): Volume 5, Nomor 3, Juli 2021 Vol 5 No 2 (2021): Volume 5, Nomor 2, April 2021 Vol 5 No 1 (2021): Volume 5, Nomor 1, Januari 2021 Vol 4 No 4 (2020): Volume 4, Nomor 4, Oktober 2020 Vol 4 No 3 (2020): Volume 4, Nomor 3, Juli 2020 Vol 4 No 2 (2020): Volume 4, Nomor 2, April 2020 Vol 4 No 1 (2020): Volume 4, Nomor 1, January 2020 Vol 3 No 4 (2019): Volume 3, Nomor 4, Oktober 2019 Vol 3 No 3 (2019): Volume 3, Nomor 3, Juli 2019 Vol 3 No 2 (2019): Volume 3, Nomor 2, April 2019 Vol 3 No 1 (2019): Volume 3, Nomor 1, Januari 2019 Vol 2 No 4 (2018): Volume 2, Nomor 4, Oktober 2018 Vol 2 No 3 (2018): Volume 2, Nomor 3, Juli 2018 Vol 2 No 2 (2018): Volume 2, Nomor 2, April 2018 Vol 2 No 1 (2018): Volume 2, Nomor 1, Januari 2018 Vol 2 No 1 (2018): Volume 2, Nomor 1, Januari 2018 Vol 1 No 1 (2017): Volume 1, Nomor 1, Oktober 2017 More Issue