cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. blitar,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
ISSN : 25985175     EISSN : 25982877     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual is a scientific journal published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar c.q. Faculty of Science Education. This journal appears in both electronic and printed versions. This journal is published 4 (four) times a year ie January, April, July, October. This journal is for academics, practitioners, and educational stakeholders who want to publish and develop research results and thoughts for the progress of education.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 9 No 3 (2025): Volume 9, Nomor 3 Tahun 2025" : 5 Documents clear
INOVASI TINDAK TUTUR ILOKUSI: MENINGKATKAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VIII SMP NABAWI MAFTAHUL ULUUM TULISKRIYO Huda, Moh Sulhi; Hadi, Saptono; Sa’diyah, Lailiyatus; Hermawan, Agus
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 9 No 3 (2025): Volume 9, Nomor 3 Tahun 2025
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v9i3.1261

Abstract

Penelitian ini menganalisis tuturan ilokusif kegiatan belajar mengajar (KBM) mata pelajaran Bina tingkat 8 Sekolah Menengah Pertama Nabawi Maftahul Uluum Tuliskriyo. Melalui ancangan qualitative, riil objektif data-data didapatkan melalui kegiatan pengamatan mendalam, kritisi, yang diperkuat dengan tindakan interview narasumber terpilih, guru serta siswa. Analisis menyimpulkan data temuan bahwa tindak tutur ilokusif, seperti meminta, menawarkan, dan memberi penjelasan, berperan penting dalam meningkatkan interaksi dan pemahaman materi. Penelitian ini mengungkapkan bahwa penggunaan strategi komunikasi yang tepat dapat memfasilitasi KBM lebih menunjukkan efektivitas tinggi, serta menciptakan ekosistem belajar-pembelajaran berpartisipasi aktif siswa. Temuan ini diharapkan memberikan kontribusi bagi pengembangan metode pengajaran Bahasa Indonesia.
ANALISIS KESALAHAN TANDA BACA LEMBAR JAWAB KUIS ACADEMIC WRITING SKILLS MAHASISWA PS PBI/FIPS UNU BLITAR Khoir, Ilya Saniyatul; Hadi, Saptono; Sa’diyah, Lailiyatus; Hermawan, Agus
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 9 No 3 (2025): Volume 9, Nomor 3 Tahun 2025
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v9i3.1270

Abstract

Riset berupaya menganalisis ketidaktepatan/kesalahan penanda bacaan pada lembar jawab kuis mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia dalam mata kuliah keterampilan menulis. Ancangan riset mengimplementasikan descrptive qualitative, analisis isi dipergunakan untuk mengumpulkan bukti/dokumen yang dibutuhkan. Hasil riset mengidentifikasi bahwa kesalahan paling signifikan terjadi pada penggunaan tanda (.), akronim, kapital, (,), (/), (?), dan ejaan. Temuan ini menunjukkan perlunya perbaikan dalam pengajaran keterampilan menulis, agar mahasiswa dapat menggunakan tanda baca dengan benar. Rekomendasi yang diberikan mencakup peningkatan frekuensi pembelajaran tanda baca serta penyediaan umpan balik yang konstruktif untuk mendukung perkembangan kemampuan mahasiswa.
PENGEMBANGAN BUKU AJAR GEOGRAFI BERBASIS MICROLEARNING UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MATERI LINGKUNGAN PADA PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 SUMBERREJO Nur Saida, Baiti; Hari P, Nugroho; Fahrudin Fadirubun, Fahmi
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 9 No 3 (2025): Volume 9, Nomor 3 Tahun 2025
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v9i3.1336

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektifitas penggunaan google earth dalam meningkatkan kemampuan berpikir spasial dan mendeskripsikan keaktifan belajar siswa pada materi hidrosfer kelas X di SMAN 1 Balen Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen antara kelas esperimen dan kelas kontrol. Kemampuan berpikir spasial dilihat dari membandingkan pretest dan posttest. Keaktifan belajar dari lembar observasi pembelajaran. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan google earth secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir spasial siswa dibandingkan pembelajaran konvensional. Keaktifan belajar siswa pada partisipasi dan sekap siswa di kelas eksperimen juga lebih tinggi daripada kelas kontrol. Kata kunci: Google Earth, berpikir spasial, keaktifan belajar, hidrosfer.
PENERAPAN KAMUS GEOGRAFI BERBASIS BOT TELEGRAM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI FENOMENA GEOSFER SUB BAB LITOSFER Ikhlasul, Galih; Murtini, Sri; Rindawati, Rindawati
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 9 No 3 (2025): Volume 9, Nomor 3 Tahun 2025
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v9i3.1337

Abstract

This study aims to develop and assess the effectiveness of implementing a Telegram Bot-based Geography Dictionary in enhancing students' geographical literacy, specifically in understanding Lithosphere material. The method used was a quasi-experimental design with a non-equivalent control group, involving two groups: an experimental group that utilized the Telegram Bot as a learning medium and a control group that used PowerPoint as a medium. The research results indicate that the application of the Telegram Bot as an interactive learning medium significantly improved students' geographical literacy. In the pre-test, the experimental group obtained an average score of 59.11%, while the control group scored 58.63%. However, after the implementation of the Telegram Bot medium, the experimental group experienced a higher increase, with post-test scores reaching 76.56%, whereas the control group only recorded a score of 67.89%. An independent T-test revealed a significant difference between the two groups (p < 0.05), confirming that the use of the Telegram Bot had a greater impact on improving students' geographical literacy. Media validation results by material experts and media experts also showed that this medium is highly suitable for use in the geography learning process. Based on these findings, it can be concluded that the Telegram Bot-based Geography Dictionary is an effective and viable medium for enhancing students' understanding of Lithosphere material and can be implemented in geography learning in secondary schools.
Pengaruh Model PBL Berbantuan Gambar Terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas VI SD Wahyu Minarti, Fitri; ., Sunardi; Sapriati, Amalia
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 9 No 3 (2025): Volume 9, Nomor 3 Tahun 2025
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v9i3.1232

Abstract

Masalah pendidikan tidak akan lepas dari metode pembelajaran. Metode yang tepat akan menjadikan siswa mampu menguasai pembelajaran dengan cepat. Riset ini bertujuan untuk menganalisis dampak metode PBL pada sekolah dasar kelas 6 mata pelajaran IPA. Berdasarkan observasi, ditemukan bahwa motivasi belajar siswa di SDN 1 Wonsorejo, yang tercermin dari nilai yang masih di bawah standar kelulusan minimal (KKM), serta kurangnya minat siswa terhadap metode pembelajaran tradisional.Riset ini mengadopsi pendekatan kuasi-eksperimen dengan desain perbandingan satu kelompok sebelum dan sesudah perlakuan. Sampel penelitian melibatkan siswa kelas 6-2 sebagai kelompok eksperimen yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) berbasis gambar, dan siswa kelas 6-1 sebagai kelompok kontrol yang menerapkan metode pembelajaran langsung. Data dikumpulkan melalui tes, kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian diperiksa menggunakan uji statistik sampel independen dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 26. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan model PBL berbasis gambar secara signifikan meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 (< 0,05), yang mengindikasikan peningkatan motivasi belajar pada kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol. Model ini memberikan manfaat berupa peningkatan partisipasi aktif siswa, pengembangan rasa percaya diri, serta menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif dan menarik. Riset ini menunjukkan pentingnya metode pembelajaran inovatif dalam menjadikan peserta didik termotivasi dalam belajar. Hasil riset memberikan manfaat terhadap pengembangan strategi pengajaran di SD, terutama dalam pembelajaran sains, yang membutuhkan pendekatan kreatif untuk mendorong keterlibatan siswa secara mendalam. Oleh sebab itu, model PBL berbasis gambar direkomendasikan sebagai alternatif pembelajaran siswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2025 2025


Filter By Issues
All Issue Vol 9 No 4 (2025): Volume 9, Nomor 4 Tahun 2025 Vol 9 No 3 (2025): Volume 9, Nomor 3 Tahun 2025 Vol 9 No 2 (2025): Volume 9, Nomor 2 Tahun 2025 Vol 9 No 1 (2025): Volume 9, Nomor 1 Tahun 2025 Vol 8 No 4 (2024): Volume 8, Nomor 4 Tahun 2024 Vol 8 No 3 (2024): Volume 8, Nomor 3, 2024 Vol 8 No 2 (2024): Volume 8, Nomor 2, 2024 Vol 8 No 1 (2024): Volume 8, Nomor 1, 2024 Vol 7 No 4 (2023): Volume 7, Nomor 4, 2023 Vol 7 No 3 (2023): Volume 3 Nomor 3, 2023 Vol 7 No 2 (2023): Volume 7 Nomor 2, 2023 Vol 7 No 1 (2023): Volume 7, Nomor 1, 2023 Vol 6 No 4 (2022): Volume 6, Nomor 4, Oktober 2022 Vol 6 No 3 (2022): Volume 6, Nomor 3, Juli 2022 Vol 6 No 2 (2022): Volume 6, Nomor 2, April 2022 Vol 6 No 1 (2022): Volume 6, Nomor 1, Januari 2022 Vol 5 No 4 (2021): Volume 5, Nomor 4, Oktober 2021 Vol 5 No 3 (2021): Volume 5, Nomor 3, Juli 2021 Vol 5 No 2 (2021): Volume 5, Nomor 2, April 2021 Vol 5 No 1 (2021): Volume 5, Nomor 1, Januari 2021 Vol 4 No 4 (2020): Volume 4, Nomor 4, Oktober 2020 Vol 4 No 3 (2020): Volume 4, Nomor 3, Juli 2020 Vol 4 No 2 (2020): Volume 4, Nomor 2, April 2020 Vol 4 No 1 (2020): Volume 4, Nomor 1, January 2020 Vol 3 No 4 (2019): Volume 3, Nomor 4, Oktober 2019 Vol 3 No 3 (2019): Volume 3, Nomor 3, Juli 2019 Vol 3 No 2 (2019): Volume 3, Nomor 2, April 2019 Vol 3 No 1 (2019): Volume 3, Nomor 1, Januari 2019 Vol 2 No 4 (2018): Volume 2, Nomor 4, Oktober 2018 Vol 2 No 3 (2018): Volume 2, Nomor 3, Juli 2018 Vol 2 No 2 (2018): Volume 2, Nomor 2, April 2018 Vol 2 No 1 (2018): Volume 2, Nomor 1, Januari 2018 Vol 2 No 1 (2018): Volume 2, Nomor 1, Januari 2018 Vol 1 No 1 (2017): Volume 1, Nomor 1, Oktober 2017 More Issue