cover
Contact Name
Didik Supriyanto
Contact Email
didiksupriyanto21@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalmodeling@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. mojokerto,
Jawa timur
INDONESIA
MODELING: Jurnal Program Studi PGMI
ISSN : 24423661     EISSN : 2477667X     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 61 Documents
Search results for , issue "Vol. 11 No. 4 (2024): Desember" : 61 Documents clear
Analisis Urgensi Penggunaan Media dan Bahan Ajar Berbasis Teknologi dalam Keberhasilan Kurikulum di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Wahyuni, Hilda; Sutiah, Sutiah
MODELING: Jurnal Program Studi PGMI Vol. 11 No. 4 (2024): Desember
Publisher : Program Studi PGMI Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69896/modeling.v11i4.2568

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis urgensi penggunaan media dan bahan ajar berbasis teknologi dalam mendukung keberhasilan kurikulum di Madrasah Ibtidaiyah (MI). Seiring dengan galaknya penggunaan teknologi diberbagai lini kehidupan, pendidikan juga dituntut untuk memanfaatkan teknologi pada bidang pendidikan. Salah satunya ialah melalui penggunaan media dan bahan ajar yang dapat menjadi solusi dalam mempersiapkan peserta didik untuk menghadapi tantangan dunia modern dimasa mendatang. Penelitian ini menggunakan metode literature review atau studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan melalui analisis urgensi, efektifitas dan kebutuhan terhadap media dan bahan ajar berbasis teknologi menunjukkan bahwa penggunaan media dan bahan ajar berbasis teknologi sangat penting untuk meningkatkan keberhasilan kurikulum di MI. Penggunaan media dan bahan ajar berbasis teknologi dapat meningkatkan keterlibatan siswa, memperdalam pemahaman konsep, berpikir kritis dan meningkatkan hasil prestasi akademik. Namun terdapat berbagai tantangan dan kendala dalam penggunaan media dan bahan ajar berbasis teknologi ini yang harus dihadapi. Oleh karena itu, diperlukan strategi yang tepat untuk mengatasi kendala-kendala tersebut agar implementasi teknologi dalam pendidikan dapat berjalan dengan baik sesuai dengan harapan kita bersama.
Mendidik Generasi melalui Pemilihan Pasangan: Kriteria Suami yang Ideal dalam Perspektif Islam Yantika, Ade Vera; Khoirut Tobib, Ahmad Syafak; Erlina, Erlina; Hijriyah, Umi
MODELING: Jurnal Program Studi PGMI Vol. 11 No. 4 (2024): Desember
Publisher : Program Studi PGMI Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69896/modeling.v11i3.2590

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kriteria suami ideal dalam perspektif Islam. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi pustaka, penelitian ini mengumpulkan data melalui identifikasi literatur, dokumentasi, dan koding data. Analisis data dilakukan melalui reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemilihan pasangan yang sesuai dengan kriteria suami ideal dalam perspektif Islam sangat penting untuk menciptakan keluarga yang sakinah, mawaddah, dan rahmah, yang akan mendukung pendidikan dan perkembangan generasi mendatang. Meskipun tantangan dalam menerapkan kriteria ini ada, terutama terkait dengan perbedaan norma sosial dan ekspektasi yang berkembang, peran orang tua dan masyarakat tetap sangat vital dalam mendukung proses tersebut. Dengan pemahaman yang mendalam, pendekatan terbuka, dan pengertian, pemilihan pasangan yang tepat dapat menghasilkan keluarga yang stabil, harmonis, dan menjadi fondasi bagi pendidikan generasi yang berkualitas.
Evaluasi Pembelajaran Fiqih melalui Media Monopoli Win or Challenge MTS Darul Istiqomah Ketilengsingolelo Pratiwi, Diah Hestina; Saefudin, Ahmad
MODELING: Jurnal Program Studi PGMI Vol. 11 No. 4 (2024): Desember
Publisher : Program Studi PGMI Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69896/modeling.v11i4.2601

Abstract

Evaluasi merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam proses pembelajaran karena dapat mengukur tingkat pencapaian tujuan pembelajaran oleh peserta didik. Sehingga dengan adanya evaluasi maka tujuan pembelajaran akan terlihat secara akurat. Proses evaluasi pembelajaran yang selama ini dilakukan oleh guru mata pelajaran Fiqih di MTs Darul Istiqomah adalah hanya menggunakan tes tertulis saja. Dengan demikian, Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan memodifikasi media permainan Monopoli Win or Challenge sebagai sarana evaluasi pembelajaran Fiqih yang lebih menarik, komunikatif, dan menyenangkan di MTs Darul Istiqomah Ketilengsingolelo. Berdasarkan banyaknya penelitian terkait monopoli sebagai media pembelajaran, peneliti tertarik memodifikasi Monopoli Win or Challenge yang dirancang sebagai media evaluasi pembelajaran, agar kegiatan evaluasi lebih menarik dan peserta didik mampu berpikir lebih luas. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa media Monopoli Win or Challenge layak digunakan dengan rerata skor keseluruhan mencapai 0,80 yang mengindikasikan bahwa media ini sangat layak digunakan. Implementasi media ini dalam evaluasi pembelajaran Fiqih menunjukkan peningkatan kualitas an keterlibatan peserta didik. Evaluation is a very important component in the learning process because it can measure the level of achievement of learning objectives by students. So that with the evaluation, the learning objectives will be seen accurately. The learning evaluation process that has been carried out by Fiqh subject teachers at MTs Darul Istiqomah is only using written tests and also practical tests. Thus, this study aims to develop and modify the Monopoly Win or Challenge game media as a means of evaluating Fiqh learning that is more interesting, communicative, and fun at MTs Darul Istiqomah Ketilengsingolelo. Based on the many studies related to monopoly as a learning media, researchers are interested in modifying Monopoly Win or Challenge designed as a learning evaluation media, so that evaluation activities are more interesting and students are able to think more broadly. This research uses the Research and Development (R&D) method with the ADDIE model which consists of five stages, namely Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The validity test results show that the Monopoly Win or Challenge media is feasible to use with an average overall score of 0.80 which indicates that this media is very feasible to use. The implementation of this media in the evaluation of Fiqh learning shows an increase in the quality and involvement of students
Pengaruh Kecerdasan Interpersonal dan Kecerdasan Intrapersonal terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VI Al-Wahid di SD Islam Al-Alifah Palembang Andriani, Ita Deska; Amilda, Amilda; Febriyanti, Febriyanti
MODELING: Jurnal Program Studi PGMI Vol. 11 No. 4 (2024): Desember
Publisher : Program Studi PGMI Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69896/modeling.v11i4.2610

Abstract

Kecerdasan interpersonal adalah kecerdasan yang berhubungan dengan kemampuan untuk bersosialisasi dengan orang-orang sekitarnya. Kecerdasan intrapersonal berhubungan dengan kemampuan seseorang untuk tanggap terhadap perasaan yang ada dalam dirinya, orang yang memiliki kecerdasan intrapersonal yang baik akan memiliki kemampuan untuk mengenal baik kekuatan-kekuatan maupun kelemahan yang ada dalam dirinya. Pendidikan agama Islam adalah suatu usaha untuk membina dan mengasuh peserta didik agar senantiasa dapat memahami ajaran Islam secara menyeluruh. Lalu menghayati tujuan ajarannya yang pada akhirnya dapat mengamalkan serta menjadikan Islam sebagai pandangan hidup. Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui bagaimana pengaruh kecerdasan interpersonal dan kecerdasan intrapersonal siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SD Islam Al-Alifah Jakabaring palembang, adakah pengaruh kecerdasan interpersonal dan kecerdasan intrapersonal terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam di SD Islam Al-Alifah Jakabaring Palembang. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif menggunakan teknik analisa statistik sederhana yaitu menggunakan rumus teknik analisis product moment dan analisis korelasi regresi linier berganda. Sampel dalam penelitian ini 23 siswa diambil dengan teknik sampel jenuh. Hasil penelitian ini bisa dilihat pengaruh kecerdasan interpersonal dan kecerdasan intrapersonal terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VI Al-Wahid di SD Islam Al-Alifah Jakabaring Palembang, pengaruh dilihat dari nilai Nilai kemudian dibandingkan dengan nilai pada taraf nyata ? = 0,05 yaitu = = 2,07. Ternyata = 1,70 < 2,07 = dengan demikian maka model multipel signifikan.
Analisis Keterampilan Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Berbasis Digital pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar: Analysis of Teachers' Skills in Developing Digital-Based Learning Media of the Merdeka Curriculum at Elementary Schools Dewi, Aisyah Aulia; Astuti, Ruli
MODELING: Jurnal Program Studi PGMI Vol. 11 No. 4 (2024): Desember
Publisher : Program Studi PGMI Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69896/modeling.v11i4.2614

Abstract

Dalam kurikulum merdeka di era revolusi 5.0 guru harus memiliki keterampilan di bidang digital dan berpikir kreatif dalam mengajar di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengidentifikasi bagaimana keterampilan guru dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis digital, seperti permainan edukatif, video pembelajaran dan e-modul. Selain itu, penelitian ini juga menjelaskan hambatan-hambatan yang dihadapi guru dalam mengembangkan media, serta strategi yang dilakukan dalam mengatasi permasalahan dalam mengembangkan media tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitiannya menggunakan studi kasus. Subyek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, dan guru di SD Muhammadiyah 2 Sidoarjo. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru sudah mampu mengembangkan media pembelajaran berbasis digital interaktif games edukatif, video pembelajaran, dan e-modul. Hambatan guru dalam mengembangkan media pembelajaran yaitu manajemen waktu. Strategi yang dilakukan guru SD Muhammadiyah 2 Sidoarjo yaitu dengan memanage waktu dengan baik. Sementara itu strategi kepala sekolah dalam meningkatkan keterampilan guru dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis digital yaitu dengan mengikutkan guru dalam kegiatan pelatihan-pelatihan dan webinar. Abstract In the kurikulum merdeka during the 5.0 revolution, teachers must possess skills in the digital field and think creatively when teaching in the classroom. This study aims to analyze and identify how teachers develop digital-based learning media, such as educational games, learning videos and e-modules. Additionally, this study also explains the obstacles faced by teachers in developing thes media and the strategies they use to overcome the challenges in the development process. This research uses a qualitative approach, with a case study design. The subjects of this study are school principals and teachers at SD Muhammadiyah 2 Sidoarjo. Data collection techniques used include interviews and documentation. Based on the results of the study, it can be concluded that teachers already capable in developing interactive digital-based learning media, including educational games, learning videos, and e-modules. A key obstacle for teachers in the process of developing learning media is time management. The strategy faced by the teachers in the process of developing learning media is time management. The strategy employed by teachers at SD Muhammadiyah 2 Sidoarjo is to manage their time effectively. Meanwhile, the principal's strategy to enhance teachers' skills in developing digital-based learning media is by involving them in training activities and webinars.
Pendidikan Dasar Islam Sebagai Fondasi Pembangunan Moral dan Sosial di Era Globalisasi Zahro, Nur Fatimatuz
MODELING: Jurnal Program Studi PGMI Vol. 11 No. 4 (2024): Desember
Publisher : Program Studi PGMI Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69896/modeling.v11i4.2624

Abstract

Pendidikan dasar Islam memegang peranan penting dalam membentuk moral dan sosial individu sejak usia dini. Di era globalisasi yang ditandai oleh perkembangan teknologi dan pergeseran nilai-nilai budaya, pendidikan berbasis nilai-nilai Islam menjadi instrumen strategis untuk menjaga identitas moral dan sosial masyarakat. Artikel ini membahas konsep pendidikan dasar Islam, pentingnya penerapannya dalam pembentukan karakter, serta tantangan yang dihadapi dalam dunia yang terus berubah. Dengan pendekatan literatur dan analisis konseptual, artikel ini menyoroti bagaimana pendidikan dasar Islam dapat menjadi fondasi pembangunan moral dan sosial di era globalisasi.
Implementasi Metode Gasing dalam Meningkatkan Konsep Pemahaman Materi Penjumlahan Siswa di Sekolah Dasar Irmanto, Andre; Nurhaswinda, Nurhaswinda; Zulfah, Zulfah; Ananda, Rizki; Sumianto, Sumianto
MODELING: Jurnal Program Studi PGMI Vol. 11 No. 4 (2024): Desember
Publisher : Program Studi PGMI Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69896/modeling.v11i4.2625

Abstract

Proses budaya untuk meningkatkan harkat dan martabat manusia, dan berlangsung sepanjang hayat yang dilaksanakan di lingkungan keluarga sekolah dan masyarakat merupakan istilah dari pendidikan. Keberadaan pendidikan diharapkan dapat mempersiapkan pembelajaran, melaksanakan dan menilai hasil belajar para siswa dengan baik, dapat memilih dan menggunakan model-model interaksi belajar mengajar yang tepat Salah satu tindakan yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah pemahaman konsep materi penjumlahan siswa di sekolah dasar yaitu dengan metode gasing (gampang asik dan menyenangkan). Tujuan skripsi ini adalah untuk menganalisis konsep darimetode gasing untuk pemahaman materi penjumlahan siswa di sekolah dasar. Metode penulisan skripsi ini menggunakan pendekatan pada penelitian kualitatif yaitu studi kasus. Hasil penelitian keterampilan berhitung penjumlahan menggunakan metode gasing, siswa mampu menyelesaikan soal dengan benar dan tepat sehingga pretasi belajar siswa meningkat, terampilkan menggunakan metode gasing dalam penjumlahan dalam hal ini siswa tidak mengalami kesulitan dalam pembelajaran berhitung dan belajar secara mandiri langsung mempraktekkan penggunaan media pembelajaran. Kesimpulan terdapat peningkatan pemahamanan materi penjumlahan yang signifikan pada siswa di sekolah dasar setelah di ajarkan menggunakan metode gasing. Studi kasus ini hanya dilakukan pada siswa dengan masalah pemahamanan materi penjumlahan, diharapkan peneliti selanjutnya dapat melakukan studi kasus yang mendalam dan menerapkan metode lain yang lebih efektif untuk meningkatkan konsep pemahaman materi penjumlahan di sekolah dasar. Abstract The cultural process to enhance human dignity and worth, which occurs throughout life within the family, school, and community, is referred to as education. Education is expected to prepare students for learning, implement, and assess their learning outcomes effectively, as well as to select and use appropriate teaching and learning interaction models. One of the actions that can be taken to address the issue of understanding the concept of addition in elementary school students is the use of the Gasing method (fun, easy, and enjoyable). The purpose of this thesis is to analyze theconcept of the Gasing method for understanding addition material in elementary school students. This thesis employs a qualitative research approach, specifically a case study. The results show that students' arithmetic skills in addition, using the Gasing method, enabled them to solve problems correctly and accurately, thus improving their learning outcomes. The Gasing method in addition helped students overcome difficulties in arithmetic learning, allowing them to learn independently and practice using learning media. In conclusion, there was a significant improvement in understanding addition material among elementary school students after being taught using the Gasing method. This case study was conducted only with students who faced difficulties in understanding addition concepts. It is hoped that future researchers will conduct more in-depth case studies and apply other more effective methods to enhance the understanding of addition concepts in elementary schools.
Manajemen Strategi Bersaing Sekolah Dasar Swasta Nurhidayah, Nurhidayah; Rohmadi, Syamsul Huda
MODELING: Jurnal Program Studi PGMI Vol. 11 No. 4 (2024): Desember
Publisher : Program Studi PGMI Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69896/modeling.v11i4.2628

Abstract

Dengan bertambahnya jumlah sekolah, sekolah dasar swasta sebagai salah satu lembaga pendidikan dihadapkan pada persaingan yang semakin kompleks. Oleh karena itu sekolah harus memiliki keunggulan bersaing agar tetap sustainable. Implementasi manajemen strategik dalam pendidikan dirasa penting untuk menumbuhkan keunggulan bersaing setiap lembaga pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen strategi keunggulan bersaing di Sekolah Dasar Islam Terpadu Az Zahra 2 Sragen. Sekolah baru yang mampu eksis di tengah kompetisi dengan sekolah lain yang sudah ada maupun yang berdiri setelahnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian adalah kepala sekolah Sekolah Dasar Islam Terpadu Az Zahra 2 Sragen. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi yaitu triangulasi sumber, teknik pengumpulan informasi, dan waktu. Analisis data dilakukan pada saat pengumpulan data berlangsung dan setelah selesai pengumpulan data dalam periode tertentu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Sekolah Dasar Islam Terpadu Az Zahra 2 Sragen menerapkan manajemen strategi keunggulan bersaing. Diawali dengan pengamatan lingkungan, perumusan strategi, implementasi, dan evaluasi. Dari proses manajemen strategi ini, ditetapkan beberapa strategi yang menunjang keunggulan bersaing sekolah, yang berfokus pada strategi diferensiasi. Sekolah Dasar Islam Terpadu Az Zahra 2 Sragen mendiferensiasikan dirinya dengan cara memakai kurikulum khas, menjaga kualifikasi dan mutu Sumber Daya Manusia yang mereka miliki, prestasi yang dihasilkan, penetapan biaya pendidikan yang lebih layak, serta kemudahan dalam aturan pembiayaan.
Tantangan dan Peluang: Transformasi Penyiaran Tradisional ke Media Sosial Syahputra, Dasa Syawal
MODELING: Jurnal Program Studi PGMI Vol. 11 No. 4 (2024): Desember
Publisher : Program Studi PGMI Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69896/modeling.v11i4.2629

Abstract

This research aims to uncover the problem of the transformation of traditional broadcasting to social media which includes the occurrence of two major contradictory things; namely the challenges that traditional broadcasting institutions may face in welcoming the presence of social media as well as the great opportunities that traditional broadcasting institutions will get due to the presence of social media. This type of research is qualitative research, where data collection is carried out through interviews with several informants and direct observations in the field, then the data is collected, then processed and analyzed using the inductive method, namely drawing conclusions from the specific to the general. Based on the research conducted, the results showed that Salam TV as a research site considers that the phenomenon of the presence of social media can be both a challenge and an opportunity; The challenge faced is that some of Salam TV's viewers have turned to social media with all the convenience it offers, whereas they think that traditional broadcasting is no longer relevant in their lives. However, there is an opportunity for Salam TV in this case which they have successfully exploited, namely that the presence of social media stimulates Salam TV to also be present on social media, namely by reposting its superior programs via social media platforms. Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menyingkap problem transformasi penyiaran tradisional menuju media sosial yang mencakup terjadinya 2 hal besar yang bertolak belakang; yaitu tantangan yang mungkin akan dihadapi oleh lembaga penyiaran tradisional menyambut kehadiran media sosial serta peluang besar yang didapatkan oleh lembaga penyiaran tradisional akibat kehadiran media sosial.. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yang pengumpulan datanya dilakukan melalui metode wawancara terhadap beberapa informan serta pengamatan (observasi) langsung di lapangan, kemudian data dikumpulkan, lalu diolah, dan dianalisa dengan menggunakan metode induktif yaitu menarik suatu kesimpulan dari yang khusus kepada yang umum. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa Salam TV sebagai tempat penelitian memandang bahwa fenomena hadirnya media sosial bisa menjadi tantangan sekaligus menjadi peluang; sisi tantangan yang dihadapi adalah bahwa sebagian penonton Salam TV beralih menuju ke media sosial dengan segala bentuk kenyamanan yang ditawarkan, sebaliknya mereka menganggap bahwa penyiaran tradisional sudah tidak relevan dalam kehidupan mereka. Akan tetapi terdapat peluang untuk Salam TV dalam hal ini yang berhasil mereka manfaatkan, yaitu bahwa kehadiran media sosial menstimuli Salam TV untuk hadir juga di media sosial, yaitu dengan cara memposting ulang program-program unggulannya melalui plarform media sosial.
Meningkatkan Kompetensi Guru melalui Pelatihan Pembelajaran Saintifik Ilmiah Sekolah Ramah Anak di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Kopang TP. 2022/2023 Muslihan, Muslihan
MODELING: Jurnal Program Studi PGMI Vol. 11 No. 4 (2024): Desember
Publisher : Program Studi PGMI Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69896/modeling.v11i4.2630

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru mendesain kegiatan pembelajaran saintifik ilmiah sekolah ramah anak dalam melalui kegiatan pelatihan pembelajaran saintifik ilmiah sekolah ramah anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan (action research), prosedur dan langkah-langkahnya sama dengan penelitian tindakan kelas, secara reflektif dapat menganalisis, mensintesis, terhadap apa yang dilakukan di kelas. Dalam hal ini berarti dengan melakukan PTS, kepala sekolah dapat memperbaiki praktik-praktik pembelajaran sehingga menjadi lebih efektif. Langkah-langkah PTS yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan 2 siklus, tiap siklus empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Terjadi peningkatan kompetensi guru dalam mendesain pembelajaran sekolah ramah anak di SMPN 2 Kopang. Setelah diberikan tindakan berupa kegiatan pelatihan pembelajaran saintifik ilmiah sekolah ramah anak, kompetensi guru meningkat pada siklus I menjadi 18 guru (67%) dalam kategori baik dan 9 guru (33%) dalam kategori cukup, dan pada siklus II menjadi 27 guru (100%) dalam kategori baik dalam mendesain pelatihan pembelajaran saintifik ilmiah sekolah ramah anak. Abstract By providing child-friendly school scientific learning training activities, this study seeks to increase teachers' proficiency in creating engaging scientific learning activities for students. This study employs action research techniques; the steps and processes are identical to those of classroom action research, and it is capable of critically analyzing and synthesizing classroom activities. In this instance, it means that school principals can enhance learning techniques and make them more effective by using PTS. Planning, doing out, observing, and reflecting are the PTS phases. The study was conducted in two cycles, with four stages in each cycle: preparation, execution, observation, and reflection. At SMPN 2 Kopang, teacher proficiency in creating kid-friendly classroom instruction has increased. Teacher competency increased in cycle I to 18 teachers (67%) in the good category and 9 teachers (33%) in the sufficient category after being given action in the form of training activities for child-friendly school scientific learning. In cycle II, teacher competency increased to 27 teachers (100%) in the good category when it came to creating training for child-friendly school scientific learning.