cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. ponorogo,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran
ISSN : 23033800     EISSN : 2527049     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran is a peer-reviewed, open access journal that provides publication of articles in all areas of educational research. It aims to promote excellence through the dissemination of high-quality research findings and provide a platform for scientists and academicians all over the world to promote, share, and discuss various new issues and developments in different areas of educational research.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2017): Januari" : 7 Documents clear
PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG PERKEMBANGAN SISTEM ADMINISTRASI WILAYAH INDONESIA MELALUI PENGGUNAAN MODEL GROUP FINDING PADA SISWA KELAS VI SD N III KRISAK KECAMATAN SELOGIRI KABUPATEN WONOGIRI SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2015 /2016 Sri Sudarni
JURNAL DIMENSI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN Vol 5, No 1 (2017): Januari
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (371.042 KB) | DOI: 10.24269/dpp.v5i1.320

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan motivsi dan hasil belajar tentang  materi perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia melalui penggunaan model Group Finding siswa kelas VI SD N III Krisak Kecamatan Selogiri Kabupaten Wonogiri tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas, dengan subyek penelitiannya adalah siswa kelas VI SD N III Krisak Kecamatan Selogiri Kabupaten Wonogiri tahun pelajaran 2015/2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Group Finding yang dilaksanakan oleh guru menunjukkan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar tentang  tentang materi perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia pada siswa kelas VI SD N III Krisak Kecamatan Selogiri Kabupaten Wonogiri tahun pelajaran 2015/2016. Hal ini terbukti dari hasil penelitian yang dilakukan dalam 2 siklus, yaitu prosentase ketuntasan siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu siklus I yang semula hanya terdapat 12 siswa yang tuntas atau 57%, lalu pada siklus II meningkat menjadi siswa 18 yang tuntas atau 87% dari jumlah keseluruhan 21 siswa, sehingga prosentase ketuntasan meningkat sebesar 30%. Kata Kunci : Model Group Finding, Motivasi dan Hasil Belajar
CULTIVATING CHARACTER BUILDING IN WRITING CLASSES THROUGH YOU TUBE VIDEOS. IS IT POSSIBLE? Lestari Setyowati
JURNAL DIMENSI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN Vol 5, No 1 (2017): Januari
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (274.044 KB) | DOI: 10.24269/dpp.v5i1.318

Abstract

ABSTRACTWith todays technology advancement, it is a requirement for teachers to be familiar with Information Technology (IT) world. One of the ITs which can be maximized in ELT classroom is You Tube. However, not many ELT teachers have adequate knowledge on how to use You Tube to teach English, especially writing. You Tube  is a free and rich learning tools that can be used to teach writing and at the same time, if it is planned and used properly, raise the students’ positive characters. Since many of the EFL students feel that writing is a demanding and difficult subject, writing teachers need to connect the topic of the composition with life outside the classroom. Thus, You Tube serves as an excellent tool to relate the topic in writing classes and life outside school. This paper is intended to addresses various ways teachers can use the video website YouTube.com (or other online streaming video websites) to teach English, especially in writing, and which part of character building which can be triggered from the use of particular kind of You Tube videos. Key Words: You Tube, writing, character building
DAMPAK KECENDERUNGAN NARSISCISME TERHADAP SELF ESTEEM PADA PENGGUNA FACEBOOK MAHASISWA PGSD UNP Novi Nitya Santi
JURNAL DIMENSI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN Vol 5, No 1 (2017): Januari
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (459.84 KB) | DOI: 10.24269/dpp.v5i1.319

Abstract

Dari fenomena para pengguna facebook sering mempostinang poto- poto pribadinya untuk di tunjukan atau di pamerkan ke teman – temannya. Semakin banyak yang memberi komentar,mereka beranggapan dirinya makin popular.Dalam hal ini perilaku mereka bisa dikatakan narsis,yang berarti cinta-diri, perhatian yang sangat berlebihan kepada diri sendiri. Narsisme adalah gangguan kepribadian. Orang yang menderita, menderita sehat kesombongan dan cinta diri. Narsisis mungkin memiliki banyak pesona pribadi,kebutuhan yang lebih membuat sendiri dikenal atau persyaratan tumbuh. Sedangkan self esteem adalah penerimaan diri sendiri, oleh diri sendiri berkaitan bahwa kita pantas, berharga, mampu dan berguna tak peduli dengan apa pun yang sudah, sedang atau bakal terjadi.Peneliti ingin mengetahui hubungan self esteem dan kecenderungan narsisisme .Peneliti menggunakan jejaring sosial yaitu facebook,karena jejaring sosial ini banyak di gunakan  mahasiswa angkatan 2012 Prodi PGSD Universitas Nusantara Pgri Kediri dengan 120 responden. Pada analisis hyot di peroleh hasil t= 0.968,dari hasil tersebut dapat di ketahui  artinya ada Hubungan Self Esteem  Dan Kecenderungan Narsisisme Pada Pengguna Faebook.Hasil penelitian dapat digunakan sebagai ukuran tingkat kepercayaan diri mahasiswa dan sumbangan pemikiran dalam rangka penyempurnaan konsep maupun implementasi praktik pendidikan sebagai upaya yang strategis dalam pengembangan kualitas sumberdaya manusia. Kata kunci : Self Esteem,Kecenderungan Narsisisme,Pengguna Facebook
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TERHADAP PENGUASAAN KONSEP BIOLOGI DAN PERILAKU HIDUP SEHAT SISWA (Eksperimen Pada Siswa SMA Islam Al-Ikhlas Kota Bekasi) nur rizkiyah
JURNAL DIMENSI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN Vol 5, No 1 (2017): Januari
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (387.887 KB) | DOI: 10.24269/dpp.v5i1.276

Abstract

ABSTRAKPendidikan sangat menentukan kualitas manusia. Sumber daya manusia yang unggul dapat membawa kemajuan Namun pembelajarn dikelas masih kurang optimal. Pendekatan pembelajaran yang tepat  perlu ditingkatkan  Penelitian ini memakai metode eksperimen . Uji Prasyarat data dengan menggunakan Uji Normalitas,Homogenitas dan Linieritas. Hasil uji normalitas sebesar untuk empat kelompok data masing-masing 0.259,0.400,0.499 dan 0.586 yang berarti Sig. 0.05 yang berarti berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Hasil uji prasyarat Homogenitas metode pembelajaran untuk penguasaan konsep biologi sebesar 0.229,yang berarti Sig. 0.05,  dan data metode pembelajaran untuk perilaku hidup sehat sebesar 0.169,sehingga Sig 0.05 ,sehingga varians homogen. Hasil uji linirealitas  adalah 0,536 atau sig 0,05, sehingga disimpulkan persamaan regresi penguasaan konsep biologi atas perilaku hidup sehat pada pembelajaran metode eksperimen adalah linear.  0,215 atau sig 0,05, sehingga disimpulkan persamaan regresi penguasaan konsep biologi atas perilaku hidup sehat pada pembelajaran metode diskusi adalah linear.Subyek penelitian adalah siswa kelas X ,SMA Islam Al-Ikhlas Kota Bekasi sebanyak 40 orang. Hasil penelitian kuantitatif dan kualitatif dapat disimpulkan : (1).Terdapat pengaruh  yang signifikan  metode pembelajaran terhadap penguasaan konsep Biologi dan perilaku hidup sehat mahasiswa secara bersama-sama. (2). Terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran terhadap penguasaan konsep biologi. (3). Terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata penguasaan konsep biologi dan perilaku hidup sehat antara kedua metode pembelajaran. Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Penguasaan Konsep Biologi dan Perilaku                       Hidup Sehat
SELANGKAH LEBIH DEKAT BERSAMA FORMATIVE ASSESSMENT Risqi Ekanti Ayuningtyas Palupi
JURNAL DIMENSI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN Vol 5, No 1 (2017): Januari
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (163.23 KB) | DOI: 10.24269/dpp.v5i1.315

Abstract

Abstract Innovation and invention are the new paradigm in learning process in Indonesia. One of the innovation and invention can be seen in the quality of teaching learning process. Meanwhile, the quality of teaching learning process can be measured by having a measurement called as evaluation or assessment. Based on the process of assessment, it can be divided into two terms; formative and summative assessment. Lecturers usually use summative assessment to make a grading but they forget that the process of learning processes also need an evaluation, here called formative assessment. This assessment is used to measure the students’ achievement in learning process. This research is aimed to describe the efforts in implementing the formative assessment in reaching the learning goals. This research was done in English Department in private universities; Muhammadiyah University of Ponorogo and STKIP PGRI Ponorogo. This is a qualitative research. The result of this research is the lecturers of both universities had done this formative assessment although not all of them use the result of the formative assessment. They used this to measure the students’ understanding of the lesson. They usually use one to one assessment, small group assessment, and then a field trial in implementing their formative assessment.Keywords: Formative assessment    
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN INKLUSIF UNTUK ABK DI SURABAYA Ika Devy Pramudiana
JURNAL DIMENSI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN Vol 5, No 1 (2017): Januari
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (243.093 KB) | DOI: 10.24269/dpp.v5i1.317

Abstract

Education is one of important aspect of human life. A good education will produce smart and competent nation’s next generation. Education is a human right, with no exception for children with disabilities (difable). Schools as environment have an important role need supports from all parties. Role of Parents, school special, expert, high school, SLB, and the government is still rated low. The school as a means and infrastructure is still limited. Involvement of parents as one of key to the success of inclusive education should be built well. Unfortunately, there are still some obstacle ad practical depreciation and conditions, infrastructure, and the financial conditions.Key words: inclusive education, disable students, policy
ALIRAN PROGRESIVISME DALAM PENDIDIKAN DI INDONESIA Muhammad Fadlillah
JURNAL DIMENSI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN Vol 5, No 1 (2017): Januari
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (258.136 KB) | DOI: 10.24269/dpp.v5i1.322

Abstract

AbstrakProgresivisme merupakan aliran filsafat pendidikan modern yang menghendaki adanya perubahan pelaksanaan pendidikan menjadi lebih maju. Aliran progresivisme ini mengutamakan penyelenggaraan pendidikan di sekolah berpusat pada anak dan menjadikan pendidik hanya sebatas sebagai fasilitaor, pembimbing, dan pengarah bagi peserta didik. Adapun tujuan dari aliran progresivisme dalam pendidikan ialah ingin merubah praktik pendidikan yang selama ini terkesan otiriter menjadi demokratis dan lebih menghargai potensi dan kemampuan anak, serta mendorong untuk dilaksanakannya pembelajaran yang lebih banyak melibatkan peserta didik. Dengan menerapkan aliran progresivisme dalam pendidikan, harapannya dapat membahwa perubahan dan kemajuan pendidikan di Indonesia menjadi lebih berkualitas, sehingga mampu mewujudkan tujuan pendidikan nasional Indonesia. Kata Kunci: aliran progresivisme, pendidikan, peserta didik

Page 1 of 1 | Total Record : 7