cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman
ISSN : 20883226     EISSN : 26208210     DOI : -
Core Subject : Education,
MADANIA: Jurnal-Jurnal Keislaman (ISSN Print: 2088-3226|ISSN Online: 2620-8210) adalah jurnal yang memuat tentang hasil penelitian, gagasan konseptual, review buku baru, studi naskah di bidang Keislaman, Keilmuan, dan Kemanusiaan, dengan konsentrasi pada disiplin ilmu Tarbiyah, Syari’ah, Ushuluddin, dan Dakwah. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun, Juni dan November.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 2 (2020): Madania" : 5 Documents clear
Fenomena Kesurupan: Studi Analisis Kritis dalam Kajian Teologi dan Psikologi Islam Arni Arni; Nor Halimah
Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman Vol 10, No 2 (2020): Madania
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/jiik.v10i2.10655

Abstract

Fenomena kesurupan  yang menggambarkan ketimpangan yang menimpa akal manusia sehingga ia tidak dapat menghubungkan antara apa yang telah diucapkan dengan apa yang akan diucapkannya menjadi salah satu perhatian dalam kajian psikologi. Orang yang terkena kesurupan akan mengalami kehilangan ingatan sebagai akibat dari ketimpangan pada saraf otaknya. Dalam kajian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitataif dan melakukan analisis kritis dan deskriptif terhadap fenomena kesurupan yang terjadi di masyarakat. Peneliti menggunakan dua pendekatan, yakni teologis dan psikologi sebagai alat analisis. Dalam kajian ini peneliti mengungkapkan secara ilmiah fenomena kesurupan dan menganalisisnya secara transparan, serta mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya kesurupan, khususnya dalam pandangan teologis dan psikologis. Berdasarkan hasil kajian diketahui bahwa dalam pandangan teologis, fenomena kesurupan diidentikkan dengan kasus yang dialami oleh seseorang dan tidak sadar diri yang diakibatkan oleh gangguan jin yang telah merasuk ke tubuhnya dan menguasai alam pikirannya.  Hal ini terjadi disebabkan  kurang mendekatkan diri kepada Allah, dendam dan  cinta jin kepada pada manusia, sedangkan kajian psikologis memandang fenomena kesurupan merupakan kasus yang dialami orang yang memiliki masalah dengan kesehatan mental. Sehingga dengan demikian dia memiliki jiwa yang tidak sehat.
Manajemen E-Learning Pada Perguruan Tinggi (Studi Pada UIN Antasari Banjarmasin) Sri Winarsih; Tuti Hasanah; Dessy Maulina
Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman Vol 10, No 2 (2020): Madania
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/jiik.v10i2.10693

Abstract

UIN Antasari Banjarmasin telah melaksanakan kegiatan Workshop Manajemen Perkuliahan Berbasis E-learning setiap tahun sejak tahun 2015 hingga tahun 2019. Maka, sudah sewajarnya jika mayoritas dosen menggunakan manajemen perkuliahan tersebut. Namun pada kenyataannya, hanya sebagian kecil dosen yang menggunakan manajemen perkuliahan e-learning. Atas dasar hal tersebut peneliti bertujuan mencari tahu penyebab dosen enggan menggunakan manajemen e-learning serta kendala yang dihadapi dosen sehingga lebih memilih menggunakan metode konvensional dan mencari tahu solusi untuk masalah yang dhadapi oleh dosen sehingga tidak menerapakan perkuliahan berbasis E-learning. Untuk dapat menjawab permasalahan tersebut digunakan metode penelitian yakni dengan jenis penelitian lapangan menggunakan pendekatan kualitiatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini antara lain manajemen e-learning pada Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin dilaksanakan dalam beberapa proses yakni perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. Faktor-faktor yang mempengaruhinya berasal dari dosen, mahasiswa dan fasilitas. Solusi untuk menghadapi kendala pelaksanaan manajemen e-learning antara lain 1) UIN Antasari harus membuat kebijakan yang mengharuskan Dosen menerapakan perkuliahan menggunakan manajemen e-learning; 2) Melaporkan kendala-kendala yang terjadi pada fasilitas kepada pihak yang berkepentingan guna perbaikan.
Anak Muda Muslim di Pekanbaru: Konsumsi, Identitas dan Globalisasi Imron Rosidi
Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman Vol 10, No 2 (2020): Madania
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/jiik.v10i2.11436

Abstract

Sebuah narasi rinci tentang kajian lokal para anak muda Muslim di Pekanbaru akan diberikan dalam artikel ini. Fokus dari analisis adalah hubungan antara konsumsi anak muda Muslim dan identitas Islam dalam konteks globalisasi. Untuk memberikan penjelasan tentang hal ini sangat penting untuk menggunakan metode etnografi. Dalam makalah ini, pembahasan difokuskan di sekitar Pekanbaru dan anak muda Muslim. Hal ini menjelaskan latar belakang sosial dan budaya dari Pekanbaru, keadaan interaksi sosial anak muda di Pekanbaru, dan kontak mereka dengan media global serta nilai-nilai Islam. Tulisan ini berpendapat bahwa globalisasi harus diperiksa dalam konteks lokal di mana ketersediaan produk budaya global yang berbaur dengan dukungan kuat dari nilai-nilai lokal yang berasal dari ajaran Islam. Pekanbaru sebagai kota berkembang terjerat dengan globalisasi karena, seperti kota-kota lain di Indonesia, kota ini memberikan "imajinasi" atau "mimpi" bagi kaum muda Muslim. Di kota ini, mereka dapat berinteraksi dengan media global melalui internet dan televisi. Namun, kaum muda Muslim di Pekanbaru juga disediakan nilai-nilai Islam yang berdampingan dengan media global. Nilai-nilai Islam sangat penting untuk mendukung agensi mereka ketika mengkonsumsi produk budaya asing akibat dari globalisasi.
Pembelajaran Siroh Nabawiyah Dalam Membentuk Akhlak Siswa Kelas Viii Smp It Al-Husnayain Panyabungan sakban sakban; Nur Hidayah
Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman Vol 10, No 2 (2020): Madania
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/jiik.v10i2.11335

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pembelajaran Siroh Nabawiyah dalam membentuk Akhlak Siswa SMP IT Al-Husnayain. Kegunaan penelitian ini untuk memperkaya paradigma keilmuan di bidang Pendidikan Agama Islam. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengambilan data juga dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Lokasi penelitian ini adalah SMP IT Al-Husnayain Panyabungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan pembelajaran siroh nabawiyah di SMP IT Al-Husnayain sudah berjalan dengan baik terbukti dengan dilaksanakannya sholat dhuha berjamaah dimushola, kemudian dilanjutkan dengan pembelajaran di kelas. Dalam pelaksanaannya, guru menggunakan beberapa metode, media, dan evaluasiyang disesuaikan dengan materi bahasan untuk memperlancar proses belajar mengajar. Adapun pelaksanaan pembelajaran siroh nabawiyah yang bersifat nonformal, dilaksanakan pada hari sabtu. Dalam pembentukan Akhlak siswa SMP IT Al-Husnayain, berbagai upaya sekolah telah dilakukan melalui kegiatan ekstrakulikuler IMTAQ, peringatan hari besar Islam, infaq jum’at, pemakaian pakaian muslim pada hari jum’at, ibadah baik sholat sunnah dan wajib, serta pengadaan sarana prasarana ibadah. Pembelajaran siroh nabawiyah yang dilaksanakan di SMP IT Al-Husnayain  membawa dampak yang besar terhadap perubahan sikap siswa namunkurang berpengaruh terhadap perilaku ibadah dan pengetahuan keagamaan siswa.   
Exploring Malay Culture in Madrasah Learning: Revealing the Value of Malayness in Madrasah Tsanawiyah Curriculum Syahraini Tambak; Muhammad Ali Noer; M. Yusuf Ahmad; Daharmi Astuti; Najmi Hayati
Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman Vol 10, No 2 (2020): Madania
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/jiik.v10i2.10982

Abstract

Research on Malay culture has been carried out a lot, but seeing it in its application in the madrasah Tsanawiyah curriculum has not yet been found. This study aims to determine the implementation of Malay culture as a vision of Riau 2020 in the 'Madrasah Tsanawiyah' educational curriculum in Riau Province. This research is a descriptive study that describes the implementation of the Riau Malay culture in the educational curriculum in all Madrasah Tsanawiyah in Riau Province. This research was conducted at Madrasah Tsanawiyah in 12 districts/cities in Riau Province, involving 24 heads of Madrasah Tsanawiyah. The data collection technique used was a questionnaire and the data were analyzed descriptively. The results showed that 39% of the Riau Malay culture in the Madrasah Tsanawiyah education curriculum in Riau Province was accommodated and implemented in the curriculum. The application of Malay culture is very urgent to be disseminated in the Madrasah Tsanawiyah curriculum in Riau Province, by the Education Office and the Regional Office of the Ministry of Religion of Riau Province to develop this local wisdom in the community.

Page 1 of 1 | Total Record : 5