cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
persepsi@umsu.ac.id
Editorial Address
http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/PERSEPSI/about/editorialTeam
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Persepsi : Communication Journal
ISSN : 26232669     EISSN : 26232669     DOI : 10.30596/persepsi
PERSEPSI: Communication Journal is a media publication manuscript that contains the results of the Field Research communication science applying peer-reviewed. Manuscripts published in the JPersepi: Communication Journal includes the results of scientific research original articles scientific reviews that are new.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2019): MEI 2019" : 7 Documents clear
Fenomenologi Gaya Berbusana Siswa-Siswi di Kota Medan Isna Asdani Nasution
Persepsi: Communication Journal Vol 2, No 1 (2019): MEI 2019
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (392.795 KB) | DOI: 10.30596/persepsi.v2i1.3919

Abstract

Kajian dalam penelitian tentang fenomena gaya berbusana siswa-siswa di Kota Medan khusus di SMA Dharmawangsa Medan. Metode yang digunakan kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Analisis kualitatif merupakan data yang muncul berwujud kata-kata dan bukan rangkaian angka. Kesimpulan yang diperoleh bahwa komunikasi non verbal terhadap fenomena gaya hidup khususnya gaya berbusana Boyband dan Girlband tidak sepenuhnya diikuti oleh siswa-siswi di Kota Medan khususnya di  SMA Dharmawangsa Medan. Hal ini karena usia dan status mereka yang masih digolongkan pelajar. Fenomena Boyband dan Girlband yang ditampilkan oleh siswa-siswi SMA Dharmawangsa Medan lebih banyak menggunakan aksesoris dan atribut lain pada saat di luar jam sekolah.  Informan mengaku gaya hidupnya khususnya gaya berbusana berubah ketika mulai mengenal sosok idola grup band asal Korea itu. Mereka mengaku lebih bersemangat, lebih percaya diri, lebih banyak memiliki teman, lebih ceria, serta lebih modis dalam berpakaian.
Pola Komunikasi Mahasiswa dengan Dosen dalam Mengatasi Masalah Belajar di Sekolah Tinggi Teknik Harapan Medan Ade Irma
Persepsi: Communication Journal Vol 2, No 1 (2019): MEI 2019
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (251.889 KB) | DOI: 10.30596/persepsi.v2i1.3931

Abstract

Kajian dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Peneliti mencatat apa yang dilihat dan didengar secara sistematis. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan menggunakan informan delapan orang terdiri dari dosen dan mahasiswa di Sekolah Tinggi Teknik Harapan Jalan H.M. Joni Medan. Penelitian ini memperoleh kesimpulan  bahwa pola komunikasi dua arah antara dosen dan mahasiswa sebenarnya sudah dapat dikatakan efektif, walaupun belum dapat dikatakan seluruhnya berjalan secara baik seperti yang diharapkan. Namun komunikasi dua arah antara dosen dan mahasiswa  masih terkendala adanya hambatan yang dihadapi masing-masing pihak sehingga komunikasi yang dijalankan terkadang belum tercapai dengan baik. Begitu pun masalah belajar yang dihadapi oleh mahasiswa pada umumnya sudah berkurang sehingga tujuan pendidikan untuk meraih prestasi mahasiswa dapat tercapai.
Komunikasi Nonverbal Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMP Muhammadiyah 7 Medan Sugiarno Sugiarno; Rahmanita Ginting
Persepsi: Communication Journal Vol 2, No 1 (2019): MEI 2019
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (475.586 KB) | DOI: 10.30596/persepsi.v2i1.3914

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan komunikasi nonverbal guru berkaitan dengan kinesik, proksemik, dan paralinguistik dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMP Muhammadiyah 7 Medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif  kualitatif, yaitu mendeskripsikan pendapat objek yang diteliti berdasarkan fakta yang ada di lapangan mengenai komunikasi nonverbal guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMP Muhammadiyah 7 Medan. Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah guru. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan peneliti akan dianalisis dengan tahapan reduksi data, display data, dan kesimpulan. Lokasi penelitian dilakukan di SMP Muhammadiyah 7 Medan. Penelitian dilakukan dari Februari 2015 sampai Maret 2016. Hasil penelitian menyebutkan bahwa kinesik yang meliputi gesture, ekspresi wajah, kontak mata dan penampilan dari guru menunjukkan hal yang sangat penting dalam memperkuat informasi tentang pelajaran yang disampaikan guru.
Persepsi Tokoh Masyarakat Kota Medan tentang Calon Gubernur Berlatarbelakang TNI Pada Pilkada 2018 Wendri Wendri
Persepsi: Communication Journal Vol 2, No 1 (2019): MEI 2019
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (255.902 KB) | DOI: 10.30596/persepsi.v2i1.3932

Abstract

Penelitian yang berjudul “Persepsi Tokoh Masyarakat Kota Medan Tentang Calon Gubernur Berlatar Belakang TNI Pada Pilkada Tahun 2018”  adalah jenis penelitian dengan pendekatan kualitatif-deskriptif. Teknik pengumpulan data salah satunya dilakukan dengan cara wawancara dengan 25 tokoh masyarakat kota. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa persepsi tokoh masyarakat Kota Medan terhadap kepemimpinan berlatarbelakang TNI memiliki penampilan fisik dan berkomunikasi secara tegas gubernur dianggap dapat menciptakan keamanan dan kenyamanan serta terjaminnya ketersedian bahan pangan, sedangkan kepemimpinan gubernur berlatar belakang sipil dianggap kurang mampu menjawab keinginan masyarakat, keamanan, kenyaman dan ketersediaan bahan pangan. Selain itu mudah terjerat praktek korupsi sebagaimana pada kepemimpinan Gubernur Sumatera Utara H. Syamsul Arifin dan Gatot Pudjonugroho, sehingga masyarakat Kota Medan tidak ragu untuk memilih calon gubernur berlatarbelakang TNI pada Pilkada 2018.
Komunikasi Antar Pribadi Guru Bimbingan dan Konseling dengan Siswa Bermasalah Hariansyah Hariansyah
Persepsi: Communication Journal Vol 2, No 1 (2019): MEI 2019
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (467.971 KB) | DOI: 10.30596/persepsi.v2i1.3916

Abstract

Penelitian bertujuan untuk melihat bagaimana penggunaan komunikasi Antar Pribadi yang dilakukan guru bimbingan dan konseling terhadap siswa yang bermasalah di SMA Muhammadiyah SMA Muhammadiyah 09 Kualuhhulu, Kabupaten Labuhan Batu. Pendekatan penelitian dengan menggunakan metode kualitatif dengan teknik wawancara dan observasi dan menghasilkan kesimpulan bahwa bentuk komunikasi antara guru bimbingan dan konseling serta siswa yang bermasalah berupa komunikasi verbal  dan komunikasi nonverbal dengan cara mengkomunikasikan pesannya secara verbal atau dengan lisan melalui program pembelajaran yang telah ditetapkan, sedangkan komunikasi nonverbal antara siswa dan guru terjadi sebagai proses pertukaran pikiran dan gagasan dimana pesan yang disampaikan berupa isyarat, ekspresi wajah, pandangan mata, gerakan tubuh dan sentuhan. Efektivitas komunikasinya memiliki kredibilitas (source credibility). Namun tetap terdapat  faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat komunikasi antarpribadi antara guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi siswa yang bermasalah
Komunikasi Politik Etnis Tionghoa dalam Mengungkap Identitas Relasi Sosial dan Politik (Studi pada Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan) Taufik Hidayat
Persepsi: Communication Journal Vol 2, No 1 (2019): MEI 2019
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (251.889 KB) | DOI: 10.30596/persepsi.v2i1.3936

Abstract

Kajian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan paradigma dramaturgi Erving Goffman dan etnik situasional Fredrik Barth dan tidak terlepas dari dukungan teori meskipun peneliti kualitatif  beranggapan bahwa mereka justru harus membebaskan dirinya dari “tawanan suatu teori”. Analisis dilaksanakan sepanjang penelitian berlangsung, data dikategorikan dan diklasifikasikan sesuai dengan tema dan model. Untuk menjaga keabsahan data yang diperoleh, peneliti melakukan konfirmasi dengan mendatangi  kembali informan setelah hasil wawancara sebelumnya diklasifikasi berdasarkan fokus penelitian. Kesimpulan penelitian bahwa prinsipnya para anggota DPRD Kota Medan periode 2009-2014 dari etnik Tionghoa  memiliki motivasi yang sama  dalam  mencalonkan diri,  yakni untuk  memperjuangkan aspirasi dan kepentingan etnik Tionghoa. Bentuk komunikasi   politik yang  umum dipergunakan oleh para   anggota DPRD Kota Medan periode  2009-2014 adalah dialog, tatap  muka dan kunjungan. Dalam menerapkan  strategi dramaturgi dalam  pengelolaan panggung, terdapat beragam atribut dan simbol simbol yang menjadi pembeda untuk mengidentifikasi identitas etnis Tionghoa sebagai anggota DPRD Kota Medan. 
Efektifitas Komunikasi Guru Bimbingan Konseling terhadap Perkembangan Kepribadian dan Prestasi Siswa Surya Surya
Persepsi: Communication Journal Vol 2, No 1 (2019): MEI 2019
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (409.237 KB) | DOI: 10.30596/persepsi.v2i1.3918

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa SMP Muhammadiyah 22 Kisaran kelas VIII dan IX tahun pembelajaran 2014/2015 dengan jumlah siswa 378 orang, sedangkan sampel berjumlah 182 orang. Hasilnya diketahui komunikasi guru bimbingan konseling mempunyai pengaruh terhadap perkembangan kepribadian siswa di SMP Muhammadiyah 22 Kisaran. Hal tersebut dibuktikan dengan perhitungan korelasi variabel X (komunikasi guru bimbingan konseling) terhadap variabel Y (perkembangan kepribadian siswa), menghasilkan nilai 0,468, artinya variabel tersebut dalam kategori pengaruh yang sedang. Penghitungan analisis statistik berdasarkan pada teori komunikasi antarpribadi diperoleh hasil atau gambaran bahwa bentuk hubungan antarvariabel penelitian telah sesuai dengan hipotesis yang diajukan. Hasilnya diketahui komunikasi guru bimbingan konseling mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan perhitungan korelasi variabel X (komunikasi guru bimbingan konseling) terhadap variabel Y (prestasi belajar siswa), menghasilkan nilai 0,326, artinya variabel tersebut dalam kategori hubungan yang lemah.

Page 1 of 1 | Total Record : 7