Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
Jurnal elementary merupakan jurnal yang memuat naskah atau hasil penelitian di bidang Pendidikan Dasar yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP UM Mataram dan terbit pertama kali Januari 2018. Jurnal Elementary diperuntukan untuk mempublikasikan tulisan Dosen Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang berupa hasil penelitian maupun hasil kajian teori. Dengan adanya Jurnal Elementary diharapkan memudahkan untuk membagi informasi dan pengembangan ilmu pengetahuan yang dapat diakses secara luas. Jurnal Elementary ini terbit secara berkala sebanyak 2 kali dalam setahun yaitu Januari dan Juni.
Articles
19 Documents
Search results for
, issue
"Vol 6, No 1: Januari 2023"
:
19 Documents
clear
STRATEGI PENGUATAN LITERASI DAN NUMERASI SISWA DI SD N JATIROTO 01 KABUPATEN PATI
Dhina Cahya Rohim
Jurnal Elementary:Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol 6, No 1: Januari 2023
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31764/elementary.v6i1.12579
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi penguatan literasi dan numerasi siswa di SD N Jatiroto 01 Kabupaten Pati yang meliputi 1) rancangan program kegiatan penguatan literasi dan numerasi, 2) pelaksanaan program penguatan literasi dan numerasi, 3) factor pendukung dan factor penghambat pelaksanaan program literasi dan numerasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah siswa dan guru di SD N Jatiroto 01 Kabupaten Pati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) program kegiatan literasi dan numerasi yang dirancang antara lain penataan pojok baca, jam tambahan calistung, permainan matematika, penataan lingkungan kaya teks dan kegiatan mendongeng bersama; 2) pelaksanaan program literasi dan numerasi di sekolah dilaksanakan secara bertahap mulai dari tahap pembiasaan, tahap pengembangan dan tahap pembelajaran; 3) factor pendukung pelaksanaan program literasi dan numerasi siswa di sekolah antara lain semangat guru dalam menjalankan program serta dukungan kepala sekolah yang berkomitmen tinggi dalam menjalankan program penguatan literasi dan numerasi sedangkan factor penghambat pelaksanaannya antara lain adalah kurangnya sarana prasarana yang ada di sekolah serta kurangnya minat baca di kalangan siswa itu sendiri.
PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DASAR DENGAN PEMANFAATAN PERMAINAN BAHASA PADA SISWA SD NEGERI 5 BESAKIH
I Nengah Sueca;
Ni Komang Suwarni
Jurnal Elementary:Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol 6, No 1: Januari 2023
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31764/elementary.v6i1.13260
Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi dasar dengan pemanfaatan Permainan Bahasa pada siswa SD Negeri 5 Besakih. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri 5 Besakih yang berjumlah 13 orang. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah metode tes dan observasi dengan analisis data kuantitaif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Permainan Bahasa dapat meningkatkan kemampuan literasi dasar siswa kelas I SD Negeri 5 Besakih. Hal tersebut terlihat dari peningkatan kemampuan literasi dasar siswa kelas I SD Negeri 5 Besakih. Pada pretes kemampuan membaca permulaan siswa sebesar 48,85, meningkat menjadi 58,07 pada siklus I, dan 65,46 pada siklus II. Kemampuan menulis permulaan siswa pada pretes 45,61, meningkat menjadi 59,84 pada siklus I, dan 65,53 pada siklus II. Ketuntasan klasikal siswa juga mengalami peningkatan dari 15,38% pada pretes menjadi 61,54% pada siklus I dan 92,30% pada siklus II. Bedasarkan hal itu dapat disimpulkan bahwa permainan bahasa dapat meningkatkan kemampuan literasi dasar siswa kelas I SD Negeri 5 Besakih.
PENGARUH LITERACY CLOUD TERHADAP MINAT BACA DAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SD
Dewa Made Dwicky Putra Nugraha
Jurnal Elementary:Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol 6, No 1: Januari 2023
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31764/elementary.v6i1.12315
This study aimed at determining (1) the effect of cloud literacy on the students’ reading interest at fourth grade of SDN 2 Sayan, (2) the effect of cloud literacy on students’ comprehension reading skills at fourth grade of SDN 2 Sayan, (3) the effect of cloud literacy simultaneously on reading interest and comprehension reading skills for grade IV SDN 2 Sayan. This research was an experimental research with all fourth grade students of SDN 2 Sayan as population, which consisted of 53 students divided into 2 groups, namely IV A and IV B classes. The sample of this research was determined through random sampling technique. IV A Class as the sample of the experimental group with a sample of 27 people, while IV B class as the control class as many as 26 people. The data on reading interest and comprehension reading skills used questionnaires and essay tests. The data were analyzed using MANOVA assisted by SPSS 2.1 for windows. The results showed that 1) there was a significant difference in reading interest of the students who learned by using cloud literacy applications with the students who learned without using cloud literacy, 2) there was significant differences in reading comprehension skills of students who learned by using cloud literacy applications with students who learned without using cloud literacy, 3) there was a significant effect of the implementation of cloud literacy on the students’ reading interest and comprehension reading skills at fourth grade of SDN 2 Sayan simultaneously.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR PADA MATA PELAJARAN TEMATIK TERPADU DITINJAU DARI HASIL BELAJAR
Ernawati Ernawati
Jurnal Elementary:Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol 6, No 1: Januari 2023
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31764/elementary.v6i1.12923
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran Tematik Terpadu Ditinjau dari Hasil Belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Research dengan desain Non Equivalent Kontrol Group Design. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dilihat dari nilai mean posttest kelas eksperimen sebesar 83.80%, sedangkan mean posttest kelas control sebesar 78.80%. indeks gain kelas eksperimen sebesar 0.69 sedangkan indeks gain kelas control sebesar 0.59. hasil uji t menunjukkan nilai thitung (4,388) > Ttabel (2,052) dan nilai Sig. (2-tailed) < 0.05 yaitu 0.014 yang berarti model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh secara positif dan signifikan dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa Sekolah Dasar Hikmah II Yapis Kota Jayapura Provinsi Papua Pada Mata Pelajaran Tematik Terpadu Ditinjau dari Hasil Belajar.
PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR
Muti Umanahu;
Suratni Muhammad
Jurnal Elementary:Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol 6, No 1: Januari 2023
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31764/elementary.v6i1.12704
Pandemi covid 19 telah mewabah di dunia bahkan di Kota Ternate terlebih di satuan Pendidikan Dasar. Pandemi ini juga berdanpak besar terutama di SDN 66 Kota Ternate. Oleh karena itu diperlukan kemampuan manajerial kepala sekolah dalam hal mengatasi pembelajaran daring yang ada di sekolah dasar. Penelitian ini juga bertujuan mendeskripsikan bentuk kemampuan manajerial kepala sekolah dan mendeskripsikan kendala yang dihadapi kepala sekolah serta solusi yang dilakukan kepala sekolah dalam mengatasi permasalahan. Penelitian ini juga mengguakan metode kualitatif deskriptif Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan manajerial kepala sekolah dilihat dari aspek perencanaan, pengorganisasian, pengaktifan, dan pengawasan telah dilaksanakan dengan cukup baik dengan langkah-langkah khusus yang dilakukan oleh kepala sekolah. Kendala yang dihadapi kepala sekolah berasal dari dua faktor, yaitu kendala internal berupa keterbatasan kemampuan TIK guru dan kurangnya inovasi pembelajaran, serta kendala eksternal akibat keterbatasan sarana dan prasarana yang digunakan siswa. Pemecahan yang dilakukan kepala sekolah dalam masalah internal berupa bimbingan dan arahan kepada guru serta upaya peningkatan kemampuan guru melalui pelatihan, sedangkan untuk masalah eksternal yaitu dengan memaksimalkan sarana dan prasarana, membentuk siswa didik.
RESTORASI DAN DOKUMENTASI CERITA LISAN SEBAGAI BAHAN LITERASI BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI DESA KEDISAN, KINTAMANI
I Putu Oka Suardana
Jurnal Elementary:Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol 6, No 1: Januari 2023
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31764/elementary.v6i1.11137
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendokumentasikan cerita lokal yang ada di Desa Kedisan, Kintamani, dan (2) merestorasi cerita lisan di Desa Kedisan, Kintamani. Penelitian ini dirancang menggunakan penelitian kualitatif dengan metode observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah, (1) terdapat 13 temuan cerita lokal yang dapat direstorasi di Desa Kedisan, Kintamani, (2) jenis cerita yang berkembang adalah legenda dan mitos, serta gabungan legenda dan mitos, (3) penyebaran cerita yang masih secara lisan, (4) terdapat beberapa peninggalan arekologi, dan (5) terdapat peninggalan budaya yang masih kuat di dalam masyarakat. Saran yang dapat diberikan untuk penelitian selanjutnya adalah pengembangan cerita-cerita tersebut ke dalam buku cerita anak sehingga terdokumentasi dengan baik dan dapat dibaca dengan mudah dan menyenangkan.
ANALISIS KESESUAIAN BAHAN AJAR IPA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN DI KELAS V SD N 2 CEMPAGA
Ni Kadek Sri Adiari;
I Ketut Dedi Agung Susanto Putra
Jurnal Elementary:Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol 6, No 1: Januari 2023
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31764/elementary.v6i1.11514
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesesuaian bahan ajar IPA yang diterapkan guru dalam proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini dilakukan di kelas V SD N 2 CEMPAGA. Subjek penelitian ini adalah seluruh buku IPA kelas V SD N 2 CEMPAGA, dengan sampel penelitian yaitu buku tema 3 makanan sehat, subtema 1 bagaimana tubuh mengelola makanan pada pertemuan 1, 2 dan 5. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar analisis dengan daftar chek-list berdasarkan skala likert. Hasil dari penelitian ini, yaitu tingkat kesesuaian bahan ajar IPA yang diterapkan dalam proses pembelajaran di Kelas V SD N 2 CEMPAGA adalah sebesar 77,38%.
MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN SIKAP BEKERJASAMA SISWA
isna amanaturrakhmah
Jurnal Elementary:Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol 6, No 1: Januari 2023
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31764/elementary.v6i1.11747
Abstrak: Penelitian bertujuan mendeskripsikan bagaimana model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick meningkatkan hasil belajar kognitif dan sikap bekerjasama siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah PTK yang terdiri dua siklus. Kegiatan penelitian dilakukan di UPTD SDN Luwunggesik. Subjek penelitian adalah 26 orang siswa kelas V. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Kemudian data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian meningkat dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar kognitif meningkat 4% pada kategori tinggi dan 46% pada kategori sedang. Sikap bekerjasama pada kategori baik meningkat 50%. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe talking stick secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar kognitif dan sikap bekerjasama siswa. Abstract: This study aims to describe how the Talking Stick type of cooperative learning model improves students' cognitive learning outcomes and cooperative attitudes. The research method used is CAR which consists of two cycles. The research activity was implemented at the UPTD SDN Luwunggesik. The research subjects were 26 fifth grade students. Data collection techniques used were observation and tests. Then the data were analyzed descriptively. The results of the study increased from cycle I to cycle II. Cognitive learning outcomes increased 4% in the high category and 46% in the medium category. Cooperative attitude in the good category increased by 50%. It can be concluded that the talking stick cooperative learning model can significantly improve students' cognitive learning outcomes and cooperative attitudes.
ANALISIS PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH DASAR
Rahmat Muhdar;
Yetni Marlina
Jurnal Elementary:Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol 6, No 1: Januari 2023
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31764/elementary.v6i1.12707
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Analisis Pembelajaran Daring di SDN 66 Kota Ternate. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian Deskritif kualitatif.jenis studi kasus.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SDN 66 Kota Ternate. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pelaksanaan pembelajaran dari di SDN 66 Kota Ternate tidak terlaksana sesuai standar proses pendidikan dasar dan menengah pada Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan, inti dan penutup yang baik, serta tidak menyusun RPP dan silabus pembelajaran daring. Salin itu guru mengalami berbagai kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran daring karena tidak menyusun RPP dan silabus serta kendala lain seperti sulit dalam menyampaikan materi karena siswa tidak memiliki HP, kendala pada kuota, latar belakang pendidikan orangtua, dan perbedaan pengetahuan awal siswa. kesulitan dalam memanfaatkan teknologi dan kesulitan dalam melakukan penilaian karena siswa dalam mengerjakan tugas dibantu oleh orangtua, dan melihat jawaban dari google. Dan hal ini tidak memenuhi tuntutan kompetensi pedagogic guru yang mengharuskan guru mampu merancang, melaksanakan pembelajaran danmelakukan evaluasi.
PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA KEUNIKAN DAERAH TEMPAT TINGGALKU
Fitriah Mujahidah Mujahidah;
Wawan Syahiril Anwar;
Resyi Abdul Gani
Jurnal Elementary:Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol 6, No 1: Januari 2023
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31764/elementary.v6i1.12674
Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning dengan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Subtema Keunikan Daerah Tempat Tinggalku. Penelitian dengan menggunakan jenis penelitian eksperimen kuasi desain du akelas. Tujuan penelitian yakni mampu mengetahui apakah terdapat pengaruh hasil belajar subtema Keunikan Daerah Tempat Tinggalku kelas IV dengan menggunakan model Problem Based Learning dengan Media Audio Visual pada kelas ekperimen yakni kelas IV A dan penerapan model konvensional terhadap kelas kontrol yakni kelas IV B. Subjek berjumlah 73 peserta didik. Waktu pelaksanaan di lakukan pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan uji prasyarat analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, kemudian uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil peneilitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan yaitu terdapat pada nilai N-Gain dan ketuntasan hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 74 termasuk ke dalam kriteria tinggi dengan ketuntasan hasil belajar yaitu 90%, lalu dipeoleh nilai rata-rata N-Gain kelompok kelas kontrol yaitu 64 termasuk ke dalam kriteria sedang dengan nilai ketuntasan hasil belajar 77%. Uji hipotesis menyatakan H0 ditolak serta Ha (Hipotesis alternatif) diterima karena dengan nilai thitung (80,2568) > ttabel (2,00030) dengan dk 72 dan taraf signifikan 0,05 (5%). Berdasarkan hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan adanya perbedaan dalam penerapan model Problem Based Learning dengan Media Audio Visual terhadap hasil belajar subtema Keunikan Daerah Tempat Tinggalku.