cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
SIKLUS: Jurnal Teknik Sipil
ISSN : 24431729     EISSN : 25493973     DOI : -
Core Subject : Engineering,
SIKLUS: Jurnal Teknik Sipil adalah wadah untuk penyebaran informasi tulisan ilmiah bidang Teknik Sipil. Diterbitkan oleh Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Lancang Kuning, dua kali dalam setahun pada bulan April dan bulan Oktober
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2016)" : 5 Documents clear
EVALUASI TIKUNGAN PADA STA 40+100 DI RUAS JALAN SIMPANG LAGO – SEKIJANG MATI Hendri Rahmat; Fadrizal Lubis
Siklus : Jurnal Teknik Sipil Vol. 2 No. 2 (2016)
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/siklus.v2i2.338

Abstract

Pada dari tahun 2011 – 2015 terjadi 21 perkara kecelakaan lalulintas dengan korban meninggal dunia sebanyak 14 orang, luka 568.770,000 (sumber : Polres Pelalawan). Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya kecelakaan salah satunya faktor geometrik jalan. Hasil yang diperoleh alinyemen horizontal pada tikungan terjadi perbedaan antara as jalan existing dengan as jalan hasil perhitungan yang mengacu ke standar Bina Marga. Dari hasil perhitungan superelevasi terlihat bahwa superelevasi existing di tikungan tidak sesuai dengan standar Bina Marga. Maka dapat disimpulkan bahwa geometrik jalan merupakan faktor penyebab terjadinya kecelakaan di tikungan STA 40+100 ruas jalan Simpang Lago – Sekijang Mati
APLIKASI NON DESTRUCTIVE TEST PADA INVESTIGASI KEANDALAN STRUKTUR BETON Widya Apriani
Siklus : Jurnal Teknik Sipil Vol. 2 No. 2 (2016)
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/siklus.v2i2.345

Abstract

Struktur bangunan Stadion Utama merupakan bangunan yang digunakan sebagai tempat perhelatan acara olahraga. Struktur ini diindikasikan memiliki ketidaksesuaian antara struktur terpasang dengan spesifikasi teknik yang direncanakan. Perbedaan tersebut dapat membahayakan apabila diketahui struktur tidak layak difungsikan. Berdasarkan Peraturan Menteri PU Nomor 25/RT/M2007, keandalan bangunan gedung adalah kondisi keselamatan, kesehatan kenyamanan, dan kemudahan yang memenuhi persyaratan keandalan bangunan gedung. Untuk mengetahui keandalan bangunan tersebut, maka dilakukan investigasi dengan pengujian kekuatan struktur, untuk menilai kuat tekan beton berdsasarkan metode pengujian Non Deskruktif Test yaitu Hammer Test, Rebar Locator dan UPV test. Metode yang digunakan adalah pengujian langsung di lapangan tanpa merusak beton terpasang. Hasil yang diperoleh hasil Hammer Test, Rebar Locator dan UPV test diperoleh bahwa keandalan struktur masih memenuhi untuk laik fungsi.
ANALISIS PENGARUH KECEPATAN DAN HAMBATAN SAMPING TERHADAP KAPASITAS JALAN (Studi Kasus : Jalan Kaharuddin Nasution Pekanbaru) Winayati Winayati
Siklus : Jurnal Teknik Sipil Vol. 2 No. 2 (2016)
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/siklus.v2i2.349

Abstract

Kecepatan kendaraan dan kapasitas jalan di perkotaan akan dipengaruhi oleh hambatan samping (side friction factor). Faktor hambatan samping berupa : kendaraan tak bermotor, bis kota yang berhenti, pejalan kaki, mobil berhenti atau parkir, kendaraan keluar masuk dari jalan-jalan kecil yang bergabung ke jalan studi. Dalam menganalisa kinerja ruas jalan dengan menggunakan MKJI 1997, ditinjau dari selisih derajat kejenuhan pada kondisi existing terhadap salah satu faktor hambatan samping yang dihilangkan, menunjukkan nilai yang sama yaitu sebesar 0,02. Berdasarkan hasil analisis matematis dan analisis kinerja ruas jalan pada beberapa kondisi skenario, diperoleh kesimpulan bahwa yang paling efektif dilaksanakan adalah kondisi Jalan Kaharuddin Nasution Km 5 tanpa mobil keluar jalan dan tanpa mobil berhenti. Dimana kendaraan selain sepeda motor dari sisi sisi Jalan Kaharuddin Nasution Km 5 dilarang masuk ke dalam Jalan Unggas Km 5, perlu adanya rambu dilarang parkir pada badan jalan khusus untuk mobil, dengan jalan alternatif lokasi parkir pada jalan yang terdapat disisi Jalan Kaharuddin Nasution Km 5 Pekanbaru. Dari hasil perhitungan kecepatan rerata menunjukkan bahwa kecepatan rerata hasil perhitungan MKJI 1997 terlalu tinggi dari kondisi sesungguhnya di lapangan yaitu 18,98 km/jam, sedangkan kecepatan rerata hasil model lebih baik jika dibandingkan dengan kecepatan rerata hasil perhitungan MKJI 1997 yaitu sebesar 1,90 km/jam. Parkir dan kendaraan berhenti di badan jalan merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap hambatan samping, sehingga faktor tersebut sebaiknya diperhitungkan dalam MKJI.
PENGARUH PENAMBAHAN ABU TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT (TKKS) TERHADAP NILAI PENETRASI INDEKS ASPAL PERTAMINA PEN.60/70 Alfian Saleh; Muthia Anggraini
Siklus : Jurnal Teknik Sipil Vol. 2 No. 2 (2016)
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/siklus.v2i2.353

Abstract

Pemeriksaan dilakukan dengan cara mengumpulkan data dari serangkaian pengujian karakteristik aspal. Kemudian dilakukan analisis dan pembahasan. Pengambilan abu TKKS didapat dari TKKS yang baru diambil dan dibakar menjadi abu yang lolos saringan #200. Dalam pemeriksaan dilakukan dengan empat tahap. Tahap I untuk mencari karakteristik aspal 60/70. Tahap II untuk mencari kadar aspal optimum pada aspal 60/70. Tahap II untuk mencari kadar abu TKKS optimum dengan variasi kadar abu TKKS 0,0%, 1,0%, 2,0%, 3,0%, dan 4,0% terhadap kadar aspal optimum, sehingga didapat kadar abu TKKS optimum 1,5% terhadap kadar aspal optimum. Tahap III dilakukan pengujian penetrasi dan titik lembek aspal dengan penambahan abu TKKS kadar optimum sebesar 1,5% untuk mendapatkan nilai penetration index (PI). Tahap IV yaitu menganalisis nilai PI tanpa penambahan abu TKKS dan dengan penambahan abu TKKS. Sehingga dari hasil PI didapat abu TKKS bisa dimanfaatkan sebagai bahan tambah untuk campuran beton aspal walaupun mengalami penurunan nilai durabilitas namun masih dalam batas yang ditentukan ≥75% ini disebabkan karena pada pengujian penetrasi dan titik lembek aspal dengan penambahan abu TKKS kadar optimum mengalami penuruan yang menandakan aspal tersebut menjadi keras dan rentan terhadap perubahan temperatur karena abu TKKS banyak mengandung K2O yang bersifat mudah teroksidasi dan peka terhadap perubahan temperatur.
ANALISIS KARAKTERISTIK TANAH DAN STABILITAS LERENG FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS LANCANG KUNING Zainuri Zainuri; Gusneli Yanti; Shanti Wahyuni Megasari
Siklus : Jurnal Teknik Sipil Vol. 2 No. 2 (2016)
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/siklus.v2i2.357

Abstract

Fakultas Ekonomi Universitas Lancang Kuning berada pada kontur tanah yang berbukit dengan kemiringan lereng berkisar 14o - 27o dan ketinggian tebing antara 5,6 - 7,2 meter dari kaki tebing. Sebagian tebing ada yang telah dibuat bangunan pengaman tebing dan sebagian lagi masih merupakan tebing alami. Gedung tersebut merupakan bangunan bertingkat yang terdiri dari atas dua lantai. Pondasi bangunan berada 2,97 meter dari bibir tebing, dimana sepanjang ± 20 meter dinding tebing belum diberi perkuatan. Untuk menghadapi kemungkinan tersebut perlu dilakukan tindakan pencegahan. Pencegahan dapat dimulai dengan melakukan pemeriksaan tentang karakteristik tanah dan stabilitas lereng di lokasi yang dimaksud. Tetapi yang menjadi permasalahan adalah bagaimana karakteristik tanah dan stabilitas lereng yang berada di belakang Fakultas Ekonomi, Universitas Lancang Kuning, Pekanbaru. Dalam menganalisis digunakan metode deskriptif dengan riset lapangan dan riset laboratarium. Pemeriksaan ini bersifat kuantitatif yang memaparkan perhitungan dan angka-angka dari hasil perhitungan menggunakan metode Simplified Bishop. Berdasarkan hasil analisis data didapat karakteristik tanah dan bidang gelincir dengan menggunakan metode Simplified Bishop adalah : 1) Karakteristik tanah pembentuk tebing di lokasi pemeriksaan adalah kadar air 21,76%; berat volume (γ) 1,89 gram/cm3; derajat kejenuhan 76,43%; porositas 37,85%; angka pori (e) 0,0609%; Liquid Limit 27,825%; Plastis Limit 23,090%; Index Plastisitas 4,735%; sudut geser (ϕ) 43,74o; kohesi (c) 0,285 kg/cm2; berat jenis 2,58; lanau 1,353%; pasir 98,647%; kerikil 0% dan klasifikasi USCS adalah SP. 2) Bidang gelincir untuk tebing Fakultas Ekonomi berbentuk busur dengan jari-jari (R) 20 meter dan nilai faktor keamanan (Fs) sebesar 1,35 mendekati nilai yang diisyaratkan 1,2.

Page 1 of 1 | Total Record : 5