cover
Contact Name
Nurhayati
Contact Email
smartpaud@uho.ac.id
Phone
+6285341614860
Journal Mail Official
smartpaud@uho.ac.id
Editorial Address
Kampus Bumi Tridharma Andounohu Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara – Indonesia Tel / HP : 085341614860, email : smartpaud@uho.ac.id
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Jurnal Smart PAUD
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : 25990144     EISSN : 26141248     DOI : http://dx.doi.org/10.36709/jspaud
Core Subject : Education,
Jurnal Smart PAUD contains research articles in the field of early childhood education with focus and coverage including curriculum, early childhood development, education management, teaching materials, learning Media, learning assessments, strategies/models/methods/approaches/learning techniques, education policy.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1: Januari 2018" : 10 Documents clear
MENCEGAH LEBIH EFEKTIF DARI PADA MENANGANI (KASUS BULLYING PADA ANAK USIA DINI) Abubakar, Sitti Rahmaniar
Jurnal Smart PAUD Vol 1, No 1: Januari 2018
Publisher : Jurusan PG-PAUD Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (190.823 KB) | DOI: 10.36709/jspaud.v1i1.3514

Abstract

Fenomena tindak kekerasan yang terjadi di seluruh kalangan masyarakat semakin meluas, bukan saja pada orang dewasa, tetapi juga terjadi di kalangan anak sekolah, bahkan pada anak usia dini. Dalam tindak kekerasan, khususnya perilaku bullying pada anak usia dini, sasaran maupun pelaku bullying yang kedua pihak merupakan anak yang berusia dini, sungguhnya hanyalah merupakan dampak dari pengaruh lingkungan dan kekeliruan orang tua dalam menerapkan pola pendidikan bagi anak, baik di dalam keluarga, di sekolah, maupun di masyarakat. Untuk mengatasi tindak bullying, diperlukan langkah-langkah penanganan, namun untuk mencegah perilaku tersebut dibutuhkan langkah-langkah preventif yang bersifat mencegah. Mencegah lebih efektif dari pada menangani.Kata kunci: Bullying, Penanganan Bullying, Pencegahan Bullying
PENGARUH METODE FARMING GARDENING PROJECT SEBAGAI SOLUSI PEMBELAJARAN ALAM DI TK KUNCUP BAHARI KENDARI Ilham, Irawati
Jurnal Smart PAUD Vol 1, No 1: Januari 2018
Publisher : Jurusan PG-PAUD Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (199.256 KB) | DOI: 10.36709/jspaud.v1i1.3519

Abstract

Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh metode farming gardening project sebagai solusi pembelajaran alam dalam meningkatkan kemampuan anak di TK Kuncup Bahari Kendari. Subjek dalam penelitian ini adalah anak TK Kuncup Bahari Kendari yang berjumlah 42 peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan 2 (dua) siklus, setiap siklus terdiri atas: perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh persentase belajar anak sebesar 84,6% dan persentase ketercapaian aktivitas mengajar guru sebesar 86,7%. Pada siklus II hasil penelitian persentase ketercapaian aktivitas belajar anak juga mengalami peningkatan menjadi 92,3%. Sedangkan persentase ketercapaian aktivitas mengajar guru mengalami peningkatan menjadi 93,3%, Berdasarkan hasil evaluasi tentang kemampuan anak dalam penerapan pembelajaran alam menggunakan metode farming gardening project menunjukkan bahwa hasil observasi awal diperoleh persentase sebesar 33,33% dan mengalami peningkatan pada siklus I yaitu sebesar 61,90%. Pada siklus II diperoleh persentase sebesar 83,33%.  Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran alam anak di TK Kuncup Bahari Kendari dapat ditingkatkan melalui metode farming gardening projectKata kunci: Pembelajaran Alam, Farming, Gardening.
MENINGKATKAN KEGIATAN EKSPLORASI ANAK MELALUI MEDIA LINGKUNGAN SEKITAR DI KELOMPOK B HOME SCHOOLING AL GIFARI KOTA KENDARI Salmiati, Salmiati
Jurnal Smart PAUD Vol 1, No 1: Januari 2018
Publisher : Jurusan PG-PAUD Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (307.713 KB) | DOI: 10.36709/jspaud.v1i1.3515

Abstract

Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan eksplorasi anak melalui media lingkungan sekitar di kelompok B Home Schooling Al-Gifari Kota Kendari. Subjek dalam penelitian ini adalah anak Kelompok B TK Al-gifari  Kendari yang berjumlah 13 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan 2 (dua) siklus, setiap siklus terdiri atas: perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi dan refleksi. Hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I tercapai 76%, sedangkan hasil aktivitas belajar anak didik pada siklus I tercapai 53,48%. Aktivitas mengajar guru mengalami peningkatan pada siklus II mencapai 84,61%, dan aktivitas belajar anak didik juga mengalami peningkatan pada siklus II yaitu mencapai 92,30%. Nilai untuk indikator hasil belajar anak baik secara individual maupun klasikal dikatakan berhasil apabila memperoleh ≥ 75% kategori BSB atau BSH. Hasil penelitian, kegiatan ekplorasi anak pada siklus I yaitu mencapai 53,48% dan pada siklus II mengalami peningkatan mencapai 84,61%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kegiatan ekplorasi pada anak dapat ditingkatkan melalui media lingkungan sekitar pada Kelompok B Home Schooling Al Gifari Kota Kendari. Kata Kunci: Kegiatan Ekplorasi, Media Lingkungan Sekitar, Home Schooling
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI MERONCE MANIK-MANIK PADA KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK TUNAS HARAPAN KEC. MORAMO KAB. KONAWE SELATAN Pabunga, Dorce Banne; Adjumeilati, Mega
Jurnal Smart PAUD Vol 1, No 1: Januari 2018
Publisher : Jurusan PG-PAUD Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (190.996 KB) | DOI: 10.36709/jspaud.v1i1.3520

Abstract

Tujuan pelaksanan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan meronce dengan manik-manik untuk anak usia dini pada kelompok B. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan 2 (dua) siklus. Hasil ketercapaian aktivitas mengajar guru dalam kegiatan meronce manik-manik pada kemampuan motorik halus anak pada siklus I adalah 80%. Ketercapaian aktivitas belajar anak dalam kegiatan meronce manik-manik pada kemampuan motorik halus anak adalah 76%. Hasil evaluasi kemampuan motorik halus anak pada siklus I adalah 66% atau 10 anak dari 15 orang anak. Ketercapaian aktivitas mengajar guru dalam kegiatan meronce manik-manik pada kemampuan motorik halus anak pada siklus II adalah 95%. Ketercapaian aktivitas belajar anak dalam kegiatan meronce manik-manik pada kemampuan motorik halus anak pada siklus II adalah 94%. Hasil evaluasi kemampuan behitung anak pada siklus II adalah 86%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan motorik halus anak Kelompok B Taman Kanak-kanak Tunas Harapan Kecamatan Moramo Kabupaten Konawe Selatan dapat ditingkatkan melalui meronce manik-manik.Kata Kunci :  pembelajaran, meronce manik-manik, motorik halus
ANALISIS PEMBIASAAN PERILAKU HIDUP SEHAT PADA ANAK KELOMPOK B TK HARAPAN PERTIWI DESA ANGGALOMOARE KECAMATAN ANGGALOMOARE Idhayani, Nurul; Fatmawati, Dian
Jurnal Smart PAUD Vol 1, No 1: Januari 2018
Publisher : Jurusan PG-PAUD Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (222.094 KB) | DOI: 10.36709/jspaud.v1i1.3516

Abstract

Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembiasaan perilaku hidup sehat pada anak kelompok B TK Harapan Pertiwi Desa Anggalomoare Kabupaten Konawe. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B sebanyak 15 orang yang terdiri dari 8 anak perempuan dan 9 anak laki-laki serta 2 orang guru dan 7 orang tua anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yang diperoleh melalui hasil observasi, wawancara dan dokumentasi dan dianalisis berdasarkan 3 cara yakni, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembiasaan perilaku hidup sehat pada anak kelompok B TK Harapan Pertiwi sudah dilaksanakan. Hal ini terlihat dari rutinitas cuci tangan yang dilakukan oleh murid-murid TK sebelum dan sesudah makan yang bisa dilakukan sendiri. Membuang sampah pada tempatnya. Membantu guru membereskan kelas atau peralatan belajarnya juga membersihkan ruangan sebelum dan sesudah makan juga setelah pelajaran usai, dan umumnya sudah bisa membereskan tempat bekal masing-masing setelah makan dan rata-rata tidak jajan sembarangan. Kata Kunci :Pembiasaan, Perilaku Hidup Sehat
MENERAPKAN KEGIATAN MEWARNAI DENGAN ANEKA MEDIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN VISUAL-SPASIAL PADA ANAK USIA DINI Aisyah, Aisyah; Ismawati, Ismawati
Jurnal Smart PAUD Vol 1, No 1: Januari 2018
Publisher : Jurusan PG-PAUD Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (527.752 KB) | DOI: 10.36709/jspaud.v1i1.3521

Abstract

Anak usia dini adalah individu yang sedang mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat, dan menempati kedudukan sebagai masa golden age. Dunia anak adalah dunia bermain. Bermain merupakan aktivitas yang sangat  penting dan menyenangkan dalam kehidupan anak. Ketika anak bermain ia bebas untuk berbuat apa saja. Dalam kegiatan bermain, khususnya kegiatan mewarnai pada aneka media dapat mengembangkan berbagai kemampuan anak salah satunya adalah kemampuan visual-spasialnya. Dalam kegiatan mewarnai anak dapat mencurahkan serta menuangkan semua ide yang ada dalam pikirannya lewat warna dan tulisan dari alat warna dan akan memberi stimulus bagi otak kanan dan otak kiri anak. Kegiatan mewarnai juga digunakan sebagai media berekspresi, dapat mengenal perbedaan warna, dapat meningkatkan konsentrasi, melatih mengenai objek sehingga anak memahami detail objek yang akan diwarnai, melatih anak mengenal aneka warna dan nama-nama warna,   membantu anak untuk belajar keserasian dan keseimbangan warna, dan dapat merangsang kepakaan anak terhadap warna.Kata kunci: Kegiatan Mewarnai, Aneka Media Mewarnai, Visual-spasial
PENGGUNAAN E-LEARNING EDMODO PADA MAHASISWA JURUSAN PG-PAUD UNIVERSITAS HALU OLEO Salim, Salim
Jurnal Smart PAUD Vol 1, No 1: Januari 2018
Publisher : Jurusan PG-PAUD Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (573.457 KB) | DOI: 10.36709/jspaud.v1i1.3517

Abstract

Tujuan yang dicapai dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kemandirian belajar melalui penggunaan e-learning Edmodo dan untuk menganalisis hasil akademik melalui penggunaan e-learning Edmodo pada mahasiswa jurusan PG-PAUD FKIP Universitas Halu Oleo. Penelitian ini menggunakan metode Pre Experimental Design dengan desain penelitian menggunakan one group pretest-posttest design. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Komputasi FKIP Universitas Halu Oleo dengan subyek penelitian yaitu mahasiswa jurusan PG-PAUD semester genap tahun 2016. Analisis kemandirian belajar diukur jika persentase yang diperoleh lebih dari 50% berada pada kategori minimal tinggi dan hasil akademik mahasiswa jika nilai skor berada minal 60 dengan kategori minimal tingga serta peningkatan hasil akademik mahasiswa menggunakan uji paired sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) kemandirian belajar mahasiswa berkriteria sangat tinggi dengan persentase sebesar 79,37%, (2) Hasil akademik mahasiswa menunjukkan kriteria yang tinggi dengan peningkatan hasil akademik sebesar 41,41 yang diuji secara statistik cukup signifikan dengan nilai sig = 0,000 < 0,05 Kata kunci: Kemandirian belajar, e-learning, Edmodo.
MENINGKATKAN KECERDASAN VISUAL-SPASIAL ANAK MELALUI PEMANFAATAN BAHAN BEKAS (ANORGANIK) PADA ANAK TK KELOMPOK B Haslinda, Haslinda
Jurnal Smart PAUD Vol 1, No 1: Januari 2018
Publisher : Jurusan PG-PAUD Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (272.176 KB) | DOI: 10.36709/jspaud.v1i1.3522

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan visual-spasial anak melalui pemanfaatan bahan bekas (anorganik) pada anak kelompok B TK Kemala Bhayangkari Brimob Kota Kendari. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik yang berjumlah 20 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tahap-tahap dalam penelitian ini mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan evaluasi, dan (4) refleksi. Berdasarkan analisis data hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I diperoleh persentase ketercapaian sebesar 77,7%, aktivitas belajar anak didik diperoleh persentase ketercapaian sebesar 70,6% dan hasil belajar anak berupa peningkatan kecerdasan visual-spasial sebesar 65%. Pada siklus II, persentase ketercapaian aktivitas mengajar guru mengalami peningkatan menjadi 89,8%, persentase ketercapaian aktivitas belajar anak didik juga mengalami peningkatan menjadi 82,3% dan dan hasil belajar anak berupa peningkatan kecerdasan visual-spasial meningkat sebesar 80%.Kata kunci: Pembelajaran, Kecerdasan Visual-Spasial, Bahan Bekas (Anorganik)
PENGENALAN KONSEP SAINS PADA ANAK KELOMPOK B TK PERTIWI LOMBE Nurhayati, Nurhayati
Jurnal Smart PAUD Vol 1, No 1: Januari 2018
Publisher : Jurusan PG-PAUD Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (491.091 KB) | DOI: 10.36709/jspaud.v1i1.3518

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran untuk mengenalkan konsep sains pada anak TK B dan untuk menganalisis perkembangan kemampuan anak dalam mengenal sains. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen tanpa pembanding atau eksperimen semu dengan desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Subyek dalam penelitian adalah anak kelompok B TK Pertiwi Lombe yang berjumlah 20 orang.  Hasil penelitian ini diantaranya: (1) pelaksanaan pembelajaran untuk mengenalkan konsep sains pada anak kelompok B TK Pertiwi Lombe dilakukan melalui pembelajaran dengan percobaan sains secara sederhana sesuai dengan karakteristik anak dan kondisi sekolah, (2) kemampuan anak dalam mengenal sains pada kelompok B TK Pertiwi Lombe mengalami perkembangan dengan skor rata-rata 45 dan secara statistik cukup signifikan dengan nilai sig = 0,000 < 0,05.Kata kunci: Konsep, Pembelajaran, Sains.
AKTIVITAS MENDONGENG MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN MORAL Nur Hidayah, Afifah; Nurhadija, Nurhadija
Jurnal Smart PAUD Vol 1, No 1: Januari 2018
Publisher : Jurusan PG-PAUD Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (270.075 KB) | DOI: 10.36709/jspaud.v1i1.3523

Abstract

Dongeng merupakan karya sastra nusantara yang banyak mengandung pembelajaran moral. Penggunaan dongeng sebagai pembelajaran moral di nilai sangat efektif untuk anak usia dini. Mendongeng mampu menarik perhatian anak untuk belajar dan metode mendongeng ini juga sangat mempermudah anak dalam memamahami nilai-nilai pembelajaran moral yang di sampaikan. Penggunaan metode ini akan lebih efektif jika menggunakan audio visual (video). Dengan menggunakan media audio-visual, pembelajaran moral dari dongeng akan meningkatkan ketertarikan anak untuk belajar dan tingkat pemahaman anak akan lebih tinggi karena tidak hanya menyapaikan dongeng dengan bercerita melainkan anak dapat melihat gambarnya secara secara langsung. Dengan adanaya gambar yang dapat langsung dilihat, maka anak dapat dengan mudah menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.Kata Kunci : Dongeng, Pembelajaran Moral, Media Audio-Visual.

Page 1 of 1 | Total Record : 10