cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Indonesian Journal of Primary Education
ISSN : 25992821     EISSN : 25974866     DOI : -
Core Subject : Education,
Indonesian Journal of Primary Education adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan dua kali setahun (Juni-Desember) yang mempublikasikan hasil penelitian orisinal tentang pendidikan dasar dan pendidikan guru sekolah dasar. Jurnal ini bertujuan untuk mengembangkan konsep, teori, perspektif, paradigma, dan metodologi dalam ruang lingkup pendidikan dasar dan pendidikan guru sekolah dasar meliputi kurikulum, bahan ajar, media, metode, dan evaluasi pembelajaran sekolah dasar.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue " Vol 2, No 1 (2018): Indonesian Journal of Primary Education" : 5 Documents clear
Pengaruh Concept-Rich Instruction terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Sekolah Dasar Ditinjau Dari Math Anxiety Kusmayanti, Intan; Sumantri, M Syarif; Noornia, Anton
Indonesian Journal of Primary Education Vol 2, No 1 (2018): Indonesian Journal of Primary Education
Publisher : Program Studi PGSD UPI Kampus TasikmalayaUPI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/ijpe.v2i1.12068

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran Concept-Rich Instruction terhadap kemampuan pemahaman matematis ditinjau dari math anxiety siswa sekolah dasar. Penelitian dilakukan di SD Negeri 1 Sindangkasih dengan sampel siswa  kelas III A dan III B 45 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas III C dan III D dengan sampel siswa 45 orang sebagai kelas kontrol yang dilaksanakan pada tahun ajaran 2017/2018. Penelitian menggunakan treatment by level 2 x 2. Teknik analisis data adalah analisis varians dua jalur (ANAVA). Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman matematis siswa yang belajar dengan menggunakan pendekatan concept-rich instruction dengan siswa yang menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional; (2) terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan math anxiety terhadap kemampuan pemahaman matematis; (3) kemampuan pemahaman matematis siswa dengan tingkat math anxiety rendah yang belajar menggunakan pendekatan pembelajaran concept-rich instruction lebih tinggi daripada yang belajar menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional; (4) kemampuan pemahaman matematis siswa dengan tingkat math anxiety tinggi yang belajar menggunakan pendekatan pembelajaran concept-rich instruction lebih rendah daripada yang belajar menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional
Pengaruh Brain Based Learning (BBL) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep IPA ditinjau dari Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar Permana, Ripki; Tola, Burhanudin; Hidayat, Dede Rahmat
Indonesian Journal of Primary Education Vol 2, No 1 (2018): Indonesian Journal of Primary Education
Publisher : Program Studi PGSD UPI Kampus TasikmalayaUPI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/ijpe.v2i1.11674

Abstract

Adanya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brain based learning (BBL) terhadap kemampuan pemahaman konsep IPA ditinjau dari minat belajar siswa sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah dasar negeri Anyar 4, kabupaten Serang. Kelas yang digunakan sebagai populasi penelitian yaitu kelas IV yang terdiri dari kelas IVA-IVD. Kemudian dilakukan pemilihan sample dengan teknik cluster random sampling. Didapatkan sample siswa sebanyak 60 siswa yang terbagi dari dua kelas yaitu kelas IVB sebagai kelompok eksperimen sebanyak 30 siswa dan  kelas IVC sebagai kelompok kontrol sebanyak 30 siswa. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian ekperimen yang menggunakan treatment by level 2 x 2. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian dijabarkan sebagai berikut: 1). Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep IPA yang menggunakan brain based learning dengan siswa yang menggunakan ekpositori. 2) Terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan minat belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep IPA. 3) kemampuan pemahaman konsep IPA yang memiliki minat belajar tinggi dan belajar menggunakan brain based learning memiliki pengaruh yang lebih tinggi dibandingkan siswa yang belajar menggunakan ekpositori. 4) kemampuan pemahaman konsep IPA yang memiliki minat belajar rendah dan belajar menggunakan brain based learning memiliki pengaruh yang lebih rendah dibandingkan siswa yang belajar menggunakan ekpositori.
Strategi Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi melalui Pendekatan Saintifik dengan Metode Problem Based Learning di Kelas IV SDN 3 Selajambe Kabupaten Kuningan Nugraha, Junaedi; M.S, Zulela; Fuad, Nurhattati
Indonesian Journal of Primary Education Vol 2, No 1 (2018): Indonesian Journal of Primary Education
Publisher : Program Studi PGSD UPI Kampus TasikmalayaUPI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/ijpe.v2i1.12070

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi melalui pendekatan saintifik dengan metode problem based learningpada siswa kelas IV SDN 3Selajambe Kecamatan Selajambe Kabupaten Kuningan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan  menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart.  Penelitian tindakan ini diakhiri dalam dua siklus.Hal ini didasarkan berdasar hasil penelitian pada siklus ke II mengalami peningkatan yang sangat signifikan, disertai dengan telah tercapainya kriteria keberhasilan tindakan.Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan menulis karangan, dan dokumentasi. Hasil analisis data diperoleh bahwa aktivitas guru dan siswa meningkat setiap siklus. Rata–rata tes kemampuan menulis karangan pada pra tindakan  dengan nilai 65, siklus I dengan nilai 79 dan siklus II dengan nilai rata-rata 88. Persentase ketuntasan dari pra tindakan  sebesar 28% meningkat pada  siklus II  menjadi 100% tuntas dengan persentase peningkatan sebesar 72%.  Hasil penelitian membuktikan bahwa pendekatan saintifik dengan model problem based learningdapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas IV SDN 3 Selajambe.
Pengaruh Media Gambar dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar IPS Purbayani, Rini; Marini, Arita; Fahrurrozi, Fahrurrozi
Indonesian Journal of Primary Education Vol 2, No 1 (2018): Indonesian Journal of Primary Education
Publisher : Program Studi PGSD UPI Kampus TasikmalayaUPI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/ijpe.v2i1.12071

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh media gambar dan gaya belajar terhadap hasil belajar IPS. Penelitian dilakukan di SD Negeri 1 Sindangkasih dengan sampel siswa  kelas V A sebanyak 30 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas V B sebanyak 30 orang  sebagai kelas kontrol yang dilaksanakan pada tahun ajaran 2017/2018. Penelitian menggunakan desain treatment by level 2 x 2. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis varians dua jalur (ANOVA). Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) terdapat perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang belajar menggunakan media gambar seri dengan siswa yang belajar menggunakan media flipchart; (2) terdapat perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang memiliki kecenderungan gaya belajar visual dengan siswa yang memiliki kecenderungan gaya belajar auditorial; (3) terdapat interaksi antara media pembelajaran dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar IPS; (4) hasil belajar siswa yang memiliki kecenderungan gaya belajar visual yang belajar menggunakan media gambar seri lebih tinggi daripada yang belajar menggunakan media flipchart; (5) hasil belajar siswa yang memiliki kecenderungan gaya belajar auditorial yang belajar menggunakan media flipchart lebih tinggi daripada yang belajar menggunakan media gambar seri.
Pengaruh Strategi Pembelajaran terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Ditinjau dari Tingkat Penguasaan Kosakata Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Nurafifah, Sri; Khaerudin, Khaerudin; Bintoro, Totok
Indonesian Journal of Primary Education Vol 2, No 1 (2018): Indonesian Journal of Primary Education
Publisher : Program Studi PGSD UPI Kampus TasikmalayaUPI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/ijpe.v2i1.12072

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran terhadap kemampuan membaca pemahaman ditinjau dari tingkat penguasaan kosakata siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian dilakukan di SD Negeri 2 Kemantren sebagai kelas eksperimen dan SDN 1 Perbutulan seabgai kelas control dengan sampel siswa kelas IV masing- masing sebanyak 30 siswa  yang dilaksanakan pada tahun ajaran 2017/2018. Penelitian menggunakan desain treatment by level 2 x 2. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis varians dua jalur (ANOVA). Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) terdapat perbedaan kemampuan membaca pemahaman siswa sekolah dasar yang belajar dengan strategi direceted reading thinking activity lebih tinggi daripada kemampuan membaca pemahaman siswa sekolah dasar yang belajar dengan strategi ekspositori; (2) terdapat pengaruh interaksi antara penggunaan strategi pembelajaran dan tingkat penguasaan kosakata terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa sekolah; (3) hasil belajar kemampuan membaca pemahaman siswa sekolah dasar antara siswa yang belajar dengan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) yang memiliki tingkat penguasaan kosakata tinggi lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan strategi ekspositori yang memiliki kemampuan penguasaan kosakata tinggi; (4) hasil belajar kemampuan membaca pemahaman siswa sekolah dasar antara siswa yang belajar dengan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) yang memiliki tingkat penguasaan kosakata rendah lebih rendah daripada siswa yang belajar dengan stategi ekspositori yang memiliki kemampuan penguasaan kosakata rendah.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 9, No 1 (2025): Indonesian Journal of Primary Education : June 2025 Vol 9, No 1 (2025): Indonesian Journal of Primary Education : June 2025 (In Press) Vol 8, No 2 (2024): Indonesian Journal of Primary Education : December 2024 Vol 8, No 2 (2024): Indonesian Journal of Primary Education : December 2024 (In Press) Vol 8, No 1 (2024): Indonesian Journal of Primary Education : June 2024 Vol 7, No 2 (2023): Indonesian Journal of Primary Education : December 2023 Vol 7, No 1 (2023): Indonesian Journal of Primary Education : June 2023 Vol 6, No 2 (2022): Indonesian Journal of Primary Education: December 2022 Vol 6, No 1 (2022): Indonesian Journal of Primary Education: June 2022 Vol 5, No 2 (2021): Indonesian Journal of Primary Education: December 2021 Vol 5, No 1 (2021): Indonesian Journal of Primary Education: June 2021 Vol 4, No 2 (2020): Indonesian Journal of Primary Education: December 2020 Vol 4, No 1 (2020): Indonesian Journal of Primary Education: June 2020 Vol 3, No 2 (2019): Indonesian Journal of Primary Education: December 2019 Vol 3, No 1 (2019): Indonesian Journal of Primary Education: June 2019 Vol 2, No 2 (2018): Indonesian Journal of Primary Education: December 2018 Vol 2, No 1 (2018): Indonesian Journal of Primary Education: June 2018 Vol 2, No 1 (2018): Indonesian Journal of Primary Education Vol 1, No 2 (2017): Indonesian Journal of Primary Education: December 2017 Vol 1, No 1 (2017): Indonesian Journal of Primary Education: June 2017 More Issue