cover
Contact Name
Amy Wadu
Contact Email
awd.ub15@gmail.com
Phone
+6281246527868
Journal Mail Official
juteks.pnk@gmail.com
Editorial Address
Kampus Penfui : Jalan Adisucipto P.O. BOX 139 Kupang
Location
Kota kupang,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
JUTEKS - Jurnal Teknik Sipil
ISSN : 25275496     EISSN : 26219786     DOI : https://doi.org/10.32511/juteks
JUTEKS (Jurnal Teknik Sipil) merupakan merupakan publikasi online yang diterbitkan Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Kupang yang memuat tentang hasil penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Teknik Sipil dengan lingkup Manajemen Konstruksi, Struktural, Transportasi, Sumber Daya Air dan Geoteknik. JUTEKS terbit 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan April dan Oktober. Publikasi ilmiah ini terbuka para Akademisi, non-Akademisi dan masyarakat umum yang akan mempublikasikan hasil penelitiannya dalam bidang Teknik Sipil.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 8 No 1 (2023): JUTEKS (Jurnal Teknik Sipil)" : 10 Documents clear
Analisis Dampak Covid 19 Terhadap Kinerja Lalu Lintas Di Ruas Jalan Siliwangi Kota Kupang Anie Adrianti Tuati; Deasi D. A. A. Daud; Zulfiani AR
JUTEKS : Jurnal Teknik Sipil Vol 8 No 1 (2023): JUTEKS (Jurnal Teknik Sipil)
Publisher : P3M- Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32511/juteks.v8i1.1009

Abstract

Kota Kupang merupakan kota yang sedang mengalami perkembangan di bidang transportasi (Hanisa,2019). Ruas Jalan Siliwangi merupakan salah satu ruas jalan yang cukup padat lalu lintasnya, kondisi inilah yang menyebabkan ruas Jalan Siliwangi ini menjadi lebih sempit, sehingga kecepatan berkurang, Pada masa pandemi covid 19, masyarakat banyak menghabiskan waktu di rumah karena para karyawan kantor, mahasiswa, hingga para pelajar masih banyak yang dirumahkan sesuai dengan anjuran pemerintah. Dalam hal ini, tentu saja akan berpengaruh terhadap kondisi lalu lintas di kota Kupang. Oleh karena itu, peneliti sangat tertarik untuk melakukan penelitian di Ruas Jalan Siliwangi Kota Kupang untuk mengetahui kondisi kinerja lalu lintas di jalan tersebut karena pada masa sebelum pandemi covid 19 jalan tersebut biasanya sangat padat dan ramai sehingga menyebabkan terjadinya kemacetan. Penelitian ini menggunakan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) tahun 2014. Hasil Penelitian menunjukkan Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa covid 19 berdampak terhadap kinerja lalu lintas di Ruas Jalan Siliwangi. Derajat kejenuhan pada masa sebelum adanya covid 19 (Nahak, 2017) sebesar 0.69 meningkat menjadi 0.38 pada masa pandemi covid 19 (2021).
Pengaruh Penambahan Serat Bambu Pada Kuat Tekan Beton K-225 Muhammad Firdaus; Herri Purwanto; M Ikhsan Ronaltri
JUTEKS : Jurnal Teknik Sipil Vol 8 No 1 (2023): JUTEKS (Jurnal Teknik Sipil)
Publisher : P3M- Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32511/juteks.v8i1.963

Abstract

Penambahan serat bambu pada campuran beton adalah salah satu untuk mengurangi limbah serat bambu dan dapat dimanfaatkan dalam suatu campuran beton.Tujuan dari penelitian ini Untuk mengetahui pengaruh penambahan serat bambu terhadap kuat tekan beton pada umur (7 hari,14 hari dan 28 hari) dengan variasi campuran 0%, 3,5%, 4%, 4,5% dan 5%. Hasil uji kutan tekan beton normal diperoleh sebesar 240,79 kg/cm², dan dengan penambahan serat bambu dengan variasi campuran 3,5%, 4%, 4,5% dan 5% mendapatkan hasil kuat tekan sebesar 241,09 kg/cm², 241,54 kg/cm², 242,89 kg/cm², dan 240,93 kg/cm², hal ini menunjukkan bahwa dengan penambahan serat bambu kuat tekan yang optimal terdapat pada variasi 4,5%, sedangkan untuk variasi 5% mengalami penurunan
Analisis Kinerja Ruas Jalan Timor Raya Akibat Aktivitas Pasar Oesao Kabupaten Kupang (Di Masa Pandemi) Deasi Delfiani Anastasia Arisandi Daud; Anie A. Tuati; Yacob V. Hayer
JUTEKS : Jurnal Teknik Sipil Vol 8 No 1 (2023): JUTEKS (Jurnal Teknik Sipil)
Publisher : P3M- Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32511/juteks.v8i1.1011

Abstract

Abstrak Kapasitas dan kinerja jalan akan berkurang karena adanya aktivitas pasar pada samping jalan. Saat masa Pandemi Covid-19 jumlah volume kendaraan yang melintas mengalami penurunan sementara yang disebabkan oleh adanya peraturan pemerintah tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar. Namun berdasarkan pengamatan dilapangan, peneliti mengemukakan bahwa kondisi ruas jalan Timor Raya sudah kembali ramai karena pemerintah sudah berlakukan era new normal, dan aktivitas lain seperti pertokoan dan kantor pada area pasar sudah kembali beroperasi sehingga lebar jalan yang tersita oleh aktivitas pasar tentu mengurangi kemampuan jalan tersebut atau terjadi penurunan kapasitas ruas jalan. Penelitian ini menggunakan Pedoman Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997. Hasil Penelitian menunjukkan Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa Pengaruh aktivitas pasar pada ruas jalan Timor raya Oesao Pada masa Pandemi Covid 19 menimbulkan adanya hambatan samping sehingga kapasitas ruas jalan menjadi berkurang yaitu kapasitas jalan mempunyai nilai sebesar 2090,02 smp/jam dan Setelah melakukan analisa data akhir dimana diasumsikan penghilangan hambatan samping terbesar berupa kendaraan parkir diperoleh nilai kapasitas sebesar 2859,0288 smp/jam. Kata kunci: Jalan Timor Raya, Kinerja Jalan, Covid 19, MKJI 1997.
Pengaruh Penambahan Abu Ampas Tebu Terhadap Kuat Tekan Beton K-250 Amiwarti Amiwarti; Reffanda Kurniawan; Taufik Muda
JUTEKS : Jurnal Teknik Sipil Vol 8 No 1 (2023): JUTEKS (Jurnal Teknik Sipil)
Publisher : P3M- Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32511/juteks.v8i1.964

Abstract

Ampas tebu seringkali digunakan untuk bahan campuran sebagai pupuk tanaman, tapi pemakaiannya jauh kurang jika dibandingkan terhadap hasil dari limbahnya, adapun abu ampas tebu yang berasal dari daerah Palem Raya, Ogan ilir merupakan limbah dari ampas tebu dengan jenis varietas tebu yang telah melewati proses pembakaran dan mengandung silika. Tujuan dari penelitian abu ampas tebu adalah untuk tambahan sebagai bahan pengganti semen dengan beberapa presentase yaitu 0%, 3%, 5% dan 7%, agar bisa mengetahui pengaruh abu ampas tebu terhadap kuat tekan beton K-250. Benda uji berupa kubus beton dengan panjang 15 cm, lebar 15 cm dan tinggi 15 cm, pengujian dilakukan pada saat beton berumur 28 hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa slump beton normal adalah 9 dan slump beton campuran adalah 11. Pada hasil uji kuat tekan beton campuran abu ampas tebu mengalami penurunan dibandingkan dengan kuat tekan beton normal nilai beton normal yaitu 252,37 Kg/cm2, beton campuran abu ampas tebu 3% = 234,91 Kg/cm2, beton campuran abu ampas tebu 5% = 157,53 Kg/cm2, beton campuran abu ampas tebu 7% = 156,69 Kg/cm2. Dari hasil penelitian menggunakan abu ampas tebu sebagai bahan tambahan ternyata masih kurang optimal.
Mapping Groundwater Potential Zone Based on Remote Sensing and GIS Using Analytical Hierarchy Process (AHP) in Tana Righu, West Sumba, Indonesia Arnoldus Nama; Welem M. W. L. Daga; Yacob Victor Hayer; Dedy Ardianto Fallo
JUTEKS : Jurnal Teknik Sipil Vol 8 No 1 (2023): JUTEKS (Jurnal Teknik Sipil)
Publisher : P3M- Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32511/juteks.v8i1.1034

Abstract

This study aims to delineate groundwater potential zones in Tana Righu. Multiple thematic maps were prepared using RS and GIS techniques and was assigned suitable weights on the Saaty’s scale. The assigned weights of the thematic maps were then normalized using the AHP technique. Ultimately, these thematic maps were integrated with a weighted overlay technique in GIS. The results showed that about 42% of the study area has “moderate” potential; 35.86% of the study area has “high” potential; 28,82% of the study area has ”low” potential. 3.57.1% of the study area has “very high” potential; and 1.56.1% of the study area The “very low” potential. Overall, this study provides more efficient approach to mapping the potential groundwater availability. The results of this study are expected to assist in the planning, management and better utilization of groundwater resources.
Precautions For Jakarta-Bandung High-Speed Rail Infrastructure Project Cooperation: Construction At Night And In Storm Wawan Riyanta
JUTEKS : Jurnal Teknik Sipil Vol 8 No 1 (2023): JUTEKS (Jurnal Teknik Sipil)
Publisher : P3M- Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32511/juteks.v8i1.967

Abstract

The Jakarta-Bandung high-speed rail infrastructure project delays cause the financial burden in the form of interest during construction to swell KCIC had to improve project performance by carrying out construction at night and must improve strategies for dealing with Indonesian extreme weather. Before construction at night, strict inspection shall also be focused on lighting lamps. Construction personnel shall prepare flashlights, searchlights, all parts and components shall be carefully inspected in strict accordance with relevant regulations to ensure the normal operation of the equipment. During the flood season, the construction personnel of large-scale railway maintenance machinery shall strictly implement the measures for safe driving in the flood season issued by the Ministry of railways. the construction staff shall report the disaster and dangerous situation to the attendant of the nearest station through the train dispatching station in time. When large-scale railway maintenance machinery encounters strong wind, rainstorm, Blizzard and other difficulties or unknown conditions during construction and operation, it shall immediately stop construction and slow down, and timely report the situation to the station. Keyword: KCIC, Construction, Railway, Maintenance.
Analisis Analisis Kuat Tekan Berdasarkan Pengujian Beton Inti dan Nilai Pantul Palu dalam Arah Vertikal I Gusti Ngurah Eka Pratama; Ni Putu Silvi; I Gusti Made Sudika
JUTEKS : Jurnal Teknik Sipil Vol 8 No 1 (2023): JUTEKS (Jurnal Teknik Sipil)
Publisher : P3M- Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32511/juteks.v8i1.921

Abstract

Abstrak Hammer test dianggap kurang akurat karena hanya menginformasikan kuat tekan beton pada permukaan saja. Hammer test pada pelat beton arah vertikal ke atas dilakukan untuk menghindari pembongkaran penutup lantai. Jumlah titik pantul sesuai ketentuan dalam standar minimal 10, diupayakan untuk dikurangi tanpa mengabaikan tingkat akurasi dengan variasi pola titik pantul segiempat dan radial. Eksperimen dilakukan bertujuan untuk menentukan kuat tekan pelat beton berdasarkan hammer test vertikal ke atas. Pelat beton ukuran 30x75x15cm disiapkan dengan komposisi perbandingan berat 1PCC:2,697Ps:2,201Kr, w/c=0,5 yang di-core drill untuk mengetahui kuat tekan dan di-hammer test pola segiempat dan radial umur 14, 21, 28 dan 35 hari untuk mendapatkan nilai pantul dan ditentukan korelasinya. Kesimpulan: kuat tekan pelat beton (fcm) berdasarkan hammer test vertikal keatas dapat ditentukan dalam tiga persamaan dalam fungsi Rn: untuk Rn<35: fcm=1,6534Rn-26,08; 35£Rn£39: fcm=5,0852Rn-153,27 dan Rn>39: fcm=1,7726Rn-30,49; Rn=rerata 5 nilai pantul arah vertikal pada pusat bidang pengujian
Persepsi Kontraktor Terhadap Faktor Penyebab Keterlambatan Pembayaran Termin Di Kota Banda Aceh Jihan Dara Muthia; Cut Zukhrina Oktaviani; Alfa Taras Bulba
JUTEKS : Jurnal Teknik Sipil Vol 8 No 1 (2023): JUTEKS (Jurnal Teknik Sipil)
Publisher : P3M- Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32511/juteks.v8i1.971

Abstract

Proyek konstruksi merupakan suatu rangkaian kegiatan yang hanya satu kali dilaksanakan dan umumnya berjangka waktu pendek. Umumnya hanya ada tiga pihak yang terlibat di dalam suatu proses proyek konstuksi yaitu pengguna jasa (owner), konsultan, dan kontraktor. Dalam tahap pelaksanaan pekerjaan pada saat di lapangan, masih saja sering terjadi beberapa kendala seperti kesalahan dalam penerapan kontrak kerja yang mengakibatkan proyek tidak berjalan sesuai dengan ekspektasi awal. Salah satu kendala dalam penerapan kontrak yaitu mengenai keterlambatan pembayaran termin dari pengguna jasa kepada kontraktor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi kontraktor terhadap faktor-faktor penyebab keterlambatan pembayaran termin di Kota Banda Aceh. Metode penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner yang telah dilakukan uji validitas dengan Pearson Product Moment dan uji reliabilitas dengan koefisien Cronbach Alpha. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis Relative Importance Index (RII). Hasil yang didapat dari analisis RII diperoleh tiga faktor utama penyebab keterlambatan pembayaran termin yaitu pemilik mempunyai dana cukup tetapi jadwal pembayaran termin tidak sesuai dengan yang tercantum dalam kontrak (0,750), dokumen klaim yang diajukan kontraktor tidak lengkap (0,746), dan proses pembayaran lambat karena banyak tahapan (0,733).
Perbandingan Pengaruh Aditif Limbah Styrofoam Dengan Plastik Ldpe Pada Aspal Porus Terhadap Karakteristik Marshall Halima Tusadiyah; Halimatusadiyah Halimatusadiyah; Nabil Huda Gemilang; Aidil Abrar; Welly Desriyati
JUTEKS : Jurnal Teknik Sipil Vol 8 No 1 (2023): JUTEKS (Jurnal Teknik Sipil)
Publisher : P3M- Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32511/juteks.v8i1.923

Abstract

Penggunaan Styrofoam dan plastik LDPE sebagai aditif aspal keras untuk campuran aspal porus diharapkan bisa menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan limbah yang sulit terurai. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui nilai karakteristik Marshall pada campuran aspal porus dengan aditif Styrofoam dan plastik LDPE dari variasi kadar 8%, 10%, 12%, dan 14%, dan mengetahui perbandingan nilai optimum pada karakteristik Marshall dari variasi kadar 8%, 10%, 12%, dan 14% aditif Styrofoam dan plastik LDPE pada campuran aspal porus. Karakteristik Marshall meliputi nilai stabilitas, Flow, VIM, dan MQ. Dapat disimpulkan untuk aditif Styrofoam dan plastik LDPE dengan variasi kadar aditif mendapatkan nilai yang relatif tinggi dan memenuhi nilai minimal persyaratan pada stabilitas, Flow, dan VIM. Kekurangan dalam campuran dua jenis aditif yang berbeda dan variasi kadar yaitu pada nilai MQ dengan tingkat kekakuan yang tinggi pada sampel benda uji.
Parameter Destruktif Gerakan Tanah Gempa Kuat Niakku Imanuel Maggang; Yermias Elvis Lay; Abdul Syukur Hadi Suwito
JUTEKS : Jurnal Teknik Sipil Vol 8 No 1 (2023): JUTEKS (Jurnal Teknik Sipil)
Publisher : P3M- Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32511/juteks.v8i1.1036

Abstract

Gerakan tanah gempa sangat penting dalam analisa dinamik pada struktur bangunan. Mengetahui parameter destruktif gerakan tanah gempa akan berguna dalam pemilihan gerakan tanah selain syarat yang telah ditetapkan SNI. Pada makalah ini dilakukan penelitian untuk menemukan parameter destruktif dari gerakan tanah gempa kuat. Gerakan tanah gempa kuat yang dipilih dibatasi pada akselerogram yang memiliki nilai PGA ≥ 700 cm/dtk2. Parameter yang diteliti meliputi tujuh parameter yang telah disimpulkani peneliti sebelumnya sebagai parameter destruktif pada gempa kecil sampai besar. Parameter-parameter tersebut adalah PGA, PGV, ASI VSI, HI, D05-95, Sa(T) yang diperoleh dari enam gempa kuat. Hasil penelitian menunjukkan terdapat dua kelompok parameter destruktif yang saling berkorelasi kuat yaitu kelompok PGA, PGV, ASI, D05-95 dan kelompok Sa(T), VSI, HI, D05-95.

Page 1 of 1 | Total Record : 10