cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
J@TI (TEKNIK INDUSTRI)
Published by Universitas Diponegoro
ISSN : -     EISSN : 25021516     DOI : -
Core Subject : Engineering,
J@ti Undip: Jurnal Teknik Industri [e-ISSN 2502-1516] merupakan jurnal nasional yang mengangkat tulisan-tulisan penelitian dalam disiplin ilmu teknik industri. Pertama kali terbit sejak tahun 2006 hingga saat ini dengan frekuensi terbit tiga (3) kali dalam setahun. Setiap edisi terbitan berisi 8 artikel jurnal. Terbit setiap Januari, Mei, dan September.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 14, No 2 (2019): Mei 2019" : 8 Documents clear
PRODUCT ENGINEERING DAN ANALISIS KELAYAKAN INVESTASI PENGEMBANGAN PRODUK CAIRAN PELAPIS PERMUKAAN AIR PADA KLOSET Purwaningsih, Ratna; Maypemi, Niari Prittu; Putri, Ade Aisyah Arifna; Fahira, Ayu Leuditya; Gunawan, Mega Sri; Pangestu, Winda Widya
J@ti Undip : Jurnal Teknik Industri Vol 14, No 2 (2019): Mei 2019
Publisher : Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (421.565 KB) | DOI: 10.14710/jati.14.2.102-110

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan penyusunan konsep produk untuk pembuatan prototype dengan mempertimbangkan suara konsumen (VoC) dan mengukur nilai investasi dari produk cairan pelapis permukaan air pada kloset. Desain produk adalah salah satu tahap yang paling penting dalam memulai suatu usaha menjual produk. Desain produk yang sesuai dengan permintaan konsumen berasal dari kebutuhan konsumen.  Oleh karena itu, penelitian product engineering ini menggunakan pendekatan Quality Function Deployment (QFD). Analisis kelayakan investasi dilakukan dengan mencari nilai Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR), Profitability Index (PI) dan Payback Period. Tahap yang dilakukan yaitu penentuan segmentasi pasar dan dilanjutkan dengan penyebaran kuisioner pendahuluan terhadap 24 responsden untuk mengetahui atribut apa saja yang akan muncul sebagai voice of customer. Kemudian tingkat kepentingan konsumen pada atribut kepentingan dikelompokkan menjadi 5 atribut utama, yaitu aroma, desain, portabilitas, efektivitas, dan harga. Hasil pengolahan data menunjukkan atribut desain memiliki hubungan yang paling kuat dengan respons teknis logo dan warna kemasan produk dengan nilai bobot sebesar 42.336. Pengembangan produk diprioritaskan pada respons teknis proporsi/ komposisi bahan baku, kemudian disusul dengan desain logo, warna, dan ukuran kemasan serta jenis bahan baku. Nilai analisis investasi kelayakan dengan metode payback period sebesar 8,63, bulan dan NPV sebesar Rp 10.612.209, IRR sebesar 22,32% dan PI sebesar 1,75. Hal ini menjadi dasar bahwa investasi layak dilakukan. Abstract[Product Engineering and Feasibility Analysis of Investment of The Development Water Surface Coating Products on Closets] The success of selling a product goes hand-in-hand with the product design on the market. To effectively create a competitive product for the market requires a great deal of product planning, design, and development. In preparing the product development plan will also requires an extended analysis of costs and investment value that will be carried out in the future. This study aims to develop a concept for making a product prototype by considering the consumer's voice (VoC) and measuring the investment value of a coating liquid product for toilet water’s surface to minimize the smell of feces. Product design is one of the most important stages in starting a business selling products. Product design in accordance with consumer demand comes from consumer needs. Therefore, the product engineering study uses Quality Function Deployment (QFD) method, whereas the investment feasibility study uses Cost of Goods Sold (CoGS), Profit and Loss Analysis (P&L), Payback Period (PP), Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR), and Profitability Index (PI). The next step is specifying market segmentation and followed with distributing initial questionnaire to 24 people to determine what kinds of attribute will be selected as a voice of consumer’s. Then, all of the attributes will be grouped into 5 customer’s requirements characteristics which are scent, design, portability, effectiveness, and price. The design characteristic has strongest relation with technical response of logo and packaging color with weight value of 42.336. In product development, material proportion is prioritized, followed by logo design, color, product’s size, and types of ingredients. The result of investment feasibility study are 8.63 for payback period, Rp 10.612.209,- for projected NPV at 10th period, and 22,32% IRR. This becomes the the basis of reasoing why investment is feasible.    Keywords: Product Development; Quality Function Deployment; Investment Feasibility Analysis; Product Design
PERBAIKAN KUALITAS PADA PRODUK GENTENG DENGAN METODE SIX SIGMA Dewi, Shanty Kusuma; Ummah, Dyah Maslahatul
J@ti Undip : Jurnal Teknik Industri Vol 14, No 2 (2019): Mei 2019
Publisher : Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (132.138 KB) | DOI: 10.14710/jati.14.2.87-92

Abstract

Berkembangnya industri kecil dan menengah menimbulkan persaingan dalam industri. Hal ini membuat setiap usaha harus memperhatikan kebutuhan pelanggan. Kualitas merupakan salah satu faktor pemenuhan kebutuhan pelanggan dan merupakan jaminan yang harus diberikan oleh perusahaan kepada pelanggan. Industri   yang menghasilkan kualitas produk yang baik akan mengurangi kerugian karena kegagalan produk. Produk yang sesuai spesifikasi dan seragam dapat dihasilkan dengan cara memperkecil variasi proses. Tujuan dari penelitian ini adalah mengimplementasikan konsep six sigma pada suatu industri yang memproduksi genteng. Six sigma merupakan metode mengidentifikasi penyebab kecacatan pada produk maupun proses dengan memperbaiki permasalahan dan meningkatkan kualitas melalui siklus DMAIC (Define, Measure, Analysis, Improve, Control). Dari hasil penelitian didapatkan penurunan DPMO dari 29311 menjadi 8974,35 dan terjadi peningkatan nilai sigma level dari 3,35 menjadi 3,99 sigma.  Abstract[Quality Improvement On Tile Products With Six Sigma Method] The development of small and medium industries has led to competition in the industry. Competitions make every business must pay attention to customer needs. Quality is one of the factors fulfilling customer needs and is a guarantee that must be given by the company to customers. Industries that produce good quality products will reduce losses due to product failure. Products that meet specifications and uniforms can be produced by minimizing process variations. The purpose of this study is to implement the concept of six sigma in an industry that produces tile. Six Sigma is a method of identifying causes of defects in products and processes by fixing problems and improving quality through the DMAIC cycle (Define, Measure, Analysis, Improve, Control). From the results of the study, there was a decrease in DPMO from 29311 to 8974.35 and an increase in the sigma level from 3.35 to 3.99 sigma.Keywords: quality; Six Sigma; DMAIC; taguchi method
PERBAIKAN PROSES PRODUKSI IKM XYZ BERDASARKAN KRITERIA CPPB-IRT, WISE, DAN SJH LPPOM MUI Suhardi, Bambang; Wardani, Serlita Vidinia; Jauhari, Wakhid Ahmad
J@ti Undip : Jurnal Teknik Industri Vol 14, No 2 (2019): Mei 2019
Publisher : Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (409.658 KB) | DOI: 10.14710/jati.14.2.93-102

Abstract

Keamanan pangan merupakan hal penting yang perlu diperhatikan dalam maraknya perkembangan industri pangan di Indonesia. UU RI No. 12 Tahun 2012 mengamanatkan bahwa keamanan pangan dapat dijaga dengan memperhatikan program higiene dan sanitasi produksi serta perancangan sistem kerja dan K3 suatu industri. Keamanan pangan identik dengan kehalalan pangan karena kaidah halal adalah menjaga pangan dari kemungkinan cemaran yang membahayakan. Kewajiban bagi setiap produk yang masuk, beredar, dan diperdagangkan di wilayah Indonesia untuk bersertifikat halal tercantum pada pasal 4 Undang-Undang No. 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (UU JPH). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kondisi keamanan dan kehalalan pangan pada proses produksi Industri Kecil Menengah (IKM) XYZ berdasarkan standar Cara Pengolahan Pangan yang Baik Industri Rumah Tangga (CPPB-IRT), Work Improvement in Small Enteprises (WISE), dan Sertifikasi Jaminan Halal (SJH) LPPOM MUI. Berdasarkan hasil identifikasi, diketahui bahwa terdapat 18 ketidaksesuaian CPPB-IRT, 10 ketidaksesuaian WISE, dan 9 ketidaksesuaian SJH LPPOM MUI pada proses produksi IKM XYZ. Berdasarkan diskusi yang telah dilakukan, disimpulkan bahwa ketidaksesuaian yang menjadi fokus perbaikan dapat dikelompokan dalam 1 kategori utama, yaitu kategori Program Higiene dan Sanitasi IKM sehingga usulan perbaikan yang tepat diimplementasikan adalah penyusunan dokumen Sanitation Standard Operating Procedures (SSOP). Abstract[Improvement of IKM XYZ Production Process Based on the Regulations of CPPB-IRT, WISE, and SJH LPPOM MUI] Food Safety is an important thing to note in the middle of the development of the food industry in Indonesia. UU RI Number 12 of 2012 mandates that food safety can be maintained by paying attention to hygiene and sanitation programs, work system design, and also occupational safety and health in the production process of an industry. The thing that is closely related to food safety is halal practice. Halal is a guarantee of food safety because the implementation of halal means getting rid of things that are harmful to humanity and the environment. The obligation for every product that entered, circulated, and traded in Indonesian territory for halal certification are listed in Article 4 of UU RI Number 33 of 2014 concerning Guaranteed Halal Products. This study aims to identify the condition of food safety and halal practice in IKM XYZ based on the regulations of Cara Produksi Pangan yang Baik Industri Rumah Tangga (CPPB-IRT), Work Improvement in Small Enterprises (WISE), and Halal Assurance Certification of LPPOM MUI, and also to compile improvement proposal based on the identification results. The identification results show that in the IKM XYZ production process, there are 18 elements that not following CPPB-IRT regulations, 10 elements that are not following WISE regulations, and 9 elements that are not following Halal Assurance Certification of LPPOM MUI. Based on the results of discussion that have been carried out with the owner and the supervisor of IKM XYZ, elements that are being the focus of improvement can be grouped into 1 main category, that is Program Hygiene dan Sanitasi IKM. So, the improvement proposal that fits is the documentation of Sanitation Standard Operating Procedures (SSOP).Keywords: CPPB-IRT; food safety; IKM, SJH LPPOM MUI; WISE
PERAN TIPE GAMBAR, TAGAR, JUMLAH LIKES DAN INFORMASI HARGA PADA INSTAGRAM TERHADAP INTENSI MEMBELI Sari, Hasrini; Anggraeni, Lidia
J@ti Undip : Jurnal Teknik Industri Vol 14, No 2 (2019): Mei 2019
Publisher : Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (457.935 KB) | DOI: 10.14710/jati.14.2.71-80

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh desain visual post Instagram dalam hal tipe gambar, tagar, jumlah likes, dan caption berupa informasi harga, terhadap tingkat atensi visual pemirsa, dan intensi pembelian. Keempat elemen tersebut dihipotesiskan akan mempengaruhi atensi visual pemirsa, dan pada akhirnya mempengaruhi intensi membeli. Metode desain eksperimen digunakan untuk menguji hipotesis dengan alat bantu eye tracker untuk mengukur atensi visual. Instagram dari sebuah perusahaan UKM yang menjual tas tangan (pouch) digunakan sebagai objek penelitian. Delapan stimulus berpasangan (gambar produk dan konsumen) yang merupakan dummy post Instagram dirancang berdasarkan hipotesis penelitian, dan satu pasang stimulus post Instagram yang ada saat ini digunakan sebagai kontrol. Empat puluh partisipan dipaparkan kesembilan stimulus menggunakan pendekatan within subject design. Dari hasil statistik deskriptif, ditemukan bahwa partisipan lebih menyukai tipe gambar produk, dan stimulus yang paling disukai yang menampilkan caption keterangan harga, hashtag serta jumlah likes yang banyak. Uji statistik inferensial menunjukkan adanya perbedaan tipe gambar (gambar produk dan gambar konsumen) dan jumlah likes mempengaruhi tingkat atensi visual pemirsa, serta tidak ada hubungan antara tingkat atensi terhadap tampilan Instagram dengan intensi membeli.  Abstract[Role Of Image Type, Hashtag, Number Of Likes And Pricing Information On Instagram Against Intensi Buying] This research is intended to investigate the influence of visual design of Instagram concerning picture type, hashtag, number of likes, and price information, on intention to buy. These elements are suggested to influence visual attention of the audience, and ultimately influence the intention to buy. Experiment design method is implemented to test the hypotheses using an eye tracker device to measure visual attention. An Instagram post from an SME offering pouch is used as a research object. Eight paired of dummy Instagram posts (the product picture and the consumer picture) are designed to test the research hypotheses, and a pair of existing Instagram post acts as a control stimulus. Forty participants are exposed to all of the stimuli using a within-subject design approach. Descriptive statistic analysis shows that participants like product picture more than consumer, and stimulus containing price information, hashtag, and many likes. Inferential statistic analysis shows that picture type and likes all influence visual attention and no significant relationship between visual attention and intention to buy.Keywords: Intention to buy; visual attention; statistic inferensia; desain eksperimen
PERANCANGAN RUANG KERJA DOSEN DAN PENATAAN DOKUMEN MENGGUNAKAN METODE 5S DI JURUSAN TEKNIK INDUSTRI, UNIVERSITAS TRISAKTI Faradilla, Arnes; Septiani, Winnie; Azmi, Nora; Kansa, Syafa
J@ti Undip : Jurnal Teknik Industri Vol 14, No 2 (2019): Mei 2019
Publisher : Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (649.358 KB) | DOI: 10.14710/jati.14.2.81-86

Abstract

Setiap Dosen memiliki tugas utama terkait dengan tridharma yaitu Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), dan Penunjang Tridharma. Dokumen yang digunakan banyak dan harus disimpan dengan rapi di ruang kerja untuk keperluan kegiatan Dosen seperti Beban Kerja Dosen (BKD) dan kepangkatan. Hasil penelitian pendahuluan menunjukkan sebanyak 62,5% Dosen menyatakan kesulitan dalam menyimpan dokumen di ruang kerja dan sebanyak 81,25% menyatakan perlu adanya perbaikan di ruang kerja. Penelitian ini bertujuan untuk merancang ruang kerja Dosen dan penataan dokumen menggunakan metode 5S. Penelitian diawali dengan penguraian aktivitas Dosen dan pengelompokkan dokumen, perancangan ruang kerja dan fasilitas penyimpanan dokumen, identifikasi kondisi awal ruang kerja, penerapan 5S dan evaluasi hasil rancangan menggunakan Office 5S Audit Checklist. Penelitian ini menghasilkan penataan dokumen yang tersusun rapi berdasarkan prinsip 5S, rancangan almari dengan kriteria biaya yang tidak terlalu mahal, ukuran dan desain disesuaikan dengan ukuran ruangan dan dokumen yang akan disimpan. Hasil penilaian performansi 5S di ruang kerja Dosen sebelum penerapan 5S diperoleh skor rata-rata sebesar 56,83 dengan kategori rating fair, dan setelah penerapan 5S skor rata-rata menjadi 92 dengan kategori rating excellent yang menunjukan peningkatan sebesar 50%.  Abstract[Planning Lecturer Working Room and Document Arrangement Using 5S Method In Department Industrial Engineering, Trisakti University] Every lecturer has main duty to fulfill Tridharma Perguruan Tinggi which are Education and Teaching, Research and PKM. All of the documents must be stored in order to easier the lecturer to necessity of BKD and raising the grade. The preliminary research about the lecture’s working room, the result stated that as much as 62.5% lectures have difficulties to store the documents in their working room. Several lecturers stated that the facilities such as board is unappropriate. Another 81.25% of lecturers stated is necessary to improve the system to store the documents their working room.The purpose of this research is to design the lecture’s working room and organize the documents using 5S method. The research is began with describing of lecturer activities and documents grouping, designing of lecturer’s room and facility of documents storage, initial identification of lecturer’s room, application of 5S method and evaluation of this application. This reseach has result of document structuring based on 5S method, document board which have criterion such as cheaper price, size and design appropriate with the room and documents will be stored. The result of 5S performance in lecturer’s room before using 5S method id 56.83 which is fair category, and after using 5S the score is increase become 92 which is excellent catogory. It can be conclude that there is increasing the score almost 50%.Keywords: ergonomic; office ergonomic; office 5S audit checklist; score 5S
KEPUASAN PELANGGAN PO ROSALIA INDAH MENGGUNAKAN IMPORTANCE PERFORMANCE COMPETITOR ANALYSIS (IPCA) Puspitasari, Nia Budi; Pramono, Susatyo Nugroho Widyo; Pertiwi, Yoana Ellen
J@ti Undip : Jurnal Teknik Industri Vol 14, No 2 (2019): Mei 2019
Publisher : Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (358.164 KB) | DOI: 10.14710/jati.14.2.63-70

Abstract

Persaingan yang ketat antara perusahaan dalam pelayanan bus antar kota antar provinsi membutuhkan perbaikan pelayanan kualitas untuk mempertahankan pelanggan. Adanya ketidakpuasan pelanggan terhadap fasilitas dan layanan yang diberikan oleh PO Rosalia Indah menjadi suatu permasalahan yang harus diperbaiki sehingga dengan menerapkan metode ini dapat meningkatkan kualitas pelayanan PO Rosalia Indah dan loyalitas penumpang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kepuasan pelanggan PO Rosalia Indah dengan mempertimbangkan keberadaan pesaingnya yaitu PO Pahala Kencana dan memberikan rekomendasi perbaikan terhadap atribut fasilitas yang menjadi prioritas perbaikan. Penelitian ini menggunakan metode Importance Performance Competitor Analysis (IPCA). Pengambilan data dilakukan terhadap dua kelompok responden yaitu responden PO Rosalia Indah dan responden PO Pahala Kencana. Penelitian ini mengukur tingkat pelayanan kualitas berdasarkan 3 dimensi yaitu kendaraan (15 butir pernyataan), sopir dan kru (8 butir pernyataan) dan manajemen (13 butir pernyataan). Berdasarkan hasil pengolahan data dengan IPCA didapatkan bahwa terdapat 21 butir pernyataan yang masuk dalam kuadran Urgent Action dan memerlukan perbaikan. Rekomendasi perbaikan dilakukan dengan metode Numerical Group Technique (NGT) yang berasal dari lima ahli yang mengerti dalam bidang transportasi bus.Abstract[The Customer Satisfaction of PO Rosalia Indah using Importance Performance Competitor Analysis (IPCA)] The intense competition between companies in intercity bus services between provinces requires the improvement of quality services to retain customers. The existence of customer dissatisfaction with the facilities and services provided by PO Rosalia Indah becomes a problem that must be improved so that by applying this method can improve the quality of service Rosalia Indah PO and passenger loyalty. This research aims to analyze customer satisfaction of PO Rosalia Indah by considering the existence of its competitor that is PO Pahala Kencana and give recommendation improvement to the facility attribute which become the priority of improving. This research uses Importance Performance Competitor Analysis (IPCA) method. The data were collected from two groups of respondents namely PO Rosalia Indah and respondent’s PO Pahala Kencana. This study measures the level of quality service based on 3 dimensions of the vehicle (15 points statement), driver and crew (8 points statement) and management (13 points statement). Based on the results of data processing with IPCA found that there are 21 items of statements that enter the Urgent Action quadrant and require improvement. The improvement recommendation was made by Numerical Group Technique (NGT) method which is derived from five experts who understand in the bus transportation field.Keywords: customer satisfaction; numerical group technique; IPCA
ANALISIS RISIKO SUPPLY CHAIN DENGAN MODEL HOUSE OF RISK (HOR) PADA PT TATALOGAM LESTARI Magdalena, Riana; Vannie, Vannie
J@ti Undip : Jurnal Teknik Industri Vol 14, No 2 (2019): Mei 2019
Publisher : Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (379.307 KB) | DOI: 10.14710/jati.14.2.%p

Abstract

PT Tatalogam Lestari merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pembuatan genteng, baja ringan, serta aksesoris peratapan lainnya. Perusahaan sedang mengalami transisi sertifikasi kualitas produk menjadi ISO 9001:2015 yang berfokus pada pemetaan risiko untuk membuka peluang bagi perusahaan, “actions to address risks and oppurtunities”. Penelitian dilakukan atas kegiatan operasional di Plant L8 perusahaan dengan jenis risiko operasional. Identifikasi kejadian risiko dan agen risiko dilakukan melalui wawancara dan observasi di lingkungan pabrik. Penelitian menemukan 21 kejadian risiko (risk events) dan 20 agen risiko (risk agents). Pada HOR 1 dilakukan pengukuran severity pada risk events, occurrence pada risk agents, serta relationship antara risk events dan risk agents; dan menghasilkan nilai Aggregate Risk Potential, di mana ditemukan 8 risk agents yang menjadi 80% masalah dalam kegiatan operasional berdasarkan Pareto Diagram. HOR 2 mengidentifikasi 8 preventive actions dan perhitungan prioritas mitigasi yang sebaiknya dilakukan perusahaan berdasarkan nilai rasio antara efektivitas dan kesulitan implementasi preventive actions.Abstract[Supply Chain Risk Analysis With House of Risk (HOR) Model In PT Tatalogam Lestari] PT Tatalogam Lestari is a company engaged in the manufacture of roof tiles, mild steel, and other roof accessories. The company is undergoing a transition from product quality certification to ISO 9001: 2015 which focuses on risk mapping to open opportunities for companies, "actions to address risks and opportunities". The research was carried out on operational activities in the company L8 with operational risk types. The identification of risk events and risk agents is done through interviews and observations in the factory environment. The study found 21 risk events and 20 risk agents. At HOR 1, severity is measured by risk events, the occurrence of risk agents, and the relationship between risk events and risk agents; and generates the value of Aggregate Risk Potential, where 8 risk agents were found which became 80% of problems in operational activities based on Pareto Diagrams. HOR 2 identifies 8 preventive actions and the calculation of mitigation priorities that should be carried out by the company based on the ratio between the effectiveness and difficulty of implementing preventive actions.Keywords: operational risk; risk mapping; house of risk; aggregate risk potential
USULAN PERBAIKAN SUMBER BAHAYA PADA AREA ASSEMBLY 2 DENGAN METODE HAZARD AND OPERABILITY STUDY DAN FAULT TREE ANALYSIS (STUDI KASUS: PT. ASTRA DAIHATSU MOTOR) Saptadi, Singgih; Ardi, Fahmi
J@ti Undip : Jurnal Teknik Industri Vol 14, No 2 (2019): Mei 2019
Publisher : Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (124.027 KB) | DOI: 10.14710/jati.14.2.111-118

Abstract

Perkembangan industri di Indonesia, khususnya pada industri manufaktur, mengalami kemajuan yang cukup pesat. Populasi tenaga kerja industri bertambah seiring perkembangan industri dan nilai tambah industri nasional yang meningkat dengan jumlah sebanyak 30,992 orang pada tahun 2018, meningkat 17,92% dibanding tahun 2017. Namun, masalah dan penanggulangan pada kasus kecelakaan kerja masih kurang diperhatikan, dibarengi dengan jumlah kecelakaan kerja yang masih tinggi, tidak terkecuali di PT. Astra Daihatsu Motor. Maka dari itu penelitian dilakukan di area Assembly 2 di area pabrik PT. Astra Daihatsu Motor di kawasan Sunter, Jakarta, dengan metode Hazard and Operability Study (HAZOP) dan Fault Tree Analysis (FTA) untuk mengetahui potensi bahaya secara teliti serta mengungkap unsur-unsur yang berpotensi berbahaya dalam sistem. Pada penelitian ini ditemukan sebanyak 17 sumber bahaya dengan 2 sumber termasuk dalam level risiko tinggi, 3 sumber level risiko sedang, dan 12 sumber level risiko rendah. Analisis deduktif dengan Fault Tree Analysis didapatkan hasil dengan munculnya 5 basic event dari Thinner dan 4 basic event dari Lampu Heater dengan rekomendasi perbaikan pada aspek desain, konstruksi, dan pelatihan handling yang baik pada material tersebut. Abstract[Proposed Improvement of Hazard Sources In The Area of Assembly 2 With The Hazard And Operability Study And Fault Tree Analysis (Case Study: PT. Astra Daihatsu Motor)]The development of industry in Indonesia, especially in the manufacturing industry, has experienced rapid progress. The industrial labor population increased as industry development and national industrial value added increased by as many as 30,992 people in 2018, an increase of 17.92% compared to 2017. However, the prevention and countermeasures in cases of workplace accidents are still not considered as priority, including in PT. Astra Daihatsu Motor. Therefore a research has been conducted in the Assembly 2 area at the PT. Astra Daihatsu Motor in the Sunter area, Jakarta, using the applicability of Hazard and Operability Study (HAZOP) method and the Fault Tree Analysis (FTA) method to carefully identify potential hazards and reveal potentially dangerous elements in the system. In this study 17 sources of hazards were found with 2 sources including high risk level, 3 medium risk level sources, and 12 low risk level sources.  Deductive analysis with Fault Tree Analysis is obtained, namely 5 basic events from Thinner and 4 basic events from the Heater Lamps with recommendations on aspects of design, construction, and handling training in the material.Keywords: work accident; hazard and operability; risk level; fault tree analysis

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 20, No 3 (2025): September 2025 Vol 20, No 2 (2025): Mei 2025 Vol 20, No 1 (2025): Januari 2025 Vol 19, No 3 (2024): September 2024 Vol 19, No 2 (2024): Mei 2024 Vol 19, No 1 (2024): Januari 2024 Vol 19, No 2 (2024): Article In-Press Vol 18, No 3 (2023): September 2023 Vol 18, No 2 (2023): Mei 2023 Vol 18, No 1 (2023): Januari 2023 Vol 17, No 3 (2022): September 2022 Vol 17, No 2 (2022): Mei 2022 Vol 17, No 1 (2022): Januari 2022 Vol 16, No 4 (2021): Edisi Khusus ACISE 2021 Vol 16, No 3 (2021): September 2021 Vol 16, No 2 (2021): Mei 2021 Vol 16, No 1 (2021): Januari 2021 Vol 15, No 3 (2020): September 2020 Vol 15, No 2 (2020): Mei 2020 Vol 15, No 1 (2020): Januari 2020 Vol 14, No 3 (2019): September 2019 Vol 14, No 2 (2019): Mei 2019 Vol 14, No 1 (2019): Januari 2019 Vol 13, No 3 (2018): September 2018 Volume 13, No. 2, Mei 2018 Volume 13, No. 1, Januari 2018 Volume 12, No. 3, September 2017 Volume 12, No. 2, Mei 2017 Volume 12, No. 1, Januari 2017 Volume 11, No. 3, September 2016 Volume 11, No. 2, Mei 2016 Volume 11, No. 1, Januari 2016 Volume 10, No. 3, September 2015 Volume 10, No. 2, Mei 2015 Volume 10, No. 1, Januari 2015 Volume 9, No.3, September 2014 Volume 9, No.2, Mei 2014 Volume 9, No.1, Januari 2014 Volume 8, No.3, September 2013 Volume 8, No.2, Mei 2013 Volume 8, No.1, Januari 2013 Volume 7, No.3, September 2012 Volume 7, No.2, Mei 2012 Volume 7, No.1, Januari 2012 Volume 6, No.3, September 2011 Volume 6, No.2, Mei 2011 Volume 6, No.1, Januari 2011 Volume 5, No.3, September 2010 Volume 5, No.2, Mei 2010 Volume 5, No.1, Januari 2010 Volume 4, No. 3, September 2009 Volume 4, No. 2, Mei 2009 Volume 4, No. 1, Januari 2009 Volume 3, No.3, September 2008 Volume 3, No.2, Tahun 2008 Volume 3, No.1, Januari 2008 Volume 2, No.2, Mei 2007 Volume 2, No.1, Januari 2007 Volume 1, No.3, September 2006 Volume 1, No.2, Mei 2006 Volume 1, No.1, Januari 2006 More Issue