LINGUISTIK : Jurnal Bahasa dan Sastra
LINGUISTIK : Jurnal Bahasa dan Sastra berisi artikel-artikel ilmiah tentang bahasa, sastra, linguistik, dan hubungannya dengan pengajaran, baik yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa asing. Artikel yang dimuat berupa kajian dan aplikasi teori, hasil penelitian, dan pembahasan kepustakaan.
Articles
58 Documents
Search results for
, issue
"Vol 9, No 2 (2024): LINGUISTIK: Jurnal Bahasa dan Sastra"
:
58 Documents
clear
MODALITAS INTENSIONAL BAHASA REJANG
Siah, Fenny Tri;
Winarti, Daru
Linguistik : Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 9, No 2 (2024): LINGUISTIK: Jurnal Bahasa dan Sastra
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31604/linguistik.v9i2.363-375
The intentional modality is one of categories in modality as a universal language phenomenon having a variety of special markers. Each intentional modality marker is a lexicon in the form of a word or phrase. One lexicon represents one meaning, but it is different with lok having some meanings. This research is necessarily conducted to describe the forms and to analyze the meaning of the forms of the intentional modality markers in Rejang language clauses or sentences. In identifying the forms and classifying the meaning, it refers to Alwi's opinion through semantic studies. The qualitative descriptive method is carried out in this research through non-participant observation by marking clauses or sentences containing the intentional modality markers as data in Ireak Ca'o Kutei Jang's book explaining the customs of the Rejang tribe. The data is further analyzed to identify the forms. Thereafter, each marker is analyzed to classify its meaning depending on the intentional modality category. Based on the results, several markers of the intentional modality are found in the form of words: lok, maep, majok, maro, maroba, minoi, and tulung; phrases: minoi tulung, minoi maaf, and minoi izin filling the certain meaning, namely eagerness, hope, invitation, and request.
MAKNA DENOTASI DAN KONOTASI PADA FILM "SURGA YANG TAK DIRINDUKAN"
Ridwan, Nensilianti, Reski,
Linguistik : Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 9, No 2 (2024): LINGUISTIK: Jurnal Bahasa dan Sastra
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31604/linguistik.v9i2.376-380
Ada pasang surut yang signifikan dalam perkembangan film di Indonesia sebagai salah satu bentuk media massa. Luasnya komunikasi di Indonesia pada dasarnya dapat mempengaruhi cara penyampaian pesan yang paling umum. Semiotika oleh Roland Barteh dalam film Surga yang Tak Dirindukan 1, yaitu tentang pernikahan poligami. Poligami adalah suatu kerangka perkawinan dimana salah satu pihak memiliki atau mengawinkan beberapa jenis kelamin yang lain secara bersamaan, poligami adalah perbuatan perkawinan lebih dari satu pasangan atau istri. Di Indonesia, poligami memang masih asing untuk diperbincangkan,fenomena poligami yang semakin marak pada lingkungan masyarakat membuat suatu hal yang menjadi kontroversi, namun beberapa produser film memang menganggap poligami sebagai topik yang menarik untuk diangkat sebagai karya media umum. Inti dari kajian pada film Surga yang tak dirindukan 1 adalah untuk mengetahui penggambaran pentingnya pemerataan dalam film Surga Yang Tak dirindukan 1 dilihat dari tanda-tanda visual yang muncul dalam film tersebut. Penelitian ini menggunakan investigasi semiotika Roland Barthes. Penelitian yang berfokus pada audio danvisual serta dianalisis melalui semiotika Roland Barthes. Film Surga Yang tak Dirindukan 1 ini juga berisi pembelajaran tentang bagaimana ikhlas dan sabar yang sebenarnya, jika seorang berpoligami maka ikhlas dan sabar adalah kuncinya.
PENGARUH PENGUASAAN DIKSI DAN GAYA BAHASA TERHADAP KETERAMPILAM MENULIS NASKAH PIDATO OLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BATANGTORU
Padilah, Hikmah;
Hasibuan, Nikmah Sari;
Daulay, Ismail Rahmad
Linguistik : Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 9, No 2 (2024): LINGUISTIK: Jurnal Bahasa dan Sastra
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31604/linguistik.v9i2.427-432
Abstract: The purpose of this study was to determine the effect of using the learning discovery learning model on the ability toidentify the structure of anecdote text for class X students of SMA Negeri 1 Padang Bolak Julu. This research method uses quantitative methods with a descriptive approach. The population in this study were all students of class X SMA Negeri 1 Batang Toru, totaling 167 students. The sample used in this study were 26 students of class X IPA2 at SMA Negeri 1 Batang Toru consisting of 10 boys and 16 girls. The sample was determined using a purposive sampling technique. The data collection technique uses a test in which this test uses 10 multiple choice questions and 5 filled-in question. The results of the study show the difference in the average value of the X and Y variables. The average value of the X variable is 79,61 "Good" while the value on the Y variable test results is 78,46 in the "Good" category. After the data is analyzed, it can be stated that N = 26 with X = 2070, Y = 2040, X2 = 166100, Y2 = 161700, so XY = 163650. This is based on the hypothesis testing carried out on the data found, namely the hypothesis obtained that the value of rxy is 0,84 so when compared with the r table, namely (0,84> 0,38) then the hypothesis in this study is accepted.
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA APLIKASI KAHOOT DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VLLL SMP SWASTA TRISAKTI LUBUK PAKAM
Sagala, There
Linguistik : Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 9, No 2 (2024): LINGUISTIK: Jurnal Bahasa dan Sastra
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31604/linguistik.v9i2.328- 338
Penelitian ini berujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media aplikasi kahoot terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Swasta Trisakti Lubuk Pakam. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif Eksperimen dengan desain penelitian two group posttest-only control design. Penelitian kuantitatif merupakan penelitian yang berdasarkan perhitungan angka-angka statistik dalam hasil temuannya. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII dengan jumlah 62 siswa dengan sampel penelitian ini adalah VIII-1 sebanyak 31 siswa dan VIII-2 sebanyak 31 siswa yanng ditentukan dengan teknik simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas menggunakan uji Homogenitas dan uji Hipotesis. Setelah dilakukan penelitian untuk eksperimen pretest dan postest penggunaan media aplikasi kahoot, diperoleh nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 61,56 dengan simpangan baku 13,5214 dan kelas eksperimen rata-rata 71,7742 dengan simpangan baku 14,5661. Hasil uji prasyarat data pretest dan postest menyatakan sampel berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil pengujian hipotesis penelitian dilakukan uji”t”pada taraf signifikan α= 0.05 diperoleh Thitung > Ttabel = (3,39 > 1,69). Dengan demikian hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis (Ha) diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan Media aplikasi kahoot di VIII SMP Swasta Trisakti Lubuk Pakam.
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MENGUNGKAPKAN KEMBALI KETELADANAN DALAM TEKS BIOGRAFI OLEH SISWA KELAS X MAN 1 PADANGSIDIMPUAN
Lubis, Muhammad Zulkarnain;
Parapat, Lili Herawati;
Lubis, Khatib
Linguistik : Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 9, No 2 (2024): LINGUISTIK: Jurnal Bahasa dan Sastra
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31604/linguistik.v9i2.234-241
AbstrakPersoalan yang mendasar pada masalah ini adalah bagaimana kemampuan mengungkapkan kembali keteladanan dalam teks biografi oleh siswa kelas X MAN 1 Padangsidimpuan. Guna menjawab hal ini siswa terlebih dahulu sudah dibekali pengetahuan tentang bagaimana mengungkapkan kembali keteladanan dalam teks biografi. Tidak cukup dengan itu saja siswa juga harus dibekali dengan ilmu tentang hakikat dan struktur teks biografi.Penelitian ini mesdeskripsikan pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition(CIRC) terhadap kemampuan mengungkapkan kembali keteladanan dalam teks biografi oleh siswa kelas X MAN 1 Padangsidimpuan. Populasi diambil dari seluruh siswa kelas X MAN 1 Padangsidimpuan. Siswa perempuan berjumlah 187 dan siswa laki-laki berjumlah 100 siswa. Siswa berjumlah 287 siswa. Adanya kontribusi terhadap Siswa Kelas X MAN 1 Padangsidimpuan. Hal ini dapat dilihat pada uji hipotesis yang dilakukan pada data yang ditemukan, uji hipotesis diperoleh nilai rxy (koofisien korelasi productmoment antara variabel X dan variabel Y) adalah 0, 697 sehingga jika dibandingkan dengan r tabel yakni (0,697>0,347) maka hipotesis dalam penelitian ini diterima
TRANSFERRED EPITHET IN TELL-ALL BY CHUCK PALAHNIUK AND CAN YOU KEEP A SECTRET BY SHOPIIE KINSELLA
Agustina, Tiurmaya
Linguistik : Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 9, No 2 (2024): LINGUISTIK: Jurnal Bahasa dan Sastra
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31604/linguistik.v9i2.452-460
ABSTRACT Transferred Epithet In Tell-All By Chuck Palahniuk And Can You Keep A Secret By Sophie Kinsella.This thesis focused on the usage of figurative speech, especially on transferred epithet, inside two novels with a completely different genre. Specifically, this research analyzes how epithet is transferred in the sentences inside the two novels.Here, there was also a discussion on why transferred epithet is used inside a novel. And at the same time, a discussion on why a romance novel uses more transferred epithet than a mystery novel also happened.The research finding indicates that epithet is transferred in two ways; from the animate to the inanimate and from the animate into the inanimate which still belong/related to the animate. Also, just like the function of transferred epithet, as one of the many existing figurative speeches, these authors too uses transferred epithet to afford imaginative pleasure in which at the same time also adds emotional intensity to the reader. ABSTRAKJulukan yang Ditransfer Dalam Tell-All Oleh Chuck Palahniuk Dan Bisakah Anda Menyimpan Rahasia Oleh Sophie Kinsella.Tesis ini berfokus pada penggunaan ucapan kiasan, terutama pada julukan yang ditransfer, di dalam dua novel dengan genre yang sama sekali berbeda. Secara khusus, penelitian ini menganalisis bagaimana julukan ditransfer dalam kalimat di dalam dua novel.Di sini, ada juga diskusi tentang mengapa julukan yang ditransfer digunakan di dalam novel. Dan pada saat yang sama, diskusi tentang mengapa novel roman menggunakan julukan yang lebih ditransfer daripada novel misteri juga terjadi.Temuan penelitian menunjukkan bahwa julukan ditransfer dalam dua cara; dari yang hidup ke yang mati dan dari yang hidup ke yang mati yang masih milik/terkait dengan yang bernyawa. Juga, seperti fungsi julukan yang ditransfer, sebagai salah satu dari banyak pidato kiasan yang ada, para penulis ini juga menggunakan julukan yang ditransfer untuk memberikan kesenangan imajinatif di mana pada saat yang sama juga menambah intensitas emosional kepada pembaca.
MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT PRIBADI MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN APLIKASI WPS OFFICE DAN G-MAIL PADA GAWAI DI SMP NEGERI 4 KISARAN
Chaniago, Putri Rahmadani;
Maulidiah, Rina Hayati;
-, Lilik
Linguistik : Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 9, No 2 (2024): LINGUISTIK: Jurnal Bahasa dan Sastra
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31604/linguistik.v9i2.381-394
Tujuan penelitian ini adalah mendeksripsikan n efektivitas penggunaan model project based learning (PJBL) berbantuan aplikasi WPS office dan g-mail pada gawai meningkatkan keterampilan menulis surat pribadi siswa di kelas VII-2 SMP Negeri 4 Kisaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2023/2024, yaitu pada bulan April 2024. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi langsung, tes, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis secara kombinasi menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian tindak kelas menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dari siklus I 63,54% dan siklus II 75,09% sebesar 11,55 %. Berdasarkan kriteria standar ketuntasan hasil belajar di SMP Negeri 4 Kisaran pada pelajaran bahasa Indonesia adalah 70 atau 70 %, dari 31 siswa kelas VII-2 terdapat 28 siswa yang memenuhi standar ketuntasan belajar karena memperoleh nilai 70 atau 70%. Dan masih terdapat 3 siswa yang belum memenuhi standar ketuntasan belajar. Meskipun demikian, secara keseluruhan nilai rata-rata akhir tes tulis pada siklus II menunjukkan rentang nilai yang tergolong dalam kategori baik . Maka dapat disimpulkan bahwa penelitian tindakan kelas dengan model project based learning (PJBL) berbantuan aplikasi WPS office dan g-mail pada gawai mampu meningkatkan keterampilan menulis surat pribadi siswa kelas VII-2 SMP Negeri 4 Kisaran ini berhasil
KEMAMPUAN PENGGUNAAN KATA “ZANSHI(暂时) ”DAN “LINSHI(临时) PADA MAHASISWA SEMESTER IV T.A 2021/2022
Hualangi, Anthony
Linguistik : Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 9, No 2 (2024): LINGUISTIK: Jurnal Bahasa dan Sastra
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31604/linguistik.v9i2.281- 290
ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sejauh mana tingkat kemampuan mahasiswa Semester IV STBA – PIA Medan dalam menggunakan kata 暂时 (zànshí) dan 临时 (línshí). Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif dimana populasi berjumlah 132 orang mahasiswa, dan pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling yaitu 40 orang mahasiswa semester IV STBA-PIA Medan T.A. 2021/2022 sebagai sampel penelitian ini. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan memberikan soal tes kepada sampel. Validitas pada penelitian ini menggunakan validitas isi, dan perhitungan soal tes masing-masing kata berjumlah 10 soal dengan menggunakan rumus KR-20. Nilai reliabilitas instrumen kata 暂时 (zànshí) tinggi yakni 0.62 dan nilai reliabilitas instrumen kata 临时 (línshí) juga tinggi yakni 0.66. Analisis hasil uji kemampuan mahasiswa dalam menggunakan kata 暂时 (zànshí) menunjukkan rata-rata 67 yang termasuk dalam kategori tidak kompeten, sedangkan hasil uji kemampuan mahasiswa menggunakan kata 临时 (línshí) menunjukkan rata-rata 68.25 juga termasuk kedalam kategori tidak kompeten. ABSTRACTThis research aims to describe the level of ability of Semester IV STBA – PIA Medan students in using the words 暂时 (zànshí) and 临时 (línshí). To achieve this aim, the researcher used a quantitative descriptive research design where the population was 132 students, and sampling used the Simple Random Sampling technique, namely 40 fourth semester students of STBA-PIA Medan T.A. 2021/2022 as the sample for this research. The instrument and data collection technique used was by giving test questions to the sample. Validity in this study uses content validity, and the test questions for each word are calculated as 10 questions using the KR-20 formula. The reliability value of the instrument for the word 暂时 (zànshí) is high, namely 0.62, and the reliability value for the instrument for the word 临时 (línshí) is also high, namely 0.66. Analysis of the test results of students' ability to use the word 暂时 (zànshí) shows an average of 67 which is included in the incompetent category, while the results of the test of students' ability to use the word 临时 (línshí) shows an average of 68.25 which is also included in the incompetent category.
PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBUAT BERITA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DI KELAS VII-1 SMP NEGERI 6 KISARAN
Togatorop, Tiominar;
Khairun Nisa, Masdawani, Meidini Wardah Lasmana Rina Hayati
Linguistik : Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 9, No 2 (2024): LINGUISTIK: Jurnal Bahasa dan Sastra
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31604/linguistik.v9i2.433-442
Tujuan penelitian yang ingin dicapai dalam penulisan ini yaitu meningkatkan keterampilan berbicara melalui penggunaan media video pada peserta didik kelas VII-1 di SMPN 6 Kisaran pada tahun pembelajaran 2023/2024. Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, berbicara merupakan aspek yang harus dikuasai dalam keterampilan bebahasa. Standar kompetensi berbicara yang diharapkan dari kelas VII-1 di SMPN 6 Kisaran adalah mampu berbicara dengan baik, berani tampil didepan umum untuk meningkatkan rasa percaya diri. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas melalui uji coba ide ke dalam situasi nyata yang diharapkan mampu memperbaiki dan meningkatkan kualitas proses belajar mengajar di skelas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa berdasarkan rumusan masalah dan hipotesis tindakan, penggunaan media video dapat meningkatkan kemampuan menyampaikan berita peserta didik kelas VII-1 di SMPN 6 Kisaran.
PENERAPAN METODE MENYIMAK MENEBAK DALAM PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MATERI PENGGAMBARAN TOKOH PADA SISWA SMPK BUNGA FATIMA LELA SIKKA NTT
Bhaga, Bertholomeus Jawa;
Dua Neang, Elisabeth Henderika
Linguistik : Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 9, No 2 (2024): LINGUISTIK: Jurnal Bahasa dan Sastra
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31604/linguistik.v9i2.339-344
The aim of this research is to describe the application of the guessing listening method in learning Indonesian on character depiction material. In conventional learning, teachers often use the lecture method in this material. The interactions that are built seem stiff and boring. By offering this guessing listening method, it is hoped that it can raise the enthusiasm for learning at SMPK Bunga Fatima Lela students. This research method is descriptive qualitative. The results obtained show that learning Indonesian using the listening and guessing method in character depiction material is very effective and fun. Thus, it can be a recommendation for Indonesian language teachers in applying this method to other materials and classes.