cover
Contact Name
Muhajir
Contact Email
ppkn@unismuh.ac.id
Phone
+62411860132
Journal Mail Official
ppkn@unismuh.ac.id
Editorial Address
Gedung FKIP Lantai 3, Universitas Muhammadiyah Makassar. Jalan Sultan Alauddin No.259 Makassar 90221
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Etika Demokrasi
ISSN : 25408763     EISSN : 26154374     DOI : -
JED (Jurnal Etika Demokrasi) bertujuan untuk menyebarkan pemikiran konseptual atau ide, ulasan dan temuan penelitian yang diperoleh di bidang Ilmu Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). JED (Jurnal Etika Demokrasi) berfokus pada Pendidikan & Pembelajaran; Pendidikan Pancasila; Isu-isu Pembelajaran PPKn; Pendidikan Karakter; Hukum dan Kewarganegaraan; Sosial Politik.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2019): JED (Jurnal Etika Demokrasi)" : 8 Documents clear
Peranan Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Menumbuhkan Sikap Nasionalisme Siswa Sekolah Menengah Atas Nasional Makassar Andi Ismayanti; Andi Sugiati; Auliah Andika Rukman
JED (Jurnal Etika Demokrasi) Vol 4, No 2 (2019): JED (Jurnal Etika Demokrasi)
Publisher : Universitas of Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (363.189 KB) | DOI: 10.26618/jed.v4i2.2387

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan sikap nasionalisme siswa melalui pembelajaran kewarganegaraan di SMA Nasional Makassar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Bentuk menumbuhkan sikap nasionalisme siswa SMA Nasional Makassar melalui pembelajaran PKn yaitu; (a) Pengembanggan berbagai sumber belajar, seperti buku ajar media massa, politik, budaya, internet, cerita tokoh – tokoh dan media film yang bermuatan nasionalisme. (b) Adapun upaya guru dalam menumbuhkan  sikap nasionalisme siswa di SMA Nasional Makassar yaitu pembelajaran PKn yang  berkaitan dengan pengembangan sikap nasionalisme, membentuk kelompok belajar dengan menggunakan nama – nama Pahlawan kemudian melakukan diskusi/ debat. (2) Faktor pendukung dalam menumbuhkan sikap nasionalisme siswa SMA Nasional Makassar yaitu melalui kegiatan ekstrakurikuler melalui program OSIS seperti; Pramuka, PMR, Seni Tari, Olahraga. (3) Faktor penghambat dalam menumbuhkan sikap nasionalisme siswa SMA Nasional Makassar yaitu adanya proses globalisasi yang menaswarkan bearagam macam budaya – budaya asing yang akan berpengaruh terhadap sikap nasionalisme siswa ataupun bangsa. Kata kunci: Peran Guru, PKn, Sikap, Nasionalisme.
Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Polewali Mandar Provinsi Sulawesi Barat Mustapa Tutu
JED (Jurnal Etika Demokrasi) Vol 4, No 2 (2019): JED (Jurnal Etika Demokrasi)
Publisher : Universitas of Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (386.327 KB) | DOI: 10.26618/jed.v4i2.2393

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Polewali Kabupaten Polewali Mandar dengan jumlah Siswa 23 orang yang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes dalam bentuk uraian yang dilaksanakan pada setiap siklus. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif baik secara kuantitatif maupun secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 39,1 % yang masuk kategori tuntas dan 60,9 % yang masuk kategori tidak tuntas, pada siklus II sebesar 86,9 % yang masuk kategori tuntas dan 13,0 % yang masuk kategori tidak tuntas. Adapun skor rata-rata hasil tes dari setiap siklus dapat dilihat pada siklus I dengan skor rata-rata 56,3 berada dalam kategori sedang. Dan pada siklus II dengan skor rata-rata 73,0 berada dalam kategori tinggi. Dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada Siswa Kelas X  SMA Negeri 4 Polewali Mandar.Kata kunci: Hasil Belajar, Siswa, Think Pair Share
Dinamika Psikologis Resiliensi Anak dari Ibu Penyintas Kekerasan Dalam Rumah Tangga pada Konteks Prestasi Belajar Ahmad Jafar
JED (Jurnal Etika Demokrasi) Vol 4, No 2 (2019): JED (Jurnal Etika Demokrasi)
Publisher : Universitas of Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (386.642 KB) | DOI: 10.26618/jed.v4i2.2388

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menndeskripsikan dinamika psikologis, faktor-faktor pendukung, faktor-faktor penghambat, dan dampak resiliensi anak dari ibu penyintas KDRT dalam konteks prestasi belajar.Karakteristik informan adalahanak SMA dan berprestasi di sekolah yang ibunya merupakan penyintas kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) secara fisik.Informan berjumlah dua anak dan metode pengambilan data yang dipakai adalah wawancara. Hasil penelitian: 1)informan sebagai anak dari ibu penyintas KDRT dalam konteks prestasi belajar melakukan kompensasi dari emosi-emosi yang negatif ke hal-hal yang lebih positif dengan cara belajar dan adanya keinginan untuk membuktikan pada orang lain terutama kepada orang tuanya bahwa mereka bisa berprestasi walau dalam kondisi yang buruk.2) faktor pendukung resiliensi anak dari ibu penyintas KDRT dalam konteks prestasi belajar yaitu adanya hubungan positif dengan orang terdekat, lingkungan sekolah yang mendukung, dan perilaku coping yang berorientasi pada masalah. 3) faktor penghambat resiliensi anak dari ibu penyintas KDRT dalam konteks prestasi belajar yaitu masih terjadinya KDRT, dukungan negatif dari tetangga, kehilangan figur ayah, dan interaksi teman sebaya yang negatif. 4) dampak resiliensi terhadap anak dari ibu penyintas KDRT dalam konteks prestasi belajar yaitu harga diri yang tinggi, optimis, dan rasa syukur. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah informan sebagai anak dari ibu penyintas KDRT melakukan resiliensi sehingga dapat berprestasi di sekolah.Kata kunci: Resiliensi, Anak Penyintas KDRT, Prestasi Belajar
Penerapan Nilai-nilai Pancasila dalam Mencegah Kenakalan Remaja di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Enrekang Rismawati Rismawati; A Rahim; Jumiati Nur
JED (Jurnal Etika Demokrasi) Vol 4, No 2 (2019): JED (Jurnal Etika Demokrasi)
Publisher : Universitas of Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (414.111 KB) | DOI: 10.26618/jed.v4i2.2394

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah penerapan Nilai-nilai Pancasila dalam mencegah kenakalan remaja di SMA Negeri 1 Enrekang. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Enrekang. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah, Guru PPKn dan siswa. Tehnik pengumpulan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Nilai-nilai Pancasila dalam mencegah kenakalan remaja di SMA Negeri 1 Enrekang dilakukan dengan pengamalan Nilai-nilai Pancasila terhadap siswa. Penerapan  Sila I (Mengucapkan salam dalam setiap kegiatan sehari-hari, berdo’a sebelum dan sesudah kegiatan belajar mengajar, sholat berjamaah), Sila II (Sikap saling membantu antar sesama, Mengakui persamaan hak dan kewajiban), Sila III (Memiliki rasa bangga menjadi bangsa Indonesia), Sila IV (Memberikan kebebasan menyampaikan usul membangun, menyelesaikan segala sesuatu dengan musyawarah dan mufakat), Sila V (Memiliki sikap adil kepada seluruh siswa).Faktor pendukung dalam mencegah kenakalan remaja di SMA Negeri 1 Enrekang datang dari Kepala sekolah, Guru, siswa serta sarana dan pra sarana yang mendukung dan adanya hubungan sosial serta pola pikir siswa. Faktor penghambat dalam mencegah kenakalan remaja di SMA Negeri 1 Enrekang adalah Keterbatasan alokasi waktu memberikan pembinaan dan bimbingan Guru Pendidikan kewarganegaraan dalam mengajar menggunakan alokasi dua jam mata pelajaran, Pergaulan teman sebaya, Orangtua peserta didik tidak memenuhi panggilan dari pihak sekolah, dan sikap masa bodoh peserta didik terhadap nasihat guru.Kata kunci: Nilai Pancasila, Kenakalan, Remaja
Hubungan antara Kedisiplinan Siswa dengan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Siswa Kelas XII di SMA Somba Opu Sungguminasa Kabupaten Gowa Afifah Saidatul; Rosleny Babo; Muhajir Muhajir
JED (Jurnal Etika Demokrasi) Vol 4, No 2 (2019): JED (Jurnal Etika Demokrasi)
Publisher : Universitas of Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (510.069 KB) | DOI: 10.26618/jed.v4i2.2390

Abstract

Disiplin merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar. Biasanya siswa yang pandai adalah siswa yang disiplin. Penelitian ini bertujuan untuk hubungan antara kedisiplinan siswa dengan hasil belajar PPKn siswa SMA Somba Opu Sungguminasa Kabupaten Gowa. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitiannya yaitu seluruh siswa kelas XII SMA Somba Opu Sungguminasa Kabupaten Gowa yang berjumlah 30 siswa dengan seluruh populasi dijadikan sebagai sampel, teknik ini dinamakan sampling jenuh. Variabel penelitian meliputi kedisiplinan siswa sebagai variabel bebas dan hasil belajar PPKn sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan angket siswa, dokumentasi, dan observasi. Uji prasyarat analisis menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat kedisiplinan siswa sebesar 86,419% dan tingkat hasil belajar siswa sebesar 83,7% keduanya termasuk kategori sangat baik. (2) nilai koefisien korelasi sebesar 0,605. Oleh karena rhitung   rtabel atau 0,605 0,374, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Simpulan penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kedisiplinan siswa dengan hasil belajar PPKn siswa SMA Somba Opu Sungguminasa Kabupaten Gowa. Diharapkan semua pihak terutama guru memperhatikan dan meningkatkan kedisiplinan siswa sehingga akan mencapai hasil belajar yang optimal.Kata kunci: Kedisiplinan, Hasil Belajar, Siswa, PPKn.
Membangun Kesadaran Integratif Bangsa Indonesia Melalui Refleksi Perjalanan Historis Pancasila Dalam Perspektif Konflik Ideologis Gusti Ngurah Santika; Gede Sujana; Made Astra Winaya
JED (Jurnal Etika Demokrasi) Vol 4, No 2 (2019): JED (Jurnal Etika Demokrasi)
Publisher : Universitas of Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (389.553 KB) | DOI: 10.26618/jed.v4i2.2391

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh realitas ideologis bangsa Indonesia, bahwa masih terdapat kelompok masyarakat yang diduga menolak kedudukan Pancasila sebagai dasar negara. Masih banyak rakyat Indonesia yang belum mengetahui dan memahami makna integrasi yang terkandung dalam kesepakatan luhur pendiri negara tentang Pancasila. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun kesadaran integratif bangsa Indonesia melalui refleksi perjalanan historis Pancasila dalam perspektif konflik ideologis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Data penelitian ini dikumpulkan melalui studi pustaka dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah berbagai peristiwa sejarah yang ada relevansinya dengan konflik ideologis di Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukan, bahwa [1] Pancasila merupakan kristalisasi dari pergulatan politik dan konflik ideologis diantara the founding father dalam mendirikan negara Indonesia merdeka, [2] konflik berkepanjangan dan tidak berkesudahan selalu menimpa bangsa Indonesia manakala yang dipersoalkan adalah ideologi negara, (3) konflik ideologis baru dapat diredam dan disudahi bila Pancasila hadir di tengah-tengah mereka yang berbeda paham, [4] MPR berhasil memutuskan rantai konflik ideologis yang mengikat Indonesia dengan memfinalisasi Pancasila dalam UUD 1945.Kata kunci: Pancasila, konflik, ideologis
Evaluasi Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar Hasnah Kanji; Nursalam Nursalam; Muhammad Nawir; Suardi Suardi
JED (Jurnal Etika Demokrasi) Vol 4, No 2 (2019): JED (Jurnal Etika Demokrasi)
Publisher : Universitas of Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (385.256 KB) | DOI: 10.26618/jed.v4i2.2386

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah kalangan pelajar mengalami dekadensi moral yang membutuhkan evaluasi integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi penerapan pendidikan karakter dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Penentuan informan penelitian secara purposive sampling, yaitu kepala sekolah, guru, siswa dan orang tua. Teknik pengumpulan data menggunakan observation, depth-Interview dan dokumentasi. Teknik Analisis melalui data reduction, data display dan conclusion drawing. Teknik keabasahan data dilakukan melalui triangulasi sumber, waktu dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan input pembelajaran ilmu pengetahuan sosial dalam menanamkan pendidikan karakter mencakup rencana pelaksanaan pembelajaran, materi pembelajaran, media pembelajaram, model pembelajaran dan soal tes. Input pembelajaran diaplikasikan oleh guru pada proses pembelajaran. Output dari input dan proses pembelajaran adalah siswa memiliki nilai-nilai karakter jujur, disiplin, tanggung-jawab, santun, karakter peduli sosial, karakter percaya diri, toleransi, kreatif, bersahabat/komunikatif, rasa ingin tahu, dan karakter kerja keras. Kata kunci: Model Integrasi, Pendidikan Karakter, Pembelajaran, Ilmu Pengetahuan Sosial.
Aku Anak Disiplin Game: Media Edukatif Sebagai Solusi Kreatif dalam Penanaman Karakter Disiplin pada Anak Sekolah Dasar Tange M Said
JED (Jurnal Etika Demokrasi) Vol 4, No 2 (2019): JED (Jurnal Etika Demokrasi)
Publisher : Universitas of Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (944.356 KB) | DOI: 10.26618/jed.v4i2.2392

Abstract

Tujuan penulisan karya tulis ilmiah ini adalah untuk mengetahui desain dan penerapan media edukatif ANDI (Aku Anak Disiplin) game sebagai solusi kreatif dalam penanaman karakter disiplin pada anak sekolah dasar. Jenis tulisan dalam karya tulis ini bersifat kajian pustaka (library research). Data yang diperoleh disajikan secara deskriptif sehingga menunjukkan suatu kajian ilmiah yang dapat dikembangkan dan diterapkan lebih lanjut melalui konsep ANDI (Aku Anak Disiplin) game: media edukatif sebagai solusi kreatif dalam penanaman karakter disiplin pada anak sekolah dasar. Implementasi dari media tersebut, guru sebagai fasilitator tidak hanya sekadar memberikan pengidentifikasian karakter disiplin kepada siswa tetapi juga setiap karakter disiplin yang ada pada permainan tersebut harus diaplikasikan di lingkungan sekolah. Sehingga siswa mendapat respon (hasil) dari permainan tersebut dan secara tidak sengaja siswa akan mudah mengingat sikap disiplin yang harus diterapkan dan mengalami pembiasaan dalam melakukannya. Kata kunci: Anak Sekolah Dasar, Karakter Disiplin, Media Edukatif

Page 1 of 1 | Total Record : 8