cover
Contact Name
Anyan
Contact Email
anyanright@stkippersada.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
munnawar.thoha99@gmail.com
Editorial Address
http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JPE/index
Location
Kab. sintang,
Kalimantan barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI)
ISSN : 26571528     EISSN : 25410938     DOI : 10.31932
JURKAMI: Jurnal Pendidikan Ekonomi adalah jurnal yang menerima kontribusi tulisan/artikel yang berkaitan dengan studi-studi kependidikan, pengajaran dan evaluasi belajar di bidang pendidikan ekonomi dan kajian ilmu ekonomi lainnya, baik laporan penelitian, maupun tinjauan buku yang belum pernah diterbitkan di media cetak ataupun elektronik
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2019): JURKAMI" : 7 Documents clear
PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI Junardi, Junardi
Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI) Vol 4, No 2 (2019): JURKAMI
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31932/jpe.v4i2.567

Abstract

Abstract:  This study aims to obtain empirical evidence regarding the effect of Corporate Social Responsibility disclosure toward firm value which is moderated by firm size. The form of research using associative. The data collection can be collected on financial statements, annual reports of manufacturing companies which are published by Indonesia Stock Exchange, journal, and internet. Based on the collection of samples using purposing sampling techniques found the number of samples of this study were 40 of sample company in manufactur sector listed in Indonesia Stock Exchange in 2015-2017. Data analysis techniques using Partial Least Square (PLS) with the SmartPLS 3.0 software. The results of this study conclude that CSR has a positive significant effect on firm value and firm size does not significant effect on firm value. Futhermore, firm size as a moderating variable can not be strenghen the influence of CSR on firm value. Keyword: CSR, Firm size, Firm ValueAbstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh pengungkapan Corporate Social  Responsibility terhadap nilai perusahaan yang dimoderasi oleh ukuran perusahaan. Bentuk penelitian menggunakan asosiatif kausal. Pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumentasi  dan studi pustaka yang bersumber pada laporan keuangan dan laporan tahunan perusahan manufaktur yang dipublikasikan di Bursa Efek Indonesia. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling didapatkan jumlah sampel dipenelitian ini sebanyak 40 perusahaan  manufaktur. Teknik analisis data menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan bantuan software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa CSR berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan tehadap nilai perusahaan. Kemudian, ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi tidak mampu memperkuat pengaruh antara CSR terhadap nilai perusahaanKata Kunci: CSR, Ukuran perusahaan, Nilai Perusahaan
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KOPERASI TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA KOPERASI SIMPAN PINJAM (KSP) BHAKTI LESTARI KECAMATAN SUNGAI TEBELIAN Khuswati, Enny; Relita, Dessy Triana
Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI) Vol 4, No 2 (2019): JURKAMI
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (670.981 KB) | DOI: 10.31932/jpe.v4i2.594

Abstract

Abstract:This study aims to determine how the influence of service quality on member satisfaction. This research is quantitative research. The population in this study were 503 members of the Bhakti Lestari Savings and Credit Cooperative who addressed the Merarai Satu Village, Sungai Tebelian District, Sintang Regency. The number of samples in this study were 80 respondents, the sampling method  Used was Simple Random Sampling. Data analysis was first carried out by looking for validity and reliability, contribution tests, and classic assumption tests. The results showed that the quality of service affects the satisfaction of members of the Cooperative Bhakti Lestari with the results of the t test, obtained a t count of 8.774 is greater than (>) t table of 1.990 and the value of Sig. 0,000 <0.05.Keywords: Service Quality, Member SatisfactionAbstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan anggota. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif.Populasi pada penelitian ini adalah anggota Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Bhakti Lestari sebanyak 503 orang yang beralamatkan di Desa Merarai Satu, Kecamatan Sungai Tebelian, Kabupaten Sintang.Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 80 responden, metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling.Analisis data terlebih dahulu dilakukan dengan mencari validitas dan reliabilitas, uji kontribusi, serta uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan anggota Koperasi Bhakti Lestari dengan hasil uji t, diperoleh nilai thitung 8,774 lebih besar dari (>) ttabel 1,990dan nilai Sig. 0,000 < 0,05Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Anggota
PENGARUH PRAKTIK KERJA INDUSTRI DAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 SINTANG Pelipa, Emilia Dewiwati; Nuryani, Nuryani
Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI) Vol 4, No 2 (2019): JURKAMI
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (689.02 KB) | DOI: 10.31932/jpe.v4i2.623

Abstract

Abstract: This research uses quantitative method with multiple linier analysis.The Data Collection tools technics used are indirect communication and documentation. Based on the analysis of the research data, it can be concluded that: 1) The practical work and entrepreneurship education partially have a significant positive effect on entrepreneurship interest, which shown from tcount of practical work is 1,747 and entrepreneurship education is 10,371 larger than ttable that is 1,997. 2) The practical work and entrepreneurship education simultaneously have a significant positive effect on entrepreneurship interest, which shown from tcount of practical work is 1,747 and entrepreneurship education is 10,371 larger than table that is 1,997. 3) Rather than practical work, entrepreneurship education is the most significant to influence entrepreneurship interest which shown from tcount is 10,371 with a sigificant value is 0,000 (less than the error rate is 0,05).Keywords: Practical Work, Entrepreneurship Education, Entrepreneurship interest.Abstrak: Penelitian ini menggunakan metode kuantitaif dengan bentuk Analisis linier berganda. Tekinik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik komunikasi tidak langsung, dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa: 1. Praktik Kerja Industri dan Pendidikan Kewirausahaan secara parsial terhadap Minat Berwirausaha, yang diperlihatkan dari hasil thitung yaitu Praktik Kerja Industri sebesar 3,005 dan Pendidikan Kewirausahaan sebesar 1,963 lebih besar dari ttabel 1,997 jadi secara parsial Praktik Kerja Industri dan Pendidikan Kewirausahaan memberi pengaruh positif signifikan terhadap Minat Berwirausaha. 2.Praktik Kerja Industri dan Pendidikan Kewirausahaan secara simultan terhadap Minat Berwirausaha, yang diperlihatkan dari hasil thitung yaitu Praktik Kerja Industri sebesar 3,005 dan Pendidikan Kewirausahaan sebesar 1,963 lebih besar dari ttabel 1,997 jadi secara simultan praktik kerja industri danpendidikan kewirausahaan memberi pengaruh positif signifikan terhadap Minat Berwirausaha. 3.Variabel Praktik Kerja Industri dan Pendidikan Kewirausahaan yang Pengaruhnya Paling signifikan terhadap Minat Berwirausaha adalah Praktik Kerja Industri sebesar 3,005 dengan nilai signifikan sebesar 0.004 (lebih kecil dari taraf kesalahan 0,05).Kata Kunci: Praktik Kerja Industri, Pendidikan Kewirausahaan, Minat Berwirausaha
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 SEKADAU Aprilia, Halisa; Sore, Avelius Dominggus
Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI) Vol 4, No 2 (2019): JURKAMI
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (843.805 KB) | DOI: 10.31932/jpe.v4i2.593

Abstract

Abstrak: The formulation of the problem in this study is whether there is an effect of the Application of the Group Investigation Type Cooperative Learning Model to the learning outcomes of Grade VIII students on Employment Materials in SMP Negeri 1 Sekadau Hulu Academic Year 2015/2016 ?. There are two variables in this study, namely the cooperative learning model type investigation group as independent and learning outcomes as the dependent variable. This study uses quantitative methods of experimental research design with the design of True Experimental Design Pre-test form Post-test Control Group Design. Hypothesis test results show tcount> t table or 22.91 ˃ 2.001, so Ho is rejected and Ha is accepted. This means that there is a significant influence on the application of the Group Investigation Type Cooperative Learning Model to the learning outcomes of Grade VIII students on Employment Materials.Keywords: Cooperative Learning Model Group Investigation Type Of Student Learning OutcomesAbstrak: Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap hasil belajar siswa kelas VIII Pada Materi Ketenagakerjaan di SMP Negeri 1 Sekadau Hulu Tahun Pelajaran 2015/2016?. Terdapat dua variabel dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran kooperatif tipe group investigation sebagai independen dan hasil belajar sebagai variabel dependen.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif bentuk penelitian eksperimen dengan desain True Experimental Design bentuk Pre-test Post-test Control Group Design.Hasil uji hipotesis menunjukan nilai thitung > ttabel atau 22,91 ˃ 2,001, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan dari Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap hasil belajar siswa kelas VIII Pada Materi KetenagakerjaanKata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Siswa
ANALISIS ENTREPRENEUR LIFE SKILLS MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI DI STKIP PERSADA KHATULISTIWA SINTANG Marganingsih, Anna; Pelipa, Emilia Dewiwati; Erwin, Erwin
Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI) Vol 4, No 2 (2019): JURKAMI
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (886.408 KB) | DOI: 10.31932/jpe.v4i2.595

Abstract

Abstract: The aims of this study is to describe the Life Skills of the Entrepreneur Life Skills of Study Program Economic Education at STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. The method used in this research is descriptive method with quantitative approach. The population in this study were students of Economic Education Study Program at STKIP Persada Khatulistiwa  Sintang totaling 133 students and the sample in this study amounted to 27 students. Data collection techniques used are indirect communication techniques. Data collection tools used were questionnaires. The data analysis technique used is descriptive statistics. The results showed that the Entrepreneurship Life Skills of Study Program Economic Education at STKIP Persada Khatulistiwa Very Good with an average questionnaire score of 4.03. Student Life Skills (Entrepreneur Life Skills) Study Program Economic Education at STKIP Persada Khatulistiwa includes Personal Life Skills is Very Good with a questionnaire score of 4.03, Social Life Skills is Very Good with a questionnaire score of 4.02, Academic Life Skills is Good with a questionnaire score of 3.7 and Vocational Skills (Vocational Life Skills) is Very Good with a questionnaire score of 4.37Keywords: Entrepreneurship, Life SkillsAbstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kecakapan hidup berwirausaha (Entrepreneur Life Skills) Mahasiswa Prodi. Pendidikan Ekonomi di STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang sejumlah 133 mahasiswa dan sampel dalam penelitian berjumlah 27 Mahasiswa. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah teknik komunikasi tidak langsung. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kecakapan Hidup Berwirausaha (Entrepreneur Life Skills) Mahasiswa Prodi. Pendidikan Ekonomi di STKIP Persada Khatulistiwa Sangat Baik dengan skor rata-rata angket 4,03. Kecakapan Hidup Berwirausaha (Entrepreneur Life Skills) Mahasiswa Prodi. Pendidikan Ekonomi di STKIP Persada Khatulistiwa meliputi Kecakapan Personal (Personal Life Skill) adalah Sangat Baik dengan skor angket 4,03, Kecakapan Sosial (Social Life Skills) adalah Sangat Baik dengan skor angket 4,02, Kecakapan Akademik (Academic Life Skills) adalah Baik dengan skor angket 3,7 dan Kecakapan Vokasional (Vocational Life Skills) adalah Sangat Baik dengan skor angket 4,37Kata Kunci: Kewirausahaan, Kecakapan Hidup
DAMPAK PROGRAM USAHA EKONOMI PRODUKTIF (UEP) TERDAHAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI DESA PELIMPING BARU KECAMATAN KELAM PERMAI Yosada, Kardius Richi
Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI) Vol 4, No 2 (2019): JURKAMI
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (646.841 KB) | DOI: 10.31932/jpe.v4i2.596

Abstract

Abstract: This research aimed to determine the implementation of society empowerment for poor households through productive economic business groups, program efforts that realized, society's response, the level of success, and impact on society. This research used descriptive qualitative naturalistic methods. Data collection uses interviews, observation, and documents. Analysis techniques using (1) data reduction, (2) data display, (3) drawing conclusions.Research results showed that the implementation of society empowerment through productive business groups is still focused on fund rolling activities, which causes other activities not to be carried out optimally, especially administration of group members, so the development of these activities needs to be increased. Society's response to this activity. This is support by increased income and benefits derived by members.As for the perceived impact of the results of empowerment through this business group, the members feel positively helped in their business capital, while the negative impact is the dependence of members on government loan assistance so that it is difficult to be independent in developing their business, so it is necessary to pursue clear and decisive stages in deciding revolving fund loans with a curve systemKeywords: Productive Economic Business Programs, Society WelfareAbstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pemberdayaan masyarakat bagi rumah tangga miskin melalui kelompok usaha ekonomi produktif, upaya-upaya program yang telah terealisasikan, respon masyarakat, tingkat keberhasilan dan dampak bagi masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif naturalistik. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumen. Teknik analisa menggunakan (1) Reduksi data, (2) Tampilan data, (3) Pengambilan kesimpulan.  Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pemberdayaan masyarakat melalui kelompok usaha produktif masih terfokus pada kegiatan pengguliran dana yang menyebabkan kegiatan lainnya tidak dapat terlaksana secara opimal terutama administrasi anggota kelompok, maka pengembangan dari kegiatan ini perlu ditingkatkan.. Respon masyarakat pada kegiatan ini secara positif. Adapun dampak yang dirasakan dari hasil pemberdayaan melalui kelompok usaha ini secara posotif anggota merasa terbantu dalam permodalan usahanya, sedangkan dampak negatif yaitu ketergantungan anggota terhadap bantuan pinjaman pemerintah sehingga sulit untuk mandiri dalam mengembangkan usahanya sehingga perlu diupayakan tahapan-tahapan yang jelas dan tegas dalam memutus pinjaman dana bergulir dengan sistem kurvaKata Kunci: Program Usaha Ekonomi Produktif (UEP), Kesejahteraan Masyarakat
KEMAMPUAN GURU DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL TERPADU MATERI INTERAKSI SOSIAL Huda, Fatkhan Amirul; Thoharudin, Munawar
Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI) Vol 4, No 2 (2019): JURKAMI
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (767.761 KB) | DOI: 10.31932/jpe.v4i2.599

Abstract

Abstract: The purpose of this study was to find objective information about the ability of teachers in the teaching and learning process of Integrated Social Sciences subjects in the social interaction class VII in SMP Negeri 4 Dedai 2018/2019 Academic Year. The research method is descriptive method, the form of research is descriptive analysis. The population in this study where students of grade VIII of 24 students. Data collection techniques using direct observation techniques, direct communication, indirect communication, and study documentation. Based on the results of teacher and student interviews conducted shows that the learning process carried out has been effective and efficient. Efforts to overcome the obstacles in the process of teaching and learning include teachers understanding student characteristics, understanding the components of the method of evaluation and understanding the environmental conditions in learning. Based on the results of research in general about the ability of teachers in the teaching and learning process of Integrated Social Sciences subjects on the subjects of social interaction are categorized as good.Keywords: Teacher’s Ability, Teaching and Learning Process.Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui informasi yang objektif mengenai kemampuan guru dalam proses belajar mengajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu pada matari interaksi sosial kelas VII di SMP Negeri 4 Dedai Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode penelitian yaitu metode deskriptif, bentuk penelitian adalah deskriptif analisis. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII sebanyak 24 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi langsung, komunikasi langsung, komunikasi tidak langsung, dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil wawancara guru dan siswa yang dilakukan menunjukan bahwa proses pembelajaran yang dilakukan telah efektif dan efisien. Upaya mengatasi faktor hambatan dalam proses belajar mengajar antara lain guru memahami karakteristik siswa, memahami komponen metode dengan evaluasi dan memahami kondisi lingkungan dalam belajar. Berdasarkan hasil penelitian secara umum tentang kemampuan guru dalam proses belajar mengajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu pada matari interaksi sosial dikategorikan baik.Kata Kunci: Kemampuan Guru , Proses Belajar Mengajar

Page 1 of 1 | Total Record : 7