cover
Contact Name
Mohammad Rizki Fadhil Pratama
Contact Email
mohammadrizkifadhilpratama@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
lp2m@umpalangkaraya.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota palangkaraya,
Kalimantan tengah
INDONESIA
Pedagogik: Jurnal Pendidikan
ISSN : 16937856     EISSN : 23553537     DOI : -
Core Subject : Education,
The publication of Pedagogik: Jurnal Pendidikan certainly participates in disseminating the results of research and review of science and technology development conducted by lecturers and researchers especially from UM Palangkaraya and other universities. This edition contains 5 articles consisting of Education topics
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 14 No 1 (2019): Pedagogik: Jurnal Pendidikan" : 8 Documents clear
Aspek Kognitif Penyandang Disabilitas Dwi Sari Usop; Suniati Suniati; Dina Fariza Tryani Syarif
Pedagogik: Jurnal Pendidikan Vol 14 No 1 (2019): Pedagogik: Jurnal Pendidikan
Publisher : Institute For Research and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (318.415 KB) | DOI: 10.33084/pedagogik.v14i1.827

Abstract

All children can think. However, some of them have difficulties in optimizing their thinking functions on account of their level of intelligence is below of average. This study aims to describe the cognitive aspects possessed by children with intellectual barriers. It was a qualitative method, and the subjects were three people who belong to the second grade of elementary school. Results of this study show deficiencies in the ability to remember lessons at school. The level of below average intelligence is one of the causes the teachings given by the teacher is equivalent to lessons for first-grade students in elementary school. Even the equivalent of students in kindergarten. However, subjects can carry out other activities.
Implementasi Pembelajaran PKn untuk Membentuk Pribadi yang Berkarakter di SD Muhammadiyah Sampit Agung Riadin; Ade Salahuddin Permadi
Pedagogik: Jurnal Pendidikan Vol 14 No 1 (2019): Pedagogik: Jurnal Pendidikan
Publisher : Institute For Research and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (164.487 KB) | DOI: 10.33084/pedagogik.v14i1.828

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembentukan karakter pada mata pelajaran kewarganegaraan. Jenis penilitian ini adalah penelitian kualitatif (penelitian lapangan) studi kasus yang bersifat deskriptif kualitatif. Adapun metode pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, obserasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah pola berfikir Miles Huberman, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Pelaksanaan perencanaan pembelajaran karakter mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas V SD Muhammadiyah Sampit sudah cukup baik. Hanya saja kekurangan yang terdapat dalam pelaksanaan pendidikan karakter adalah minimnya pengetahuan guru tentang metode-metode yang dapat digunakan dalam menanamkan nilai-nilai karakter. Jadi seharusnya guru tidak hanya menggunakan satu metode saja dalam melaksanakan pendidikan karakter. Selama ini pendidikan karakter hanya dilaksanakan tanpa ada evaluasi yang jelas yang dibuat oleh sekolah ataupun oleh guru. Implementasi pendidikan karakter pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas V SD Muhammadiyah Sampit secara garis besar sudah dilaksanakan dengan cukup baik, meskipun masih terdapat beberapa kekurangan yang utamanya adalah tidak adanya evaluasi pembelajaran pendidikan karakter, yang merupakan bagian penting dalam sistem pembelajaran.
Identifikasi Kesulitan Belajar Reading Comprehension dalam Ujian TOEFL pada Mahasiswa di Lingkungan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya A’am Rifaldi Khunaifi
Pedagogik: Jurnal Pendidikan Vol 14 No 1 (2019): Pedagogik: Jurnal Pendidikan
Publisher : Institute For Research and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (530.945 KB) | DOI: 10.33084/pedagogik.v14i1.829

Abstract

Pelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan atau faktor yang dominan mengapa Mahasiswa mengalami kesulitan dalam soal Reading Comprehension pada ujian TOEFL pada Mahasiswa di Lingkungan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. Subjek penelitian ini adalah Mahasiswa semester tinggi di Universitas Muhammadiyah Palangkaraya yang berjumlah 20 orang. Jenis penelirian ini adalah Deskriptif Kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Mahasiswa semester tinggi UM Palangkaraya kurang dapat menjawab pertanyaan dengan benar dan dalam menjelaskan makna kata sukar dalam bacaan yang dimiliki Mahasiswa sangat rendah dan belum dapat dikuasai oleh Mahasiswa. Untuk mengatasi mengatasi kesulitan membaca pada mahasiswa semester tinggi adalah melakukan berbagai latihan dan penugasan.
Pengaruh Model Pembelajaran Diagnostic terhadap Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas V SDN 4 Menteng Palangka Raya Hendri Hendri
Pedagogik: Jurnal Pendidikan Vol 14 No 1 (2019): Pedagogik: Jurnal Pendidikan
Publisher : Institute For Research and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (703.903 KB) | DOI: 10.33084/pedagogik.v14i1.831

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran diagnostic terhadap kemampuan membaca pemahaman pada peserta didik kelas VSDN 4 Menteng Palangka Raya. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penggunaan model Untuk membuktikanpembelajaran diagnostic terhadap kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas VSDN 4 Menteng Palangka Raya, hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan yang diperoleh thitung sebesar 17,87 selanjutnya di konsultasikan dengan tabel pada taraf signifikan 5% dengan db N-1=10 - 1= 9 yaitu sebesar 2,262, maka t hitung > t table. Dengan demikian koefisien t hitung sebesar 17,87 adalah signifikan pada pada taraf signifikan 5%. Atas dasar perhitungan tersebut maka hipotesis alternatif Ha yang berbunyi Model pengajaran diagnostik berpengaruh dalam meningkatkan kemampaun membaca pemahamanpeserta didik kelas V SDN 4 Menteng Palangka Raya Tahun pelajaran 2017/2018 diterima. Sedangkan H0 yang berbunyi “ model pengajaran diagnostik tidak berpengaruh dalam meningkatkan kemampaun membaca pemahaman peserta didik kelas V SDN 4 Menteng Palangka Raya Tahun pelajaran 2017/2018” ditolak.
Pembelajaran Asam Basa menggunakan LKS Berbasis Learning Cycle 7E Berbantuan Weblog untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Miokti Yessi
Pedagogik: Jurnal Pendidikan Vol 14 No 1 (2019): Pedagogik: Jurnal Pendidikan
Publisher : Institute For Research and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (805.395 KB) | DOI: 10.33084/pedagogik.v14i1.832

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang pembelajaran learning cycle 7E (LC 7E) berbantuan weblog pada materi asam basa dalam melatih dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode quasi eksperiment dengan desain one group pretest–posttest only. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA pada salah satu SMA di Kota Palangka Raya. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pre-test dan post-test untuk mengukur peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa. Data hasil pre-test dan post-test kemudian dihitung gain score (Hake, 1998) untuk masing-masing indikator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata gain yang dinormalisasi <g> keterampilan berpikir kritis evaluasi 0,76 dengan kriteria tinggi dan penjelasan 0,76 dengan kriteria tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran asam basa dengan LC 7E berbantuan weblog secara signifikan dapat melatih keterampilan berpikir kritis siswa.
Upaya Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Bertanya melalui Suka Tanya bagi Guru yang Mengajar Peserta Didik Baru di SMA Negeri 1 Dusun Selatan Heri Purwanto
Pedagogik: Jurnal Pendidikan Vol 14 No 1 (2019): Pedagogik: Jurnal Pendidikan
Publisher : Institute For Research and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (318.295 KB) | DOI: 10.33084/pedagogik.v14i1.833

Abstract

Kompetensi Pedagogik merupakan kompetensi profesional guru, termasukkemampuan komunikasi dalam proses pembelajaran yang interaktif, baik antara guru-peserta didik, peserta didik-guru maupun peserta didik-peserta didik dan diciptakan secara kondusif melalui penerapan teknik bertanya.Tetapi fakta di SMA Negeri 1 Dusun Selatan terutama kelas X pembelajaran berlangsung monoton, interaksi kelas minimal dan didominasi oleh guru sehingga dirasakan perlu dilakukan Supervisi Akademik Teknik Bertanya (Suka Tanya) serta untuk mengetahui tingkat keberhasilannya diobservasi dengan penelitian tindakan sekolah. Tujuan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini untuk : (1) mengetahui apakahSuka Tanya dapat meningkatkan kompetensi pedagogik bertanya bagi guru yang mengajar peserta didik baru SMA Negeri 1 Dusun Selatan dan (2) bagaimana langkah-langkah agar Suka Tanya dapat meningkatkan kompetensi pedagogik bertanya bagi guru yang mengajar peserta didik baru SMA Negeri 1 Dusun Selatan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan dimana dilakukan tindakan berupa supervisi akademik untuk meningkatkan kompetensi pedagogik bertanya bagi guru SMA Negeri 1 Dusun Selatan. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang dibagi empat tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi dan (4) refleksi, berfokus untuk memperoleh data interaksi kelas dan persepsi peserta didik dalam proses pembelajaran. Analisis data dengan metode deskriptif untuk menguraikan secara komprehensif proses dan hasil penelitian.
Hubungan Kecerdasan Sosial dengan Kemempuan Kerja Sama dalam Kelompok Belajar Mahasiswa PGSD Semester I Universitas Palangka Raya Ichyatul Afrom
Pedagogik: Jurnal Pendidikan Vol 14 No 1 (2019): Pedagogik: Jurnal Pendidikan
Publisher : Institute For Research and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (318.348 KB) | DOI: 10.33084/pedagogik.v14i1.834

Abstract

Dalam penelitian ini terdapat tujuan yang ingin dicapai, oleh peneliti guna memperdalam ilmu pengetahuan dan wawasan yang berkaitan dengan hubungan kecerdasan sosial dengan kerja belajar kelompok peserta didik. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan sosial dengan kemampuan kerja sama dalam kelompok belajar mahasiswa PGSD Semester 1 Universitas Palangka Raya. Metode penelitian digunakan sebagai acuan peneliti untuk melakukan penelitian, penggunaan metode yang tepat sangat berpengaruh terhadap hasil penelitian, dengan demikian maka penelitian ini menggunakan metode korelsional Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara tingkat kemampuan peserta didik dalam belajar kelompok terhadap tingkat kecerdasan sosial peserta didik, semakin tinggi tingkat keserdasan maka akan berpengaruh positif terhadap kerja sama ketika terlibat dalam kegiatan belajar kelompok. Hal tersebut sesuai dengan hasil analisis yang diperoleh dari pengujian hipotesis dalam penelitian yang peneliti telah lakukan.
Hubungan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Motivasi Anak Untuk Berwirausaha Muhammad Jailani
Pedagogik: Jurnal Pendidikan Vol 14 No 1 (2019): Pedagogik: Jurnal Pendidikan
Publisher : Institute For Research and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (372.542 KB) | DOI: 10.33084/pedagogik.v14i1.835

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui dan menganalisis hubungan antara status sosial ekonomi orang tua terhadap motivasi berwirausaha pada anak di SMK Muhammadiyah 1 Sampit. Dengan populasi sebanyak 60 orang, digunakan teknik Simple Random Sampling untuk mendapatkan sampel sebanyak 51 orang. Diketahui bahwa sosial ekonomi orang tua signifikan dengan nilai F (1,49) = 5,799, R= 0,325 (p<0,05). Berdasarkan nilai R-sq dapat diketahui bahwa motivasi berwirausaha siswa dipengaruhi oleh sosial ekonomi orang tua yaitu sebesar 32,5 (33%).

Page 1 of 1 | Total Record : 8