cover
Contact Name
Ahmad Kadir KIlo
Contact Email
ahmad@ung.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jjec@ung.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
Jambura Journal of Educational Chemistry
ISSN : 26557606     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
The Journal of Educational Chemistry (JJEC) is the official journal of Chemistry Department, Faculty Mathematic and Natural Science, Gorontalo State University. JJEC is peer-reviewed articles publish articles twice a year in February and August. JJEC typically addresses chemical content, chemical education research, results of thought and research, instructional methods, and laboratory experiments.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2021): February" : 5 Documents clear
Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Integrasi Peer ‎Instruction Terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan ‎Berpikir Kritis SMA Terpadu Wira Bhakti pada Materi Reaksi ‎Reduksi Oksidasi (Redoks)‎ Saeng, Cicilia Yulianti; Lukum, Astin; Botutihe, Deasy N
Jambura Journal of Educational Chemistry Vol 3, No 1 (2021): February
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34312/jjec.v3i1.7087

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan mengetahui pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing integrasi peer ‎instruction terhadap penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA ‎Terpadu Wira Bhakti pada materi reaksi reduksi oksidasi (redoks). Penelitian ini merupakan ‎penelitian kuantitatif dengan desain penelitian true experimental design dengan rancangan ‎posttest-only control design. Sampel penelitian adalah siswa kelas X IPA 1 dan X IPA 2 SMA ‎Terpadu Wira Bhakti masing-masing kelas berjumlah 24 siswa. Model pembelajaran yang ‎digunakan pada kelas eksperimen adalah pembelajaran inkuiri terbimbing integrasi peer ‎instruction sedangkan pada kelas kontrol adalah pembelajaran konvensional. Instrument ‎penelitian menggunakan tes objektif 20 nomor soal untuk mengukur penguasaan konsep siswa ‎sedangkan tes esay 6 nomor untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Teknik analisis ‎data pada pengujian hipotesis menggunakan uji-t. dengan taraf signifikan α = 0,05. Berdasarkan ‎hasil perhitungan untuk penguasaan konsep siswa thitung = 2,11 > ttabel = 1,68, sedangkan untuk ‎perhitungan kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh nilai thitung = 5 > ttabel = 1,68.‎
Pengembangan Media Pembelajaran Tera-Tera untuk ‎Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Materi Larutan ‎Penyangga Pakuna, Nurpepi; Iyabu, Hendri; Duengo, Suleman
Jambura Journal of Educational Chemistry Vol 3, No 1 (2021): February
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34312/jjec.v3i1.10140

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji validitas media pembelajaran tera-tera untuk meningkatkan minat belajar siswa pada materi larutan penyangga. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Adapun tahap tersebut yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluasi. Namun, dalam penelitian ini hanya sampai tahap development. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar validasi penilaian kelayakan media pembelajaran tera-tera. Kelayakan media tera-tera dinilai oleh 4 orang validator ahli yaitu 3 orang dosen kimia UNG dan 1 orang guru SMA. Hasil validasi pengembangan media pembelajaran tera-tera diperoleh persentase rata-rata 90,00% dengan kriteria sangat valid untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan bahwa media pembelajaran tera-tera yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran materi larutan penyangga.
Diagnosa Miskonsepsi Siswa SMA Negeri 1 Telaga Gorontalo ‎pada Materi Termokimia Sihaloho, Mangara; Hadis, Sutra S; Kilo, Ahmad Kadir; La Kilo, Akram
Jambura Journal of Educational Chemistry Vol 3, No 1 (2021): February
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34312/jjec.v3i1.7133

Abstract

Tanpa disadari, setiap siswa senantiasa memiliki miskonsepsi pada materi kimia. Diganosa ‎miskonsepsi sejak dini sangat penting untuk menghentikan miskonsepsi agar tidak berpemngaruh ‎pada konsepsi beikutnya dan hasil belajar yang buru. Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk ‎mendiagnosa miskonsepsi siswa SMA Negeri 1 Telaga Gorontalo pada materi termokimia dengan ‎cara tes diagnostik pilihan ganda dua tingkat. Sebanyak 25 soal pilihan ganda tersebut telah valid ‎dan reliabel serta diujikan pada 65 siswa SMA tersebut. Hasil yang diperoleh bahwa jumlah siswa ‎yang mengalami miskonsepsi sangat rendah, rendah, dan sedang masing-masing adalah 60 (92%), ‎‎3 (5%), dan 2 (3%). Sementara, miskonsepsi dengan kategori tinggi dan sangat tinggi tidak ‎ditemukan. Indikator materi yang mengalami miskonsepsi banyak adalah soal tentang teori atau ‎konsep dibandingkan dengan perhitungan. Teori tersebut tentnag membedakan jenis reaksi ‎eksoterm dan endoterm dan membedakan macam-macam perubahan entalpi molar. Hal ini ‎mengindikasikan bahwa siswa lebih banyak menghafal daripada memahami materi termokimia. ‎Hasil diagnosa ini dapat dijadikan acuan untuk pembelajran termokimia agar guru dapat ‎menerapkan cara yang tepat dalam pembelajaran
Identifikasi Miskonsepsi Menggunakan Tes Pilihan ‎Ganda dengan CRI Termodifikasi Materi Larutan ‎Elektrolit dan Non Elektrolit Hasan, Meiske; Lukum, Astin; Mohamad, Erni
Jambura Journal of Educational Chemistry Vol 3, No 1 (2021): February
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34312/jjec.v3i1.10185

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi siswa MAN 1 Kota Gorontalo tentang konsep larutan elektrolit dan non elektrolit dengan menggunakan Tes Pilihan Ganda dengan CRI Termodifikasi. Jenis Penelitian ini adalah deskriftif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X MAN 1 Kota Gorontalo sebanyak 225 orang. Instrument berupa soal pilihan ganda beralasan terbuka menggunakan CRI Termodifikasi dengan 25 soal pilihan ganda. Data penelitian diperoleh dari hasil tes pilihan ganda beralasan terbuka. Hasil Penelitian menunjukan bahwa menggunakan Tes Pilihan Ganda Dengan CRI Termodifikasi diketahui siswa Kelas X MAN 1 Kota Gorontalo mengalami Miskonsepsi dengan Persentase tertinggi pada indikator menjelaskan penyebab kemampuan larutan elektrolit yakni Miskonsepsi 1 sebesar 25%, Miskonsepsi 2 sebesar 18% dan Miskonsepsi 3 sebesar 12%. Indikator dengan nilai presentase terendah adalah Indikator pengertian larutan elektrolit dan non elektrolit yakni Miskonsepsi 1 sebesar 15%, Miskonsepsi 2 sebesar 10% dan Miskonsepsi 3 sebesar 6%.
Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Kimia ‎Siswa Kelas X SMA Swasta di Samarinda Nurjanah, Siti; Kusumawardani, Ratna; Widiyowati, Iis Intan
Jambura Journal of Educational Chemistry Vol 3, No 1 (2021): February
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34312/jjec.v3i1.8327

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar ‎kimia siswa kelas X SMA Swasta di Samarinda. Jenis penelitian ini adalah analisis deskriptif. ‎Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta di Samarinda. Teknik ‎pengambilan sampel dilakukan dengan cara probability sampling dengan metode cluster ‎random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 212 siswa. Berdasarkan hasil analisis data ‎secara deskriptif diperoleh skor rata-rata disiplin belajar siswa adalah 35,38 tergolong dalam ‎kategori sedang dan prestasi belajar kimia siswa adalah 34,91 tergolong dalam kategori sedang. ‎Dari hasil analisis regresi linier sedehana Y= a + bX, maka diperoleh persamaan regresinya Y= ‎‎38,707 + 0,601X, uji hipotesis uji t diperoleh signifikansi 0,000 < 0,05 menunjukkan bahwa ‎terdapat pengaruh positif disiplin belajar terhadap prestasi belajar kimia siswa. Adapun kontribusi ‎pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar kimia sebesar 12,4%. Berdasarkan hasil ‎penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif atau signifikan disiplin belajar ‎terhadap prestasi belajar kimia siswa kelas X SMA Swasta di Samarinda.‎

Page 1 of 1 | Total Record : 5