cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota pekalongan,
Jawa tengah
INDONESIA
JURNAL PENELITIAN
ISSN : 18299903     EISSN : 25416944     DOI : -
Core Subject : Education,
JURNAL PENELITIAN is a peer-reviewed journal published by LP2M IAIN Pekalongan with print-ISSN: 1829-9903 and online-ISSN: 2541-6944 Jurnal Penelitian is a religious studies journal containing research results from various aspects of discipline, religion, social, education, law, economy, politics, environment, language, art and culture.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue " Volume 13 Nomor 1 2016" : 8 Documents clear
“Badan”, Pelestarian Tradisi Bulan Syawal pada Masyarakat Muslim Kembangarum Kota Salatiga Kuswaya, Adang
Jurnal Penelitian Volume 13 Nomor 1 2016
Publisher : IAIN Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (491.526 KB) | DOI: 10.28918/jupe.v13i1.1192

Abstract

Tulisan ini berusaha untuk mengungkap nalar kebudayaan pada masyarakat Muslim Kembangarum Kota Salatiga dalam tradisi Badan. Selain itu juga bermaksud mengungkap makna tradisi tersebut bagi masyarakat saat ini. Dengan metode kualitatif, penelitian ini menggunakan kajian pustaka, book survey. Hasil penelitian menemukan bahwa tradisi Badan di Kembangarum, merupakan salah satu tradisi masyarakat yang mengekspresikan kebudayaan masyarakat yang religius, sebagai wujud rasa syukur pada Tuhan. Tradisi Badan juga memiliki makna kepedulian kepada alam, serta makna membangun kerukunan dan keguyuban di antara masyarakat. Selain makna-makna kultural tersebut, tradisi Badan juga memiliki makna ekonomis dan sosial budaya bagi pemerintah lokal dan masyarakat.
Transmisi Budaya dan Kearifan Lokal pada Pendidikan Islam Anak Usia Dini Astuti, Sriyati Dwi
Jurnal Penelitian Volume 13 Nomor 1 2016
Publisher : IAIN Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (617.072 KB) | DOI: 10.28918/jupe.v13i1.1190

Abstract

Penelitian ini berusaha mengungkap kesadaran pendidik  sebagai transmitter budaya bagi anak-anak usia dini. Atas dasar itu, kajian bertujuan untuk mengetahui kesadaran pengelola Pendidikan Anak Usia Dini dalam mentransmisi budaya dan kearifan lokal. Kajian lapangan ini data-datanya diperoleh melalui wawancara, ombservasi dan dokumentasi, dengan lokasi riset pada PAUD al-Hidayah yang terletak di desa Kauman, Argomulyo, Cangkringan Sleman. didapatkan kesimpulan bahwa pendidik pada umumnya belum memahami perannya pentingnya sebagai transmitter budaya. memberi contoh (voorbeeled), memberikan pembiasaan (pakulinan, gewoontevorming), pengajaran (leering, wulan wuruk), perintah, paksaan dan hukuman (regeering en tucht).
Menakar Dampak Turn-Over Pada Instansi Pendidikan (Studi Kasus Turn-Over Guru di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Banyuputih Batang) Iskarim, Muhammad
Jurnal Penelitian Volume 13 Nomor 1 2016
Publisher : IAIN Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (718.444 KB) | DOI: 10.28918/jupe.v13i1.1184

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui dampak positif dan negatif dari adanya pergantian (turn-over) guru di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Banyuputih kabupaten Batang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif analitis dengan metode pengumpulan data berupa wawancara mendalam, angket, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan adanya turn-over yang tinggi pada guru atau pendidik di madrasah tersebut; keuntungan yang bersifat positif justru didapatkan ketika adanya turn-over guru dibandingkan dampak negatifnya; dan kehadiran guru baru menjadi hal yang sangat disukai oleh siswa dalam hal kreativitas, inovasi pembelajaran, motivasi, dan lain sebagainya.
Motivasi Guru Madrasah Ibtida’iyah Suraji, Imam
Jurnal Penelitian Volume 13 Nomor 1 2016
Publisher : IAIN Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (466.906 KB) | DOI: 10.28918/jupe.v13i1.1183

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif penomenologi yang bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi guru-guru madrasah Ibtidaiyah yang ada di Kota Pekalongan dalam melaksanakan tugasnya. Data dikumpulkan dengan interview mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis interaktif yang dikemukakan oleh Miles dan Hubermen. Hasilnya menunjukan bahwa semua informan yakin bahwa guru adalah profesi yang berkah. Oleh karena itu, motivasi mereka menjadi guru adalah memperoleh berkah. Meskipun demikian, mereka juga sangat berharap memperoleh gaji (berkat) yang cukup dari profesinya. Dengan demikian, keyakinan adanya berkah dan harapan memperoleh berkat yang cukup dari profesi yang ditekuni harus ada pada diri setiap guru agar mereka terdorong untuk melaksanakan tugasnya dengan baik.
Bahasa & Ijtihad: Aspek Normatifitas Linguistik dalam Kitab Bidayatal-Mujtahid karya Ibnu Rusyd Basith, Abdul
Jurnal Penelitian Volume 13 Nomor 1 2016
Publisher : IAIN Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (785.207 KB) | DOI: 10.28918/jupe.v13i1.1187

Abstract

Pengetahuan tentang bahasa Arab menjadi syarat mutlak bagi seseorang yang hendak menggali hukum secara langsung dari Al qur’an dan hadits. Artikel ini bertujuan untuk menguatkan kembali pentingnya pengetahuan tentang bahasa Arab tersebut dengan mengambil kajian pada kitab Bidayat al-Mujtahid karya Ibnu Rusyd. Kitab ini tidak hanya menampilkan perbedaan pendapat para mujtahid saja, tetapi ia juga memaparkan sebab perbedaan pendapat tersebut, diantaranya yang disebabkan oleh masalah kebahasaan. Artikel ini menyimpulkan bahwa persoalan linguistik yang terdapat dalam kitab Bidayat al-Mujtahid adalah Ilmu Nahwu yang mencakup: huruf jarr, i’rab, athaf, istitsna’, fungsi al, definisi jamak  dan marja’ dlamir; Ilmu Dalalah dan Ilmu Balaghah terutama yang terkait majaz (pembuangan kata dan makna kiasan) dan hakikat. Perbedaan cara pandang para mujtahid terhadap masalah-masalah ini berimplikasi pada suatu hukum yang mereka tetapkan. 
The Impact of Cultural Dimensions on Islamic Students’ Attitude Towards Problem-Based Learning Zaduqisti, Esti
Jurnal Penelitian Volume 13 Nomor 1 2016
Publisher : IAIN Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (562.644 KB) | DOI: 10.28918/jupe.v13i1.1182

Abstract

The current study aims to examine the impact of cultural dimensions (i.e., collectivism, power distance, uncertainty avoidance, and masculinity) on students’ attitude towards problem-based learning. The design of the current study was a correlational survey, wherein participants were recruited by means of a convenient sampling. Inspection of a multiple regression analysis (N = 549) revealed that collectivism and masculinity positively corresponded with the attitudes. In particular, we found that that the higher the level of collectivism and masculinity, the more students supported the implementation of problem-based learning. In contrast, uncertainty avoidance was negatively related to the attitude in such a way that the higher this cultural dimension, the less students supported problem-based learning. Power distance was the only predictor that did not significantly predict students’ attitude towards problem-based learning. These findings overall suggest the importance of taking into account the characteristics of norms and values people hold within a country that might contribute to the success, feasibility, and  suitability of problem-based learning. Theoretical implications and study limitations of the current findings are discussed, as are practical strategies highlighting on how to deal with cultural potentials and pitfalls in an attempt to promote problem-based learning.
Mahasiswa Ekonomi Syariah di Mata Pengguna Lulusan Rosyid, Ahmad
Jurnal Penelitian Volume 13 Nomor 1 2016
Publisher : IAIN Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (492.304 KB) | DOI: 10.28918/jupe.v13i1.1185

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat penilaian mitra PPL atas 1) kinerja mahasiswa PPL prodi ekonomi syariah 2) kepuasan mitra PPL dan 3) tindak lanjut panitia PPL atas keluhan mitra PPL pada pelaksanaan PPL tahun 2015. Data dikumpulkan menggunakan instrumen kuesioner dan hasilnya menunjukkan bahwa secara umum kinerja mahasiswa PPL prodi ekonomi syariah dinilai dalam rentang kategori cukup, baik dan sangat baik dengan prosentase terbesar pada kategori baik. Namun untuk kinerja penguasaan atas bahasa asing muncul penilaian kurang walaupun jumlahnya tidak banyak. Sedangkan untuk penilaian atas panitia PPL dalam menanggapi komplain mitra PPL maka umumnya dijawab baik.
Dhundhunan: Asimilasi Budaya dan Pergeseran Nilai Fakhrina, Agus
Jurnal Penelitian Volume 13 Nomor 1 2016
Publisher : IAIN Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (458.881 KB) | DOI: 10.28918/jupe.v13i1.1191

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi asimilasi budaya dan pergeseran nilai tradisi dhundunan yang biasa dilaksanakan pada masyarakat muslim Jawa yang hidup di Karangjompo, Tirto, Pekalongan. Untuk sampai pada tujuan penelitian tersebut, observasi dan wawancara mendalam dilakukan terhadap beberapa informan kunci. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa terdapat asimilasi budaya Islam dan Jawa dimana doa-doa yang dilakukan dalam upacara tersebut dilakukan secara Islami seperti permohonan keselamatan kepada Allah Swt. dengan wasilah pembacaan shalawat barzanji. Namun seiring dengan waktu makna-makna yang terdapat dalam simbol-simbol uborampe dalam upacara tersebut telah banyak dilupakan oleh mereka, bahkan mereka pun dalam melaksanakan upacara tersebut hanya sekedar formalitas dengan tanpa dimaknai secara mendalam, dimana nilai-nilai magis sudah tidak dirasakan

Page 1 of 1 | Total Record : 8