cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
ISSN : 22526722     EISSN : 25033476     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (P-ISSN 2252-6722, E-ISSN 2503-3476) is published by the Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Languages and Arts, Universitas Negeri Semarang. It publishes research-based articles in the field of language, literature, and learning. It is published twice a year, namely in May and November. The scopes of the topics include: 1) Indonesian language for foreigners, Indonesian language, Indonesian language teaching; (2) Linguistics; (3) Applied Linguistics, and; (4) Literature Teaching.
Arjuna Subject : -
Articles 24 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1: Maret 2014" : 24 Documents clear
PENINGKATAN APRESIASI UNSUR PEMBACAAN PUISI DENGAN VIDEO CRITIC MELALUI MEDIA AUDIOVISUAL SISWA KELAS VII Nusroh, Ainun; Haryati S., Nas; N, Deby Luriawati
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3 No 1: Maret 2014
Publisher : Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (255.184 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mengapresiasi unsur pembacaan puisi siswa kelas VII-F SMP Negeri 1 Kedungwuni. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes yang selanjtnya data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil penelitian, menunjukkan adanya peningkatan sebesar 23,5 % dari 63 pada siklus I menjadi 77,8 pada siklus II. Siswa juga menjadi lebih antusias selama proses pembelajaran.The research purposed to improve skill in apreciating element of poetry reading of students VII grades in SMP Negeri 1 Kedungwuni. The research method has used classroom action research. Collecting the data has used test technique and non-test, then the data has been analysed by using qualitative and quantitative method. The result of research showed that there was improvement as big as 23,5% of cycle I 63 became 77,8 in cycle II. Students also were more enthusiastic during leraning process.
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI STRATEGI PIKIR PLUS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PERISTIWA Ekasari, Anisa Diyah; Nuryatin, Agus; Suwito, Wagiran
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3 No 1: Maret 2014
Publisher : Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (269.513 KB)

Abstract

Masalah yang diangkat pada penelitian ini adalah rendahnya kemampuan menulis siswa kelas VIII-F MTS Negeri Kesesi Kabupaten Pekalongan. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran menulis puisi yang belum terlaksana dengan baik sehingga siswa kelas VIII-F mengalami kesulitan ketika diminta menulis puisi. Oleh karena itu, diperlukan strategi pembelajaran dan media pembelajaran yang menyenangkan dan tepat. Untuk mengatasi masalah tersebut digunakan strategi Pikir Plus dan media gambar peristiwa yang terdapat dalam surat kabar dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas VIII-F MTS Negeri Kesesi. Penelitian ini dilakukan melalui dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya proses pembelajaran, peningkatan, dan perubahan perilaku ke arah yang positif.The issues raised in this study is the low ability students' writing class VIII-F MTS Affairs Kesesi Pekalongan. It is caused by learning to write poetry that has not done well so class VIII-F have difficulty when asked to write a poem. Therefore, the necessary learning strategies and instructional media fun and appropriate. To overcome these problems Plus used Thought strategies and media images of events contained in the newspaper in teaching poetry writing class VIII-F MTS Kesesi Affairs. The research was conducted in two cycles. Each cycle consists of planning, action, observation and reflection. The results of this study indicate the existence of a process of learning, improvement, and change behavior in a positive direction.
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI KEINDAHAN ALAM MENGGUNAKAN METODE PARTISIPATORI DENGAN MEDIA GAMBAR Laeli, Anisa Nur; Wagiran, Wagiran; Suseno, Suseno
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3 No 1: Maret 2014
Publisher : Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (241.795 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kualitas pembelajaran menulis puisi keindahan alam siswa kelas VIIB SMP Nurul Salam Bantarbolang menggunakan metode partisipatori dengan media gambar, mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis puisi keindahan alam siswa kelas VIIB SMP Nurul Salam Bantarbolang menggunakan metode partisipatori dengan media gambar, dan mendeskripsikan perubahan tingkah laku siswa. Metode partisipatori. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis puisi keindahan alam. Siklus I nilai rata-rata kelas 64,83 dan siklus II 78.The purpose of this research is to describe learning quality in writing poet of nature beauty for 7th B grade of SMP Nurul Salam Bantarbolang students using participatory with pictures media method, describing the development of writing nature beauty poet’s ability for 7th B grade of SMP Nurul Salam Bantarbolang students using participatori with pictures media method, and describing students’ behavior change. Participatory method. The result shows that there is development of writing nature beauty poet’s skill. The average of cycle I is 64,83 and cycle II is 78.
MEREFLEKSI ISI PUISI DENGAN METODE STUDI KASUS KREASI SISWA MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL Khairunisa, Aprisia; Doyin, Mukh; Qomariyah, U’um
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3 No 1: Maret 2014
Publisher : Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (248.921 KB)

Abstract

Dalam observasi yang dilakukan, nilai keterampilan merefleksi isi puisi siswa kelas VII Imersi SMP Negeri 1 Parakan Kabupaten Temanggung belum memenuhi nilai ketuntasan minimal. Siswa masih kesulitan dalam mengartikan isi puisi yang menggunakan bahasa yang artistik, kata-kata konotatif, dan komposisi yang padat. Selain itu guru masih menggunakan cara konvensional dalam mengajarkan sastra dan belum menuju kepada arah menjadikan siswa memahami secara emosional, imajinatif, dan estetis suatu karya sastra. Permasalahan tersebut diselesaikan dengan metode studi kasus kreasi siswa dengan menggunakan media audiovisual. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan. Pada siklus I diperoleh hasil rata-rata kelas 67,28 (kategori cukup). Setelah dilakukan tindakan pada siklus II diperoleh rata-rata kelas 85,03 ( kategori sangat baik) atau mengalami peningkatan sebesar 17,75 atau sekitar 20,88%, peningkatan proses pembelajaran, dan perilaku siswa mengalami perubahan kearah positif.In this research, the skill mark to reflect the contains of the poem in 7th grade imersi class SMP N 1 Parakan, Temanggung regency not meet a demand of minimum mark yet. The students have difficulties in interpreting the contents of the poem that used artistic language, connotative meaning, and complex composition. In addition, the teachers still apply the conventional way to teach literature. The aim to make students understand belles letters particularly in emotional, imaginative, and aesthetic does not applied by the teacher yet. Those problems are done by the student-create case tudies method by means of audiovisual media. The results of the research show the increasing. In the cycle I, the average class show 67,28 (enough category). After the action in cycle II, the average class show 85,03 (very good category) or it shows the increasing of 17,75 or about 20,88%. The result shows that there is learning process increasing and the students behavior change in to positive.
PENINGKATAN MEMBACA PEMAHAMAN CERPEN MENGGUNAKAN STRATEGI METAKOGNITIF DAN TEKNIK MEMBACA RETENSI Silviana, Arini Mega; Doyin, Mukh.; Haryadi, Haryadi
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3 No 1: Maret 2014
Publisher : Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (240.39 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan proses pembelajaran keterampilan membaca pemahaman cerpen, mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca pemahaman cerpen, mendeskripsikan perubahan perilaku siswa, dan mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap pembelajaran membaca pemahaman cerpen menggunakan strategi metakognitif dan teknik membaca retensi. Proses tindakan pada siklus I dan Siklus II meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan, yaitu instrumen tes dan nontes. Teknik analisis data dalam penelitian ini digunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian keterampilan membaca pemahaman cerpen siswa kelas IX B SMP Negeri 1 Banjarmangu mengalami peningkatan. Siklus I mencapai 66,8 dan siklus II menjadi 77meningkat 10,2 atau sebesar 13,24%. Peningkatan ini juga diikuti dengan perubahan perilaku siswa dari perilaku negatif ke perilaku positif.The purpose of the research are to describe the learning process of writing poetry, to describe the improvement of students’ skill in reading comprehension short story, to describe the changes of students’ behavior, and to describe the students’ response to the learning activity in reading comprehension short story by using metakognitive strategy and retention technique. The action procces of cycle I and II include planning, action, observation, and reflection. The Instruments used in the research are test and non-test. Data analysis technique used in the research are quantitative and qualitative. The result of this study showed that there were some improvements in reading comprehension short story by using strategy metakognitive and retention technique of the students in class IX B SMP Negeri 1 Banjarmangu. First cycle is about 66,8%, and become to 77% or increase about 10,2 or about 13,24%.This raising level also followed by student’s behavior from negative to positive.
PENGARUH KEBIASAAN MENONTON TELEVISI ACARA INFORMASI DAN PERGAULAN TEMAN SEBAYA TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS VIII MTs NU UNGARAN Astriani, Aveny Septi; Supratman, Dandan; Pristiwati, Rahayu
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3 No 1: Maret 2014
Publisher : Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (237.518 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kenyataan bahwa semua orang bisa berbicara, tetapi tidak semua orang bisa berbicara dengan memukau di depan audien. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan pengaruh menonton televisi acara informasi dan pergaulan teman sebaya terhadap keterampilan berbicara menggunakan ex post facto, dengan wawancara kepada tigapuluh responden. Hasilnya menonton televisi acara informasi berpengaruh terhadap keterampilan berbicara siswa secara parsial 10,7%. Pergaulan teman sebaya berpengaruh secara parsial 41,4%. Kebiasaan menonton televisi acara informasi dan pergaulan teman sebaya secara bersama-sama sebesar 20,6%.The study is based on the fact that all people can talk, but some people can’t talk in impressively. The purpose of the study was to determine the influence of watching information show at television and peer social interaction towards student’s speaking skill using ex post facto method. The result is that the habits of watching information show at television influence at student’s speaking skill partially 10,7%. The peer social interaction, partially, it is 41.4%. Together, 20.6% influence.
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KEMBALI DENGAN BAHASA SENDIRI MELALUI MEDIA FILM DONGENG PADA PESERTA DIDIK KELAS VII B MTS MU’ALLIMIN MALEBO TEMANGGUNG Puspitasari, Eka Harum; Rustono, Rustono; Bakti, Hari
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3 No 1: Maret 2014
Publisher : Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (255.017 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menentukan besaran peningkatan keterampilan menulis kembali dongeng dengan bahasa sendiri, dan memaparkan perubahan perilaku siswa kelas VII B MTs Mu’allimin Malebo setelah mengikuti pembelajaran keterampilan menulis dongeng dengan media film dongeng cerita rakyat. Proses tindakan pada siklus I dan siklus II meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan, yaitu instrumen tes dan nontes.Teknik analisis menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai pra siklus sebesar 46,00 kategori kurang, siklus I sebesar 53,33 kategori cukup dan siklus II 71,50 kategori baik. Dengan demikian terdapat perubahan positif perilaku siswa terhadap pembelajaran keterampilan menulis kembali dengan bahasa sendiri  melalui media film dongeng cerita rakyat.The purpose of this study was to determine the amount of increase in the skill of writing back tale with its own language, and describe changes in behavior class VII B MTs Mu'allimin Malebo after participating in learning writing skills with the medium of film fairy tale folklore. Action process in the first cycle and second cycle including planning, action, observation, and reflection. The instrument is used, the test instrument and nontes.Teknik analysis using quantitative and qualitative techniques. The results showed that pre-cycle value of 46.00 is less category, the first cycle of 53.33 category and 71.50 second cycle both categories. Thus there is a positive change in the behavior of students towards learning the skills to write back with their own language through the medium of film folklore tales.
PENINGKATAN MENYIMAK DONGENG MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO DENGAN STRATEGI MEMBANGKITKAN RASA INGIN TAHU PADA SISWA KELAS VIIA Retnaningsih, Eka; Haryati, Nas; Luriawati, Deby Luriawati
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3 No 1: Maret 2014
Publisher : Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (242.775 KB)

Abstract

Tujuan penelitaian ini, yaitu untuk mendeskpripsikan peningkatan keterampilan menyimak dongeng dan mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Winong dalam pembelajaran menyimak dongeng menggunakan media audio dengan strategi membangkitkan rasa ingin tahu. Desain penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua tahap, yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menyimak dongeng. Siklus I nilai rata-rata kelas 72,8 dan siklus II 80. Perilaku siswa dalam mengikuti pembelajaran mengalami perubahan kearah yang lebih positif.The purpose of the research, are to describe the improvement of students’ skill listen fairy and to describe changes of students’ behavior in class VIIA SMP Negeri 1 Winong in the teaching listen fairy use audio media and curiosity arousing strategy. Design research use action class research  which is done in two step, that is cycle I and II. Data collection is done by test and non-test technique. The result of the research shows an improvement skill of listening fairy. The average class mark in cycle I is 72,8 and in cycle II is 80. The students’ behavior in this learning changes into positive.
MEMBACA CEPAT UNTUK MENYIMPULKAN ISI BACAAN MENGGUNAKAN TEKNIK TAYANG KILAS DENGAN MEDIA FILM TERJEMAHAN Purwanitaningrum, Emy; Subyantoro, Subyantoro; Haryadi, Haryadi
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3 No 1: Maret 2014
Publisher : Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (355.779 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi proses pembelajaran, mendiskripsikan perubahan perilaku, dan peningkatan hasil keterampilan membaca cepat menggunakan teknik tayang kilas dengan media film terjemahan pada siswa kelas VII C SMP N 2 Jepon. Desain penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada proses pembelajaran menjadi lebih kondusif  dan hasil tes sebesar 19% dari nilai rata-rata pada siklus I 66 menjadi 85 pada siklus II. Peningkatan ini diikuti perubahan perilaku siswa ke arah yang lebih positif, mencangkup lima karakter yaitu perhatian siswa, respon, tanggung jawab, cara siswa menanggapi, dan aktivitas membuat catatan.Formulation of the problem in this research is how to increase learning, behavior change, and the results of rapid reading skills using techniques with the medium of film running flash translation in class VII C SMP N 2 Jepon. The study design used classroom action research conducted in two cycles. The results showed an increase of 19% from the average value in the first cycle 66 to 85 on the second cycle. This increase was followed by a change in the learning process becomes more controlled and conducive, as well as changes in students' behavior in a more positive direction.
PENINGKATAN MENCERITAKAN KEMBALI CERITA ANAK DENGAN METODE COOPERATIVE SCRIPT PADA SISWA KELAS VII B Lestari, Esti Puji; Setyaningsih, Nas Haryati; Mardikantoro, Hari Bakti
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3 No 1: Maret 2014
Publisher : Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (250.417 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsi proses pembelajaran menceritakan kembali cerita anak yang dibaca, mendeskripsi peningkatan keterampilan menceritakan kembali cerita anak yang dibaca siswa, dan mendeskripsi perubahan perilaku siswa setelah mengikuti pembelajaran menceritakan kembali cerita anak yang dibaca dengan metode cooperative script. Penelitian ini menggunakan desain PTK yang dilakukan dalam dua tahap, yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil tes dan nontes. Nilai rata-rata siklus I 62,43 dan siklus II 77,67. Perilaku siswa dalam mengikuti pembelajaran mengalami perubahan ke arah yang lebih positif.The aim of this research is to describe learning process of retelling children story that is read, describing an increase of retelling children story’s skill that students read, and describe students behavior change after following learning of retelling children story that is read using cooperative script method. This research uses cycles PTK design that is conducted in two cycles, cycle I and cycle II. The result shows that there is development in the result of test and nontest. The average on the cycle I is 62,43 and cycle II is 77,67. The students behavior in following learning process changes to the more positive side.

Page 1 of 3 | Total Record : 24