cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
sipil@ft.unp.ac.id
Editorial Address
Jln Hamka, Padang Sumatera Barat
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
CIVED (Journal of Civil Engineering and Vocational Education)
ISSN : 23023341     EISSN : 26226774     DOI : Prefix 10.24036/cived
Core Subject : Engineering,
Jurnal CIVED adalah Jurnal ilmiah berkala yang diterbitkan tiga kali setahun, pada bulan Maret, Juni dan September oleh Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang. Jurnal CIVED adalah media untuk mempublikasikan hasil penelitian ilmiah mahasiswa, akademisi, praktisi dan pengamat di bidang teknik sipil termasuk struktur, manajemen konstruksi, manajemen sumber daya air, transportasi, geoteknik, rekayasa lingkungan dan pembelajarannya.
Arjuna Subject : -
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 4 (2018): CIVED 2018" : 16 Documents clear
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK KELAS X DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN SMK NEGERI 1 PARIAMAN Marwan Syafei; Juniman Silalahi
CIVED Vol 5, No 4 (2018): CIVED 2018
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (243.814 KB) | DOI: 10.24036/cived.v5i4.102483

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh model pembelajaran yang digunakan guru belum sesuai dengan karakteristik mata pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Kelas X Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 1 Pariaman. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment (eksperimen semu) dengan design Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMKN 1 Pariaman yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari kelas X DPIB 1, X DPIB 2 dan X BKP. Pengujian instrumen dilakukan di sekolah yang sama dengan kelas yang berbeda yaitu kelas X BKP yang terdiri dari 25 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar (pretest dan posttest) berupa soal objektif sebanyak 25 soal. Data yang dianalisis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (t-test). Berdasarkan hasil penelitian dari perhitungan t-test diperoleh thitung besar dari ttabel. Dengan demikian hipotesis yang dikemukakan dapat diterima pada taraf kepercayaan 95 %. Sehingga hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Mekanika Teknik kelas X Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 1 Pariaman.
PENERAPAN DAN SOSIALISASI SEKOLAH SIAGA BENCANA BAGI ANAK-ANAK SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN AGAM PROVINSI SUMATERA BARAT Rizky Indra Utama; Nurhasan Syah; Fitra Rifwan; Nadra mutiara sari; Muvi Yandra
CIVED Vol 5, No 4 (2018): CIVED 2018
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (168.985 KB) | DOI: 10.24036/cived.v5i4.102629

Abstract

Sebagian besar murid Sekolah Dasar (SD) dikawasan pesisir pantai Kabupaten Agam berdasarkan observasi, belum mengetahui bahaya apa yang akan mereka hadapi, mengingat bahwa kawasan sebagai tempat tinggal dan aktivitas mereka itu adalah zona rawan tsunami. Kondisi daerah-daerah tersebut yang langsung berhadapan dengan Samudera Hindia membuat daerah ini sangat rentan bahaya tsunami. Murid pada tingkat SD masih belum memahami apa itu gempa dan tsunami serta bahaya yang ditimbulkan bencana itu. Perlu diadakan penyuluhan kepada murid-murid sekolah dasar mengingat mereka adalah generasi penerus harapan bangsa. Mereka perlu diajarkan dan diberikan pemahaman serta pelatihan sikap dan mental ketika gempa dan tsunami datang. Hal inilah yang dinamakan mitigasi bencana. Sehingga direncanakanlah program kemitraan masyarakat berupa penerapan dan sosialisasi sekolah siaga bencana bagi anak-anak sekolah dasar di Kabupaten Agam. Penerapan dan sosialisasi mitigasi ini diharapkan akan mengoptimalkan kegiatan preventif penanggulangan korban bencana demi mencapai tujuan Sekolah Siaga Bencana (SSB). Sekolah Siaga Bencana (SSB) merupakan upaya membangun kesiapsiagaan sekolah terhadap bencana dalam rangka menggugah kesadaran seluruh unsur-unsur dalam bidang pendidikan baik individu maupun kolektif disekolah dan lingkungan sekolah baik itu sebelum, saat maupun setelah bencana terjadi. Kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk membangun budaya siaga dan budaya aman disekolah dengan mengembangkan jejaring bersama para pemangku kepentingan di bidang penanganan bencana. Meningkatkan kapasitas institusi sekolah dan individu dalam mewujudkan tempat belajar yang lebih aman bagi siswa, guru, anggota komunitas sekolah serta komunitas di sekeliling sekolah. Menyebarluaskan dan mengembangkan pengetahuan kebencanaan ke masyarakat luas melalui jalur pendidikan sekolah. Peserta kegiatan ini adalah siswa sekolah dasar di SDN 25 Pasir Tiku, SDN 01 Pasar Tiku, SDN 20 Pasar Tiku, dan SDN 05 Pasar Tiku Kabupaten Agam. Melalui kegiatan ini diharapkan siswa sekolah dasar memiliki bekal dalam menghadapi bencana gempa dan tsunami khususnya di wilayah pesisir Kabupaten Agam.
PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DI SMK NEGERI 1 LINTAU BUO Ade Tira Wulandari; Rusnardi Rahmat Putra; Totoh Andayono
CIVED Vol 5, No 4 (2018): CIVED 2018
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (226.281 KB) | DOI: 10.24036/cived.v5i4.102406

Abstract

Pelaksanaan Kurikulum 2013 bertujuan untuk membentuk kompetensi dan karakter perserta didik. Dalam mencapai tujuan dari Kurikulum 2013 maka dilakukan penyempurnaan pada Standar Kompetensi Lulusan dengan memperhatikan pengembangan nilai pengetahuan, keterampilan dan sikap. Guru berperan penting pada pelaksanaan Kurikulum 2013. Kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 antara lain pembuatan sintanks model pembelajaran dan aktifitas pembelajaran, penerapan metode proses pembelajaran, penyusunan Rencana Pembelajaran, dan proses penilaian siswa. Berdasarkan dari latar belakang tersebut maka diadakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui seberapa baik pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMK Negeri 1 Lintau Buo. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, dengan populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan guru SMK Negeri 1 Lintau Buo sebanyak 88 orang. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dengan skala likert yang mempunyai 5 buah pilihan yang terdiri dari pernyataan positif dan negatif. Jumlah item pernyataan pada angket sebanyak 57 butir. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMK Negeri 1 Lintau Buo cukup baik yaitu: pada perencanaan pembelajaran ada pada kategori baik. Pada pelaksanaan proses pembelajaran dan penilaian ada dalam kategori cukup baik.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI PADA MATA KULIAH GAMBAR TEKNIK JURUSAN TEKNIK SIPIL UNIVERSITAS NEGERI PADANG Fadhil Fakhri; Revian Body; Risma Apdeni
CIVED Vol 5, No 4 (2018): CIVED 2018
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (218.634 KB) | DOI: 10.24036/cived.v5i4.102479

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis animasi yang valid, sehingga layak digunakan sebagai media pembelajaran dalam proses pembelajaran. Pada penelitian ini digunakan tahap pengembangan media pembelajaran bertajuk pada model yang dikemukakan oleh Thiagarajan yaitu 4D. Dimana 4D merupakan singkatan dari Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Development (Pengembangan) and Dissemination (Penyebaran). Subjek dalam penelitian ini yaitu validator ahli dan dosen mata kuliah Gambar Teknik, sedangkan objek penelitiannya adalah media pembelajaran berbasis animasi untuk mata kuliah Gambar Teknik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, pengembangan media berbasis animasi pada mata kuliah Gambar Teknik dengan penilaian dari validator 1 pada keseluruhan aspek sebesar 89,60% dengan kategori Sangat Baik; dan penilian dari validator 2 pada keseluruhan aspek sebesar 86,40% dengan kategori Sangat Baik. Selain itu penilaian berdasarkan uji coba skala kecil pada dosen mata kuliah Gambar Teknik diperoleh hasil sebesar 86% yang dikategorikan Sangat Baik.
STUDI TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PELAYANAN PROSES PEMBELAJARAN DI JURUSAN TEKNIK SIPIL FT-UNP Rahman Eka Saputra; Iskandar G Rani; Fitra Rifwan
CIVED Vol 5, No 4 (2018): CIVED 2018
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (251.425 KB) | DOI: 10.24036/cived.v5i4.102484

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum puasnyamahasiswa dengan pelayanan proses pembelajaran yang di  laksanakan oleh dosen. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui studi tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan proses pembelajaran di jurusan Teknik Sipil FT-UNP.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Bangunan ankatan 2016 yaitu sebanyak 82 mahasiswa. Karena jumlah subjek kurang dari 100, maka semua populasi dijadikan sampel dengan menggunakan teknik total sampling. Data dikumpulkan menggunakan angket dengan sistem penilaian jawaban menggunakan Skala Likert. Jumlah item pernyataan dalam angket sebanyak 45 item.Hasil penelitian mengungkapkan bahwa studi tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan proses pembelajaran di jurusan Teknik Sipil FT-UNP yang di tinjau dari Kualitas Pelayanan adalah tidak puas dengan persentase 1,22%, kurang puas dengan persentase 15,85%, puas dengan persentase 71,95% dan sangat puas dengan persentase 10,98%
SOSIALISASI PEKERJAAN STRUKTUR RUMAH SEDERHANA YANG RAMAH GEMPA KEPADA BURUH KONSTRUKSI DI KECAMATAN MATUR KABUPATEN AGAM Annisa Prita Melinda; Prima Zola; Rijal Abdullah; Revian Body
CIVED Vol 5, No 4 (2018): CIVED 2018
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (320.902 KB) | DOI: 10.24036/cived.v5i4.102683

Abstract

Sumatera barat termasuk daerah yang memiliki ancaman bencana gempa bumi dan tsunami yang cukup besar. Gempa Sumatera Barat tanggal 30 September 2009 (7,9 SR) tercatat sebagai salah satu gempa besar dan merusak yang pernah terjadi di Sumatera Barat dan menyebabkan 1.195 orang meninggal dunia. Data dari Satkorlak PB Sumbar menyebutkan bahwa kabupaten Agam mengalami kerugian materi paling banyak yaitu sebesar Rp 3.069.230.508.700. Kerugian ini sebagian besar disebakan oleh kerusakan bahkan keruntuhan dari rumah masyarakat yang berada di wilayah Kabupaten Agam. Rumah masyarakat yang berkonstruksi sederhana memiliki potensi lebih besar untuk rusak dibandingkan dengan gedung-gedung tinggi yang sudah didisain berdasarkan standar peraturan yang ada. Sedangkan rumah-rumah masyarakat hanya dikerjakan oleh buruh konstruksi yang belum mengikuti kaidah-kaidah teknis pembangunan rumah yang ramah gempa. Buruh konstruksi sebagai ujung tombak pembangunan perumahan di masyarakat, memang sudah seharusnya mendapatkan perhatian lebih karena di tangan merekalah ditentukan kekuatan struktur yang didirikan. Kegiatan program kemitraan masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk memberikan kontribusi terhadap pengetahuan buruh konstruksi dalam pelaksanaan pekerjaan struktur rumah sederhana yang ramah gempa. Kegiatan ini juga diharapkan memberikan kontribusi terhadap minimnya kerusakan rumah sederhana yang akan terjadi akibat gempa bumi, yang telah di disain sesuai dengan peraturan yang sesuai SNI. Dari hasil angket pertanyaan tentang pengetahuan teknik dasar-dasar konstruksi pembangunan rumah sederhana  ramah gempa  yang diberikan kepada 12 tukang di kecamatan Matur Kabupaten Agam didapatkan hasil jawaban dari mereka bahwa nilai skor antara 70-75 hanya ada 3 orang,  skor 60-66 adalah 5 orang dan skor dibawah 60 adalah 4 orang. Dari hasil ini dapat diambil kesimpulan bahwa  rata-rata kemampuan tukang pada daerah tersebut masih banyak yang belum memahami tentang teknik dasar-dasar pembangunan rumah sederhana yang ramah gempa karena dari 12 tukang hanya 3 orang yang mempunyai nilai skor 70-75. Sehingga dengan adanya pelatihan ini dapat memberikan kontribusi yang bermanfaat akan pengetahuan tukang tentang dasar-dasar konstruksi pembangunan rumah sederhana ramah gempa.
ANALISIS KOMPETENSI MATA PELAJARAN MENGGAMBAR DENGAN PERANGKAT LUNAK YANG DIBUTUHKAN DUNIA INDUSTRI DI KOTA PADANG Ahmad Bambang Wiryawan; Iskandar G Rani
CIVED Vol 5, No 4 (2018): CIVED 2018
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (227.622 KB) | DOI: 10.24036/cived.v5i4.102475

Abstract

Penelitian ini berawal dari banyaknya jumlah pengangguran dari lulusan SMK. Hal ini tidak sesuai dengan tujuan dari SMK yang bertujuan menyediakan tenaga kerja siap pakai. Melihat permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengungkapkan seberapa besar peran kompetensi mata pelajaran Menggambar Dengan Perangkat Lunak dalam dunia industri di Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan jumlah populasi sebanyak 19 perusahaan konstruksi di Kota Padang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 12 perusahaan. Data dikumpulkan menggunakan angket dengan Skala Likert yang terdiri dari 5 pilihan jawaban. Jumlah item dalam angket penelitian sebanyak 39 butir pernyataan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran dari kompetensi mata pelajaran Menggambar Dengan Perangkat Lunak berdasarkan tingkat kategori yaitu: materi pelajaran mendeskripsikan perangkat lunak menggambar bangunan mempunyai peran sebesar 86,11% dikategorikan tinggi, materi pelajaran mengatur tata letak gambar pada model space dengan perangkat lunak mempunyai peran sebesar 82,5% dikategorikan tinggi, materi pelajaran membuat back-up data level 1 mempunyai peran sebesar 75,67% dikategorikan cukup, materi pelajaran membuat restore data level 1 mempunyai peran sebesar 70% dikategorikan cukup, materi pelajaran menggambar dengan perangkat lunak mempunyai peran sebesar 80,93% dikategorikan tinggi, materi pelajaran mencetak gambar dengan perangkat lunak mempunyai peran sebesar 85,42% dikategorikan tinggi.
KARAKTER SISWA SMK JURUSAN BANGUNAN DI KOTA PADANG SEBAGAI CALON TENAGA KERJA TINGKAT MENENGAH Febby Fitria Azmiati; Juniman Silalahi
CIVED Vol 5, No 4 (2018): CIVED 2018
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (306.228 KB) | DOI: 10.24036/cived.v5i4.102480

Abstract

Penelitian ini berawal dari banyaknya siswa yang tidak serius dalam mengikuti Prakerin sehingga pihak industri tidak merekrut kembali siswa tersebut. Hal ini tidak sesuai dengan tujuan dari SMK yang bertujuan menyediakan tenaga kerja siap pakai. Melihat permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui indikator karakter yang dibutuhkan siswa SMK jurusan bangunan di Kota Padang sebagai calon tenaga kerja tingkat menengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatifdenganpendekatandeskriptif.PopulasipadapenelitianinimerupakanseluruhsiswaSMKJurusan Bangunan kelas XII di Kota Padang sebanyak 236 siswa. Sampel penelitian sebanyak 148 siswa diambil menggunakan teknik Propotional Random Sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data primer didapatkan melalui angket yang disebarkan kepada siswa kelas XII SMK di Kota Padang yang telah melaksanakan Prakerin, sedangkan data sekunder merupakan data siswa masing-masing sekolah yang telah mengirimkan siswa Prakerin. Teknik analisis data yang digunakan adalah: 1) Verifikasi Data 2) Analisis Deskriptif. Hasil penelitian diperoleh bahwa industri menuntut siswa SMK dapat bersaing sebagai calon tenaga kerja tingkat menengah di Kota Padang dengan 6 sub indikator yang terbagi atas 2 kategori, yakni kategori cukup dan kategoribaik.
PENGENALAN BENCANA DAN ZONA EVAKUASI DALAM BENTUK KESIAPSIAGAAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL BAGI GENERASI MUDA KECAMATAN MATUR KABUPATEN AGAM SUMATERA BARAT Laras Oktavia Andreas; Fitra Rifwan; Yuwalitas Gusmareta; Juniman Silalahi
CIVED Vol 5, No 4 (2018): CIVED 2018
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (367.023 KB) | DOI: 10.24036/cived.v5i4.102592

Abstract

Bencana dan zona evakuasi merupakan satu keterkaitan antara peristiwa dan lokasi area yang aman terhadap bencana. Bencana dapat dimaknai dengan peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan oleh faktor alam dan/atau faktor manusia yang dapat mengakibatkan timbulnya korban jiwa, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda dan dampak psikologis. Pengenalan bencana dan zona evakuasi dalam bentuk kesiapsiagaan berbasis kearifan lokal akan dilaksanakan kepada generasi muda di Kecamatan Matur Kabupaten Agam Sumatera Barat. Pemilihan lokasi Kabupaten Agam ini didasari dari peristiwa yang terjadi pada tahun 2017 Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)  mencatat ada 120 persitiwa   bencana.   Dapat   dirincikan  menurut   wilayah,   Kecamatan  IV  Koto sebanyak 19 kali bencana, Tanjung Raya 16 bencana, Lubuk Basung 14 bencana,  Palembayan 14 bencana, Palupuh 13 bencana, Tanjung Mutiara 12 bencana, Matur 9 bencana, Baso 8 bencana, Malalak 5 bencana, Sungai Pua 4 bencana, Kamang Magek 3 bencana, Banuhampu 3 bencana, kecamatan Ampek Angkek  1  bencana  dan  terahir  kecamatan  Tilatang  Kamang  1  bencana. Mengingat daerah agam merupakan daerah yang memiliki curah hujan tinggi maka diperlukan kesiapan masyarakat untuk dapat siaga terhadap bencana Kegiatan program kemitraan masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk mengenalkan  kepada  masyarakat  mengenai  bencana  dan  zona  evakuasi  dalam kesiap siagaan berbasis kearifan lokal bagi generasi muda dengan menggunakan Metode Program SSB (Sekolah Siaga Bencana) di Kecamatan Matur Kebupaten Agam Sumatera Barat. Kegiatan pelaksanaan kegiatan program kemitraan masyarakat  dimulai dengan  melakukan tinjuan  lapangan dan pustaka ke lokasi kegiatan, pengenalan kegiatan berupa sosialisasi kepada masyarakat umur dibawah 12 tahun, serta perangkat desa. Pelaksanaan sosialisasi dilengkapi dengan pelatihan simulasi ketika terjadi bencana selama 2 hari, kemudian melakukan evaluasi dan monitoring mengenai pemahaman masyarakat terhadap bencana.
TINJAUAN IMPLIKASI STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL) PADA RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK SMK NEGERI DI KOTA PADANG Budi Setiawan; Oktaviani Oktaviani
CIVED Vol 5, No 4 (2018): CIVED 2018
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (153.856 KB) | DOI: 10.24036/cived.v5i4.102476

Abstract

Latar belakang penelitian adalah penyesuaian RPP dengan SKL kurang diperhatikan oleh guru mata pelajaran Gambar Teknik. Penelitian ini bertujuan mengetahui implikasi SKL pada RPP mata pelajaran Gambar Teknik dalam dimensi pengetahuan yang terdiri dari pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif di SMK N Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Informan penelitian adalah siswa kelas X TGB SMK N Kota Padang. Informan penelitian dipilih menggunakan metoda snowball sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis dokumen dan wawancara. Teknik analisis dengan menggunakan metoda reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian: 1) Dalam dimensi pengetahuan faktual, guru mata pelajaran pada masing-masing sekolah hanya menerapkan pengetahuan terminologi kepada siswa, yaitu memperkenalkan  peralatan gambar teknik. 2) Dalam dimensi pengetahuan konseptual, hanya guru mata pelajaran SMK N 1 SUMBAR yang sudah menjelaskan kepada siswa tentang konsep dan contoh-contoh kongkrit yang merangsang siswa untuk menyimpulkan materi pembelajaran. 3) Dalam dimensi pengetahuan prosedural, guru mata pelajaran  sudah menjelaskan langkah kerja, mencontohkan, dan menyuruh siswa untuk mencoba peralatan gambar teknik. 4) Dimensi pengetahuan metakognitif, masing-masing sekolah sudah menerapkan pengetahuan tugas kognitif dan pengetahuan diri.

Page 1 of 2 | Total Record : 16