cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Dekave : Jurnal Desain Komunikasi Visual
ISSN : -     EISSN : 23023228     DOI : -
Core Subject : Humanities, Art,
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 14, No 4 (2024)" : 10 Documents clear
Perancangan Desain Karakter “Pajacako” Dalam Film Animasi 2D Aziz Fauzi Rahmat; Hendra Rotama; Sumema Ema; Eko Purnomo; Maltha Kharisma
DEKAVE : Jurnal Desain Komunikasi Visual Vol 14, No 4 (2024)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/dekave.v14i4.131164

Abstract

Desain Karakter merupakan salah satu unsur utama dalam memproduksi film animasi, karena lewat desain karakter animasi mampu menjadi jembatan jalan cerita kepada penonton. Ide perancangan desain karakter yang bersumber dari unsur budaya menjadi salah satu karakteristik visual yang mesti terus dikembangkan agar dapat dijadikan sebagai ide penciptaan. Agar potensi unsur budaya tersebut dapat dimaksimalkan maka dirancang sebuah desain karakter yang idepenciptaannya bersumber dari unsur budaya di minangkabau untuk memperkaya desain karakter yang berasal dari indonesia. perancangan desain karakter ini menggunakan penyederhanaan bentuk deformasi yaitu menggambar objek yang hanya mewakilinya saja. Objek utama yang mengalami deformasi bentuk adalah pakaian adat Minangkabau, dalam perwujudan desain karakter tersebut pakaian adat minangkabau yaitu baju penghulu mengalami penyederhanaan dari bentuk hingga warna. Terdapat beberapa unsur visual lain yang dianggap mewakili budaya minangkabau dan mengalami perubahan bentuk deformasi. Tujuan dari perancangan ini adalah untuk memaksimalkan potensi unsur budaya agar dapat bersaing dengan desain karakter animasi dari luar negeri.Kata kunci: Deformasi, Desain Karakter, Animasi
Analisa Pengaruh Gelombang Korea Terhadap Keputusan Pembelian Yang Dimediasi Oleh Citra Merek, Desain Produk Dan Wom Hendi Thamrin; Joanna Gabriella
DEKAVE : Jurnal Desain Komunikasi Visual Vol 14, No 4 (2024)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/dekave.v14i4.129816

Abstract

Perkembangan industri kosmetik didunia, diikuti dengan pilihan produk dengan desainyang semakin beragam mempengaruhi keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuanuntuk memberikan bukti empiris dari hubungan pengaruh fenomena Korean Waveterhadap purchase Decision yang dimediasi oleh brand image, product design dan WOMterhadap keputusan pembelian. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalahkonsumen Scarlett di DKI Jakarta. Teknik yang digunakan adalah nonprobability sampling untuk mendapatkan responden seluruh konsumen Scarlett di Jakarta. Kuesioner yang diolah berasal dari responden yang merupakan konsumen Scarlett. Metode analisis data menggunakan Smart PLS. Penelitian ini akan memberikan buktiempiris ada pengaruh antara brand image, produk design dan juga keputusan pembelianKata kunci: Hallyu, Desain Produk, Citra Merek, Keputusan Pembelian, WOM
Perancangan Virtual Tour 360° Sebagai Promosi Desa Wisata Tlingsing Untuk Pelestarian Tenun Lurik Zaidan Ramadan Ilyas; Ichsan Tri Fandy Irawan; Rizky Vian Alfarriz; Abu Bakar Afan; Muhammad Taufik Nur Rahman; Ahmad Khoirul Anwar
DEKAVE : Jurnal Desain Komunikasi Visual Vol 14, No 4 (2024)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/dekave.v14i4.132118

Abstract

The advancement of technology and promotional media has a major influence in many fields, including tourism. This study aims to implement Virtual Tour as a promotional media for Tlingsing Tourism Village, with a primary focus on preserving the local cultural heritage of lurik weaving. This study uses qualitative methods, including interviews, observations, and documentation to collect related data. The results of this study indicate that the Virtual Tour displays the preservation of the local culture of lurik weaving in Tlingsing Village, which aims to facilitate access and increase a wider audience. This Virtual Tour shows the process of making weaving and the skills of the local community, thereby increasing awareness and appreciation of lurik weaving among young people. This study concludes that the use of modern technology in cultural promotional media not only preserves traditional arts, but also introduces the appeal of Lurik which has an impact on the village’s recognition by physically attracting tourists. Keywords: Local Cultural Heritage, Virtual Tour, Weaving, Tourism Village, Promotion
Analisis Teknik Komposisi Fotografi dalam Tren Graduation Photography Rahmalia Ramdlini; M Ghozali Moenawar; Suparman Suparman; Badar Muhammad; Nabhila Manisya; Salwa Putri Awalina
DEKAVE : Jurnal Desain Komunikasi Visual Vol 14, No 4 (2024)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/dekave.v14i4.131777

Abstract

Artikel ini membahas mengenai teknik komposisi fotografi dalam tren graduation photography dan peranan teori framing terhadap hasil akhir foto. Fotografi adalah bentuk seni visual yang banyak digunakan untuk mengabadikan momen penting dalam kehidupan seseorang, termasuk graduation photography. Tren ini semakin populer di kalangan mahasiswa Indonesia, termasuk IPB University. Fenomena ini terjadi karena peran media sosial seperti Instagram dan TikTok. Dikutip dari laporan Asosiasi Profesi Fotografi Indonesia (APFI) 2023 tercatat terdapat peningkatan 10% dalam penggunaan jasa graduation photography dengan mayoritas kliennya adalah generasi muda. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis teknik fotografi dalam graduation photography dengan fokus pada kemampuan fotografer dan tren terkini yang meningkatkan nilai visual bagi calon wisudawan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui wawancara, observasi, dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik komposisi fotografi seperti rule of thirds, leading lines, framing, serta pengaturan pencahayaan dan eksposur yang tepat mendukung kualitas visual dalam graduation photography. Tren saat ini seperti beauty shoot dan portrait photography menjadi pilihan favorit mahasiswa karena menonjolkan momen dan ekspresi calon wisudawan.
Analisis Formalistik Pada Poster Drama Korea Light Shop Serly Fira Kuspiani
DEKAVE : Jurnal Desain Komunikasi Visual Vol 14, No 4 (2024)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/dekave.v14i4.131936

Abstract

Di era saat ini, perkembangan teknologi dan informasi telah mengalami kemajuan yangsignifikan di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Perkembangan yang terjadipada masa kini tidak hanya terjadi di industri fashion, namun terjadi juga pada industrihiburan. Industri hiburan di Korea Selatan saat ini telah mengalami banyak kemajuanyang pesat. Meluasnya fenomena Korean Wave memberikan dampak semakindikenalnya budaya, fashion, destinasi wisata dan industri hiburan seperti drama Koreaataupun acara reality show Korea Selatan secara global. Drama Korea tidak hanyadikenal melalui cerita yang menarik, tetapi juga melalui strategi promosi melalui poster. Light Shop adalah sebuah kisah menarik yang diadaptasi dari webtoon populer berjudulShop of the Lamp karya Kang Pool. Rumusan masalah dan tujuan yang akan dibahasdalam penelitian ini adalah untuk melakukan analisis formalistik terhadap posterdrama Korea Light Shop. Penelitian ini menggunakan metode semiotika analisisformalistik. Melalui analisis formalistik, dapat dilihat bahwa poster ini memiliki mooddan tone yang misterius dan tegang, serta emosi yang menegangkan dan penasaran. Fokus utama pada poster ini adalah dua tokoh utama yang berada di tengah, yaitu JungWon Young dan Kwon Young Ji. Penggunaan warna, tekstur, dan prinsip desain yangtepat membuat poster ini memiliki kesatuan, keseimbangan, penekanan, kontras, danritme yang efektif.
Perancangan Buku Tutorialbeauty Shots Bagi Fotografer Pemula Muhammad Rokhish Ibad; Muhammad As’ad Kholili
DEKAVE : Jurnal Desain Komunikasi Visual Vol 14, No 4 (2024)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/dekave.v14i4.129880

Abstract

Fotografi komersial merupakan proses pemotretan dilakukan khusus guna untuk mengkomunikasikan informasi produk yang difoto dengan tujuan agar orang yang melihat produk tersebut melalui sebuah foto, Berdasarkan pengalaman di lapangan, sering dijumpai banyak para fotografer pemula yang belum mengetahui teknik yang benar dalam fotografi beauty shot yang mengakibatkan hasil fotonya kurang maksimal. Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana perancangan buku tutorial beauty shot bagi fotografer pemula? Dalam penyusunan laporan perancangan buku tutorial untuk pemula dalam fotografi beauty shots, digunakan metode deskriptif. Penelitian ini menghasilkan buku tutorial fotografi "beauty shots" yang komprehensif untuk pemula, menggunakan data primer dari wawancara dengan fotografer dan makeup artist profesional. Studi literatur dilakukan untuk mengumpulkan teori yang relevan, sedangkan instrumen penelitian meliputi kamera handphone untuk dokumentasi dan perangkat lunak seperti Microsoft Word, PowerPoint, CorelDraw, dan Photoshop untuk pengolahan data. Proses perancangan melibatkan pengumpulan, analisis data, dan penyusunan buku tutorial secara menyeluruh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ini efektif dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan fotografi beauty shots bagi fotografer pemula, memberikan panduan yang mudah dipahami dan praktis untuk digunakan dalam praktik fotografi sehari-hari. Buku ini diharapkan dapat menjadi sumber belajar yang inspiratif dan bermanfaat bagi mereka yang baru memulai karir di bidang fotografi, terutama dalam teknik beauty shots.
Penerapan Paper Engineering pada Company Profile The Juice Couture Annisa Septa Hutami; Anggi Anggarini; Ade Noor Riyadhi
DEKAVE : Jurnal Desain Komunikasi Visual Vol 14, No 4 (2024)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/dekave.v14i4.130860

Abstract

Pertumbuhan industri makanan dan minuman yang cukup pesat membuat para pelaku industri harus miliki strategi promosi yang unik, salah satunya melalui kolaborasi antar brand. Kolaborasi jenis ini dilandasi dari rasa percaya, sehingga sebuah brand harus memiliki media yang dapat meyakinkan calon mitranya, yaitu melalui company profile. Company profile merupakan representasi dari sebuah perusahaan, sehingga harus unik dan menarik, dimana hal ini bisa dilakukan dengan penerapan paper engineering pada company profile. Penerapan paper engineering juga dapat meciptakan interaksi antara media dengan target audiens, sehingga penyampaian onformasi dapat lebih optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan company profile book yang menerapkan paper engineering sebagai media promosi The Juice Couture. Metode penelitian yang digunakan berupa metode kualitatif dengan pendekatan desain melalui proses design thinking. Hasil perancangan company profile book ini menggunakan konsep mix-media dan modern dengan tipografi sans serif. Konsep ini dipilih karena cenderung simple sehingga informasi yang ada dapat tersampaikan dengan baik.
Analisis Poster “Once Upon A Time In Hollywood” Karya Quentin Tarantino Dengan Menggunakan Metode Wimba Muhammad Daffa
DEKAVE : Jurnal Desain Komunikasi Visual Vol 14, No 4 (2024)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/dekave.v14i4.131942

Abstract

Poster film Once Upon a Time in Hollywood karya Quentin Tarantino tidak hanya berfungsi sebagai alat promosi, tetapi juga sebagai representasi visual yang menggambarkan suasana hati, tema, dan narasi film. Dengan latar belakang era 1960-an, poster ini menggabungkan elemen sejarah dan fiksi, menciptakan nuansa nostalgia dan menarik perhatian generasi baru. Metode Wimba digunakan untuk menganalisis elemen visual seperti ukuran pengambilan, sudut, skala, dan penggambaran yang bekerja sama untuk menyampaikan pesan kompleks. Setiap elemen, termasuk ekspresi karakter utama, memberikan wawasan tentang konflik internal dan dinamika dunia hiburan yang digambarkan. Poster ini menciptakan komunikasi visual yang kuat melalui penggunaan warna, komposisi, dan simbolisme, yang memungkinkan penonton merasakan kedalaman cerita. Dengan demikian, poster ini tidak hanya menarik secara estetika tetapi juga sarat makna, merefleksikan gaya sinematik Tarantino dan menghadirkan kompleksitas dunia Hollywood yang glamor.
Perancangan Media Promosi Usaha Tanaman Hias “Ari Panglipur”, Jalan Pulau Obi, Banyuning, Singaraja, Buleleng Kadek Arya Dwipayana
DEKAVE : Jurnal Desain Komunikasi Visual Vol 14, No 4 (2024)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/dekave.v14i4.130086

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat identitas visual untuk usaha tanaman hias “Ari Panglipur”, dan memperluas jangkauan usaha. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, yakni dengan melakukan observasi langsung ke lokasi usaha, melakukan dokumentasi tempat usaha, melakukan wawancara dengan owner, dan menganalisis konteks visual terhadap tanaman hias. Hasil desain saya menekankan penggunaan warna hijau dan kuning, kemudian untuk Font, saya menggunakan tipe Font Script dan Sans Serif. Selanjutnya mahasiswa baru yang menjadikan usaha ini sebagai objek penelitian, agar merancang media yang belum bisa saya buat, misalnya kemasan.  
Perancangan UI/UX Umkm Pujasera Gedongan Sebagai Sarana Pelayanan Dan Promosi Afif Wahyu Farosa; Ikhsan Candra Febriano; Anton Arlansyah; Yosua Kevin Sena; Muh Randra Akbar
DEKAVE : Jurnal Desain Komunikasi Visual Vol 14, No 4 (2024)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/dekave.v14i4.132105

Abstract

UMKM memiliki peranan penting bagi perekonomian masyarakat dan menjadi salah satu pondasi utama dalam mengangkat seluruh ekonomi di Indonesia. Diantarnya terdapat umkm “Pujasera” yang mengelompokkan berbagai pengusaha mikro kecil dan mengumpulkannya di dalam satu atap. Akibat promosi yang dilakukan kurang meluas, Pujasera Gedongan memiliki permasalahan pada data penjualan yang kian tahun menurun berdasarkan data yang telah tercatat. Dengan mengikuti era yang serba digital, penelitian ini diwujudkan untuk memanfaatkan media UI/UX sebagai sarana utama promosi dan layanan. UI/UX menjadi media utama dikarenakan tingkat pemahaman dan efficiency yang tergolong sangat mudah. Hal ini juga merujuk pada pembuatan website UI/UX dan sekaligus logo baru sebagai brand identity. perancangan ini dilakukan dengan mengikuti metode perancangan yang dibagi menjadi ide, survey, brief, brainstorming, creative brief, desain, dan evaluasi. Hasil dari perancangan ini akan menghasilkan media User Interface dan User Experience yang berisi penjualan produk yang ditawarkan umkm Pujasera Gedongan dengan kelebihannya yang meningkat dari segi efficiency dan accessibility.

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2024 2024


Filter By Issues
All Issue Vol 15, No 3 (2025): inpress Vol 15, No 2 (2025): inpress Vol 15, No 1 (2025) Vol 14, No 4 (2024) Vol 14, No 3 (2024) Vol 14, No 2 (2024) Vol 14, No 1 (2024) Vol 13, No 4 (2023) Vol 13, No 3 (2023) Vol 13, No 2 (2023) Vol 13, No 1 (2023) Vol 12, No 4 (2022) Vol 12, No 3 (2022) Vol 12, No 2 (2022) Vol 12, No 1 (2022) Vol 11, No 4 (2021) Vol 11, No 3 (2021) Vol 11, No 2 (2021) Vol 11, No 1 (2021) Vol 10, No 4 (2020) Vol 10, No 3 (2020) Vol 10, No 2 (2020) Vol 10, No 1 (2020) Vol 9, No 2 (2019): Seri B Vol 9, No 2 (2019): Seri A Vol 9, No 1 (2019): Seri A Vol 9, No 1 (2019): Seri B Vol 9, No 1 (2019): Seri C Vol 8, No 4 (2019): Seri B Vol 8, No 4 (2019): Seri A Vol 8, No 3 (2019): Seri B Vol 8, No 3 (2019): Seri A Vol 8, No 2 (2018): Seri C Vol 8, No 2 (2018): Seri A Vol 8, No 2 (2018): Seri B Vol 8, No 1 (2018): Seri B Vol 8, No 1 (2018): Seri C Vol 8, No 1 (2018): Seri A Vol 7, No 3 (2018): Seri A Vol 7, No 2 (2018): Seri E Vol 7, No 2 (2018): Seri C Vol 7, No 2 (2018): Seri A Vol 7, No 2 (2018): Seri B Vol 7, No 2 (2018): Seri D Vol 6, No 1 (2017): Seri A Vol 5, No 2 (2017): Seri A Vol 5, No 2 (2017): Seri C Vol 5, No 2 (2017): Seri B Vol 5, No 1 (2016): Seri A Vol 4, No 3 (2016): Seri A Vol 4, No 2 (2016): Seri A Vol 4, No 1 (2015): Seri A Vol 3, No 3 (2015): Seri A Vol 3, No 2 (2015): Seri A Vol 3, No 1 (2014): Seri C Vol 3, No 1 (2014): Seri B Vol 3, No 1 (2014): Seri A Vol 2, No 3 (2014): Seri A Vol 2, No 2 (2014): Seri A Vol 2, No 1 (2013): Seri A Vol 2, No 1 (2013): Seri B Vol 1, No 3 (2013): Seri A Vol 1, No 2 (2013): Seri A Vol 1, No 1 (2012): Seri B Vol 1, No 1 (2012): Seri A More Issue