cover
Contact Name
Maya Puspita Dewi
Contact Email
maya.pd@stiami.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
muniraaa.ms@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta pusat,
Dki jakarta
INDONESIA
JURNAL REFORMASI ADMINISTRASI Jurnal Ilmiah untuk Mewujudkan Masyarakat Madani
ISSN : 2355309X     EISSN : 26228696     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Reformasi Administrasi adalah Jurnal Ilmiah Untuk Mewujudkan Masyarakat Madani untuk mempublikasikan Disiplin Administrasi meliputi peminatan Ilmu Administrasi Publik atau Negara dan Administrasi Perpajakan dalam skala lokal, nasional, dan regional. Kegiatannya adalah untuk mengelola berbagai potensi, hambatan, tantangan, dan masalah yang ada di masyarakat untuk mencari solusi. Pelaksanaan kegiatan penelitian diatur ke dalam suatu kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Setiap tahun, publikasi dilakukan dalam dua periode Maret dan September.
Arjuna Subject : -
Articles 19 Documents
Search results for , issue "Vol. 11 No. 2: September 2024" : 19 Documents clear
Implementasi Kebijakan Sistem Kalkukasi Simulasi Retribusi (Sikasir) Online Dalam Peningkatan Pelayanan Di Dpmptsp Kota Depok Meyandasari, Berlian; Mulyadi, Mohammad
Reformasi Administrasi Vol. 11 No. 2: September 2024
Publisher : Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31334/reformasi.v11i2.4187

Abstract

Retributions became a complex problem in 2023 after the Depok City Inspectorate carried out an inspection at the Depok City DPMPTSP and found that there were retribution receivables amounting to IDR 16,000,000,000.00 caused by many building permit applicants who did not continue with their building permits because they did not pay the retribution. Applicants for building permits do not pay their levy bills due to several factors, one of which is that the applicant does not know the amount of the levy before carrying out the permit so that when the levy bill appears and the amount is high, the applicant feels that someone is "playing". Information related to this levy was deemed not transparent, so DPMPTSP Depok City implemented SIKAR Online. In this research, researchers used Hamdi's policy implementation theory (2015) and qualitative methods with a descriptive approach, data collection techniques by interviewing relevant informants and documentation
Efektivitas Penerapan Sistem Informasi Manajemen Keuangan dan Aset (SIMKA) Dalam Perencanaan Kebutuhan Barang Milik Negara pada Direktorat Jenderal Perbendaharaan Batubara, Rivai Geraldin; As'ad, Muhammad
Reformasi Administrasi Vol. 11 No. 2: September 2024
Publisher : Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31334/reformasi.v11i2.3938

Abstract

Penyusunan rencana pemenuhan kebutuhan barang milik negara yang efektif pada Direktorat Jenderal Perbendaharaan merupakan suatu kebutuhan yang harus dijaga dengan baik untuk mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi organisasi. Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi efektivitas penerapan Sistem Informasi Manajemen Keuangan dan Aset (SIMKA) dalam penyusunan rencana pemenuhan kebutuhan barang milik negara pada Direktorat Jenderal Perbendaharaan. Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data melalui proses wawancara, studi kepustakaan dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan teknik analisis interaktif. Penelitian menggunakan model evaluasi efektivitas terhadap empat dimensi program yaitu Ketepatan Sasaran, Sosialisasi Program, Tujuan Program dan Pemantauan Program. Ketepatan sasaran didukung monitoring dan evaluasi pelaksanaan program serta pemanfaatan teknologi berhasil mendukung efektivitas penerapan SIMKA. Selanjutnya untuk sosialisasi beserta pengarahan dan evaluasi program sudah dilaksanakan secara berkala, baik dalam skala kecil maupun nasional. Sementara itu tujuan penerapan SIMKA sudah efektif, dan penerapan SIMKA yang sudah berjalan telah sesuai dengan tujuan yang ditetapkan. Terakhir bahwa pemantauan penerapan SIMKA sudah dilakukan secara efektif, mulai dari pembagian tanggung jawab sampai dengan evaluasi penerapan SIMKA secara keseluruhan telah dilaksanakan. Berdasarkan hasil dari keempat dimensi tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan SIMKA sudah efektif dalam perencanaan kebutuhan barang milik negara pada Direktorat Jenderal Perbendaharaan.
Pengaruh Pengetahuan, Sosialisasi Dan Lingkungan Sosial Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Pada Kantor Pelayanan Pajak Madya Dua Jakarta Utara Sulistiono, Eko; Wahyudin, Dian
Reformasi Administrasi Vol. 11 No. 2: September 2024
Publisher : Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31334/reformasi.v11i2.4194

Abstract

Kepatuhan wajib pajak adalah sikap patuh oleh wajib pajak kepada peraturan perpajakan untuk memenuhi kewajiban perpajakannya. Berdasarkan observasi awal tingkat kepatuhan wajib pajak orang pribadi di KPP Madya Dua Jakarta Utara mengalami fluktuatif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat pengaruh antara pengetahuan pajak, sosialisasi perpajakan dan lingkungan social terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi di KPP Madya Dua Jakarta Utara yang berjumlah 141 wajib pajak. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan sampling insidental dan penghitungan sampel menggunakan rumus Slovin dengan diperoleh sampel berjumlah 104 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi. Hasil riset menunjukan bahwa Pengetahuan wajib pajak termasuk dalam kategori sangat baik dan berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak sebesar 35,5% secara positif dan signifikan dengan derajat korelasi sedang. Sosialisasi perpajakan termasuk dalam kategori sedang dan berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak sebesar 47,3% secara positif dan signifikan dengan derajat korelasi kuat. Lingkungan sosial termasuk dalam kategori sedang dan berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak sebesar 61,1% secara positif dan signifikan dengan derajat korelasi kuat. Kepatuhan wajib pajak termasuk dalam kategori sedang. Secara bersama-sama terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pengetahuan wajib pajak, sosialisasi perpajakan dan lingkungan sosial terhadap kepatuhan wajib pajak dengan kontribusi sebesar 66,8% dengan derajat korelasi sangat kuat.
Evaluasi Pemungutan Pajak Parkir Dalam Meningkatkan Penerimaan Pajak Daerah Di Kota Bekasi (Studi Pada Badan Pendapatan Daerah Kota Bekasi Tahun Anggaran 2019-2023) Putri, Irma Nurmala; Wahyudin, Dian
Reformasi Administrasi Vol. 11 No. 2: September 2024
Publisher : Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31334/reformasi.v11i2.4183

Abstract

Parking tax is one type of regional tax levied on parking business owners outside public roads, including car and motorcycle parking lots. This study aims to evaluate parking tax coltection in increasing regional tax revenue in Bekasi City. This study uses the policy evaluation theory of Alilliam Dunn with six evaluation consists of effectiveness, efficiency, adequacy, equity, responsiveness, and accuracy. This study also uses a descriptive qualitative method with data collection techniques in the form of data triangulation.The results of this study indicate that parking tax collection in Bekasi City for the Fiscal Years 2A19-2023 has not been well and optimally implemented in increasing regional tax revenue, specifically in the indicators of effectiveness, efficiency, adequacy, and accuracy. However, in the indicator of responsiveness, it has been well executed. The obstacles related to parking tax collection include: irregular periodic updating of the parking tax database (tax potential) in Bekasi City; unoptimized socialization of parking tax imposition according to applicable regulations; limitation on human resources of the Bekasi City Bapenda (Regional Revenue Agency); the absence of an integrated online system application among related regional organizations; certain parties who apparently control parking business areas; limited availability of parking tapping boxes; and unoptimized supervision, examination, and collection by the tax authorities on parking taxpayers. lmprovements that can be made include: improving the database of parking tax potential in Bekasi City; socializing parking tax imposition according to applicable regulations; enhancing the competence of the Bekasi City Bapenda human resources; developing an integrated online system application among related regional organization; conducting supervision and enforcement of Regional Regulations against certain parties who seem to control parking business areas; increasing the number of tapping boxes and other systems of information technology; optimizing supervision, examination, and collection efforts by the tax authorities on parking taxpayers
Pengaruh Kepuasan, Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Sekretariat Auditorat Keuangannegara Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Huda, Nurul; Komalawati, Euis
Reformasi Administrasi Vol. 11 No. 2: September 2024
Publisher : Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31334/reformasi.v11i2.4188

Abstract

This research is motivated by the decline in employee performance which is influenced by several factors that will be tested in this research. This research aims to analyze the influence of job satisfaction, motivation and work discipline on employee performance at the Secretariat of the State Financial Auditor of the Republic of Indonesia Financial Audit Agency. This research uses a quantitative method with a survey approach, where data is collected through questionnaires distributed to 227 employees within the Secretariat of the State Financial Auditor. The data analysis technique used is multiple linear regression to determine the influence of each independent variable on the dependent variable. The results of the research show that the variables job satisfaction (X1), motivation (X2), and work discipline (X3) are able to explain the employee performance variable (Y) by 94.1% while the remaining 5.9% is explained by other variables not included in the model. Job satisfaction has a strong positive influence, showing that employees who are satisfied with their work tend to have better performance. Motivation also has a significant effect, where motivated employees have high work enthusiasm and productivity. Work discipline was found to be an important factor that supports optimal performance, with employees who have high discipline tending to be more efficient and effective in carrying out their duties. The implications of this research indicate that to improve employee performance, management needs to focus on increasing job satisfaction, providing the right motivation, and enforcing consistent work discipline. The recommendation for the Supreme Audit Agency is to implement programs that can increase job satisfaction, such as rewards and recognition, as well as providing training and development that can increase employee motivation and work discipline.
Analisis Implementasi Kebijakan Program Perbaikan Rumah Tidak Layak Huni Di Kota Depok Indriani, Elisabeth; Rahadian, Ahmad Hidayat
Reformasi Administrasi Vol. 11 No. 2: September 2024
Publisher : Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31334/reformasi.v11i2.3933

Abstract

Penelitian ini tentang Analisis Implementasi Kebijakan Program Perbaikan Rumah Tidak Layak Huni di Kota Depok dalam rangka mempercepat pelayanan bansos RTLH di Kota Depok dengan menggunakan model implementasi kebijakan publik dari George C. Edward III. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dengan metode penelitian kualitatif melalui survei lapangan, wawancara mendalam dan studi kepustakaan. Informan dalam penelitian ini berjumlah 7 orang dengan menggunakan teknik sampling purposive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan program perbaikan rumah tidak layak huni di Kota Depok terhadap model implementasi kebijakan Edward III belum seutuhnya dipenuhi dan diterapkan dengan baik yaitu variabel komunikasi, sumber daya dan struktur birokrasi. Saran yang dapat diberikan mengenai proses implementasi Program Perbaikan Rumah Tidak Layak Huni di Kota Depok adalah dengan memperbaiki beberapa kekurangan terkait dengan variabel komunikasi, sumber daya dan struktur birokrasi. Selain itu, Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Depok perlu segera menyusun Standard Operating Procedures (SOP) dan mengganggarkan pagu dinas untuk pembuatan aplikasi eRTLH pada pelaksanaan program perbaikan rumah tidak layak huni agar mempercepat pelayanan bantuan sosial rehabilitasi RTLH di Kota Depok.
Pengaruh Digitalisasi Dan Inovasi Pelayanan Website Jakevo Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Keluarahan Cempaka Putih Barat Kota Jakarta Pusat Wahyuningsih, Wahyuningsih; Prabhata, Indra
Reformasi Administrasi Vol. 11 No. 2: September 2024
Publisher : Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31334/reformasi.v11i2.4195

Abstract

This study was motivated by the phenomenon of decreased in community satisfaction in West Cempaka Putih Sub- District the use of Jakevo's website reveals a fact on the ground, among others, that people are struggling to adjust to digital services that are expected to be quick and easy, while cooperation between various parties and previous digital experiences are the key to the success of this innovation. The population in this study was the people of Cempaka Putih Barat Subdistrict, totaling 37,476 people and the research sample was 100 respondents, the sampling technique used Purposive Sampling technique. Data analysis technique used is multiple linear regression analysis with SPSS for Windows Ver.26. The results of this study indicate that: (1) digitalization has a positive and significant effect of 73.3% on the variation of community satisfaction with a significance value of 0.000 (2) service innovation has a positive and significant effect of 67.3% on the variation of community satisfaction with a significance value of 0.000 (3) digitalization and service innovation has a positive and significant effect of 76.5% on the variation of community satisfaction with a significance value of 0.000
Analisis Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor Dengan System Interconnection Multiverse Di Uptd Dinas Perhubungan Kota Depok Gunawan, Hindra; Purwoko, Dwi
Reformasi Administrasi Vol. 11 No. 2: September 2024
Publisher : Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31334/reformasi.v11i2.4184

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk menganalisa dan mengevaluasi bagaimana analisis pelayanan pengujian kendaraan bermotor dengan system interconnection multiverse di UPTD Dinas Perhubungan Kota Depok serta hambatan dan upaya dalam mengatasi hambatan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan yaitu Wawancara, Observasi dan Studi Pustaka dengan 6 orang Informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Analis pelayanan pengujian kendaraan bermotor dengan system interconnection multiverse di UPTD Dinas Perhubungan Kota Depok terlaksana dengan baik. Kendala kendala yang ditemukan adalah adalah kekurangan dari sumber daya manusia itu sendiri, kebijakan dari pemerintah setempat turut andil didalamya, kurangnya kesadaran dari sumber daya manusia yang kompeten, rendahnya kesadaran dalam melakukan pengujian, dan kurangnya sarana dan prasarana. Solusi dari kendala-kendala ini adalah dari kendala ini adalah dengan penambahan sumber daya manusia baru, kemudian diberikan pelatihan agar dapat memaksimalkan kemampuannya dalam bekerja, selain itu adalah memberikan fasilitas kerja serta pengawasan dan evaluasi terhadap hasil kerja yang telah dilakukan.
Pengaruh Koordinasi, Etika Kerja, dan Kedisiplinan Terhadap Kinerja Pegawai di Bagian Produk Hukum dan Persidangan Sekretariat DPRD Provinsi DKI Jakarta Yulianti, Yulianti; Komalawati, Euis
Reformasi Administrasi Vol. 11 No. 2: September 2024
Publisher : Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31334/reformasi.v11i2.4189

Abstract

This research is based on this background. The performance of employees in the legal products and conference section of the DKI Jakarta Provincial DPRD Secretariat is a crucial factor in ensuring an effective legislative and supervisory process. However, challenges such as lack of coordination, low work ethics, and inconsistent discipline often hinder the achievement of optimal performance. This research aims to identify the extent to which coordination, work ethics and discipline influence employee performance in this environment. This research uses a quantitative approach with survey methods. Data was collected through a questionnaire distributed to employees in the legal products and welfare section of the DKI Jakarta Provincial DPRD Secretariat. Data analysis was carried out using descriptive and inferential statistical techniques, including multiple linear regression, to examine the relationship between the variables of coordination, work ethics and discipline on employee performance. The research results show that coordination, work ethics and discipline have a significant influence on employee performance by 78.1%. Employees who have good coordination are able to complete tasks more effectively and efficiently. Discipline has a strong influence on performance, maintaining consistency and limiting employee time in carrying out tasks. This research concludes that to improve employee performance, improvements are needed in terms of coordination, work ethics and employee discipline. Efforts are needed to improve coordination, work ethics and employee discipline. Recommendations that can be given based on the results of this research are the importance of implementing training programs and development that focuses on improving coordination, work ethics and employee discipline to achieve better performance.
Analisis Implementasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah Pada Badan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah Kota Bekasi Mariana, Lenny; Pandoyo, Pandoyo
Reformasi Administrasi Vol. 11 No. 2: September 2024
Publisher : Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31334/reformasi.v11i2.4136

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) pada Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kota Bekasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan para informan kunci yang terkait dengan penerapan aplikasi SIPD, serta melalui analisis dokumen dan observasi langsung. Analisis penelitian ini menggunakan teori Edward III yang menentukan keberhasilan suatu implementasi dengan mempertimbangkan factor komunikasi (communication), sumber daya (resources), sikap (disposition), struktur birokrasi (bureaucratic structure). Pengembangan SIPD merupakan perwujudan dari amanat Pemerintah Pusat yang bertujuan untuk menyelaraskan dan mengintegrasikan data dari berbagai instansi pemerintah untuk digunakan secara efektif dalam penyusunan kebijakan, perencanaan, penganggaran, pelaksanaan program, dan evaluasi kinerja pemerintah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan SIPD di BPKAD Kota Bekasi masih memliki beberapa hambatan yang perlu diatasi. Hal ini terlihat dari masih banyaknya hambatan dalam penerapan SIPD yang faktor komunikasi, sumber daya, sikap, struktur birokrasi. Hambatan tersebut meliputi keterbatasan sumber daya manusia yang terampil karena Kurangnya pendidikan dan pelatihan yang dilakukan oleh pengembang aplikasi serta masalah teknis dalam seperti aplikasi yang sulit untuk di akses karena permasalahan jaringan, infrastruktur, serta fitur menu pada aplikasi yang belum lengkap juga menjadi salah satu kendala. Temuan dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan kebijakan dan praktik terbaik dalam penerapan Sistem informasi di pemerintahan daerah.

Page 1 of 2 | Total Record : 19