cover
Contact Name
Ignatius Erik Sapta Yanuar
Contact Email
ignatiusyanuar10@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
ignatiusyanuar10@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Administrasi dan Manajemen
ISSN : 16936876     EISSN : 26231719     DOI : -
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal Administrasi dan Manajemen (JAM) dengan e-ISSN : 2623-1719 dan p-ISSN : 1693-6876 Published by Universitas Respati Indonesia, Jakarta, Administrasi dan Manajemen is published twice every year, in June and December.
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 2 (2021): Jurnal Administrasi dan Manajemen" : 12 Documents clear
Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Karakteristik Individu Terhadap Kinerja Karyawan SMK Kartini Maulana Sidiq Rahayu; Rushadiyati Rushadiyati
JURNAL ADMINISTRASI & MANAJEMEN Vol 11, No 2 (2021): Jurnal Administrasi dan Manajemen
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52643/jam.v11i2.1880

Abstract

ABSTRAK SMK Kartini merupakan sekolah menengah kejuruan pariwisata swasta yang dahulunya adalah sekolah dasar berbahasa pengantar Belanda khusus diperuntukkan bagi gadis remaja. Berbeda dengan SD biasa, di Sekolah Kartini diberikan pelajaran tambahan memasak dan menjahit. Terletak di Jl. Kartini, Pasar Baru, Jakarta Pusat, berawal dari “dana Kartini” yang digalakkan beberapa tokoh Belanda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Lingkungan kerja (X1) dan Karakteristik Individu (X2) mempengaruhi tingkat kinerja karyawan (Y). Jenis penelitian ini adalah studi kasus. Penelitian ini dilakukan di SMK Kartini, Jl. Kartini Raya no. 26, Sawah Besar, Jakarta Pusat. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan responden sebanyak 50 karyawan. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah lingkungan kerja dan karakteristik individu, variabel independen dalam penelitian ini  adalah kinerja karyawan. Pada penelitian ini instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner dan analisis data yang digunakan adalah SEM dengan menggunakan aplikasi SmartPLS 3.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) tidak terdapat pengaruh signifikan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan namun memiliki pengaruh positif, 2) terdapat pengaruh signifikan antara karakteristik individu terhadap kinerja karyawan, 3) terdapat pengaruh signifikan antara lingkungan kerja terhadap karakteristik individu. Kata Kunci : Lingkungan Kerja, Karakteristik Individu, Kinerja Karyawan
Pengaruh Service Convenience Dan Service Quality Terhadap Customer Satisfaction Pada Vendor A Kristoforus Yosef Donnyanggoro; Laurentia Verina Halim Secapramana
JURNAL ADMINISTRASI & MANAJEMEN Vol 11, No 2 (2021): Jurnal Administrasi dan Manajemen
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52643/jam.v11i2.1675

Abstract

This study aims to find out customer satisfaction through service quality provided by vendor A. Vendor A is a premium brand that provides photography, video graphy services engaged in the prewedding, engagement, and wedding. The variables used to measure customer satisfaction are service convenience indicators and service quality indicators. Data was collected by distributing questionnaires to 590 respondents who had used this brand documentation services in 2013-2021. Respondents have an age range of 18-40 years, with various occupational backgrounds. The sampling technique is through non-probability sampling with purposive sampling method. The results that have been obtained will be analyzed using SEM (Structed Equation Modeling) with the help of SPSS AMOS 24 software. In this study, we tested the indicators owned by service convenience (decision, access, transaction, benefit, post benefit) and service quality (tangibels, reliability, responsiveness, assurance, empathy) to customer satisfaction. The results of this study indicate that decisions have an influence on customer satisfaction, access has no effect on customer satisfaction, transactions have an influence on customer satisfaction, benefits have no effect on customer satisfaction, post benefits have an influence on customer satisfaction, tangibels have an influence on customer satisfaction, reliability does not have an effect on customer satisfaction, responsiveness has no effect on customer satisfaction, assurance has an influence on customer satisfaction, empathy has an influence on customer satisfaction. So it can be concluded that there are 6 indicators that are accepted and 4 indicators that are rejected.
Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Pasifik Satelit Nusantara Jakarta Eros Rosmiati; Maya Sova; Rahardian Hendra Prayoga
JURNAL ADMINISTRASI & MANAJEMEN Vol 11, No 2 (2021): Jurnal Administrasi dan Manajemen
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52643/jam.v11i2.1867

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk membahas tentang pengaruh kepuasan terhadap kinerja karyawan pada PT. Pasifik Satelit Nusantara Jakarta.Metode analisis data yang digunakan adalah Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, dan Uji Hipotesis dengan uji t, uji f dan determinasi (r 2). Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 80 karyawan PT. Pasifik Satelit Nusantara Jakarta.Berdasarkan hasil penelitian yang dapat dijelaskan tentang kepuasan kerja dengan Fhitung (182,731) > Ftabel 3,960 dengan taraf signifikansi di bawah 0,05, untuk kepuasan kerja diperoleh nilai sig 0,182<1,99, jadi kepuasan kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan.Kata kunci : kepuasan kerja, kinerja, karyawan
Analisis Pengaruh Dukungan Selebriti, Desain Kemasan, Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian di Kepulauan Riau Sinambela, Fitriana Aidnilla; Sentoso, Antony
JURNAL ADMINISTRASI & MANAJEMEN Vol 11, No 2 (2021): Jurnal Administrasi dan Manajemen
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52643/jam.v11i2.1760

Abstract

Pada penelitian ini penulis ingin mengetahui bagaimana pengaruh variabel dukungan selebriti, desain kemasan, media sosial terhadap keputusan pembelian di Kepuluan Riau. Penelitian dilakukan dengan menerapkan metode survey membagikan kuesioner kepada 410 orang (responden). Setelah kuesioner terkumpul data yang dapat dipakai sebanyak 410, hasil outlier sebanyak 2 sehingga data yang dapat dipakai untuk mengolah data sebanyak 408 responden. Kemudian data yang akan dijadikan sampel adalah mahasiwa/i universitas swasta di kepulauan Riau. Penulis menggunakan teknik Non probability sampling dimana pemilihan responden tidak mempunyai unsur yang sama sehingga terpilih menjadi responden sedangkan metode yang dipakai adalah purposive sampling. Hasil responden yang dikumpulkan akan dilakukan pengujian data yaitu memakai perangkat lunak SPSS. Hasil SPSS akan membantu menyimpulkan adanya hubungan yang signifikan dari beberapa variabel yang diteliti. Hasil penelitian secara simultan dan parsial menyimpulkan bahwa dukungan selebriti, desain kemasan, media sosial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Kepulauan Riau
Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Reward Terhadap Motivasi Kerja Dan Kepuasan Kerja Karyawan (Studi Kasus Pada Karyawan PT. Kaliaren Jaya Plywood) Nurhalifah, Eva; Haryana, Arif; Nurminingsih, Nurminingsih
JURNAL ADMINISTRASI & MANAJEMEN Vol 11, No 2 (2021): Jurnal Administrasi dan Manajemen
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52643/jam.v11i2.1778

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja PT. Kaliaren jaya Plywood masih rendah, hal ini ditujukkan dengan adanya keluar masuk karyawan setiap bulannya, dimana hal tersebut dapat disebabkan oleh berbagai fakktor diantaranya lingkungan kerja dan reward. Hipotesis yang diajukan yaitu slingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap motivasi kerja, reward berpengaruh siginifikan terhadap motivasi kerja, lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja, reward berpengaruh siginifikan terhadap kepuasan kerja dan motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Dalam penelitian ini responden berjumlah 100 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Metode yang dapat digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis Structural Equation Modeling (SEM) yang berbasis varians yaitu Partial Least Square (PLS). Dari hasil uji hipotesis menunjukan bahwa lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap motivasi kerja,, reward berpengaruh signifikan terhadap motivasi kerja, lingkungan kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja, reward tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja, dan motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerjaKata Kunci : Lingkungan Kerja, Reward, Motivasi Kerja, dan Kepuasan Kerja 
Kajian Bisnis Plan PT CAP Tentang Hunian Rumah Di Kelurahan Semanan Jakarta Barat Tahun 2020-2024 Hermawan, Dede; Rosa, Tina; Suratmi, Tri
JURNAL ADMINISTRASI & MANAJEMEN Vol 11, No 2 (2021): Jurnal Administrasi dan Manajemen
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52643/jam.v11i2.1888

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian operasional (OR) prediktif studi, dimaksudkan untuk membuat perhitungan tentang kelayakan rencana bisnis dengan mempertimbangkan berbagai faktor. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif, untuk mengkaji rencana bisnis yang dibuat oleh PT CAP dalam melakukan ekspansi bisnis di bidang propresi di wilayah Jakarta Barat.Dari hasil penelitian yang telah penulis lakukan, didapatkan payback period didapatkan alternatif normal normal 36 bulan, alternatif optimis 24 bulan. Hasil ini jauh lebih kecil dari ketentuan manajemen 4 tahun, sehingga proyek ini layak untuk diterima. Analisis Net Present Value, dari hasil perhitungan NPV cash flow masih jauh lebih besar dari NPV cash outflow, artinya dari penilaian NPV proyek ini dinilai sangat layak untuk dilaksanakan. Internal Rate of Return (IRR) proyek ini layak karena jika mencari IRR, alternatif normal dan optimis lebih besar daripada biaya modal rata-rata tertimbang (WACC). Berdasarkan hasil analisis dan perhitungan yang telah dilakukan penulis sehubungan dengan proyek kawasan perumahan Citra Garden Puri Semanan di Semanan, Jakarta Barat, secara umum investasi tersebut dinilai layak dan menguntungkan tidak hanya bagi pengembang tetapi juga bagi konsumen yang membeli rumah di proyek tersebut. . Memperhatikan apa yang telah dianalisis dan dibahas, maka saran penulis adalah mengecek kembali arus kas dengan mempertimbangkan mencari alternatif pendanaan dengan pinjaman yang meningkat sehingga biaya modalnya kecil. Kata Kunci : Payback Period, NPV, IRR
Pengaruh Kepemimpinan, Budaya Organisasi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Dalam Mengembangkan Bisnis Periklanan Pada PT Bangun Selaras Hidayat, Cipta Nur; Nurminingsih, Nurminingsih; Tamba, Mariati
JURNAL ADMINISTRASI & MANAJEMEN Vol 11, No 2 (2021): Jurnal Administrasi dan Manajemen
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52643/jam.v11i2.981

Abstract

PT Bangun Selaras adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang advertising atau reklame, jasa konstruksi, elektrikal atau mekanikal dan interior contractor. PT Bangun Selaras memanjakan pelanggan dan memberikan layanan advertising satu atap yang terbaik dari ide, perencanaan gambar, produksi, instalasi sampai pajak reklame. Tujuan peneltian ini adalah untuk mengetahui kepemimpinan, budaya organisasi dan motivasi terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data diperoleh melalui kuesioner dengan skala likert yang disebarkan kepada responden pada  karyawan PT Bangun Selaras sebanyak 100 orang. Penentuan sample responden dilakukan secara total sampling. Analisis data menggunakan Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) dengan program SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan memiliki pengaruh dan signifikan terhadap Kinerja karyawan dengan p value 0,005, budaya organsiasi memiliki pengaruh dan signifkan terhadap kinerja karyawan dengan p value 0,000, motivasi memiliki pengaruh dan signifikan terhadap kinerja karyawan dengan p value 0,010. Saran untuk pimpinan perusahaan perlu mempertahanakan dan meningkatkan kinerja karyawan dengan memikirkan strategi dan identifikasi proses bisnis dalam kondisi covid-19, bergerak cepat dalam mengambil peluang pasar yang memberikan keuntungan bagi perusahaan dan dorongan internal dan eksternal agar kemampuan karyawan dapat memberikan kemampuan yang lebih baik
Pengaruh Penerapan Physical Distancing Dan Strategi Pemasaran Terhadap Keberlanjutan Usaha Pedagang Pada Saat Pandemi COVID-19 Di Lokasi Binaan Munjul Jakarta Timur Sihombing, Nurlela Runiati; Nurminingsih, Nurminingsih; Bakrie, Bachtar
JURNAL ADMINISTRASI & MANAJEMEN Vol 11, No 2 (2021): Jurnal Administrasi dan Manajemen
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52643/jam.v11i2.1889

Abstract

Lokasi Binaan Munjul ditetapkan melalui Keputusan Kepala Suku Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah serta Perdagangan Kota Administrasi Jakarta Timur Nomor 10/2017 tentang Penetapan Lokasi Binaan Usaha Mikro/Pedagang Kaki Lima di Kota Administrasi Jakarta Timur tanggal 27 Oktober 2017. Penelitian ini mengkaji permasalahan faktor keberlanjutan usaha pedagang pada saat pandemi covid-19 di Lokasi Binaan Munjul. Tujuan penelitian  ini ingin mengetahui pengaruh penerapan Physical Distancing dan Strategi Pemasaran terhadap Keberlanjutan Usaha Pedagang pada saat Pandemi Covid-19 di Lokasi Binaan Munjul Jakarta Timur. Pendekatan penelitian ini termasuk paradigma penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode pengambilan sampel menggunakan kuesioner sebagai instrumen utama untuk mengumpulkan data. Populasi penelitian ini adalah pedagang di Lokasi Binaan Munjul yang tetap berjualan pada saat pandemi covid-19 dan teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh (total sampling) yang diambil sebanyak 122 orang sebagai sampel penelitian dan menggunakan Analisis data SEM PLS-3. Hasil perhitungan untuk uji hipotesis path Coefficients dapat disimpulkan bahwa Physical Distancing berpengaruh positif signifikan terhadap Strategi Pemasaran, Physical Distancing berpengaruh positif signifikan terhadap Keberlanjutan Usaha, Strategi Pemasaran berpengaruh positif signifikan terhadap Keberlanjutan Usaha, Physical Distancing dan Strategi Pemasaran berpengaruh tidak langsung terhadap Keberlanjutan Usaha. Kesimpulannya Keberlanjutan Usaha dipengaruhi oleh penerapan Physical Distancing dan Strategi Pemasaran. Kata Kunci : Physical Distancing, Strategi Pemasaran dan Keberlanjutan Usaha
Manfaat Pijat Refleksi Untuk Mengurangi Depresi Pada Lansia Afdoluddin, Djadjang; Handayani, Dwi Ratna Sari; Waluyo, Iman
JURNAL ADMINISTRASI & MANAJEMEN Vol 11, No 2 (2021): Jurnal Administrasi dan Manajemen
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52643/jam.v11i2.1892

Abstract

Pertumbuhan pada populasi lansia telah menyebabkan peningkatan penyakit terkait dengan usia, terutama depresi yang mempengaruhi kualitas hidup. Seiring bertambahnya usia pada lansia, depresi juga akan meningkat. Depresi adalah gangguan mental yang umum, ditandai oleh kesedihan, kehilangan minat atau kesenangan, perasaan bersalah atau rendah diri, gangguan tidur atau nafsu makan, perasaan lelah dan konsentrasi yang buruk. WHO memperkirakan bahwa tingkat prevalensi keseluruhan gangguan depresi di kalangan lansia umumnya bervariasi antara 10 dan 20%, tergantung pada budaya (WHO,2011)Pijat refleksi adalah metode medis komplementer dan alternatif dan merupakan aplikasi manipulasi berbasis tubuh yang sering digunakan (Wang, 2008). Pijat refleksi adalah metode terapi yang bertujuan untuk merangsang organ target dengan pesan elektrokimia  yang disampaikan ke organ melalui neuron yang distimulasi melalui titik refleks di tangan dan kaki (Ernst, Lee, 2010). Penelitian yang dilakukan oleh Aydin, Aslan, Yalcin, 2016, pada wanita dengan OAB (Overactive Bladder Symptom) yang memiliki gejala depresi, ditemukan bahwa gejala depresi ringan dan tingkat sedang ditemukan menurun secara berarti setelah dilakukannya pijat refleksi, dan gejala depresi berat ditemukan tidak ada setelah dilakukannya pijat refleksi.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pijat refleksi pada kaki terhadap depresi pada lansia di Desa Puraseda, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.Penelitian ini menggunakan design quasi experimental design dengan rancangan pre dan post pada kelompok lansia ≥ 60 tahun. Pada penelitian ini lansia dilakukan wawancara dan observasi dengan GDS terlebih dahulu sebelum mendapat perlakuan. Langkah berikutnya adalah diberikan perlakuan pijat refleksi pada kaki. Setelah selesai intervensi kemudian dilakukan wawancara dan observasi dengan GDS yang kedua. Hasil rata-rata selisih GDS sebelum dan sesudah intervensi dibandingkan untuk melihat sejauh mana pengaruh pijat refleksi pada kaki terhadap depresi setelah dilakukannya pijat refleksi pada kaki.Kata Kunci : Refleksi, Depresi, Lansia
Pembangunan Desa Melalui Badan Usaha Milik Desa Studi Manajemen Pengelolaan BUMDes Sukamanah Megamendung, Bogor Kurniadi, Agus; Rao, Don Gusti; Subantoro, Subantoro
JURNAL ADMINISTRASI & MANAJEMEN Vol 11, No 2 (2021): Jurnal Administrasi dan Manajemen
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52643/jam.v11i2.1063

Abstract

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembangunan Desa melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), dengan mengambil sampel di BUMDes Sukamanah Bogor, Metode: menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengambilan data yakni observasi mewawancari langsung narasumber, Analisis data: teknik analisis data dengan mereduksi data hasil penelitian dan memverifikasinya secara releva, Hasil dan diskusi: Hasil penelitian menunjukan bahwa perencanaan jenis usaha, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan BUMDes Sukamanah telah berjalan dengan baik. Keberhasilan tersebut berkaitan dengan kemampuan manajerial dan sumber daya alam. Kesimpulan: Manajer BUMDes mampu mengidentifikasi kebutuhan masyarakat dan potensi ekonomi di desa, adapun saran yang diajukan yaitu perlunya peningkatan pelatihan dan pembinaan dari Kementerian Desa dan Kementerian atau Dinas UMKM. Kementerian Desa memberikan pelatihan mulai dari bagaimana melakukan survei tentang identifikasi potensi desa sampai dengan membuat laporan keuangan. Sedangkan Kementerian atau Dinas UMKM memberikan pembinaan kepada UMKM yang ada di desa.

Page 1 of 2 | Total Record : 12


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol 15, No 3 (2025): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 15, No 2 (2025): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 15, No 1 (2025): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 14, No 4 (2024): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 14, No 3 (2024): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 14, No 2 (2024): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 14, No 1 (2024): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 13, No 4 (2023): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 13, No 3 (2023): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 13, No 2 (2023): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 13, No 1 (2023): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 12, No 4 (2022): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 12, No 3 (2022): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 12, No 2 (2022): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 12, No 1 (2022): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 11, No 2 (2021): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 11, No 1 (2021): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 10, No 2 (2020): Jurnal Administrasi Dan Manajemen Vol 10, No 1 (2020): Jurnal Administrasi Dan Manajemen Vol 9, No 2 (2019): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 9, No 1 (2019): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 8, No 2 (2018): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 8, No 1 (2018): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 7, No 2 (2017): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 7, No 1 (2017): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 6, No 2 (2016): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 6, No 1 (2016): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 5, No 1 (2015): Jurnal Administrasi dan Manajemen More Issue