Jurnal Administrasi dan Manajemen
Jurnal Administrasi dan Manajemen (JAM) dengan e-ISSN : 2623-1719 dan p-ISSN : 1693-6876 Published by Universitas Respati Indonesia, Jakarta, Administrasi dan Manajemen is published twice every year, in June and December.
Articles
10 Documents
Search results for
, issue
"Vol 12, No 1 (2022): Jurnal Administrasi dan Manajemen"
:
10 Documents
clear
Analisis Penyebab Penurunan Jumlah Kepesertaan Tenaga Kerja Formal Di BPJAMSOSTEK Denpasar Selama Masa COVID-19
Sholihah, Mardliyatus;
Subawa, Nyoman Sri
JURNAL ADMINISTRASI & MANAJEMEN Vol 12, No 1 (2022): Jurnal Administrasi dan Manajemen
Publisher : Universitas Respati Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.52643/jam.v12i1.2090
Pandemi covid-19 menyebabkan menurunnya jumlah kepesertaan tenaga kerja formal di BPJamsostek cabang Denpasar. Penelitian ini bertujuan mengungkapkan penyebab terjadinya penurunan jumlah kepesertaan BPJamsostek pada tenaga kerja formal di Cabang Denpasar selama masa Covid–19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor penyebab penurunan jumlah kepesertaan tenaga kerja formal di BPJamsostek kantor cabang Denpasar selama masa covid-19 adalah disebabkan karena: a) faktor manusia yaitu kurangnya pengetahuan perusahaan dan pekerja formal, b) faktor mesin yaitu tidak diketahuinya aplikasi BPJamsostek, c) faktor metode yaitu sosialisasi yang dilakukan masih kurang, d) faktor material yaitu perusahaan dan tenaga kerja formal tidak mengetahui program dan manfaat ikut kepesertaan BPJamsostek, e) faktor uang yaitu adanya covid-19 yang membebani perusahaan dan tenaga kerja yang telah diputus kontrak kerjanya untuk membayar biaya kepesertaan, f) faktor pemasaran yaitu kurangnya sosialisasi yang dilakukan oleh BPJamsostek cabang Denpasar. Pemerintah dan BPJamsostek Denpasar perlu bersinergi untuk menemukan strategi dalam mengatasi penurunan jumlah kepesertaan tenaga kerja formal selama masa pandemic covid-19
Efektivitas Kuliah Online di Era Pandemi Covid-19: Studi Kasus Pada Mahasiswa S1 Urindo
Agustin, Dinni;
Nurminingsih, Nurminingsih;
Tafrizi, Tafrizi;
Suswaji, Suswaji;
Supriyani, Mei;
Badrunsyah, Badrunsyah
JURNAL ADMINISTRASI & MANAJEMEN Vol 12, No 1 (2022): Jurnal Administrasi dan Manajemen
Publisher : Universitas Respati Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.52643/jam.v12i1.2111
Terus merebaknya pandemi covid-19 di seluruh dunia, meyebabkan pihak otoritas di semua negara melaksanakan kegiatan pencegahan penyebaran virus. Upaya yang dilakukan adalah menerapkan protocol kesehatan melalui program 5M (menjaga jarak, mencuci tangan, menjauhi keramaian, hingg menerapkan perintah isolasi mandiri termasuk juga bekerja di rumah dan belajar di rumah). Dunia pendidikan, saat ini telah terjadi perubahan pada kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan di rumah secara online di semua tingkat Pendidikan untuk beradaptasi dengan kondisi baru. Maksud dari survey ini adalah untuk mendapatkan data seberapa efektif cara belajar secara online pada mahasiswa S1 di Universitas Respati Indonesia. Metoda penelitian dilakukan secara deskriptif kuantitatif menggunakan instrument dengan skala likert yang dilakukan secara survey online. Hasil menunjukkan rata-rata mahasiswa yang menyatakan Setuju mencapai persentase paling tinggi bahwa pembelajaran secara online cukup efektif baik secara tangible, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty. Responden mengharapkan untuk pembelaran selanjutnya tetap dapat dilakukan secara online atau blended (67.7%) lebih besar daripada responden yang menginginkan pembelajaran secara offline atau tatap muka (32.3%). Kata kunci: efektivitas, pembelajaran daring, mahasiswa, COVID-19
Pengaruh Perceived Value Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen Pada Kopi Kenangan Jakarta
Zahra Nabila;
Arif Kuswanto
JURNAL ADMINISTRASI & MANAJEMEN Vol 12, No 1 (2022): Jurnal Administrasi dan Manajemen
Publisher : Universitas Respati Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.52643/jam.v12i1.1973
Kedai kopi menjadi salah satu peluang bisnis yang dapat memberikan keuntungan. Kopi Kenangan sebagai salah satu pemain di bidang kedai kopi lokal percaya akan tumbuh sebagai unicorn dengan melebarkan sayap penjualan melalui aplikasi digital. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis Perceived Value terhadap Loyalitas Konsumen melalui Kepuasan Pelanggan pada Kopi Kenangan JakartaPenelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan analisis deskriptif. Nonprobability sampling dan purposive sampling adalah teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini dengan data sebanyak 385 responden yang didapatkan dari kuisioner. Analisis data dibantu dengan bantuan software SMARTPLS 3.0Kesimpulan dari penelitian ini sebagai berikut: terdapat hubungan positif dan signifikan antara Perceived Value dan Kepuasan Konsumen, Perceived Value dan Loyalitas Konsumen, Loyalitas Konsumen dan Loyalitas Konsumen serta hubungan tidak langsung antara Perceived Value terhadap Loyalitas Konsumen melalui Kepuasan Konsumen. Dengan begitu, peran variabel Kepuasan Konsumen sebagai variabel intervening memiliki efek Partial Mediation yang mana tidak merubah hasil pengaruh antara Perceived Value.Kata kunci: Perceived Value, Kepuasan Konsumen dan Loyalitas Konsumen
Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk “The Sandals” dari PT. Razer Brothers
Johan Siprianus Daya;
Tina Rosa;
Mariati Tamba
JURNAL ADMINISTRASI & MANAJEMEN Vol 12, No 1 (2022): Jurnal Administrasi dan Manajemen
Publisher : Universitas Respati Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.52643/jam.v12i1.2112
“The Sandals” membangun kepercayaan konsumennya dengan terus berinovasi dan terus mengeluarkan produk yang unik dan berkualitas serta dengan harga yang terjangkau agar konsumen mengambil keputusan pembelian produknya. Konsumen memiliki banyak alasan yang dijadikan sebagai faktor penentu sebelum mengambil keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh harga, kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk The Sandals. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif non eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli produk ”The Sandal” selama April 2020 – Maret 2021 sebanyak 2.217 orang. Sampel penelitian sebanyak 96 orang yang melakukan pembelian produk ”The Sandals” di gerai ITC Kuningan Jakarta. Analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga, kualitas produk dan citra merek baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk The Sandals (PT. Razer Brothers) di Jakarta 2021. Dari hasil penelitian ditemukan besarnya pengaruh harga, kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian adalah 44,6%, sedangkan variable diluar yang tidak diteliti pada penelitian ini sebesar 55.4%. Variabel – variable ini misalnya Design, Promosi, Tempat dan lainnya. Perusahan diharapkan dapat memberikan harga dan kualitas produk yang terjangkau dan sesuai dari waktu ke waktu. Perusahaan hendaknya menjaga dan mempertahankan citra merek dengan menjaga keunikan dan tetap memberikan keuntungan lebih bagi penggunanya. Konsumen hendaknya tidak selalu terpaku kepada harga yang murah dan tidak mudah terpengaruh oleh merek yang terkenal, sehingga melupakan kualitas produknya.
Analisis Variabel Spesifik Bank Terhadap Price Earning Ratio, Stock Return dan Bank Performance
Hammad Bawazir;
Mariati Tamba;
Tina Rosa;
Arif Haryana
JURNAL ADMINISTRASI & MANAJEMEN Vol 12, No 1 (2022): Jurnal Administrasi dan Manajemen
Publisher : Universitas Respati Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.52643/jam.v12i1.1766
Kondisi pandemi membuat daya beli masyarakat menurun yang berakibat pada menurunnya tingkat penyaluran kredit ke masyarakat. Kredit macet meningkat seiring dengan berkurangnya pendapatan masyarakat akibat pembatasan. Bank yang mengandalkan pendapatannya dari bunga dan fee atas kredit harus mencari cara agar kesehatannya terjaga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel spesifik bank yang meliputi aspek likuiditas, rasio hutang dan resiko kredit terhadap price earning ratio yang merupakan persepsi investor terhadap perusahaan dengan variabel mediasi stock return dan bank performance. Populasi penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang berada di index LQ45 pada BEI periode 2017-2020 sebanyak 7 perusahaan dengan kriteria sampling menggunakan purposive sampling sebanyak 5 perusahaan (BCA, BNI, BRI, BTN dan Mandiri). Penelitian menggunakan data panel dengan time series sebanyak 8 semester (penelitian semiannual). Teknik analisis menggunakan analisis regresi linear berganda menggunakan eviews dan dimulai dengan uji permodelan, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan likuiditas tidak berpengaruh terhadap stock return dan bank performance, dan berpengaruh secara langsung kepada price earning ratio (PER). Rasio hutang hanya tidak berpengaruh terhadap stock return. Resiko kredit berpengaruh terhadap stock return, bank performance dan PER. Variabel mediasi hanya mampu memediasi resiko kredit melalui bank performance. Variabel spesifik bank mampu mempengaruhi PER secara langsung, akan tetapi ketika melalui mediasi hanya resiko kredit yang tetap berpengaruh. Penelitian selanjutnya disarankan menambah variabel spesifik bank seperti CAMELS (capital, asset quality, management, earnings, liquidity, sensitivity to market risk).
Analisis Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan Dan Kemandirian Pribadi Terhadap Keberhasilan Usaha Pedagang Kuliner Di Asia Mega Mas Medan
Veron Veron;
Victor Victor
JURNAL ADMINISTRASI & MANAJEMEN Vol 12, No 1 (2022): Jurnal Administrasi dan Manajemen
Publisher : Universitas Respati Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.52643/jam.v12i1.2109
Kedai kopi menjadi salah satu peluang bisnis yang dapat memberikan keuntungan. Kopi Kenangan sebagai salah satu pemain di bidang kedai kopi lokal percaya akan tumbuh sebagai unicorn dengan melebarkan sayap penjualan melalui aplikasi digital. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis Perceived Value terhadap Loyalitas Konsumen melalui Kepuasan Pelanggan pada Kopi Kenangan Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan analisis deskriptif. Nonprobability sampling dan purposive sampling adalah teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini dengan data sebanyak 385 responden yang didapatkan dari kuisioner. Analisis data dibantu dengan bantuan software SMARTPLS 3.0 Kesimpulan dari penelitian ini sebagai berikut: terdapat hubungan positif dan signifikan antara Perceived Value dan Kepuasan Konsumen, Perceived Value dan Loyalitas Konsumen, Loyalitas Konsumen dan Loyalitas Konsumen serta hubungan tidak langsung antara Perceived Value terhadap Loyalitas Konsumen melalui Kepuasan Konsumen. Dengan begitu, peran variabel Kepuasan Konsumen sebagai variabel intervening memiliki efek Partial Mediation yang mana tidak merubah hasil pengaruh antara Perceived Value.Kata kunci: Perceived Value, Kepuasan Konsumen dan Loyalitas Konsumen
Pengaruh Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT Morning Dew Indonesia
Eros Rosmiati;
Maya Sova;
Raniah Shofwah
JURNAL ADMINISTRASI & MANAJEMEN Vol 12, No 1 (2022): Jurnal Administrasi dan Manajemen
Publisher : Universitas Respati Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.52643/jam.v12i1.2107
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Stres Kerja terhadap Kinerja Karyawan di PT. Morning Dew Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis ini meliputi uji reliabilitas, uji validitas, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier. Hasil dari penelitian ini menunjukkan dengan uji F, terdapat pengaruh antara stress kerja terhadap kinerja karyawan dengan nilai Fhitung 25,239 > Ftabel 3,25. Dengan uji t menunjukkan bahwa terdapat pengaruh negatif dan signifikan stress kerja terhadap kinerja karyawan dengan nilai thitung -2,904 > ttabel 2,026 dengan nilai signifikan 0,006 < 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara stres kerja terhadap kinerja karyawan di PT. Morning Dew Indonesia.Kata Kunci : Stres Kerja, Kinerja, Karyawa
Pengaruh Attitudes Toward Shopping Dan COVID-19 Impact Terhadap Frekuensi Berbelanja Online Dengan Kategori Terlaris Selama Pandemi Sebagai Moderator
Saajida, Alya;
Kusuma Dewi, Citra
JURNAL ADMINISTRASI & MANAJEMEN Vol 12, No 1 (2022): Jurnal Administrasi dan Manajemen
Publisher : Universitas Respati Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.52643/jam.v12i1.1943
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari pandemi COVID-19 di Indonesia terhadap attitudes toward shopping dan impact nya terhadap frekuensi berbelanja online di Indonesia, yang diwakili oleh Pulau Jawa karena menurut data dari kompasmedia.com [1] pada tahun 2021 pengguna terbesar internet di Indonesia berada di Pulau Jawa sebesar 55,7%. Selain itu penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui kebiasaan berbelanja online dan impact dari COVID-19 tersebut terhadap ketertarikan konsumen pada kategori terlaris selama pandemi COVID-19 yaitu kategori kesehatan dan makanan&minuman sebagai moderator.Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif, data didapatkan melalui survey yang disebar secara online melalui googleform. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian memakai teknik non probability sampling dengan jenis purposive sampling dengan responden sebanyak 400 orang. Sedangkan teknik analisa data menggunakan analisis deskriptif dan menggunakan Partial Least Square (PLS) untuk mengolah datanya.Hasil dari analisa ini menunjukan bahwa Attitudes Toward Shopping memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Frekuensi Berbelanja Online di Indonesia dengan t-value sebesar 7,858>1,96. COVID-19 Impact memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Frekuensi Berbelanja Online di Indonesia dengan t-value sebesar 3,159>1,96. Kategori terlaris selama pandemi COVID-19 yaitu kesehatan dan makanan&minuman tidak memoderasi pengaruh Attitudes Toward Shopping dan COVID-19 impact terhadap Frekuensi Berbelanja Online di Indonesia dengan t-value masing-masing sebesar 1,231<1,96 dan 0,383<1,96.Kata Kunci : Attitudes Toward Shopping, COVID-19, Frekuensi Berbelanja Online, Kategori Terlaris
Analisis Determinan Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Apartment Suite Trivium PT. Lippo Cikarang
Ansori, Farizal;
Suratmi, Tri;
Tamba, Mariati;
Bakrie, Bachtar;
Rachmawati, Faika
JURNAL ADMINISTRASI & MANAJEMEN Vol 12, No 1 (2022): Jurnal Administrasi dan Manajemen
Publisher : Universitas Respati Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.52643/jam.v12i1.2108
Latar Belakang: Pengambilan keputusan dianggap sebagai hasil dari proses mempertimbangkan berbagai faktor untuk memprediksi masa depan. Pengambilan keputusan dalam membeli apartemen Trivium Suite di PT Lippo Cikarang dipengaruhi oleh berbagai faktor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan faktor-faktor determinan yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian Apartemen Trivium Suite PT. Lippo Cikarang. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional. Data dikumpulkan dengan google form. Jumlah sampel sebanyak 230 responden, dianalisis menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 168 (73%) responden mengambil keputusan untuk membeli Apartemen Trivium Suite PT. Lippo Cikarang. Variabel yang berhubungan signifikan dengan keputusan pembelian apartemen adalah harga, cara pembayaran, lokasi, fasilitas, desain dan promosi dengan p.value < 0,05. Faktor dominan yang berhubungan signifikan dengan keputusan pembelian apartemen adalah harga dengan nilai OR 5,374 dan memiliki peluang 5 kali untuk membeli apartemen dengan harga murah dibandingkan konsumen yang menyatakan harga apartemen mahal. Kesimpulan: Harga yang murah menjadi pertimbangan utama dalam mengambil keputusan untuk membeli apartemen komersial. Saran: Dapat dijadikan sebagai rekomendasi kebijakan dalam strategi pemasaran. Kata kunci: Pengambilan keputusan, harga, apartemen
Manajemen Strategi Coping Dalam Menunjang Kinerja Nakes Komodo Labuan Bajo Pada Masa Pandemi COVID-19
Duman, Marianus;
Serumena, Dedy Ricardo;
Gampar, Maria Ermelinda
JURNAL ADMINISTRASI & MANAJEMEN Vol 12, No 1 (2022): Jurnal Administrasi dan Manajemen
Publisher : Universitas Respati Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.52643/jam.v12i1.1741
Faktor stres kerja (individu-organisasi) mempengaruhi kinerja para tenaga kesehatan yang secara langsung menangani pasien positif terpapar covid-19 di rumah sakit umum daerah Komodo Labuan Bajo. Penelitian ini menggunakan metode cluster random sampling yaitu populasi diambil berdasarkan kelompok kerja. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, studi kepustakaan dan penyebaran kuesioner. Data diuji dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dengan menggunakan teknik analisis regresi linear sederhana melalui SPSS. Berdasarkan hasil analisis regresi linear sederhana Y = a + bX, bahwa variable X mempengaruhi variable Y dengan persentasi 0,46%. Untuk peneliti berikutnya disarankan untuk melakukan penelitian guna mengetahui solusi lain yang mampu diterpakan para nakes dalam mengatasi stres kerja yang berdampak pada rendahnya kualitas kinerja. Kata kunci: Strategy Coping, Nakes, Manajemen Kinerja, Pandemi Covid-19