cover
Contact Name
Tarbawi
Contact Email
tarbawi205@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
tarbawi205@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. lombok timur,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial
ISSN : 24606375     EISSN : 2685256X     DOI : -
Tarbawi (P-ISSN: 2640-6375) (E-ISSN: 2685-256X) adalah jurnal yang dikelola fakultas tarbiyah Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Pancor. Jurnal ini membahas tentang bidang Pendidikan dan Isu-Isu Sosial. Dimana fokus dalam Jurnal Tarbawi adalah pendidikan Islam dan isu-isu sosial yang berkaitan dengan pendidikan intinya penelitian yang sifatnya memberikan kontribusi pemikiran serta lainnya dalam mengatasi masalah pendidikan Islam.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 1 (2022): Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial" : 7 Documents clear
Efektivitas Media Teknologi Untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Dalam Pembelajaran Latsa Alya Utami; Yusril Muhamad Anjar; Hesti Hesti; Unik Hanifah Salsabila
Tarbawi Vol 7 No 1 (2022): Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial
Publisher : Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Pancor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37216/tarbawi.v7i1.503

Abstract

Abstract This article was created to find out how the effectiveness of educational technology is applied to improve students' understanding and to find out how to use educational technology in Islamic religious education. The method used is using a qualitative method in which in writing this journal we conduct interviews with resource persons to collect data as material for journal articles. From this article, it can be concluded that in the learning process, educational technology is needed in order to achieve educational goals, namely developing the potential of students. In Islamic religious education, it is also recommended to use educational technology so that science in its development can be based on the Qur'an and Sunnah. Keywords : Educational Technology, Effectiveness, Utilization Abstrak Artikel ini dibuat untuk mengetahui bagaimana keefektifan teknologi pendidikan yang diterapkan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik dan mengetahui bagaimana pemanfaatan teknologi pendidikan dalam pendidikan agama islam. Metode yang digunakan yaitu menggunakan metode kualitatif yang mana dalam penulisan jurnal ini kami melakukan wawancara kepada narasumber guna menggumpulkan data sebagai bahan artikel jurnal. Dari artikel ini dapat disimpulkan bahwa dalam proses pembelajaran sangat dibutuhkan teknologi pendidikan agar dapat tencapai tujuan pendidikan yaitu mengembangkan potensi peserta didik. Dalam pendidikan agama islam juga menganjurkan untuk menggunakan teknologi pendidikan agar ilmu pengetahuan dalam perkembangannya dapat berlandaskan pada Al-Qur'an dan As-sunah
Hadits Tentang Metode Pendidikan dan Karakteristiknya Suhandi Suhandi
Tarbawi Vol 7 No 1 (2022): Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial
Publisher : Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Pancor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37216/tarbawi.v7i1.512

Abstract

Pendidikan merupakan suatu hal terpenting bagi manusia, terlebih lagi banyak terdapat yang dibicarakan di dalam al-Qur’an dan hadits. Bahkan di dalam ajaran agama Islam diyakini pendidikanlah yang akan membawa manusia menuju lebih baik, dengan belajar manusia akan bisa menata hidupnya serta menjadi keberhasilan hidup di akhirat. Dalam belajar mengajar perlunya menggunakan metode-metode, agar proses pembelajaran terarahkan dan cepet dipahami oleh peserta didik, karena tanpa ada metode yang digunakan oleh pendidik akan sulit dipahami ilmu yang disampaikannya. Demikian Rasulullah SAW. selalu menggunakan metode-metode dalam menyampaikan ilmu kepada para sahabat (ummat) dan terdapat banyak diterangkan dalam hadits. Adapun metode yang digunakan dalam penulisan ini yaitu, kepustakaan, teknik pengumpulan data dengan melakukan penelahaan terhadap buku, literatur, catatan, serta berbagai laporan yang berkaitan dengan masalah yang ingin dipecahkan.
Pengaruh Pembelajaran Daring Dan Kesehatan Mental Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sma Negeri 6 Kota Tangerang Selatan Muizzatul Hasanah; Akhmad Shunhaji; Saifuddin Zuhri
Tarbawi Vol 7 No 1 (2022): Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial
Publisher : Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Pancor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37216/tarbawi.v7i1.573

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji data-data empirik terkait pengaruh pembelajaran daring dan kesehatan mental siswa terhadap minta belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMA Negeri 6 Kota Tangerang Selatan. Dalam penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan korelasi dan regresi terhadap data-data kuantitatif yang diperoleh dari objek penelitian yaitu siswa kelas XI IPA SMA Negeri 6. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket/kuesioner. Jenis analisis yang digunakan adalah analisa korelasi dan regresi yang dijabarkan secara deskriptif dengan menggunakan sofware pengolah data statistik SPSS versi 26. Hasil penelitian adalah: Pertama, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa. Hal ini dapat di lihat dari koefisien korelasi (r) sebesar 0,466 dan koefisien determinasi atau besarnya pengaruh (R2) R square sebesar 21,8%. Kedua, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pengaruh kesehatan mental terhadap minat belajar siswa dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,435 dan koefisien determinasi atau besarnya pengaruh (R2) R square sebesar 18,9%. Ketiga, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pengaruh pembelajaran daring dan kesehatan mental siswa terhadap minat belajar siswa. Koefisien korelasi (r) sebesar 0,604 sedangkan koefisien determinasi (R2) sebesar 36,5%.
Improving the Listening Skills of the First Semester Students of PAI Program of Hamzanwadi Islamic Institute of Pancor through Watching English Movie Syamsul Rizal; Masjudin Masjudin
Tarbawi Vol 7 No 1 (2022): Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial
Publisher : Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Pancor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37216/tarbawi.v7i1.611

Abstract

This research was intended to know how the technique using watching English movie can improve listening skill of the students. The technique required the students to realize causes of their listening problems in order to find out appropriate way of improving listening comprehension. This research involved 35 first semester students of PAI Program of Hamzanwadi Islamic Institute of Pancor. The objective of the research is to apply watching English movie technique to improve the students’ listening skill. The method applied in this research was a classroom action research. The data of the research were gathered through observation checklist, questionnaire, and listening test. The finding showed that watching English movie technique was successful in improving students’ listening skill. The improvement could be seen from the improvement of students’ scores in listening test. Besides, the finding also showed that watching English movie technique can improve the students’ involvement and enhance their interest in learning English, especially in listening.
Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran Cooperative Learning Pada Mata Pelajaran Fiqih TGH Hudatullah MZ
Tarbawi Vol 7 No 1 (2022): Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial
Publisher : Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Pancor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37216/tarbawi.v7i1.614

Abstract

Metode pembelajaran merupakan suatu proses yang sistematis dan teratur yang dilakukan oleh pendidik dalam penyampaian materi kepada muridnya. Dengan adanya cara ini maka diharapkan proses belajar mengajar bisa berjalan dengan baik. Oleh karena itu, pendidik harus bisa mempelajari metode pembelajaran Dalam proses belajar mengajar berlangsung, metode yang dominan digunakan guru adalah metode ceramah dan penugasan sehingga peroses pembelajaran terkesan membosankan terutama pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Untuk mengatasi masalah tersebut, diperlukan suatu pendekatan pembelajaran dengan melakukan tindakan yang melibatkan seluruh siswa untuk lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran. Adapun pendekatan yang dimaksud adalah pendekatan kooperatif. Pembelajaran Kooperatif adalah konsep yang lebih luas meliputi semua jenis kerja kelompok termasuk bentuk yang lebih dipimpin oleh guru atau diarahkan oleh guru. Secara umum pembelajaran kooperatif dianggap lebih diarahkan oleh guru, dimana guru menetapkan tugas dan pertanyaan-pertanyaan serta menyediakan bahan-bahan dan informasi yang dirancang untuk membantu peserta didik menyelesaikan masalah yang dimaksud.guru biasanya menetapkan bentuk ujian tertentu pada akhir tugas. Metode pembelajaran kooperatif adalah model pembelajaran dengan menggunakan sistem pengelompokan atau tim kecil, yaitu antara empat sampai enam orang yang mempunyai latar belakang kemampuan akademik, jenis kelamin, ras, atau suku yang berbeda (heterogen). Sedangkan definisi pembelajaran kooperatif adalah suatu rangkaian kegiatan belajar yang dilakukan oleh siswa dalam kelompo-kelompok tertentu untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan
Memaknai Aktifitas Membaca Sebagai Jalan Ilmu dalam Islam (Studi Kandungan Surat Al-Alaq Ayat 1-5) Abdul Hayyi Akrom
Tarbawi Vol 7 No 1 (2022): Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial
Publisher : Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Pancor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37216/tarbawi.v7i1.615

Abstract

Aktifitas membaca merupakan jalan ilmu dalam Islam. Membaca adalah perintah yang pertama diturunkan dalam Islam. Karena melalui kegiatan membaca seseorang akan memperoleh ilmu. Ilmu sendiri menempati posisi sangat penting dalam ajaran Islam. Pentingnya ilmu melingkupi semua ajaran Islam. Pemeluk Islam dituntut untuk mendasari semua amalnya dengan ilmu. Amalan apapun itu akan tertolak jika tidak berlandaskan ilmu. Keberadaan ilmu dalam Islam menempati tempat istimewa. Keistimewaan ilmu dalam Islam berada pada sejarah awal turunnya ajaran agama Islam yang hanif ini melalui perintah membaca sebagai pintu awal masuknya ilmu. Perintah membaca dan belajar adalah ajaran yang pertama diturunkan oleh Allah Swt kepada utusannya. Perintah membaca ini telah menjadi sejarah penting dalam agama Islam. Karena itu, ilmu dengan jalan belajar adalah satu bentuk manifestasi yang tidak bisa dipisah dari ajaran Islam. Tulisan ini membahas kandungan surat Al-Alaq ayat 1-5 sebagai wahyu pertama dan menjadi perintah sampai hari kiamat bagi ummat manusia untuk membca dan belajar. Tulisan ini menemukan, bahwa hakekat segala hal dipandang bernilai ketika dibarengi dengan ilmu. Karena itu, Islam adalah agama ilmu.
Profesionalitas Guru Bidang Studi PAI Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di SMA Negeri I Suralaga Lombok Timur Amad Subyanto
Tarbawi Vol 7 No 1 (2022): Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial
Publisher : Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Pancor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37216/tarbawi.v7i1.616

Abstract

Penekitian ini adalah penelitian kualitatif dengan rumusan masalah Bagaimana profesionalitas guru bidang Studi pendidikan Agama Islam dalam miningkatkan perestasi belajar di SMA 1 negeri kecamatan suralaga Lombok Timur?., Bagaimana peningkatan prestasi belajar siswa dalam bidang studi pendidikan agam Islamdi SMA 1 negeri kecamatan suralaga Lombok Timur?. Adapun hasil penelitian yang diperoleh berupa tiga kopetensi guru yakni Kompetensi Akademik, kepribadian dan Sosial.

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol 10 No 1 (2025): Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam dan Isu-isu Sosial Vol 9 No 1 (2024): Vol. 9 No. 1 (2024): Jurnal Peneltian Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam dan Isu-is Vol 9 No 2 (2024): Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam dan Isu-isu Sosial Vol 8 No 2 (2023): Jurnal Peneltian Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam dan Isu-isu Sosial Vol 8 No 1 (2023): Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial Vol 7 No 2 (2022): Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial Vol 7 No 1 (2022): PENELITIAN PENDIDIKAN ISLAM DAN ISU-ISU SOSIAL Vol 7 No 1 (2022): Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial Vol 6 No 2 (2021): Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial Vol 6 No 1 (2021): Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial Vol 5 No 2 (2020): Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial Vol 5 No 1 (2020): Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial Vol 4 No 2 (2019): Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial Vol 4 No 1 (2019): Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial Vol 3 No 2 (2018): Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial Vol 3 No 1 (2018): Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial Vol 2 No 2 (2017): Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial Vol 2 No 1 (2017): Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial Vol 1 No 2 (2016): Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial Vol 1 No 1 (2016): Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial More Issue