cover
Contact Name
Rosa Lesmana
Contact Email
rosa.sunardi@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalmarketing.unpam@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF
Published by Universitas Pamulang
ISSN : 25980823     EISSN : 25982893     DOI : -
Core Subject : Economy, Humanities,
JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF adalah jurnal yang diterbitkan Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang. Kajian Ekonomi Manajemen Khusus Penelitian Ekonomi Ilmu Manajemen Pemasaran dengan ISSN 2598-0823 (cetak) dan eISSN 2598-0823 (Online), Fokus dan cakupan Jurnal Sekuritas yaitu Manajemen Pemasaran; Ekonomi; Ilmu Manajemen Pemasaran.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2020): Jurnal Pemasaran Kompetitif" : 10 Documents clear
Determinan Keberhasilan Wirausaha Mahasiswa di Kota Tangerang Selatan Rahman Faisal; Lukman Anthoni
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 4, No 1 (2020): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpkpk.v4i1.7433

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini agar menemukan dan mempelajari dampak pendidikan kewirausahaan juga minat berwirausaha, motivasi berwirausaha dan keberhasilan wirausaha mahasiswa di Kota Tangerang Selatan. Penelitian ini menggunakan metode quantitaif deskripsi dengan menggunakan PLS-SEM dalam menganalisis data penelitian, sementara software yang digunakan yaitu Smart-PLS. Data dalam penelitian ini berupa kuesioner yang diisikan oleh responden yang sedang mempelajari dan telah mempelajari mata kuliah kewirausahaan di lingkungan Perguruan Tinggi di Kota Tangerang Selatan dan juga sebagai penggunaan contoh/sampel. Metode Slovin digunakan sebagai teknik dari sampel yang diambil dengan total sampel sebanyak 417 mahasiswa/I yang sedang dan/atau telah menyelesaikan mata kuliah kewirausahaan. Hasilnya menunjukan bahwa pendidikan kewirausahaan (X) memiliki dampak atau pengaruh yang signifikan terhadap Minat(Y1) sebesar 0.517, Pendidikan kewirausahaan (X) juga memiliki pengaruh terhadap motivasi (Y2) sebesar 0.308. Sementara itu Minat Berwirausaha (Y1) berpengaruh signifikan terhadap Kesuksesan kewirausahaan Mahasiswa (Z) sebesar 0.380. Selanjutnya Motivasi berwirausaha (Y2) juga memiliki pengaruh signifikan terhadap kesuksesan kewirausahaan mahasiswa (Z) sebesar 0.447. Jadi dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini ditemukan pengaruh yang siginifikan dimana pendidikan kewirausahaan dipengaruhi oleh minat dan motivasi serta kesuksesan kewirausahaan dipengaruhi oleh minat dan motivasipara mahasiswa/I di Kota Tangerang Selatan. 
Store Atmosphere Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Kosumen Pada Toko Roti Breadlife Cabang Bintaro Exchange Bunga Astra Gracia; Kris Dipayanti
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 4, No 1 (2020): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpkpk.v4i1.6535

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh store atmosphere terhadap minat beli konsumen pada  PT. Dunia Makmur Jaya (BreadLife) Tbk cabang Bintaro Exchange. Jenis penelitian adalah penelitian assosiatif kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai metode pengumpulan data disebarkan kepada konsumen Toko Roti Breadlife cabang Bintaro Exchange sebagai obyek penelitian.Teknik sampel menggunakan rumus slovin, tingkat kesalahan 10% diperoleh sampel penelitian 96 responden.Teknik Analisis Data dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji koefisien korelasi, uji regresi linier sederhana, uji koefisien determinasi, Uji Hipotesismenggunakan SPSS21. Hasil penelitianmenunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara store atmosphereterhadap  minat beli konsumendenganpersamaan regresi Y = 9,885+ 0,758X. Store atmospharemempengaruhi minat beli sebesar 73,2% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Uji t sebesar 4,790 > 1,6612, dan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,1 , artinya H0 ditolak dan H1 diterima, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara store atmosphrereterhadap minat beli. 
Marketplace Shopee Sebagai Media Promosi Penjualan UMKM di Kota Blitar Eka Septiana Sulistiyawati; Anna Widayani
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 4, No 1 (2020): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpkpk.v4i1.7087

Abstract

Marketplace Shopee merupakan salah satu marketplace yang sedang berkembang di Indonesia. Marketplace Shopee saat ini dimanfaatkan oleh Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk promosi penjualan. Di kota Blitar sendiri UMKM yang sudah memanfaatkan Shopee sebagai media promosi penjualan yaitu UMKM Sambel Pecel dan Bumbu Gado-Gado Kuncit Kota Blitar. Penelitian ini merupakan penelitian deskrptif kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi, pemaparan data dan penarikan kesimpulan. Penelitian yang dilakukan bahwa marketplace Shopee sebagai media promosi penjualan d UMKM Sambel Pecel dan Bumbu Gado-Gado Kuncit Kota Blitar masih belum maksimal. Marketplace Shopee sebagai media promosi penjualan di UMKM Sambel Pecel dan Bumbu Gado-Gado Kuncit Kota Blitar harus lebih ditingkatkan lagi agar admin dapat melayani para konsumen dengan lebih maksimal agar daya beli konsumen meningkat.
The Formation of Customer Loyalty From Brand Awareness and Perceived Quality through Brand Equity of Xiaomi Smartphone Users in South Tangerang Rosa Lesmana; Arif Siaha Widodo; Nardi Sunardi
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 4, No 1 (2020): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpkpk.v4i1.7211

Abstract

The purpose of this research was to determine the effect of Brand Awareness and Perceived Quality on Brand Equity, the effect of Brand Equity on Customer Loyalty, and to find out whether Brand Equity mediates between Brand Awareness and Perceived Quality on Customer Loyalty of the Xiaomi smartphone user in South Tangerang area. The type of the research is quantitative using the factor analysis method, and SEM and the tools used SPSS Amos 23. The unit of analysis in this study is the consumer who uses the Xiaomi smartphone in South Tangerang area. The research design is single cross sectional, a sample size of 150 respondents. The results show that brand awareness does not have a significant effect on brand equity on Xiaomi smartphones in South Tangerang area with a regression coefficient value of -.730 and critical ratio value -1.183. Perceived quality has a significant effect on brand equity on Xiaomi smartphone in the South Tangerang area with a regression coefficient of 0.964 and a critical ratio value of 4,450. Brand equity has a significant effect on customer loyalty of the Xiaomi smartphone in the South Tangerang area with a regression coefficient of 0.590 and a critical ratio value of 5,373. Brand awareness has no significant effect on customer loyalty on the Xiaomi smartphones in the South Tangerang area with a regression coefficient of 0.608 and a critical ratio value of 1.343. Perceived quality has no significant effect on customer loyalty of the Xiaomi smartphones in South Tangerang area with a regression coefficient of -0.164 and a critical ratio value of -0.880. Brand awareness indirectly has no significant effect on customer loyalty through brand equity on the Xiaomi smartphones in South Tangerang area with a regression coefficient of -0.181 and the Sobel test result of -3,000. Perceived quality indirectly has a significant effect on customer loyalty through brand equity on the Xiaomi smartphones in South Tangerang area with a regression coefficient of 0.663 and the results of the Sobel test of 20,165
Loyalitas Merek Pada Produk Mie Samyang di Jakarta Firstianty Wahyuhening Fibriany; Yumi Novita Dewi
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 4, No 1 (2020): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpkpk.v4i1.6541

Abstract

Mie Samyang adalah merek mie instan kekinian yang berasal dari korea dan digemari oleh masyarakat. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui loyalitas merek pada produk mie korea samyang yang dilakukan oleh konsumen saat berlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diakibatkan oleh virus Covid 19 yang terjadi di Jakarta. Pembelian dan pembelanjaan konsumen pada saat diberlakukannya PSBB, akan sangat berpengaruh terhadap loyalitas konsumen pada suatu merek produk. Peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah menggunakan instrumen pertanyaan yang terstruktur dengan menggunakan google form, yang kemudian dioleh dengan menggunakan SPSS.  Peneliti menggunakan sampel sebanyak 80 responden dengan kriteria pernah mengkonsumsi mie Samyang dengan batasan umur  12 hingga 30 tahun. Untuk menunjang penelitian ini, peneliti menggunakan teknik Convenience Sampling dalam pengambilan data penelitian. Sedangkan untuk menganalisis datanya dilakukan adalah dengan melakukan deskriptif kuantitatif pada variabel tingkatan loyalitas pelanggan yang suka berpindah,kebiasaan konsumen dalam melakukan pembelian, Kepuasan pembeli agar tidak beralih, Kesukaan terhadap Merek, dan Komitmen pelanggan terhadap merek produk dengan menggunakan skala likert. Hasil penelitian ini secara parsial menunjukkan bahwa pelanggan kurang loyal terhadap pembelian mie Samyang, pelanggan sering berpindah produk dan pembeli yang memiliki komitmen untuk melakukan pembelian pun rendah.
Pengaruh Digital Loyalty Program Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Studi Kasus Tokopedia Wisnu Sakti Dewobroto
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 4, No 1 (2020): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpkpk.v4i1.5459

Abstract

Dalam bisnis digital seperti marketplace, pengaruh dari program loyalitas terhadap kepuasan pelanggan belum dieksplorasi dengan baik karena bentuknya yang tidak berwujud dan tidak berhubungan secara langsung dengan pelanggan. Pengaruh dari program loyalitas terhadap loyalitas serta kepuasan pelanggan dalam e-commerce digital di Indonesia menjadi tujuan dari penelitian ini. Tokopedia memiliki beberapa program loyalitas digital di antaranya adalah Toko Points, Toko Loyalty, e-coupon, e-newsletter, dan flash sale. Penelitian ini akan menggunakan survei dengan metode distribusi online kepada pelanggan Tokopedia, dengan jumlah sampel 384 responden. Analisis regresi linier berganda digunakan untuk menguji variabel Digital Loyalty Program (X) terhadap variabel kepuasan Pelanggan (M) sebagai mediasi dan variabel Loyalitas Pelanggan (Y). Hasil penelitian ini menyatakan bahwa variabel Digital Loyalty Program (bersama dengan seluruh program loyalitas Tokopedia) mempengaruhi kesetiaan pelanggan serta kepuasan pelanggan Tokopedia. Variabel kepuasan pelanggan pada penelitian ini juga berperan menjadi mediasi yang menjelaskan bahwa variabel Digital Loyalty Program secara tidak langsung mempengaruhi variabel Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan Tokopedia.
Desain dan Pengembangan dalam Meningkatkan Citra Pasar Tradisional di Era Disrupsi pada Kota Tangerang Selatan Fahmi Susanti; Derizka Inva Jaswita
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 4, No 1 (2020): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpkpk.v4i1.7383

Abstract

Tujuan penelitian untuk menganalisis formasi serta pengembangan pasar tradisional pada kota Tangerang Selatan. Objek yang diteliti ialah empat pasar tradisional di kota ini. Metode penelitian yang dipakai kombinasi methode. Teknik pengumpulan data tanyajawab narasumber ,serta pemantauan area secara langsung. Metode analisis data 1)validasi konstruk yaitu triangulasi sumber serta triangulasi metode 2)analisisSWOT.Hasil menunjukkan : belum dilakukannya pengembangan pasar tradisional di kota Tangerang Selatan belum sesuai Perpres No 112 tahun 2007. Dapat disimpulkan bahwa tatanan serta pengembangan representasi pasar tradisional belum diupayakan semaksimalnya sehingga citranya masih dipandang sebelah mata. 
Factors Influencing Consumer’s Intention to Buy Furniture Online in Greater Jakarta, Indonesia Vania Valencia; Santoso Santoso; Pradita Eka Pebrianti; Muhammad Aries Satria Raharjo
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 4, No 1 (2020): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpkpk.v4i1.7175

Abstract

The purpose of this research was to examine the factors that affect the consumer’s intention to purchase furniture via online store in Greater Jakarta. Some of the factors that considered by this research as a baseline on this journal were the consumer perceptions, perceived risk and perceived benefits. In addition, this research adding another relationship between consumer’s attitude and intention to make a purchase online. An Internet-administered survey method use to Greater Jakarta citizen. Results of this research have shown that online shopping is begin to be considered successfully provide a substantial benefit to the consumer, even though the risk factor proportion still exist. The findings also show that the increased attitudes of Greater Jakarta consumers towards online furniture shopping have been significantly affected by consumer perception and benefit. 
The Influence Of Marketing Strategy and Brand Community On MSME Sales In South Tangerang City Sam Cay; Jeni Irnawati
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 4, No 1 (2020): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpkpk.v4i1.7382

Abstract

The purpose of this study was to determine the appropriate marketing strategy to increase sales volume at MSME South Tangerang, to find out which Brand Community could improve purchasing decisions at MSME South Tangerang and to find out marketing strategies and Brand Community that could increase sales at MSME South Tangerang. The method used for this research is the mix methods method. The population in this study is the population of all MSMEs in the South Tangerang area, and the sample we use is the MSMEs who are members of a Tangsel community called Tangsel Berkibar which number more than 500 MSME members. Because the population is too large, namely more than 100 people and limited time and personnel, the number of samples taken by the researcher is 50 respondents in that population. Where according to Arikunto (2002: 112) if the population is more than 100 then 5-10% or 20-30% of the population is taken. The statistical analysis used was the classical assumption test and multiple linear regression using the SPSS 26 program.The results obtained were that there was a partially significant influence between E-commerce Marketing on the Sales of South Tangerang MSMEs, there was a partially significant effect between Brand Community and the Sales of Tangerang MSMEs. South and there is a significant influence simultaneously between E-commerce Marketing and Brand Community on the Sales of South Tangerang MSMEs.
Analisis SWOT pada Strategi Bisnis Kompetensi Kepuasan Pelanggan (Study Kasus pada Customer dari PT. Protekindo Sanita, Kab.Tangerang) Haryantini Haryantini
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 4, No 1 (2020): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpkpk.v4i1.6741

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman apa saja yang akan terjadi dari strategi bisnis kompetensi pasar khususnya pada customer dari PT Protekindo Sanita, Permasalahan dalam penelitian ini adalah  meningkatnya jumlah permintaan produk  hand sanitizer yang disebabkan terjadinya pandemi virus Covid-19 yang mengharuskan memakai hand sanitizer sebagai salah satu upaya mengurangi kasus penyebaran virus Covid-19. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah customer hotel dan restoran yang menggunakan poduk hand  sanitizer. Dengan menggunakan teknik sampling, data diperoleh dari hasil wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa proses pemakaian produk hand sanitizer memiliki  keunggulan yaitu mudah saat digunakan dan tanpa melalui proses bilas. Adapun terdapat kelemahannya  seperti susah didapat dan mulai langka karna bahan baku yang semakin jarang membuat produk ini mengalami peningkatan harga jual. Gaya hidup masyarakat yang selalu bertransaksi online dan akan ada penambahan antar online menjadi peluang pasar dalam peningkatan kualitas layanan produk. Dibalik itu terdapat ancaman pula seperti kualitas produk pesaing yang lebih unggul dan bebas antar. 

Page 1 of 1 | Total Record : 10