cover
Contact Name
Rosa Lesmana
Contact Email
rosa.sunardi@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalmarketing.unpam@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF
Published by Universitas Pamulang
ISSN : 25980823     EISSN : 25982893     DOI : -
Core Subject : Economy, Humanities,
JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF adalah jurnal yang diterbitkan Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang. Kajian Ekonomi Manajemen Khusus Penelitian Ekonomi Ilmu Manajemen Pemasaran dengan ISSN 2598-0823 (cetak) dan eISSN 2598-0823 (Online), Fokus dan cakupan Jurnal Sekuritas yaitu Manajemen Pemasaran; Ekonomi; Ilmu Manajemen Pemasaran.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2022): Jurnal Pemasaran Kompetitif" : 8 Documents clear
Does store atmosphere support consumers' desire to shopping? Dedi Iskamto; Hendrayani Hendrayani; Cornelis Dehotman; Wirdayani Wahab; Jeli Nata Liyas; Siti Syahsudarmi; Asnahwati Asnahwati
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 6, No 2 (2022): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpkpk.v6i2.27344

Abstract

Store atmosphere is one of the factors owned by the store to attract consumers. Each store has a physical layout that makes it easy and difficult for shoppers to move around in it. Each store has a shop appearance that shapes the atmosphere according to its target market and can attract consumers to buy.This study aims to determine the effect of store atmosphere on consumer decisions in shopping. This study used a quantitative method using SPSS software version 25. Research resultsthat the store atmosphere has a significant effect on consumer decisions in shopping. It was also found that the atmosphere of the store had an influence of 35.6% on consumer decisions in shopping, the remaining 64.4% was influenced by factors not examined in this study.
Persepsi Konsumen Terhadap Aktivitas Social Media Marketing Di E-Commerce Industry Nuzul Inas Nabila; Aida Sari; Sri Suningsih; Rinaldi Bursan
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 6, No 2 (2022): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpkpk.v6i2.24772

Abstract

Tujuan penelitian ini mengukur lima dimensi untuk mengukur  SMMA (sosial media marketing activity). Dimensi pemasaran media sosial antara lain interaktif, informatif, personalisasi, trend, dan WOM. Sampel dalam survei ini adalah pelanggan e-commerce di media sosial. Sampel sebanyak 103 responden menggunakan teknik non probability sampling teknik purposive sampling. Hasil pada penelitian ini bahwa ada pengaruh secara simultan interaktif (X1), informatif (X2), personalisasi (X3), trend (X4), dan word of mouth (X5) terhadap sosial media marketing activity. Secara parsial interaktif berpengaruh positif dan signifikan terhadap sosial media marketing, personalisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap sosial media marketing, sedangkan informatif tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap sosial media marketing, trend tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap sosial media marketing, dan word of mouth tidak mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap sosial media marketing.
Faktor-Faktor Budaya Internasional dalam Pemasaran Global Suhairi Suhairi; Syahfitri Syahfitri; Irma Septria Mawarni; Fadly Abdillah Nafis
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 6, No 2 (2022): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpkpk.v6i2.27532

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor budaya internasional dalam pemasaran global, yaitu dengan memahami bahasa, estetika, pendidikan, agama yang ada di negara yang akan perusahaan masuki, karena pemahaman lingkungan budaya luar sangat penting dalam tahap pemasaran produk secara global karena budayalah yang menjadikan faktor utama dalam menmutuskan apakah produk itu layak untuk dikomsumsi dinegara tersebut ataupun adanya penolakan dengan alasan tertentu yang bisa saja bertentangan dengan budaya, agama dan pengetahuan penduduk disuatu negara tersebut. Penelitian ini menggunakan metode library resources deskriptif analitis, metode yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data melalui media internet dalam bentuk paper, artikel, jurnal, dan website. Hasil menunjukkan bahwa pemahaman lingkungan budaya luar sangat penting dalam tahap pemasaran produk secara global karena budayalah yang menjadikan faktor utama dalam menmutuskan apakah produk itu layak untuk dikomsumsi dinegara tersebut ataupun adanya penolakan dengan alasan tertentu yang bisa saja bertentangan dengan budaya, agama dan pengetahuan penduduk disuatu negara tersebut
Analisis Strategi Segmenting, Targeting, dan Positioning pada Restoran Mie Aceh Agam Jaya Malkan Yahya Abdillah; Suhairi Suhairi; Imamsyah Imamsyah; Yudi Bimantaka
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 6, No 2 (2022): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpkpk.v6i2.27949

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis strategi segmenting, targeting, dan positioning (STP) pada Restoran Mie Aceh Agam Jaya. Metode penelitian yang penulis gunakan berjenis metode deskriptif dengan pendekatan secara kualitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan studi dokumentasi dengan pemilik restoran sebagai narasumbernya, hal ini dikarenakan pemilik toko mengetahui segala strategi dan kegiatan yang ada didalam restoran tersebut. Data dari penelitian ini disajikan dengan menggunakan strategi segmenting, targeting, dan positioning (STP). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Pihak restoran telah melakukan dan menerapkan strategi STP pada restorannya. Strategi segmenting didasarkan pada 4 segmen, yaitu demografis, geografis, psikografis, dan perilaku. Target konsumen restoran adalah semua kalangan, baik secara gender ataupun umur. Citra produk dan layanan berkualitas diposisikan oleh pihak restoran untuk menjadi daya saingnnya.
Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Toko Parfum Cendana di Pekanbaru Mahbubah Srimulatsih
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 6, No 2 (2022): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpkpk.v6i2.28779

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Toko Parfum Cendana di kota Pekanbaru dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh harga serta promosi terhadap pembelian dan pemakaian konsumen. Dalam menentukan harga produk perusahaan berupaya menetapkan harga jual yang pantas dan terjangkau oleh daya beli konsumen, dengan harapan konsumen akan menjadi pelanggan. Sample dalam penelitian ini berjumlah 75 orang. Adapun analisis dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode deskritif dan kuantitatif. Hasil analisis penelitian pada Toko Parfum Cendana yaitu, harga dan promosi berparuh signifikan terhadap nilai keputusan pembelian produk parfum pada Toko Parfum Cendana.
Implementasi Digital Marketing Melalui Social Media Campaign Strategy (Studi Kasus: Tokopedia) Shaffa Arindra Tuffahati; Isna Nugraha
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 6, No 2 (2022): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpkpk.v6i2.26406

Abstract

Social media campaign ini memiliki tujuan meningkatkan interaksi dengan potential audiences dan meningkatkan brand awareness produk Tokopedia. Implementasi Digital Marketing dilakukan menggunakan metode Social Media Analytics (SMA) yang merujuk pada pengumpulan informasi dari media sosial dan mengevaluasi informasi tersebut untuk membuat keputusan bisnis. Berdasarkan data tersebut, dilakukan campaign bernama “Man in Sports” dengan menargetkan laki-laki berusia 18-35 tahun. Melalui Instagram, Facebook, dan TikTok Tokopedia, campaign ini dilakukan dalam lima poin utama yaitu historical data insights, target marketing and pesona, social media campaign strategy, content production, dan data-driven content dengan asumsi jangka waktu 3 bulan mulai bulan Oktober hingga bulan Desember. Dalam kampanye ini KPI yang ingin diraih yaitu meningkatkan followers Instagram sebesar 10%, meningkatkan jumlah followers Facebook sebesar 10%, meningkatkan jumlah  followers TikTok sebesar 7% serta meningkatkan engagement rate Instagram Tokopedia dari 0,08% menjadi 0,2%.
Efek Mediasi E-WOM Dalam Hubungan Variabel Antara Aktivitas Content Marketing, Electronic Promotion, dan Customer Intention To Buy Hendra Febrian; Arnolt Kristian Pakpahan
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 6, No 2 (2022): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpkpk.v6i2.28461

Abstract

 Penelitian ini mengkaji peran electronic word of mouth (E-WOM) dalam hubungan variabel antara aktivitas pemasaran digital dan niat beli di kalangan pelanggan marketplace. Kegiatan pemasaran digital terdiri dari pemasaran konten dan promosi elektronik (E-Promotion). Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh melalui kuesioner online dari 180 responden. Pelanggan Marketplace dipekerjakan untuk studi kuantitatif melalui Purposive sampling. Data dianalisis menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan program SPSS dan Amos. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Content marketing, electronic promotion, electronic word of mouth berpengaruh positif terhadap niat beli pelanggan melalui marketplace. Penelitian selanjutnya dapat memperluas penyebaran kuesioner ke seluruh daerah agar data bisa lebih akurat, peneliti selanjutnya dapat memperluas cakupan penelitian diberbagai objek lainnya, dan peneliti selanjutnya dapat melakukan penambahan variabel yang berkaitan pada niat beli pelanggan.
Pengaruh Omnichannel Marketing, Product Assortment dan Online Customer Review Terhadap Minat Beli Konsumen Sociolla Nyoman Sri Subawa; Putu Shinta Sri Sindari
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 6, No 2 (2022): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpkpk.v6i2.25338

Abstract

Penelitian ini ditujukan agar mengetahui bagaimana omnichannel, product assortment dan online customer reviewmampu berdampak secara parsial dan simultan kepada minat beli konsumen Sociolla di Badung. Metode yang digunakan yakni pendekatan kuantitatif dengan menggunakan alat bantu angket yang disebarkan dengan teknik incidental samplingkepada 160 responden dari masyarakat Badung. Data dianalisis melalui bantuan aplikasi SPSS. Diperoleh hasil penelitian seluruh variabel penelitian mempunyai nilai sig < 0,05, berarti seluruh hipotesis di penelitian mampu diterima. Kesimpulan penelitian ini yaitu omni channel marketing memiliki pengaruh positif dan signifikan pada minat beli konsumen Sociolla di Badung; product assortment memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen Sociolla di Badung; online customer review mempunyai dampak positif dan signifikan pada minat beli pembeli Sociolla di Badung; omnichannel marketing, product assortment dan online customer review secara bersama-sama mempunyai dampak positif dan signifikan pada minat beli konsumen Sociolla di Badung. Saran untuk penelitian selanjutnya diharapkan melakukan studi yang lebih mendalam mengenai variabel-variabel yang bukan menjadi bagian dari studi ini serta melakukan riset di lokasi lainnya ataupun dengan lingkup yang lebih lebar. Hasil dari penelitian ini bermanfaat bagi perusahaan terkait dalam meningkatkan niat beli konsumen. Strategi yang diterapkan Sociolla bermanfaat bagi seseorang dalam memenuhi kebutuhan mereka, baik dalam mencari informasi dan menemukan produk yang dicarinya melalui berbagai saluran.

Page 1 of 1 | Total Record : 8