cover
Contact Name
Fauzi Abdillah
Contact Email
abdillah@unj.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jmd@unj.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
JURNAL ILMIAH MIMBAR DEMOKRASI
ISSN : 14121875     EISSN : 25974513     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Scientific Journal of Pulpit of Democracy is a forum for publication of the field of Social-Political, Legal, and Educational Sciences in the form of theoretical studies, research results, and related scientific papers. First published in 2001, with frequencies published 2 times a year in October and April.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 20 No 2 (2021): Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi Volume 20 No. 2 April 2021" : 6 Documents clear
Keteladanan guru PKn terhadap pembinaan disiplin di sekolah Yulita Pujilestari; Haris Nurilham
Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi Vol 20 No 2 (2021): Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi Volume 20 No. 2 April 2021
Publisher : Program Studi PPKn FIS UNJ & Asosiasi Profesi PPKn Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jimd.v20i2.17429

Abstract

ABSTRAKUntuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik diperlukan peran guru pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dan proses pembelajaran yang diintegrasikan pada setiap materi pendidikan pancasila dan kewarganegaraan, dengan lingkungan di mana terdapat nilai-nilai tertentu yang mempengaruhi dan mengubah perilaku mereka. Guru dapat memberikan keteladanan yang baik maka terbentuk perilaku disiplin siswa yang baik. Perilaku disiplin tersebut dibuktikan dalam perbuatan dan tingkah laku yang baik didalam kehidupannya baik disekolah ataupun di masyarakat. Sehingga keteladanan seorang guru ada keterkaitannya dengan kompetensi kepribadian. Bagi seorang guru keteladanan di era sekarang sangat di butuhkan, sebagai panutan bagi disiplinnya siswa. Menurut pengamatan yg dilakukan, menunjukkan bahwa keteladanan guru PKn tersebut menjadi refleksi kehdupan terutama dalam disiplin di sekolah. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan berkenaan dengan keteladanan guru PKn yang mempengaruhi pemikiran, pengetahuan, dan pengaruh kepada siswa dalam disiplin di sekolah. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan Metode survei. Instrumen pengumpulan datanya menggunakan instrumen angket validasi. Sebelum dipakai, instrumen harus valid dan reliabel dengan dihitung uji validasi, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya bedanya. Teknik analisis data terdiri analisis data kevalidan, analisis data kepraktisan, dan analisis data pemahaman konsep dengan paired sample t test. ABSTRACT To improve students' discipline, the role of Pancasila and civic education teachers is needed and the learning process is integrated into every Pancasila and civics education material, with an environment where there are certain values that influence and change their behavior. The teacher can provide a good example so that good student discipline behavior is formed. Such disciplinary behavior is evidenced in good deeds and behavior in his life both in school and in society. So that the absence of a teacher has something to do with personality competence. For a teacher, exemplary in today's era is very much needed, as a role model for student discipline. According to the observations made, it shows that the exemplary Civics teacher is a reflection of life, especially in discipline at school. The purpose of this study was to explain the role models of Civics teachers that influence thinking, knowledge, and influence on students in disciplines at school. The approach in this study using a survey method. The data collection instrument used a validation questionnaire. Before being used, the instrument must be valid and reliable by calculating the validation test, reliability, difficulty level, and difference power. Data analysis techniques consisted of data analysis of validity, data analysis of practicality, and data analysis of conceptual understanding with paired sample t test.
Penerapan Kompetensi Kewarganegaraan dalam Upaya Konservasi Ekosistem Laut Melalui Keterlibatan Maumere Diver Community Ludovikus Bomans Wadu; Andri Fransiskus Gultom; Maria Regina Wesa Wunu
Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi Vol 20 No 2 (2021): Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi Volume 20 No. 2 April 2021
Publisher : Program Studi PPKn FIS UNJ & Asosiasi Profesi PPKn Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jimd.v20i2.17563

Abstract

Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) adalah suatu mata pelajaran wajib yang diterapkan disetiap jenjang Pendidikan di Indonesia agar dapat mengarahkan peserta didik untuk menjadikan pribadi yang berintelektual maupun berakhlak mulia sesuai dengan asas bangsa Indonesia. Untuk mencapai misi tersebut maka dibutuhkan kompetensi kewarganegaraan. Tulisan ini bertujuan menjelaskan penerapan PKn melalui Maumere Diver Community. Pendekatan kualitatif yang digunakan adalah kualitatif, jenis studi kasus, serta pada mengumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi yang termasuk dalam teknik triangulasi.berdasarkan hasil analisis data yakni reduksi, penyajian data, serta menarik kesimpulan bahwa penerapan PKn yang dilakukan memuat tiga kompetensi kewarganegaraan yakni kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Pada kompetensi pengetahuan warga negara diberi suatu edukasi tentang alam laut serta pengaruhnya bagi kehidupan mahkluk hidup serta pelatihan Diving. Maumere Diver Community menerapkan kompetensi sikap adalah dengan cara menajdi teladan bagi warga negara untuk menanamkan sikap peduli terhadap lingkungan laut serta kelestariannya. Sedangkan pada kompetensi keterampilan, Maumere Diver Community berkolaborasi dengan komunitas Trash Hero dalam pengolahan sampah agar menambah nilai jual.
The student legal awareness against the hazards of smoking for health in school Dwi Afrimetty Timoera; Asep Rudi Casmana; Iqbal Syafrudin; Yasnita
Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi Vol 20 No 2 (2021): Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi Volume 20 No. 2 April 2021
Publisher : Program Studi PPKn FIS UNJ & Asosiasi Profesi PPKn Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jimd.v20i2.17979

Abstract

ABSTRACTThe purpose of this study was to find out about (1) The level of legal awareness regarding the dangers of smoking for the health of junior and senior high school students (2) Strategies that need to be done to increase legal awareness regarding the dangers of smoking for the health of junior and senior high school students in the capital city of Jakarta. This research is a research using descriptive qualitative. The method of collecting data is through online interviews. Respondents in this study were 13 civic education teachers at the junior and senior high school levels and 10 junior high school students. The data analysis technique uses data reduction, data display and data verification. The results showed (1) The level of legal awareness of students against the dangers of smoking was very good, this can be seen from the majority of students obeying the smoking prohibition rules in schools. Even so, there are still some unscrupulous students who are caught smoking and bringing vapes (e-cigarettes) to school. (2) The strategy that has been carried out by teachers in schools to increase the legal awareness of students regarding the dangers of smoking for the health of junior high and high school students in the capital city of Jakarta is by increasing legal knowledge and awareness of students through repressive, preventive and maximally repressive through learning civic education. ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang (1) Tingkat kesadaran hukum terkait bahaya merokok bagi kesehatan siswa-siswi SMP dan SMA di DKI Jakarta dan Banten; (2) Strategi yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kesadaran hukum terkait bahaya merokok bagi kesehatan siswa-siswi SMP dan SMA di DKI Jakarta dan Banten. Penelitian ini adalah penelitian dengan menggunakan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data melalui wawancara dan analisis datanya menggunakan reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan (1) Tingkat kesadaran hukum berlalu lintas peserta didik di Kota Makassar tergolong cukup baik, hal ini terlihat dari mayoritas siswa-siswi mematuhi aturan larangan merokok di sekolah. Meskipun demikian, masih ada beberapa oknum siswa yang ketahuan merokok dan membawa vape (rokok elektrik) ke sekolah. (2) Strategi yang telah dilakukan oleh para guru di sekolah untuk meningkatkan kesadaran hukum peserta didik terkait bahaya merokok bagi kesehatan siswa-siswi SMP dan SMA di DKI Jakarta dan Banten adalah dengan cara meningkatkan pengetahuan dan kesadaran hukum para siswa-siswi melalui upaya preemtif, preventif dan represif secara maksimal.
Book Review: Slattery, Patrick. Curriculum Development in The Postmodern Era (1995) Muhammad Adha; Eska Prawisudawati Ulpa; Apriyanda Kusuma Wijaya
Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi Vol 20 No 2 (2021): Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi Volume 20 No. 2 April 2021
Publisher : Program Studi PPKn FIS UNJ & Asosiasi Profesi PPKn Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jimd.v20i2.18181

Abstract

.
A bibliometric analysis of E-Democracy on government research Danang Eko Prastya; Misran; Achmad Nurmandi
Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi Vol 20 No 2 (2021): Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi Volume 20 No. 2 April 2021
Publisher : Program Studi PPKn FIS UNJ & Asosiasi Profesi PPKn Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jimd.v20i2.19772

Abstract

ABSTRACTThis study aims to determine the development of research with the theme E-Democracy on Government in the last ten years from 2011 to 2020. The research method uses qualitative research with literature review or literature review. Data were collected by accessing journals on Scopus and obtaining 120 high-citation articles with ten years from 2010 to 2020. Data analysis used the Vosviewer and Nvivo 12 Plus applications. The results showed that 120 journals studied E-Democracy on Government from 2010 to 2020, with the most significant contributor being the United States. Government Information Quarterly is a popular journal with the most discussion on e-democracy. This study's limitation is that the articles reviewed were only obtained from the Scopus database, so they did not have comparable data. Consequently, future studies need to use a comparative analytical approach involving the Scopus database and the Web of Sciences (WoS). ABSTRAKAnalisis Bibliometrik E-Demokrasi pada Riset Pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan penelitian dengan tema E-Democracy on Government dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir dari tahun 2011 hingga 2020 .Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan kajian pustaka atau literature review. Data dikumpulkan dengan mengakses jurnal di Scopus dan diperoleh 120 artikel bersitasi tinggi dengan rentang waktu 10 tahun dari 2010 hingga 2020. Analisis data menggunakan aplikasi Vosviewer dan Nvivo 12 Plus. Hasil penelitian menunjukan terdapat 120 jurnal yang mengkaji E-Democracy on Government pada tahun 2010 hingga 2020 dengan negara penyumbang terbesar ialah United States. Government Information Quarterly menjadi jurnal yang populer dengan pembahasan e-demokrasi terbanyak. Keterbatasan dari penelitian ini adalah artikel yang direview hanya diperoleh dari database Scopus sehingga tidak memiliki data pembanding. Akibatnya, studi masa depan perlu menggunakan pendekatan analisis komparatif yang melibatkan database Scopus dan Web of Sciences (WoS)
Kontribusi konsep Green Moral Dalam Mendukung SDGs di Era Revolusi Industri 4.0 Wina Nurhayati Praja
Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi Vol 20 No 2 (2021): Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi Volume 20 No. 2 April 2021
Publisher : Program Studi PPKn FIS UNJ & Asosiasi Profesi PPKn Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jimd.v20i2.20099

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini dilatar belakangi oleh berbagai permasalahan lingkungan yang terjadi saat ini. Kerusakan lingkungan yang dihadapi sedikitnya terjadi dari ulah tangan manusia yang tidak bertanggung jawab. Tujuan penelitian ini untuk memberikan pandangan masyarakat tentang pentingnya menjaga dan melestarikan alam, agar alam itu memberikan kebermanfaatan untuk kehidupan. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode etnopedagogi. Hasil penelitian yang penulis peroleh yaitu: (1) Proses pembinaan masyarakat melalui adat istiadat yang sudah lama terbangun memberikan filosofis kuat dalam bersikap bijak terhadap alam,melalui adat istiadat upacara adat nyuguh, babarit, dan sedekah bumi. (2) Dalam mempertahankan adat istiadat di tengah Revolusi Industri 4.0, dengan membumikan nilai-nilai adat yang bermilai luhung terutama dalam menyeleksi dan membatasi teknologi-teknologi yang dirasa kurang bermanfaat untuk masyarakat sekitar. (3) Konsep SDGs, sangat didukung oleh masyarakat adat Kuta terutama dalam pelestarian alam. Masyarakat masih memegang teguh pelestarian alam dengan sangat menghormati lingkungan alamnya, alam itu dijadikan sebagai nilai kehidupan tertinggi bagi mereka. ABSTRACTThe contribution of the green moral concept in supporting the SDG's in the era of the Industrial Revolution 4.0. This research is motivated by various environmental problems that occur today. The environmental damage faced is at least caused by irresponsible human hands. The purpose of this research is to provide a view of the community about the importance of protecting and preserving nature, so that nature can provide benefits for life. The approach used is qualitative with the ethnopedagogical method. The results of the research that the authors obtained are: (1) The process of community development through long-established customs provides a strong philosophical attitude towards being wise towards nature, through the customs of the ceremonies of nyuguh, babarit, and earth alms. (2) In maintaining customs in the midst of the 4.0 Industrial Revolution, by grounding customary values that have noble values, especially in selecting and limiting technologies that are deemed less beneficial to the surrounding community. (3) The concept of SDGs is strongly supported by the Kuta indigenous people, especially in nature conservation. People still uphold the preservation of nature with great respect for their natural environment, this nature is used as the highest value of life for them.

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol. 24 No. 2 (2025): Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi Volume 24 No.2 April 2025 Vol. 24 No. 1 (2024): Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi Volume 24 No. 1 Oktober 2024 Vol. 23 No. 2 (2024): Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi Volume 23 No. 2 April 2024 Vol. 23 No. 1 (2023): Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi Volume 23 No. 1 Oktober 2023 Vol. 22 No. 2 (2023): Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi Volume 22 No. 2 April 2023 Vol 22 No 1 (2022): Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi Volume 22 No. 1 Oktober 2022 Vol 21 No 2 (2022): Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi Volume 21 No. 2 April 2022 Vol 21 No 1 (2021): Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi Volume 21 No. 1 October 2021 Vol 20 No 2 (2021): Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi Volume 20 No. 2 April 2021 Vol 19 No 02 (2020): Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi Volume 19 No. 2 April 2020 Vol 20 No 1 (2020): Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi Volume 20 No. 1 Oktober 2020 Vol 19 No 01 (2019): Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi Volume 19 No. 1 Oktober 2019 Vol 18 No 2 (2019): Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi Volume 18 No. 2 April 2019 Vol 18 No 1 (2018): Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi Volume 18 No. 1 Oktober 2018 Vol 17 No 2 (2018): Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi Volume 17 No. 2 April 2018 Vol 17 No 1 (2017): Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi Volume 17 No. 1 Oktober 2017 Vol 16 No 2 (2017): Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi Volume 16 No. 2 April 2017 Vol 16 No 1 (2016): Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, Vol 16 No 1 Oktober 2016 Vol 15 No 2 (2016): Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi Volume 15 No. 2 April 2016 Vol 15 No 1 (2015): Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi Volume 15 No. 1 Oktober 2015 Vol 14 No 2 (2015): Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi Volume 14 No. 2 April 2015 Vol 14 No 1 (2014): Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi Volume 14 No.1 Oktober 2014 Vol 13 No 2 (2014): Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi: Volume 13 No. 2 April 2014 Vol 13 No 1 (2013): Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi: Volume 13 No. 1 Oktober 2013 Vol 12 No 2 (2013): Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi: Volume 12 No. 2 April 2013 Vol 11 No 2 (2012): Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi: Volume 11 No. 2 April 2012 Vol 10 No 2 (2011): Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, Vol 10 No 2 April 2011 More Issue