cover
Contact Name
Henny Syapitri
Contact Email
heny_syahfitri86@yahoo.com
Phone
-
Journal Mail Official
ojs.usmindonesia19@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
JURNAL LENSA MUTIARA KOMUNIKASI
ISSN : -     EISSN : 25798332     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Sari Mutiara Indonesia berupaya untuk memaparkan pemikiran kritis maupun hasil penelitian yang berpijak kepada eksistensi Ilmu Komunikasi menghadapi dinamika ekonomi, sosial, budaya, dan politik. Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Sari Mutiara Indonesia terbit 1 edisi selama satu tahun. Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Sari Mutiara mencoba menjadi sarana publikasi pemikiran dosen dan praktisi untuk berbagi ilmu pengetahuan khususnya di bidang Ilmu Komunikasi.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 2 (2020): Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi" : 8 Documents clear
KOMUNIKASI PEMASARAN KERAJINAN BAMBU DI SELAAWI, KABUPATEN GARUT, JAWA BARAT Santi Susanti; Iwan Koswara; Rachmaniar Rachmaniar
JURNAL LENSA MUTIARA KOMUNIKASI Vol 4 No 2 (2020): Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi
Publisher : UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap perilaku komunikasi pengrajin dalam memasarkan produk kerajinan bambu Selaawi Kabupaten Garut. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan pendekatan studi kasus, bertujuan untuk menggali dan mendeskripsikan perilaku komunikasi pengrajin dalam pemasaran kerajinan bambu. Data primer diperoleh melalui wawancara dengan lima pengrajin bambu di Selaawi. Data sekunder yang digunakan adalah observasi, studi dokumen komoditas bambu, foto, dan dokumen lain yang terkait dengan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengrajin menerapkan komunikasi pemasaran ke dalam teknik online dan offline. Ini berjalan secara online melalui ponsel, WhatsApp, dan Facebook, sedangkan upaya offline dilakukan melalui pameran atau tatap muka dengan calon pembeli yang datang ke Selaawi. WhatsApp menjadi pilihan utama dalam komunikasi karena relatif lebih mudah dan efisien untuk dilakukan. Dari para pemangku kepentingan, pemerintah daerah mendukung komunikasi pemasaran Selaawi sebagai sentra kerajinan bambu dengan mengadakan berbagai acara, mengenalkannya melalui media sosial, dan berencana membuat sentra kerajinan yang nantinya akan dikaitkan dengan dunia pariwisata. Kesimpulannya, sinergi antara pengrajin dan pembuat kebijakan lokal diperlukan untuk mendukung komunikasi pemasaran kerajinan bambu di Selaawi, Kabupaten Garut agar lebih dikenal.
PENGALAMAN KOMUNIKASI CURHAT ANONIM BAGI FOLLOWERS @18AUTOBASE DI TWITTER Celvin Moniaga Sipahutar; Ana Fitriana Poerana; Nurkinan Nurkinan
JURNAL LENSA MUTIARA KOMUNIKASI Vol 4 No 2 (2020): Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi
Publisher : UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengalaman komunikasi di balik curhat anonim yang dilakukan oleh pengguna Twitter di salah satu akun autobase yakni @18autobase. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi untuk menguraikan masalah penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bagi para informan akun @18autobase adalah wadah curhat online masalah dewasa pribadi yang tepat dan membantu, responden akun @18autobase berkompeten, memiliki kesamaan layaknya tempat curhat profesional dan teman, anonimitas membuat curhat jadi leluasa, memperoleh teman baru, dan tidak ada dampak negatif. Makna curahan hati anonim bagi para informan yakni mengekspresikan permasalahan dewasa dan sensitif yang hanya bisa disampaikan di akun @18autobase ketika bercerita di media sosial khususnya Twitter, melegakan perasaan dan emosi, serta mencari solusi, mengungkapkan masalah pribadi dengan lebih leluasa, dan memperoleh berbagai sudut pandang yang berkualitas. Motif yang mendorong para informan curhat secara anonim di akun @18autobase terbagi menjadi because motive karena dipengaruhi oleh pengalaman mereka di masa lalu yang berkaitan dengan pengalaman curhat langsung di dunia nyata dan pengetahuan positif akan akun @18autobase, dan in order to motive yang berorientasi pada tujuan curhat anonim itu sendiri.
TRANSPARANSI LAPORAN KEUANGAN SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI DAN INFORMASI BANK PAPUA DALAM KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK Robinhot Sagala
JURNAL LENSA MUTIARA KOMUNIKASI Vol 4 No 2 (2020): Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi
Publisher : UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRACT Bank as a company serving financial services banking sector is regulated and supervised by the Financial Services Authority (OJK). Banking companies are required to carry out all policies established by the Financial Services Authority (OJK), one of which is transparency and publication of the company's performance and capital with the aim of ensuring the availability of information for all stakeholdres. The purpose of the research is to know the transparency of financial statements compiled and presented by Papuan banks to each stakeholder in order to open up public information. The method used in this study is descriptive qualitative research by conducting a literature study of bank papua financial statements in 2019. The results showed that Bank Papua applies the principles of Good Coprporate Governance in running the company, which one of the principles is transparency. The Company provides information that must be provided, must be provided immediately, must be provided at any time and the company's financial statements periodically (monthly, quarterly, yearly) are relevant, reliable, complete, timely and understandble that have been audited by independent auditors. The Company also publishes financial statements through the company's internal and external communication media so that each stakeholder knows the company's performance information.
EFEKTIVITAS IKLAN MELALUI SMS BLAST TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN Rizki Briandana; Tirta Lestari; Rustono Farady Marta
JURNAL LENSA MUTIARA KOMUNIKASI Vol 4 No 2 (2020): Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi
Publisher : UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada era konvergensi media, mobile advertising berkembang diantaranya melalui SMS Gateway Server sehingga pesan promosi melalui iklan dapat disebarkan secara luas (broadcast / blast / bulk) secara cepat sehingga pesan dapat segera diterima oleh pelanggan atau bisa disebut dengan istilah SMS Blast. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas iklan melalui SMS Blast terhadap keputusan pembelian konsumen. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah efektivitas iklan yang diukur menggunakan EPIC Model (Empathy, Persuation, Impact dan Communication) dan Keputusan Pembelian. Metodologi penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan tipe eksplanatif melalui metode survei. Populasi pada peneitian ini adalah pengunjung yang menerima SMS Blast di Summarecon Mall Serpong dan Supermall Karawaci dengan jumlah populasi 100 orang pada periode Desember 2019. Hasil penelitian menunjukan iklan melalui SMS Blast sangat efektif, dengan hasil 5.400 lebih tinggi dibandingkan hasil dari Q3 yaitu 4.725. Adapun kontribusi iklan melalui SMS Blast terhadap keputusan pembelian konsumen, sebesar 45.9%, sedangkan 54,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
STUDI META-ANALISIS PENGURANGAN KETIDAKPASTIAN DI ERA DIGITAL: PENCARIAN INFORMASI DI MEDIA SOSIAL SEBELUM PERTEMUAN TATAP MUKA PERTAMA Eric Fernardo; Astrid Rahardaya; Irwansyah Irwansyah
JURNAL LENSA MUTIARA KOMUNIKASI Vol 4 No 2 (2020): Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi
Publisher : UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Saat akan bertemu tatap muka dengan seseorang yang belum pernah ditemui, berbagai ketidakpastian dapat muncul dalam benak. Salah satu upaya untuk mengurangi ketidakpastian adalah melakukan pencarian informasi di media sosial bahkan, media sosial mampu memberikan informasi intim yang sulit diketahui saat pertemuan pertama seperti preferensi politik dan ideologi. Penelitian ini melakukan studi meta-analisis terhadap artikel jurnal yang menggunakan teori yang digagas oleh Charles R. Berger dan Richard J. Calabrese yaitu teori pengurangan ketidakpastian dalam menerapkan strategi pencarian informasi pasif, aktif dan interaktif di era digital. Ada beberapa faktor yang mendasari pencarian informasi di era digital antara lain adalah keamanan dan menghindari salah persepsi. Pencarian informasi di media sosial juga meningkatkan keinginan untuk berkomunikasi dan keterbukaan. Hasilnya ditemukan bahwa sebelum melakukan pertemuan pertama strategi pasif paling banyak dilakukan namun, strategi interaktif paling efektif untuk mengurangi ketidakpastian
STRATEGI PEMASARAN UMKM SEKTOR MAKANAN MELALUI SURVEY EFEKVITAS PEMANFAATAN PROMOSI DI MEDIA SOSIAL (KAJIAN MARKETING NETNOGRAPHY DI INSTAGRAM) Ulfa Yuniati; Intan Primasari; Najla Nadzirotul Jannah
JURNAL LENSA MUTIARA KOMUNIKASI Vol 4 No 2 (2020): Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi
Publisher : UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hidup pada era serba digital membuat kita bisa dengan mudah mengakses informasi yang tak hanya cepat, tetapi juga besar. Hal ini juga mengubah cara kita mengonsumsi hingga membagikan informasi itu. (Nurudin, 2017). Saat ini media sosial yang mendapatkan perhatian dari pelaku bisnis yakni UMKM adalah Instagram. Berdasarkan polling bulan Januari 2016 dari perusahaan mobile research JakPat, sebesar 56.2% pengguna Instagram di Indonesia yang berumur 18 sampai 35 tahun mengikuti akun digital retailer di platform tersebut. Serta akun digital retailer yang diikuti (follow) sosial salah satunya culinary dengan presentase 31.6%. presentase yang paling tinggi di clothes 67.5 (Mahatma, 2016). Penggunaan media sosial oleh UMKM merupakan salah satu strategi pemasaran yang dilakukan agar memperluas pangsa pasar. Selain itu pemanfaatan media sosial untuk pemasaran memberikan efek pada peningkatan jangkauan dan exposure (brand awaraness), berinteraksi dengan follower (engagement) serta peningkatan penjualan (Maizal, 2017). Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran UMKM Bandung melalui survey efektivitas promosi UMKM dengan pendekatan media analisis, network analisis, marketing netnography dalam melihat perilaku konsumen dalam membeli. Metode penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan netnography. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan hasil kuesioner UMKM disertai item-item pertanyaan. Teknik analisis data yang digunakan dengan analisis deskriptif kualitatif yang berdasarkan media analisis, network analysis, marketing netnography, serta melakukan observasi mekanik melalui Instagram untuk membutuhkan penjelasan sumber data secara khusus. Hasil penelitian menunjukkan tahap pertama media analysis yakni reach, engagement, dan virality dapat dirasakan pemilik UMKM. Tahap kedua network analysis menunjukkan bahwa adanya influencer dapat mempengaruhi lebih banyak orang untuk melakukan pembelian, yang telah dirasakan oleh UMKM yang menggunakan influencer. Pada tahap analisis terakhir yaitu marketing netnography, yaitu dilihat pada conversation analysis yang terukur efektif.
EMPAN PAPAN: ETIKA KOMUNIKASI DI MEDIA SOSIAL DALAM PERSPEKTIF BUDAYA JAWA Shely Cathrin; Reno Wikandaru; Achmad Busrotun Nufus; Sri Sudarsih; Destriana Saraswati
JURNAL LENSA MUTIARA KOMUNIKASI Vol 4 No 2 (2020): Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi
Publisher : UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Communication ethics is still a problem in the public domain, especially on social media. There were several viral cases on the internet due to ethical issues in communicating on social media lately. The bias of social media space as private space which is consumed publicly has caused ethical problems in the field of communication. This ethical problem needs to be overcome by educating society about communication ethics in the public sphere, especially on social media. This study aims to describe the concept of empan papan as one of the key concepts in Javanese communication ethics. Based on literature studies combined with hermeneutic analysis, the results show that empan papan can be an alternative communication ethics in the era of information technology. Empan papan is the concept of Javanese situational communication ethics which emphasizes communication on five principles, namely the principle of self-placement, the principle of truth, the principle of accuracy, the principle of situation, and the principle of conditions. This study recommends the need to educate society about the use of communication ethics on board leaders in social media.
POLA KOMUNIKASI KELOMPOK SADAR WISATA (POKDARWIS) DALAM MENGEMBANGKAN PANTAI KELAPA PANYURAN TUBAN SEBAGAI DESTINASI WISATA BERBASIS KEARIFAN LOKAL Kristin Tri Lestari
JURNAL LENSA MUTIARA KOMUNIKASI Vol 4 No 2 (2020): Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi
Publisher : UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kelompok Sadar Wisata atau Pokdarwis Pantai Kelapa Panyuran Tuban dibentuk untuk mengembangkan kelompok masyarakat dalam upaya meningkatkan kesejahteraan di bidang ekonomi serta memiliki kesiapan dan kepedulian di sekitar destinasi pariwisata agar berperan sebagai tuan rumah yang baik, penggerak sadar wisata dan sapta pesona dalam upaya pembentukan local branding wisata yang berbasiskan kearifan local (pengembangan potensi alam, social dan budaya masyarakat setempat). Sehingga pada akhirnya, keberadaan destinasi wisata Pantai Kelapa Panyuran Tuban mempunyai posisi tawar yang sangat tinggi dibandingkan dengan wisata yang lain di Tuban. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pola Komunikasi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dalam Mengembangkan Pantai Kelapa Panyuran Tuban Sebagai Destinasi Wisata Berbasis Kearifan Lokal. Sedangkan dalam pelaksanaannya menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik analisa data Model Miles dan Huberman yaitu aktivitas análisis data reduction, data display dan conclusión drawing/verivication. Selain itu penelitian ini menggunakan teknik keabsahan data melalui triangulasi sumber yaitu membandingkan atau mengecek ulang derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh dari sumber yang berbeda. Hasilnya dapat diketahui bahwa Pola komunikasi Pokdarwis dengan formasi semua arah dimana individu pada semua posisi dimungkinkan untuk mengirim dan menerima informasi ke segala arah. Hal ini terlihat dari hasil temuan bahwasanya ketua Pokdarwis Pantai kelapa selalu berkoordinasi dengan semua pengurus, pedagang dan pengunjung di Pantai Kelapa tanpa terkecuali dan begitu pula sebaliknya. Jadi dalam penyampaian pesan dan penerimaan pesan terjadi kesegala arah tidak ada yang ditutupi semua terbuka untuk kepentingan bersama dalam memajukan Pariwisata Pantai Kelapa Panyuran dengan mengedepankan unggah ungguh dan adat istiadat setempat. Kesimpulannya dalam Pokdarwis Pantai Kelapa menggunakan pola komunikasi semua arah sehingga komunikasi dapat berjalan efektif.

Page 1 of 1 | Total Record : 8