cover
Contact Name
Moebari
Contact Email
moebari54@yahoo.com
Phone
(0274) 587677
Journal Mail Official
lppmkaryahusada@gmail.com
Editorial Address
Jl. Tentara Rakyat Mataram No. 11 B
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Kesehatan Karya Husada
ISSN : 2337649X     EISSN : 26558874     DOI : -
Core Subject : Health,
Jurnal Kesehatan Karya Husada merupakan Jurnal kesehatan yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Akademi Kesehatan Karya Husada pada tahun 2013. Jurnal Kesehatan Karya Husada terbit 2 kali setahun pada bulan Januari dan Agustus.
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 1 (2017): Jurnal Kesehatan Karya Husada" : 20 Documents clear
UJI KOMPARASI KEMAMPUAN SELF-DIRECTED LEARNING PADA MAHASISWA KEPERAWATAN YANG MENJALANKAN PROBLEM-BASED LEARNING Andri Purwandari; Sri Sundari
Jurnal Kesehatan Karya Husada Vol 5 No 1 (2017): Jurnal Kesehatan Karya Husada
Publisher : LPPM Politeknik Kesehatan Karya Husada Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (218.727 KB) | DOI: 10.36577/jkkh.v5i1.72

Abstract

Latar Belakang : Self-Directed Learning merupakan kemampuan melakukan kontrol terhadap seluruh aspek pembelajaran dari seseorang, dimulai pada perencanaan yang matang sampai dengan cara seseorang melakukan evaluasi terhadap performa yang telah dilakukannya. Penerapan metode PBL menuntut mahasiswa lebih banyak belajar mandiri, mengidentifikasi tujuan dan kebutuhan mereka, merencanakan strategi untuk memenuhi kebutuhan tersebut, dan mengevaluasi kemajuan mereka. Tujuan Penelitian : Mengetahui perbedaan kemampuan SDL pada mahasiswa Keperawatan tahun pertama, kedua, ketiga, dan keempat. Metode Penelitian : Penelitian mixed method dengan strategi eksplanatoris sekuensial. Metode kuantitatif menggunakan komparatif kategorik, dan kualitatif menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil Penelitian : Hasil uji Krusskal Wallis menunjukkan nilai sig. 0,00 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan pada tingkat SDL mahasiswa tahun pertama, kedua, ketiga, dan keempat di PSIK FKIK UMY. Hasil indepth interview ditemukan tema yang meliputi learning preparation dan faktor yang mempengaruhi SDL. Kesimpulan : Terdapat perbedaan tingkat SDL mahasiswa tahun pertama, kedua, ketiga, dan keempat. Terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi SDL, meliputi: faktor penghambat: mood dan motivasi, fasilitas kampus, kebosanan, interpersonal skill, adaptasi, dan manajemen waktu; faktor penghambat : dukungan orang tua.
PERSEPSI DAN KEPUASAN MAHASISWA MENGENAI PELAYANAN PENDIDIKAN YANG DISELENGGARAKAN AKADEMI KESEHATAN KARYA HUSADA YOGYAKARTA Istiqomah Istiqomah; Pritta Yunitasari
Jurnal Kesehatan Karya Husada Vol 5 No 1 (2017): Jurnal Kesehatan Karya Husada
Publisher : LPPM Politeknik Kesehatan Karya Husada Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (365.757 KB) | DOI: 10.36577/jkkh.v5i1.80

Abstract

Latar Belakang : Dalam industri pendidikan, pelanggan tidak dapat menilai layanan sebelum pemanfaatannya, sehingga kepuasan mahsiswa dapat mnenjadi reverensi bagi calon mahasiswa untuk mengetahui kualitas suatu perguruan tinggi. Produk lembaga pendidikan adalah proses pendidikan atau proses belajar megajar. Lembaga Pendidikan yang memiliki proses pembelajaran yang bermutu akan memberikan kepuasan terhadap mahasiswanya. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survei dengan tujuan untuk mengetahui persepsi dan kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan pendididkan yang diselenggarakan oleh Akes Karya Husada Yogyakarta. Hasil : Hasil penelitian menunjukan bahwa, responden yang merasa puas terhadap pelayanan pendidikan Akes Karya Huhada sebanyak 78,7 persen dan yang belum puas sebanyak 20,3 persen. Responden yang merasa puas terhadap pelayanan pendidikan Akes Karya Husada selama ini sebanyak 80,7 persen dan yang belum puas sebanyak 19,3 persen. Responden yang kemungkinan akan mengajak saudara/teman untuk kuliah di Akes Karya Husada hanya sebanyak 51,7 persen dan sebagian besar mahasiswa keperawatan mempunyai persepsi yang bagus terhadap pelayanan pendidikan Akes Karya Husada (90,3%). Kesimpulan : Mahasiswa merasa puas dengan pelayanan pendidikan di Akademi Kesehatan Karya Husada, namun kemungkinan mengajak saudara/teman untuk kuliah di Akes karya husada Yogyakarta masih rendah dan mahasiswa mempunyai persepsi yang bagus terhadap pelayanan pendidikan AKES Karya husada Yogyakarta, namun dimensi tangibel, assurance dan empathy pelayanan pendidikan AKES Karya husada Yogyakarta perlu diperbaiki
PENGARUH SELF HELP GROUP TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PADA KEPALA KELUARGA DENGAN PENDERITA DEPRESI Endang Tri Sulistyowati
Jurnal Kesehatan Karya Husada Vol 5 No 1 (2017): Jurnal Kesehatan Karya Husada
Publisher : LPPM Politeknik Kesehatan Karya Husada Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (374.699 KB) | DOI: 10.36577/jkkh.v5i1.83

Abstract

Latar Belakang : Penanganan gangguan jiwa baik di rumah maupun di rumah sakit sampai saat ini belum memuaskan dan sangat bervariasi. Beberapa hal yang ditengarai menjadi penyebabnya adalah ketidaktahuan Kepala Keluarga dalam menghadapi anggota keluarga yang mengalami gangguan jiwa.. Tujuan penelitian ini adalah meneliti pengaruh Self Help Group terhadap Pengetahuan dan Sikap dalam mengambil Keputusan pada Kepala Keluarga dengan penderita depresi Subyek dan Metode : Penelitian ini adalah analitik eksperimental dengan desain Randomized Control Trial. Lokasi di Kecamatan Jetis dengan subyek adalah Kepala Keluarga dengan penderita depresi sebanyak 60 orang. Teknik pengumpulaan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan Chi Square Hasil : Ada hubungan positif antara self help group dan pengetahuan, secara statistik signifikan (OR = 4.00, CI 95% = 1.37-11.70, p = 0.010). Ada hubungan positif antara self help group dan sikap, secara statistik signifikan (OR = 7.00, CI 95% = 1.38-35.48, p = 0.010) Kesimpulan : self help group signifikan terhadap pengetahuan dan sikap kepala keluarga
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TEAM BASED LEARNING TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP DAN TINGKAT PARTISIPASI MAHASISWA PRODI DIII KEPERAWATAN AKES KARYA HUSADA YOGYAKARTA Pritta Yunitasari; Elizabeth Iswantiningsih
Jurnal Kesehatan Karya Husada Vol 5 No 1 (2017): Jurnal Kesehatan Karya Husada
Publisher : LPPM Politeknik Kesehatan Karya Husada Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (357.204 KB) | DOI: 10.36577/jkkh.v5i1.84

Abstract

Latar Belakang :Akademi Kesehatan Karya Husada Yogyakarta tengah berupaya memperbaiki sistem pembelajaran Diploma III Keperawatan dengan mengembangkan metode pembelajaran team based learning. Penelitian ini bertujuan melihat pengetahuan dan sikap mahasiswa terhadap metode pembelajaran team based learning dan tingkat partisipasi mahasiswa dalam proses pembelajaran team based learning. Metode : Penelitian ini menggunakan metode kuantitataif dengan rancangan penelitian adalah cross-sectional. Responden penelitian ini adalah mahasiswa semester V Prodi DIII Keperawatan AKES Karya Husada Yogyakarta berjumlah 53 orang. Hasil : Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat partisipasi mahasiwa dalam proses belajar mengajar team based learning dalam kategori bagus. Responden yang mempunyai partisipasi yang bagus sebanyak 71,2 persen dan mahasiswa yang tingkat partisipasinya kurang bagus sebanyak 28,8 persen. Hasil uji chi square menunjukkan bahwa pengetahuan maupun sikap mengenai metode pembelajaran TBL berpengaruh terhadap tingkat partisipasi mahasiswa (p<0,05). Sebagian besar responden yang mempunyai pengetahuan dan sikap yang baik, mempunyai tingkat partisipasi yang baik dalam proses pembelajaran dengan metode TBL. Kesimpulan : Mahasiswa Akes Karya Husada Yogyakarta mempunyai pengetahuan dan sikap yang baik mengenai proses belajar mengajar dengan metode pembelajaran team based learning, Tingkat partisipasi mahasiswa dalam proses belajar mengejar dengan metode team based learning bagus. Pengetahuan dan sikap mengenai metode pembelajaran team based learning mempengaruhi tingkat partisipasi mahasiswa dalam proses pembelajaran.
PENERAPAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (KBK) dengan SMALL GROUP DISCUSSION (SGD) UNTUK MENGUKUR KOGNITIF PADA MAHASISWA Dian Nur Adkhana Sari
Jurnal Kesehatan Karya Husada Vol 5 No 1 (2017): Jurnal Kesehatan Karya Husada
Publisher : LPPM Politeknik Kesehatan Karya Husada Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (23.16 KB) | DOI: 10.36577/jkkh.v5i1.87

Abstract

Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan isi, dan bahan pelajaran, serta cara penyampaian sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran. Metode pembelajaran KBK menggunakan pendekatan pembelajaran berfokus pada siswa (Student Center Learning/SCL) yang memfokuskan capaian pembelajaran salah satunya menggunakan Problem Based Learning (PBL), SGD merupakan diskusi kelompok kecil (tutorial) yang merupakan jantung dari PBL. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengukur kognitif pada mahasiswa dalam kegiatan SGD. Menggunakan metode eksperimen dengan rancangan pre and post test without control group analisa data menggunakan uji statistik wilcoxon. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa PSIK STIKES Surya Global semester 6, hasil penelitian menunjukkan bahwa p=0,00 karena nilai p< 0,05 yang artinya terdapat perbedaan tingkat kognitif sebelum dilakukan intervensi dan sesudah dilakukan intervensi.
PENGARUH GERAKAN SHOLAT LIMA WAKTU TERHADAP FLEKSIBILITAS SENDI PADA LANJUT USIA DI PANTI WREDA PUCANG GADING SEMARANG M JAMALUDDIN
Jurnal Kesehatan Karya Husada Vol 5 No 1 (2017): Jurnal Kesehatan Karya Husada
Publisher : LPPM Politeknik Kesehatan Karya Husada Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (373.775 KB) | DOI: 10.36577/jkkh.v5i1.90

Abstract

Fleksibilitas sendi dan kekuatan otot yang baik pada lanjut usia sangatlah penting untuk menjalankan aktifitas sehari-hari secara mandiri dan mencegah roboh pada lanjut usia. Olahraga yang dilakukan dengan teratur mampu meningkatkan fleksibilitas sendi. Gerakan sholat yang benar dapat bermanfaat untuk meningkatkan fleksibilitas sendi pada lanjut usia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gerakan sholat terhadap fleksibilitas sendi pada lanjut usia di Panti Wreda Pucang Gading Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi. Selama bulan September 2015, dilakukan penelitian terhadap 29 lanjut usia yang berumur 60-75 tahun yang bisa melakukan sholat dengan berdiri, dalam keadaan sehat, status gizi baik dan mampu melakukan aktivitas sehari-hari secara mandiri dan bersedia menjadi sampel penelitian. Fleksibilitas sendi diukur dengan menggunakkan flekxometer. Hasil penelitian bahwa fleksibilitas sendi pada lanjut usia sebelum diamati adalah 26,46 cm. Setelah diberi intervensi tentang gerakan sholat yang benar selama 4 minggu meningkat secara signifikan menjadi 26,90 cm. Hasil skor penelitian untuk gerakan sholat pada lansia sebelum dilatih rata-rata 52,07. Setelah diberi pendidikan gerakan sholat skor nilai rata-rata meningkat secara signifikan menjadi 67,15. Kesimpulan : Ada peningkatan fleksibilitas sendi lanjut usia setelah mendapatkan intervensi gerakan sholat dengan benar.
APLIKASI METODE PROBLEM BASED LEARNING (TUTORIAL SEVEN JUMP) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN AFEKTIF MAHASISWA PRODI SI KEPERAWATAN STIKES BANYUWANGI Ukhtul Izzah; Wiwik Kusumawati
Jurnal Kesehatan Karya Husada Vol 5 No 1 (2017): Jurnal Kesehatan Karya Husada
Publisher : LPPM Politeknik Kesehatan Karya Husada Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (489.748 KB) | DOI: 10.36577/jkkh.v5i1.169

Abstract

Latar Belakang :Keberhasilan peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan dapat diwujudkan salah satunya melalui ketepatan proses pembelajaran dalam mencapai tujuan pembelajaran, Salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia adalah mengadakan perbaikan kurikulum dari Teacher Centered Learning ke Student Centered Learning adalah dengan menggunakan metode tutorial. Pada hakekatnya peran mahasiswa dalam tutorial adalah suatu proses diskusi kelompok yang memerlukan keterampilan manajemen. Keberhasilan dari diskusi tutorial sangat dipengaruhi oleh tahapan struktur yang terdapat dalam tutorial seven jump. Tujuan Penelitian : Mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) tutorial seven jump terhadap peningkatan kemampuan afektif mahasiswa. Metode Penelitian : Desain penelitian Quasi exsperiment dengan rancangan Pre and post test without control (control diri sendiri). Teknik sampel dengan total sampling yaitu 100 mahasiswa prodi SI keperawatan tingkat I. instrument yang dipakai adalah observasi checklist. Hasil penelitian diuji dengan paired sample t-test Hasil Penelitian :Penilaian Penilaian afektif setelah dilakukan metode pembelajaran PBLtutorial seven jump.pada tutorial 1 didapatkan prasentase tertinggi dengan nilai 65% dengan kategori cukup. Penilaian afektif tutorial 2 didapatkan prasentase tertinggi dengan nilai 64% dengan kategori baik.Sedangkan pada penilaian afektif tutorial 3 didapatkan prasentase tertinggi dengan nilai 60% dengan kategori sangat baik.
Faktor Yang Mempengaruhi Pengetahuan Siswi SMA Kelas XI Tentang Kanker Payudara Di SMA Al-Hikmah Desa Tapos 2 Kecamatan Tenjolaya Kabupaten Bogor Tahun 2016 Lia Indria Sari
Jurnal Kesehatan Karya Husada Vol 5 No 1 (2017): Jurnal Kesehatan Karya Husada
Publisher : LPPM Politeknik Kesehatan Karya Husada Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Menurut data Globocon 2012, diperkirakan jumlah kasus baru kanker payudara sebesar 40,3% per 100.000 atau sekitar 48.998 orang. Sementara angka kematian akibat kanker payudara 16,6% per 100.000 atau sekitar 19.750 orang. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi dan mengetahui Gambaran Pengetahuan Siswi SMA Kelas XI tentang Kanker Payudara di SMA Al-Hikmah Desa Tapos 2 Kecamatan Tenjolaya Kabupaten Bogor tahun 2016 yang ditinjau dari segi gambaran pengetahuan tentang kanker payudara berdasarkan umur, pendidikan terakhir orangtua dan sumber informasi pada bulan desember 2016. Metode penelitian menggunakan desain bersifat deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswi SMA kelas XI di SMA Al-Hikmah Desa Tapos 2 kecamatan Tenjolaya Kabupaten Bogor tahun 2016 dengan jumlah 50 responden. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa data primer yang didapatkan langsung dari siswa kelas XI di SMA Al-Hikmah dengan cara membagikan kuesioner. Pengambilan sampel menggunakan total sampling yaitu sebanyak 50 responden. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa Pengetahuan Siswi Kelas XI Tentang Kanker Payudara Di SMA Al-Hikmah Desa Tapos 2 kecamatan Tenjolaya Kabupaten Bogor Tahun 2016 yang berjumlah 50 responden (100%), dengan pengetahuan Baik 11 responden (22%), sedangkan yang pengetahuan Cukup 30 responden (60%), lalu yang pengetahuan Kurang 9 responden (18%). Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan serta ilmu pengetahuan siswi mengenai pentingnya pengetahuan tentang kanker payudara, serta siswi bisa mencegah sedini mungkin agar terhindar dari penyakit kanker payudara.
Karakteristik Ibu Bersalin dengan Induksi Persalinan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibinong Kabupaten Bogor Tahun 2015 Riana Ulfah
Jurnal Kesehatan Karya Husada Vol 5 No 1 (2017): Jurnal Kesehatan Karya Husada
Publisher : LPPM Politeknik Kesehatan Karya Husada Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

WHO menemukan di Indonesia dari 500.000 ibu bersalin dengan risiko, 200.000 diantaranya dilakukan induksi persalinan. Di Rumah Sakit Umum Daerah Cibinong tahun 2015 induksi persalinan berjumlah 86 orang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik ibu bersalin dengan induksi persalinan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibinong Kabupaten Bogor Tahun 2015 berdasarkan umur, pendidikan, pekerjaan dan paritas. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Data didapatkan dari rekam medik RSUD Cibinong Kabupaten Bogor Tahun 2015 dengan cara menelusuri data-data sesuai dengan variabel-variabel penelitian yang ada dalam status pasien. Populasi pada penelitian ini adalah data rekam medik ibu yang bersalin dengan induksi persalinan di RSUD Cibinong pada tahun 2015 sebanyak 86 dan didapatkan 57 orang sampel. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel Consecutive Sampling. Instrumen ceklist register rekam medik, mengunakan analisis univariat. Hasil penelitian terhadap 57 sampel didapatkan hasil ibu yang bersalin tertinggi yaitu umur 20-35 tahun yaitu, 37 orang (65%). Pendidikan yang tertinggi yaitu pada kelmopok pendidikan dasar 34 orang (60%). Pekerjaan tertinggi pada ibu yang tidak bekerja 49 orang (86%), paritas tertinggi pada paritas multipara sebanyak 30 orang (52%). Dari hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa faktor penyebab ibu bersalin dengan induksi persalinan tertinggi terdapat pada usia 20-35 tahun, pendidikan dasar (SD-SMP), ibu yang tidak bekerja dan paritas pada ibu multipara. Diharapkan untuk peneliti dapat dijadikan sarana mengembangkan dan menerapkan ilmu yang telah diberikan dan diterima dalam rangka kemampuan diri dan sebagai syarat dalam menyelesaikan studi di Akademi Kebidanan Bogor Husada.
Karakteristik Ibu Hamil Yang Mengalami Kehamilan Ektopik Terganggu (KET) di RSUD Cibinong Kabupaten Bogor Tahun 2017 Riana Ulfah
Jurnal Kesehatan Karya Husada Vol 5 No 1 (2017): Jurnal Kesehatan Karya Husada
Publisher : LPPM Politeknik Kesehatan Karya Husada Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kehamilan Ektopik adalah kehamilan dimana setelah fertilisasi implantasi terjadi diluar endometrium kavum uteri. Berdasarkan data dari (RSUD) Cibinong Kabupaten Bogor Tahun 2017 didapatkan data pada ibu hamil dengan Kehamilan Ektopik Terganggu (KET) yaitu 47 kasus. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desktitif. Data yang diambil adalah data sekunder dengan rekam medis. Teknik yang digunakan adalah total sampling dan disajikan dalam bentuk tabel frekuensi, di analisa dan disusun secara naratif, dengan jumlah populasi 47 orang yang juga menjadi sample penelitian. Berdasarkan hasil penelitian ini dengan mengambil 47 responden di temukan proporsi terbanyak kelompok usia 20-35 tahun sebanyak 36 orang (76,6%) , berdasarkan paritas responden terbanyak pada kelompok Grande multigravida 24 orang (51%) , berdasarkan pendidikan terbanyak terdapat SMP-SMA 37 orang (78,7%), berdasarkan pekerjaan terbanyak tidak bekerja sebanyak 38 orang (81%). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kehamilan ektopik masih banyak terjadi. Diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan bagi petugas kesehatan agar dapat lebih meningkatkan pemberian penyuluhan tanda bahaya kehamilan sehingga kehamilan ektopik bisa terdeteksi secara dini.

Page 1 of 2 | Total Record : 20