cover
Contact Name
Resty Gustiawati
Contact Email
-
Phone
+6281290480494
Journal Mail Official
speed@unsika.ac.id
Editorial Address
Gedung FKIP Universitas Singaperbangsa Karawang Jl. H.S. Ronggowaluyo Telukjambe Timur Karawang
Location
Kab. karawang,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Speed (Sport, Physical Education, Empowerment)
ISSN : -     EISSN : 26216698     DOI : 10.35706/speed.v2i1
Core Subject : Education,
JSPEED Merupakan Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Singaperbangsa Karawang yang menerbitkan artikel hasil penelitian dibidang pendidikan Jasmani,dan olahraga. JSPEED terbit dua kali dalam satu tahun, yaitu di bulan Mei dan November.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2018)" : 10 Documents clear
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH MELALUI MODIFIKASI BOLA KARET PADA PEMBELAJARAN BOLA VOLI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TELUKJAMBE TIMUR Alfian Maulana; Citra Resita
Jurnal Speed (Sport, Physical Education, Empowerment) Vol. 1 No. 1 (2018)
Publisher : Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (752.219 KB) | DOI: 10.35706/speed.v1i1.1494

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya meningkatkan hasil belajar passing bawah melalui modifikasi bola karet pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Telukjambe Timur. Untuk menjawab rumusan masalah penelitian yang telah dirumuskan, penulis menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Telukjambe Timur dengan mengambil dua kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas VII B dan VII E berjumlah 78 responden yang masing-masing kelas berjumlah 39 responden dari 520 peserta didik kelas VII. Terdapat tiga tahapan pada penelitian ini, yaitu: pre-test, treatment atau perlakuan dan post-test. Pre-test dilakukan di kedua kelas untuk mengetahui hasil belajar passing bawah siswa sebelum mendapatkan perlakuan. Setelah dilakukan pre-test, peneliti memberikan perlakuan yaitu dengan memberikan pembelajaran passing bawah bola voli di kelas eksperimen dengan menggunakan modifikasi bola karet, sedangkan di kelas kontrol peneliti menggunakan bola voli biasa. Setelah diberikan perlakuan, selanjutnya peneliti melakukan post-test dikedua kelas untuk mengetahui adakah peningkatan dengan menggunakan modifikasi bola karet di kelas eksperimen. Penelitian diolah menggunakan rumus T-test dan dibandingkan dengan T-tabel. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa modifikasi bola karet terdapat peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Telukjambe Timur dengan hasil perhitungan T-test sebesar 2,694 dan dibandingkan dengan T-tabel 2,000.
HUBUNGAN POWER TUNGKAI DAN KELINCAHAN DENGAN KETERAMPILAN MENGGIRING BOLA PADA PERMAINAN FUTSAL Gugun Gunawan
Jurnal Speed (Sport, Physical Education, Empowerment) Vol. 1 No. 1 (2018)
Publisher : Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (489.839 KB) | DOI: 10.35706/speed.v1i1.1496

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara power tungkai dan kelincahan terhadap keterampilan menggiring bola pada permainan futsal. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Sampel adalah seluruh mahasiswa yang mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) futsal sebanyak 30 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Adanya hubungan yang signifikan antara power tungkai dengan keterampilan menggiring bola pada permainan futsal dengan besaran kontribusi sebesar  49%. 2) Adanya hubungan yang signifikan antara kelincahan dengan keterampilan menggiring bola pada permainan futsal dengan besaran kontribusi sebesar 38%. 3) Adanya hubungan yang signifikan antara power tungkai dan kelincahan secara bersama-sama dengan keterampilan menggiring bola pada permainan futsal dengan besaran kontribusi sebesar 68,89%. Untuk itu atlet harus melakukan latihan-latihan yang dapat meningkatkan power tungkai dan kelincahan agar dapat meningkatkan keterampilan menggiring bola.
PENGGUNAAN MEDIA MODIFIKASI DALAM PEMBELAJARAN SERVIS FOREHAND TENIS MEJA Sumbara Hambali
Jurnal Speed (Sport, Physical Education, Empowerment) Vol. 1 No. 1 (2018)
Publisher : Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (458.295 KB) | DOI: 10.35706/speed.v1i1.1500

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar servis forehand siswa menggunakan media meja yang di modifikasi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII/A SMPN 1 Kutawaluya. Penelitian ini dilakukan dengan empat kali pertemuan terdiri dari dua siklus, setiap siklus 2 kali pertemuan. Siklus pertama yang direalisasikan melalui tindakan sesuai rencana dan metode pembelajaran, hasilnya nilai rata-rata siswa dalam pembelajaran servis forehand adalah sebesar 68,06 atau 61,11% siswa lulus, dan 38,89% siswa belum lulus. Pada siklus ke dua yang direalisasikan melalui tindakan hasil refleksi dari siklus pertama, hasilnya nilai rata-rata siswa dalam pembelajaran servis forehand meningkat menjadi 77,78 atau 88,89% siswa lulus dan sisanya 11,11% siswa belum lulus. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tenis meja menggunakan media modifikasi dapat meningkatkan hasil belajar servis forehand siswa kelas VII/A SMPN 1 Kutawaluya.
PENGARUH SIKAP GURU DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN DAMPAKNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI Fahrudin Fahrudin
Jurnal Speed (Sport, Physical Education, Empowerment) Vol. 1 No. 1 (2018)
Publisher : Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (406.083 KB) | DOI: 10.35706/speed.v1i1.1495

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Sikap Guru dan Iklim Organisasi terhadap Motivasi Belajar dan dampaknya terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani Siswa di SMA Negeri 4 Tambun Selatan”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Sikap Guru penjas dan Iklim Organisasi terhadap Motivasi Belajar dan dampaknya terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani Siswa di SMA Negeri 4 Tambun Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Survai dengan pengujian persyaratan analisis jalur dengan bentuk kuisioner. Jumlah populasi penelitian 256 siswa dan sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 15% dari keseluruhan jumlah populasi yaitu 38 orang siswa kelas X SMA Negeri 4 Tambun Selatan. Dari hasil analisis data besarnya pengaruh secara bersama-sama antara variabel Sikap guru (X1) dan iklim organisasi (X2) terhadap Motivasi belajar (X3)  adalah 99,6% dan dampaknya kepada prestasi belajar siswa (Y) adalah 94,67% kontribusi secara bersama-sama variabel X1 dan X2 terhadap X3 dan dampaknya kepada Y dapat dibuat persamaan  X3 = ? x3x1 X1 + ? x3x2 X2 + ?1 dan Y =  ? yx3 . X3 + ?2  di dapat hasil persamaan X3 = 0,995 X1 + 0,014 X2  + 0,063 dan Y= 0,973 X3 + 0,164. Berdasarkan hasil perhitungan untuk variabel sikap guru terhadap motivasi belajar, tampak nilai ? < nilai ?. Jadi 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak artinya terdapat pengaruh yang berarti antara sikap guru dengan motivasi belajar siswa di SMAN 4 Tambun Selatan. Berdasarkan hasil perhitungan pada variabel iklim organisasi terhadap motivasi belajar, tampak nilai ? > nilai ?. Jadi 0,218 > 0,05 maka H0 diterima artinya tidak terdapat pengaruh yang berarti antara iklim organisasi dengan motivasi belajar siswa SMAN 4 Tambun Selatan. Berdasarkan hasil perhitungan pengaruh antara sikap guru dan iklim organisasi terhadap motivasi belajar, tampak nilai r < nilai ?. Jadi 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak artinya terdapat pengaruh antara sikap guru dan iklim organisasi secara simultan terhadap motivasi belajar siswa SMAN 4 Tambun Selatan. Dari perhitungan kausal pengaruh sikap guru dan iklim organisasi terhadap motivasi belajar dan berdampak pada prestasi belajar pendidikan jasmani siswa, tampak nilai ? < nilai ?. Jadi 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak artinya terdapat pengaruh antara sikap guru, iklim organisasi dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pendidikan jasmani pada siswa  di SMAN 4 Tambun Selatan.
UPAYA MENlINGKATKAN HASIL BELAJAR TENDANGAN SABIT PADA CABANG OLAHRAGA PENCAK SILAT MELALUI MEDIA BANTU STATIS PADA SISWA KELAS VIII SMPN 1 JATISARI Rizki Aminudin
Jurnal Speed (Sport, Physical Education, Empowerment) Vol. 1 No. 1 (2018)
Publisher : Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (396.743 KB) | DOI: 10.35706/speed.v1i1.1499

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan  hasil belajar  tendangan sabit dalam cabang  olahraga pencak silat melalui media bantu statis pada siswa. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian tindakan/Action Research dengan menggunakan teknik observasi dan  pengamatan, menggunakan siklus penelitian yang  dibuat  berdasarkan  tiga tahap siklus. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Karawang, jumlah peserta didik yang dijadikan responden dalam satu kelas sebanyak 33 orang Target sasaran dalam penelitian ini adalah siwa dapat melakukan tendangan sabit pencak silat dengan benar. Berdasarkan hasil belajar penelitian ini dapat disimpulkan, terdapat perubahan atau peningkatan dari observasi awal, siklus I dan siklus II. Peningkatan tersebut terlihat progresif dari setiap siklusnya. Untuk ketuntasan belajar siswa dari hasil tes awal siswa yang di nyatakan tuntas sejumlah 9 siswa (27%), siklus I siswa yang dinyatakan tuntas sejumlah 28 siswa (85%), dan siklus II siswa yang dinyatakan tuntas sejumlah 33 siswa (100%). Dengan demikian melalui media bangku sekolah dapat meningkatkan kemampuan dan hasil belajar tendangan sabit pencak silat siswa-siswi kelas VIII SMPN 1 Jatisari.
EFEKTIVITAS PENGUNAAN COUNTER DOWN SEBAGAI MEDIA HITUNG SENAM BAGI PENYANDANG TUNA RUNGU SLB SANTI MULIA SURABAYA Habibi Hadi Wijaya
Jurnal Speed (Sport, Physical Education, Empowerment) Vol. 1 No. 1 (2018)
Publisher : Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (370.437 KB) | DOI: 10.35706/speed.v1i1.1435

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pengunaan counter sebagai media hitung senam penyandang tuna rungu SLB santi mulia Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif, proses pengambilan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi menggunakan media video. Analisa data penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian mengenai tingkat kecacatan yang dialami siswa –siswi slb santi mulia Surabaya pada penelitian ini ialah tergolong tingkat tingkat cacat tuli, kehilangan pendengaran 75 decible atau lebih, dimana tidak dapat mendengarkan suara keras dari jarak dekat 1-2 meter sehingga sangan kesulitan sekali dalam berkomunikasi, baik dalam pelajaran maupun berinteraksi dengan orang disekitar. Kesulitan dalam aktivitas senam adalah kurang konsisten hitungan yang dilakukan oleh guru pengajar menggunakan jari serta fasilitas lainya. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa counter dapat dijadikan sebagai media alat hitung senam bagi penyandang tuna rungu dan lebih efektif dibandingkan dengan hitungan menggunakan jari guru atau instruktur. Melalui media counter yang dapat menampilkan angka 1 sampai dengan 8 sesuai dengan hitungan senam, dimana ketukan hitungan lebih konsisten sehingga para siswa-siswi penyandang tuna rungu lebih mudah mengikuti setiap hitungan yang ditampilkan dalam perubahan gerakannya.
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ANALISIS DAN SINTESIS DALAM BELAJAR RENANG GAYA DADA Akhmad Sobarna
Jurnal Speed (Sport, Physical Education, Empowerment) Vol. 1 No. 1 (2018)
Publisher : Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (427.431 KB) | DOI: 10.35706/speed.v1i1.1493

Abstract

Tujuan penilitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran analisis dan sintesis terhadap kemampuan hasil belajar renang gaya dada. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen, dengan desain random group pretest posttest design. Populasi penelitiannya adalah siswa kelas XII IPS I dan Kelas XI IPS II yang berjumlah 64 siswa. Sampel penelitiannya berjumlah 30 orang dengan menggunakan teknik purposive random sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes proses gerakan hasil belajar renang gaya dada. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Model pembelajaran analisis memberikan pengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar renang gaya dada; 2) Model pembelajaran sintesis memberikan pengaruh secara signifikan terhadap kemampuan hasil belajar renang gaya dada; 3) Model pembelajaran analisis lebih memberikan pengaruh secara signifikan daripada model pembelajaran sintesis terhadap hasil belajar renang gaya dada.
UJI VALIDITAS DAN RELIABILITAS TES PASSING ATAS DAN PASSING BAWAH PADA CABANG OLAHRAGA BOLA VOLI Irfan Zinat Achmad
Jurnal Speed (Sport, Physical Education, Empowerment) Vol. 1 No. 1 (2018)
Publisher : Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (391.926 KB) | DOI: 10.35706/speed.v1i1.1498

Abstract

Artikel ini menganalisis tentang gejala-gejala yang terjadi di lapangan saat penulis melihat para guru sekolah menengah pertama memberikan tes passing atas dan passing bawah pada siswanya dengan tes yang dimodifikasi dan bahkan menggunakan tes yang di peruntukan atau di gunakan untuk siswa SMA/SMK. Pada saat itu penulis melihat apakah tes tersebut memiliki validitas dan reliabilitas yang sesuai dengan apa yang diukurnya atau obyek yang di tesnya apakah tes tersebut cocok untuk di pergunakan pada siswa sekolah menengan pertama. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Apakah tes keterampilan passing atas dan passing bawah dari Brady volley Ball Test dalam permainan bola voli untuk siswa putra sekolah menengah pertama mempunyai tingkat validitas dan reliabilitas yang signifikan”?. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Populasi dan sampel penelitian yaitu siswa putra SMP Pasundan Karawang yang mengikuti ekstrakurikuler bola voli sebanyak 25 orang. Sampel diperoleh melalui teknik purposive sample atau sampel bertujuan. Instrumen penelitian tes keterampilan passing atas dan passing bawah dengan menggunakan Brady Volley Ball Test, untuk tes passing atas didapatkan tingkat validitas sebesar 0.904 menunjukkan hasil sempurna (tinggi), dengan t hitung 10.141 > t tabel 1.71 menunjukkan hasil signifikan dan reliabilitas sebesar 0.879 yaitu kategori Cukup, dengan t hitung 8.843 > t tabel 1.71 menunjukkan hasil signifikan. Kemudian untuk tes passing bawah didapatkan tingkat validitas sebesar 0.862 yaitu kategori cukup, dengan t hitung 8.155 > t tabel 1.71 menunjukkan hasil signifikan dan reliabilitas sebesar 0.797 yaitu kategori sedang, dengan t hitung 6.328 > t tabel 1.71 menunjukkan hasil Signifikan. Diperoleh kesimpulan bahwa: validitas dan reliabilitas tes passing atas dan passing bawah permainan bola voli pada siswa SMP adalah Signifikan.
IDENTIFIKASI CEDERA DAN PENANGANAN CEDERA SAAT PEMBELAJARAN PENJASORKES DI SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN TELAGASARI Akhmad Dimyati
Jurnal Speed (Sport, Physical Education, Empowerment) Vol. 1 No. 1 (2018)
Publisher : Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (394.975 KB) | DOI: 10.35706/speed.v1i1.1263

Abstract

Potensi terjadinya cedera saat proses pembelajaran penjasorkes juga dapat berasal dari lingkungan dan alat yang digunakan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar potensi cedera saat pembelajaran Penjas dan mengetahui seberapa besar tingkat pengetahuan guru penjas di Kecamatan Telagasari Kabupaten Karawang tentang penanganan cedera. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode survey, penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Berdasarkan penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa jenis cedera yang sering terjadi saat proses pembelajaran penjas di Kecamatan Telagasari adalah cedera ringan sebanyak 60,58%; 21,17% untuk cedera sedang, dan 18,24% untuk cedera berat.Kemudian hasil dari analisis pengetahuan guru tentang penanganan cedera termasuk dalam kategori baik sekali yaitu sebanyak 4 orang responden (10%) yang memiliki kategori baik sebanyak 20 orang responden (50%), 15 orang (37,50%) masuk dalam kategori cukup, dan 1 orang (2,50%) berada dalam kategori kurang. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pengetahuan guru penjas di Kecamatan Telagasari tentang prosedur penanganan cedera adalah baik, yaitu sebesar 50%.
MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI MATERI AJAR PASSING BAWAH DALAM PERMAINAN BOLAVOLI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 MAJALAYA Harry Wibowo; Ruslan Abdul Gani
Jurnal Speed (Sport, Physical Education, Empowerment) Vol. 1 No. 1 (2018)
Publisher : Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (382.623 KB) | DOI: 10.35706/speed.v1i1.1497

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi siswa dalam  pembelajaran bolavoli  pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Majalaya. Menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif menggunakan metode survei dengan teknik pengambilan data menggunakan angket. penelitian ini dilakukan dengan populasi seluruh siswa kelas VII sebanyak 352 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini berjumlah 36 responden dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk presentase. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan cara pemberian nilai atas tanggapan tiap butir pernyataan, mempersentasekan motivasi siswa sebesar 38,8% dalam kategori sedang, motivasi intrinsik siswa sebesar 22,2% dalam kategori sedang serta motivasi ekstrinsik siswa sebesar 38,8% dalam kategori tinggi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa 38,8% motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran passing bawah dalam permainan bolavoli berada pada kategori sedang. Tahapan pada penelitian ini yaitu membuat pernyataan pada angket uji coba kemudian divaliditas setelah data tersaji dan dinyatakan valid selanjutnya dilakukan penelitian unuk mengungkapkan motivasi siswa dalam bentuk presentase. Dengan demikian hasil motivasi belajar siswa sebesar 38,8% dalam kategori sedang.

Page 1 of 1 | Total Record : 10