cover
Contact Name
Farid Helmi Setyawan
Contact Email
faridhelmi@stkipmodernngawi.ac.id
Phone
+6282244602919
Journal Mail Official
jpm@stkipmodernngawi.ac.id
Editorial Address
Jl. Ir. Soekarno No. 4 Kabupaten Ngawi, Jawa Timur 63214
Location
Kab. ngawi,
Jawa timur
INDONESIA
JPM (Jurnal Pendidikan Modern)
ISSN : 24601225     EISSN : 2580099X     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
JPM (Jurnal Pendidikan Modern) is a journal published by the Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Modern Ngawi, Indonesia. JPM (Jurnal Pendidikan Modern) encompasses research articles, original research report, reviews, and scientific commentaries in education. The journal publishes a broad range of papers from all branches of education and individual or group learning relating to education.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 3 (2022): Edisi Mei" : 7 Documents clear
Persepsi Pendidik Terhadap Revolusi Teknologi Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 Hasminar Rachman Fidiastuti; Herru Prasetya Widodo; Tantry Ajeng Parnawati
Jurnal Pendidikan Modern Vol 7 No 3 (2022): Edisi Mei
Publisher : STKIP Modern Ngawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37471/jpm.v7i3.381

Abstract

Pandemi Covid-19 telah membuat perubahan dalam proses pembelajaran yaitu pembelajaran dilaksanakan secara daring. Hal tersebut mengharuskan pendidik untuk menguasai teknologi pembelajaran. Tujuan penelitian ini mengetahui persepsi pengajar di berbagai tingkat pendidikan mengenai revolusi teknologi pembelajaran yang dilakukan saat wabah Covid-19. Responden penelitian adalah 140 pendidik peserta pelatihan pengenalan aplikasi dalam pembelajaran e-learning. Aplikasi yang diajarkan pada pelatihan meliputi wakelet, prezi video, quizlet, my view board, dan classcraft. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan metode survei. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 16% pendidik merasa dimudahkan dengan aplikasi yang dipelajari, 22% pendidik menyikapi biasa dan 36% merasa kesulitan beradaptasi dengan perkembangan teknologi pembelajaran selama pembelajaran daring. Penilaian pendidik dan persepsi yang baik tentang revolusi teknologi pembelajaran menunjukkan teknologi pembelajaran berperan besar dan berdampak positif dalam revolusi pembelajaran daring
Pemahaman dan Kesadaran Keselamatan Kerja Laboratorium IPA Siswa SMP Adhitya Chandra Permana
Jurnal Pendidikan Modern Vol 7 No 3 (2022): Edisi Mei
Publisher : STKIP Modern Ngawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37471/jpm.v7i3.461

Abstract

Pedoman laboratorium tidak hanya memberi siswa pengalaman praktis tetapi juga membantu siswa untuk mengidentifikasi bahan berbahaya dan keselamatan kerja di laboratorium. Penelitian ini bertujuan mengetahui pemahaman dan kesadaran keselamatan kerja di laboratorium siswa SMP. Kuesioner survei diberikan kepada 191 siswa kelas IX SMP yang telah memperoleh materi keselamatan kerja di laboratorium. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mengalami miskonsepsi tentang definisi tanda bahaya bahan-bahan di laboratorium. Selain itu, sebagian besar siswa juga memiliki kesadaran keselamatan kerja yang rendah di laboratorium sekolah. Hasil wawancara menyatakan bahwa siswa tidak memperhatikan tanda keselamatan yang ada pada label kemasan bahan selama melakukan percobaan. Hasil penelitian juga memberikan informasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di laboratorium, khususnya dalam meningkatkan kesadaran siswa tentang cara penggunaan, penyimpanan, dan pembuangan yang tepat bahan-bahan di laboratorium.
Peningkatan Kepekaan Pada Korban Bullying Di Lingkungan Pendidikan Yuke Najma Kamila; Bayu Adi Laksono; Lilis Karwati
Jurnal Pendidikan Modern Vol 7 No 3 (2022): Edisi Mei
Publisher : STKIP Modern Ngawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37471/jpm.v7i3.468

Abstract

Masalah bullying masih sering terjadi di lingkungan pendidikan yang menjadikan siswa merasa terganggu serta ketakutan apabila terkena dampak kegiatan pembulian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui fenomena bullying yang terjadi di lingkungan Pendidikan. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif serta didukung dengan kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa potensi bullying bisa dilakukan dan diterima oleh siapa saja. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Potensi bullying akan lebih besar diterima oleh orang-orang yang dianggap lemah dan berbeda. Dampak bullying menyasar pada kesehatan, terlebih pada kesehatan mental. Sebagai bentuk peningkatan kepekaan pada korban bullying, pendidikan formal tidak dapat berdiri sendiri, harus dilengkapi dengan pendidikan nonformal maupun informal.
Implementasi Pembelajaran Berorientasi HOTS dan Kreativitas pada Muatan Pelajaran IPA Siswa SD Negeri Sariharjo Bonifatius Sigit Yuniharto; Ana Fitrotun Nisa
Jurnal Pendidikan Modern Vol 7 No 3 (2022): Edisi Mei
Publisher : STKIP Modern Ngawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37471/jpm.v7i3.477

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menguji kemampuan siswa SD Negeri Sariharjo menggunakan Pembelajaran Berorientasi High Order Thinking Skills (HOTS) dan kreativitas dalam muatan pelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggabungkan informasi yang diperoleh dari beberapa sumber data pada hasil wawancara, hasil observasi, dan catatan tertulis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pembelajaram berorientasi HOTS dan kreativitas ditempuh melalui tahap 1) menganalisis target kompetensi, 2) merumuskan indikator kompetensi, 3) pemilihan model pembelajaran discovery learning, 4) merecanakan kegiatan pembelajaran, 5) pemilihan media serta instrumen, 6) kegiatan pembelajaran, 7) evaluasi, dan 8) refleksi. Implementasi pembelajaran berorientasi HOTS dan kreativitas berdampak pada tumbuhnya kemampuan kreativitas siswa dalam menemukan pengetahuannya sendiri, berpikir kritis dalam pembelajaran, dan dapat memecahkan masalah yang dihadapi.
Penggunaan Media Pembelajaran Model Gerakan Terhadap Hasil Belajar Renang Gaya Dada Danang Prama Dhani; Ida Zubaida; Rian Triprayoga; Arief Nur Wahyudi
Jurnal Pendidikan Modern Vol 7 No 3 (2022): Edisi Mei
Publisher : STKIP Modern Ngawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37471/jpm.v7i3.492

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh antara media model gerakan oleh pengajar, rekaman, dan kombinasi (media model gerakan oleh pengajar dan rekaman) terhadap hasil belajar renang gaya dada. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan 3 variabel independen (media model gerakan oleh pengajar, rekaman, kombinasi (media model gerakan oleh pengajar dan rekaman) dan 1 variabel dependen yaitu hasil belajar renang gaya dada. Sumber data penelitian adalah 30 Mahasiswa Prodi Ilmu Keolahragaan Untirta. Teknik Pengumpulan data menggunakan tes dan pengukuran. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh antara media sajian model gerakan oleh pengajar, rekaman, dan kombinasi terhadap hasil belajar renang gaya dada. Media kombinasi (media model gerakan oleh pengajar dan rekaman) mempunyai peningkatan tertinggi sebesar 195% dibandingkan model gerakan oleh pengajar dan rekaman.
Model Think Pair Share Ditinjau Dari Kecerdasan Logis Matematis Pada Mata Kuliah Analisis Real Oki Ribut Yuda Pradana
Jurnal Pendidikan Modern Vol 7 No 3 (2022): Edisi Mei
Publisher : STKIP Modern Ngawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37471/jpm.v7i3.493

Abstract

Nilai rata-rata UAS mahasiswa STKIP Modern Ngawi tahun 2021 pada mata kuliah Analisis Real berada di angka 61,7. Nilai tersebut masuk dalam nilai kategori rendah. Maka dari itu, dibutuhkan inovasi model pembelajaran untuk meningkatkan nilai mahasiswa yang rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) ditinjau dari kecerdasan logis matematis pada mata kuliah Analisis Real. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan Anava dan uji lanjutan menggunakan Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif pada pembelajaran menggunakan model pembelajaran TPS, yaitu peningkatan nilai mahasiswa. Model pembelajaran TPS memberikan hasil lebih baik dari pembelajaran konvensional pada mata kuliah Analisis Real. Maka dari itu, model pembelajaran TPS bisa menjadi alternatif solusi untuk meningkatkan nilai mahasiswa pada semua mata kuliah.
Integrasi Pendidikan Lingkungan Hidup di Sekolah Dasar dalam Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Uci Ulfa Nur 'Afifah
Jurnal Pendidikan Modern Vol 7 No 3 (2022): Edisi Mei
Publisher : STKIP Modern Ngawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37471/jpm.v7i3.494

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali strategi pengintegrasian pembelajaran lingkungan hidup dalam membentuk karakter peduli lingkungan di Sekolah Dasar (SD) di Ngawi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran lingkungan hidup meliputi pembiasaan, keteladanan, dan action learning Langkah-langkah yang dilakukan guru antara lain memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran dan tempat belajar dan menitikberatkan penilaian pada penilaian afektif. Faktor pendukung ketercapaian antara lain kinerja guru dan kepala sekolah dalam membimbing siswa dan adanya media pembelajaran yang memungkinkan siswa memahami nilai peduli lingkungan. Faktor penghambat antara lain waktu pembelajaran yang terbatas dan peran keluarga yang kurang dalam menanamkan nilai peduli lingkungan.

Page 1 of 1 | Total Record : 7