cover
Contact Name
Tetep
Contact Email
tevs_gaya@yahoo.co.id
Phone
+628973170949
Journal Mail Official
jurnalcss@institutpendidikan.ac.id
Editorial Address
Jalan Pahlawan Sukagalih no.32 Tarogong Kidul, Garut
Location
Kab. garut,
Jawa barat
INDONESIA
Journal Civics and Social Studies
ISSN : 26557304     EISSN : 26558963     DOI : https://doi.org/10.31980
Core Subject :
Jurnal Civicos (Civics and Social Studies) memiliki Scope dan Fokusnya antara lain pada bidang : 1. Pendidikan dan Pembelajaran 2. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 3. Pendidikan Politik, Hukum dan Kenegaraan 4. Pendidikan IPS – Social Studies 5. Social Science 6. Humaniora 7. Ilmu Sosial Serumpun 8. Inovasi Pembelajaran 9. Pedagogik 10. Pendidikan Karakter 11. Multicultural Issues 12. Kajian Gender 13. Multimedia Pembelajaran IPS 14. Kajian Budaya
Arjuna Subject : -
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2021): Volume 5 no 1 Tahun 2021" : 13 Documents clear
Efektivitas Pelatihan Dalam Meningkatkan Kompetensi Sumber Daya Manusia Neneng Hayati; Erwin Yulianto
Journal Civics and Social Studies Vol 5, No 1 (2021): Volume 5 no 1 Tahun 2021
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/civicos.v5i1.958

Abstract

Sumber daya manusia di perusahaan berperan sebagai penentu keberhasilan perusahaan untuk mencapai hasil yang diharapkan. Sumber daya manusia pada perusahaan perlu dikelola secara profesional agar terwujud keselarasan antara kompetensi pegawaidengan dengan tuntutan dan tujuan perusahaan. Salah satu proses pengembangan dan peningkatan kompetensi pegawai dapat dilakukan dengan melaksanakan kegiatan pendidikan dan pelatihan. Pelatihan bagi para pegawai dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain dengan kegiatan on job training dan off the job training. Dengan adanya pelatihan diharapkan produktivitas pegawai akan lebih meningkat serta dapat bekerja secara lebih efektif dan efisien terutama untuk tantangan dalam mencapai tujuan perusahaan ke depan. Evaluasi pelatihan merupakan salah satu cara mengukur efektifitas pelatihan sehingga memberikan feedback bagi perusahaan dalam rangka meningkatkan kompetensi sumber daya manusia.
Dinamika kebudayaan Suku Baduy dalam Menghadapi Perkembangan Global di Desa Kanekes Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak Provinsi Banten Babul Bahrudin; Achmad Zurohman
Journal Civics and Social Studies Vol 5, No 1 (2021): Volume 5 no 1 Tahun 2021
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/civicos.v5i1.795

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dinamika kebudayaan suku Baduy dalam menghadapi perkembangan global. Lokasi penelitian ini di Desa Kanekes Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak Provinsi Banten. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data digunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teori. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data atau kesimpulan. Fokus kajian dalam penelitian ini untuk menganalisis realitas suku Baduy menghadapi perkembangan global dari segi 1) sistem pengetahuan, 2) sistem peralatan hidup dan teknologi, serta 3) sistem mata pencaharian hidup. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa unsur-unsur kebudayaan suku Baduy di tengah arus perkembangan global mulai mengalami perubahan. Sudah banyak masyarakat suku Baduy melanggar hukum adat yang sebelumnya menjadi pedoman hidup mereka. Perubahan yang terjadi terlihat dari perubahan sistem peralatan hidup dan teknologi yang sudah mulai modern, perubahan sistem pengetahuan, dan mata pencaharian hidup yang juga sudah berubah. Perubahan unsur-unsur kebudayaan tersebut karena beberapa faktor, diantaranya karena banyaknya wisatawan, kebijakan pemerintah untuk pembangunan nasional, serta perkembangan teknologi komunikasi yang mulai masuk di wilayah suku Baduy. 
Generasi Milenial Berpancasila di Media Sosial Fina Puspa Effendi; Dinie Anggraeni Dewi
Journal Civics and Social Studies Vol 5, No 1 (2021): Volume 5 no 1 Tahun 2021
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/civicos.v5i1.1051

Abstract

Penelitian ini bertujuan agar generasi milenial menggunakan media sosial dengan baik dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila di media sosial. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif atau pendekatan deskriptif, yang mana dasar teori diperoleh dari hasil kepustakaan buku, jurnal, internet dan media lainnya. Kita sudah berada di era digital, dimana di era ini menyebabkan digitalisasi segala bidang, cara hidup bermasyarakat yang semula konvensional menjadi digital, salah satunya adalah cara bersosialisasi. Pancasila saat ini tengah diuji dengan maraknya pemberitaan hoax seperti sosial politik dan SARA. Untuk itu, sebagai generasi milenial yang muncul di tengah era digital harus melek terhadap teknologi dan menggunakan media sosial dengan baik. Media sosial juga memberikan peluang bagi generasi milenial untuk mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila melalui berbagai platform media sosial. Dengan berpegang pada nilai-nilai Pancasila, maka posisi negara terjamin dan integrasi bangsa tetap kokoh.Kata kunci: Generasi milenial, Pancasila, Media sosial
Analisis Pola Penggunaan Tagar Viral sebagai Media Pendidikan Karakter Netizen (Studi Kritis pada Fenomena Global mengenai Tagar #dajjal di Twitter) Purwati Purwati; Eldi Mulyana; Nuraly Masum Aprily
Journal Civics and Social Studies Vol 5, No 1 (2021): Volume 5 no 1 Tahun 2021
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/civicos.v5i1.1071

Abstract

ABSTRACTHashtag plays a role as the key to global social change while education plays a role as a tool to optimize it. A topic discussed in this study is that a research on viral hashtag has not been found as a medium for character education for netizens. The research problems formulated in this study are viral Twitter hashtags and the concept of viral hashtags as a medium for character education for netizens. This study aims to determine the patterns of viral hashtags on Twitter and to find out the concept of viral hashtags as a medium for character building for netizens. This study has the benefit of complementing the concept of character education in the technology era and helping people become netizens with character. The research used a qualitative approach with discourse analysis. The objects of this study are viral hashtags, while the subjects are netizens. The samples of this study are the hashtag #dajjal found on Twitter. The instruments used are observation and document notes. The data dealing with character education were analyzed and triangulated. The results of this study show that: 1) viral hashtags are used to share knowledge, pray, opinions, discussions, social movements, peace mediators, entertainment, and personal interests; 2) the concept of character education for netizens, namely viral hashtags as a medium for conveying knowledge, expression, declaration, clarification, action, and control values.Keywords: hashtags, media, character education, netizens, Twitter ABSTRAKTagar sebagai kunci perubahan sosial global dan pendidikan sebagai alat untuk mengoptimalnya. Masalah penelitian pada kajian ini yaitu belum ditemukan penelitian tagar viral sebagai media pendidikan karakter bagi netizen. Rumusan masalahnya adalah pola penggunaan tagar Twitter yang viral dan konsep tagar viral sebagai media pendidikan karakter bagi netizen. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pola penggunaan tagar yang viral di media sosial Twitter dan juga untuk mengetahui konsep tagar viral sebagai media pembinaan karakter netizen. Penelitian ini memiliki manfaat untuk melengkapi konsep pendidikan karakter era teknologi dan membantu masyarakat menjadi netizen yang berkarakter. Penelitian menggunakan: pendekatan kualitatif; analisis wacana; objek penelitian berupa tagar viral; subjeknya adalah netizen; sampel berupa tagar #dajjal; observasi; catatan dokumen; analisis tinjauan pendidikan karakter; dan triangulasi teori. Hasil penelitian ini yaitu: 1) tagar viral digunakan untuk berbagi ilmu, berdoa, beropini, diskusi, gerakan sosial, mediator perdamaian, hiburan, dan kepentingan pribadi; 2) konsep pendidikan karakter bagi netizen yaitu tagar viral sebagai media penyampai pengetahuan nilai (values knowledge), ekspresi keyakinan nilai (values express), deklasari pilihan nilai (values declare), klarifikasi nilai (values clarification), aksi nilai (values action), dan pengontrol nilai (values control).Kata Kunci: Tagar, media, pendidikan karakter, netizen, Twitter
STRATEGI KEUNGGULAN BERSAING YANG BERORIENTASI KEPADA KINERJA PEMASARAN PERGURUAN TINGGI SWASTA Rita Herawati; Nizar Alam Hamdani; Wati Susilawati
Journal Civics and Social Studies Vol 5, No 1 (2021): Volume 5 no 1 Tahun 2021
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/civicos.v5i1.1134

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisa pengaruh Strategi Keunggulan Bersaing yang Berorientasi kepada Kinerja Pemasaran di Universitas Garut.  Metode penelitian yang digunakan adalah metode descriptive survey dan explanatory survey dengan unit analisis organisasi, yaitu Universitas Garut dan unit observasi adalah pipinanan perguruan tinggi. Teknik analisis data  dalam penelitian ini dengan menggunakan structural equation modeling berbasis varian atau komponen yaitu partial least square (PLS) dengan program smartpls 3.0,   maka semua anggota populasi ditetapkan sebagai responden. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Lingkungan pemasaran eksternal memiliki pengaruh positif terhadap keunggulan bersaing. 2) Lingkungan pemasaran eksternal tidak memiliki pengaruh terhadap Kinerja Pemasaran, 3) Lingkungan pemasaran internal  memiliki pengaruh positif terhadap keunggulan bersaing, 4) Lingkungan pemasaran internal tidak memiliki pengaruh terhadap Kinerja pemasaran, 5) Keunggulan bersaing memiliki pengaruh positif terhadap Kinerja Pemasaran. Kata kunci : Keunggulan bersaing, Kinerja Pemasaran, Lingkungan Pemasaran
EKSISTENSI PENERIMAAN TEMAN SEBAYA BAGI PENGUATAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA Ai Sukmaningsih; Dr Tetep
Journal Civics and Social Studies Vol 5, No 1 (2021): Volume 5 no 1 Tahun 2021
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/civicos.v5i1.1140

Abstract

Pengembangan keterampilan sosial merupakan hal yang penting untuk dimiliki siswa karena dapat membentuk kesadaran berperilaku bagi siswa, baik dari segi berinteraksi dengan orang lain, cara berkomunikasi, membangun sebuah kelompok yang saling menguatkan, percaya satu sama lain dan sampai dimana individu mampu menyelesaikan masalah. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah (1) mengetahui pemahaman tentang penerimaan teman sebaya siswa SMPN 1 Pakenjeng. (2) mengetahui bentuk keterampilan sosial siswa SMPN 1 Pakenjeng. (3) mengetahui bagaimana efektivitas penerimaan teman sebaya terhadap penguatan keterampilan sosial siswa SMPN 1 Pakenjeng. Yang melatarbelakangi penelitian ini adalah masih rendahnya penerimaan teman sebaya, sehingga berdampak bagi penguatan keterampilan sosial siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, pengumpulan datanya melalui penyebaran angket dan wawancara. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Pakenjeng, kemudian melalui simple random sampling akhirnya diperoleh responden sebanyak 35 siswa. Berdasarkan hasil penelitian  menujukkan bahwa (1) pemahaman penerimaan teman sebaya pada siswa SMPN 1 Pakenjeng tergolong cukup/sedang (2) bentuk keterampilan sosial pada siswa SMPN 1 Pakenjeng adalah Self-related Behaviour (perilaku yang berhubungan dengan diri sendiri) (3) eksistensi penerimaan teman sebaya cukup efektif terhadap penguatan keterampilan  sosial pada siswa SMPN 1 Pakenjeng. Kata Kunci :   Eksistensi, Teman Sebaya, Penerimaan Teman Sebaya, Penguatan, Keterampilan Sosial
Representasi Perempuan dalam Politik (Studi Pemilihan Legislatif Kota Dumai Periode 2019-2024) Ramlan Darmansyah; Ade Sartika
Journal Civics and Social Studies Vol 5, No 1 (2021): Volume 5 no 1 Tahun 2021
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The research was motivated by the existence of problems related to the interests of women which needed representation of women in the legislative body and also influences the provisions in Law Number 8 of 2012 concerning the General Election of Members of the DPR, DPD and DPRD relating to the 30% quota for women's representation. The formulation of the problem in this research is what is the form of legal guarantee for women's representation in the political sphere?. Then second, what is the level of vote acquisition of PPP women legislative candidates in the 2019-2024 election period in Dumai City ?. The purpose of this research is to see the certainty of legal guarantees for women's representation in the political realm and to see the level of vote acquisition of women legislative candidates for the PPP party in the 2019-2024 elections in Dumai City.  The focus of this research is to examine the results of women's vote acquisition in politics, especially in the Dumai City United Development Party (PPP) for the 2019-2024 period. This research is a research that uses the literature study method, where the data used comes from materials such as books, journals, and the results of research libraries from various references. The results of this study indicate that the results of women's votes from the United Development Party (PPP) in Dumai City have decreased significantly. This is because none of the women legislative candidates have succeeded in holding the legislative seats as representatives of women in the political arena.Keywords: Representation, Women, Politics, Political Parties, Votes
INTEGRASI METODE PADA PEMBELAJARAN TEMATIK IPS DAN PKN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SDIT ALAM GARUT Tetep Dr.; maharani purnamasari
Journal Civics and Social Studies Vol 5, No 1 (2021): Volume 5 no 1 Tahun 2021
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/civicos.v5i1.1192

Abstract

The COVID-19 pandemic has had a significant impact on the world of education, especially learning at school, learning challenges and offline has become a relentless tug of war until now. The use of learning methods demands teacher creativity in current conditions, so the ability to integrate various learning methods must continue to be carried out. This study examines the integration of learning methods in Social Studies and Citizenship Education thematic learning carried out by classroom teachers at SDIT ALAM GARUT during the COVID-19 pandemic. This research was conducted using a descriptive approach where data collection was done by interview, observation and documentation. Interviews were conducted with teachers, students, and parents, observations with teachers, students, and parents, as well as observing several supporting documents. The results showed that there was an integrated use of methods in Social Studies and Citizenship Education thematic learning at SDIT Alam Garut, including: lectures via voicenotes, direct or limited demonstrations via video, giving through photos, written assignments given via WhatsApp or students or parents taking assignments at the school. schools, and practices that are videoed and sent via the WhatsApp application. The use of this integration of learning methods is solely to maintain the continuity of the learning process for students at SDIT Alam Garut during the Covid 19 Pandemic.
EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN IPS BERBASIS MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SD Putri Dewi Nurhasana
Journal Civics and Social Studies Vol 5, No 1 (2021): Volume 5 no 1 Tahun 2021
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/civicos.v5i1.1139

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran IPS berbasis Macromedia flash untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa SD. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi esperimental dengan desain penelitian  pre-test and post-test control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Sendangadi. Sampel yang diambil dengan teknik random sampling dengan 2 kelas kelompok eksperimen dan 1 kelas kontrol. Instrumen yang dipakai dalam penelitian ini berupa lembar observasi dan lembar soal tes. Analisis data menggunakan uji MANOVA dengan rumus Hotellings Trace dengan taraf signifikan 5%. perbedaan nilai signifikansi uji Hotellings Trace adalah 0,000 < 0,05 untuk uji beda kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dengan demikian media pembelajaran IPS berbasis macromedia flash efektif meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa SD kelas IV. Kata Kunci: Media Pembelajaran, IPS, Macromedia Flash, Motivasi, Hasil Belajar.
Interferensi Sintaksis Bahasa Indonesia pada Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Non-Jurusan Bahasa Inggris Amir Hamzah; Muhamad Taufik Hidayat; Wahid Hasim
Journal Civics and Social Studies Vol 5, No 1 (2021): Volume 5 no 1 Tahun 2021
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/civicos.v5i1.922

Abstract

This study aims to analyze the Indonesian language syntactic interference on English Speaking Skills of English Language Students. The research subjects were students of semester 3 at a non-English language college in Garut. This study uses a qualitative descriptive approach with equivalent and distribution methods. Meanwhile, the corpus was obtained by using the listening technique (SBLC), recording and taking notes from students' conversation assignments about their past activities in the form of videos. The results showed that the syntactic interference in this study includes the inaccuracy of word forms that are influenced by the past, inaccurate subject-verb agreements, inaccuracies, absence of articles, sentence patterns that do not match S + V + O, inaccurate use of the words 'no' and 'not'.Keywords: interference, syntax, speaking skills

Page 1 of 2 | Total Record : 13


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol. 9 No. 1 (2025): Vol 9 No 1 tahun 2025 Vol. 8 No. 2 (2024): Jurnal Civicos Vol 8 No 2 Tahun 2024 Vol. 8 No. 1 (2024): Jurnal Civicos Vol 8 No 1 Tahun 2024 Vol. 7 No. 2 (2023): Jurnal Civicos Vol 7 No 2 Tahun 2023 Vol 7, No 1 (2023): Vol 7 no 1 Tahun 2023 Vol. 7 No. 1 (2023): Jurnal Civicos Vol 7 No 1 Tahun 2023 Vol 6, No 2 (2022): Vol 6 No 2 Tahun 2022 Vol. 6 No. 2 (2022): Jurnal Civicos Vol 6 No 2 Tahun 2022 Vol 6, No 1 (2022): Vol 6 no 1 Tahun 2022 Vol. 6 No. 1 (2022): Jurnal Civicos Vol 6 No 1 Tahun 2022 Vol. 5 No. 2 (2021): Jurnal Civicos Vol 5 No 2 Tahun 2021 Vol 5, No 2 (2021): Volume 5 No 2 Tahun 2021 Vol. 5 No. 1 (2021): Jurnal Civicos Vol 5 No 1 Tahun 2021 Vol 5, No 1 (2021): Volume 5 no 1 Tahun 2021 Vol 4, No 2 (2020): Call Paper Vol 4 no 2 Desember 2020 Vol. 4 No. 2 (2020): Jurnal Civicos Vol 4 No 2 Tahun 2020 Vol 4, No 1 (2020): Call Paper Vol 4 No 1 Juni 2020 Vol. 4 No. 1 (2020): Jurnal Civicos Vol 4 No 1 Tahun 2020 Vol 3, No 2 (2019): vol 3 nomor 2 tahun 2019 Vol. 3 No. 2 (2019): Jurnal Civicos Vol 3 No 2 Tahun 2019 Vol. 3 No. 1 (2019): Jurnal Civicos Vol 3 No 1 Tahun 2019 Vol 3, No 1 (2019): vol 3 nomor 1 tahun 2019 Vol 2, No 2 (2018): Journal CSS Vol 2 No 2 Tahun 2018 Vol. 2 No. 2 (2018): Jurnal Civicos Vol 2 No 2 Tahun 2018 Vol 2, No 1 (2018): Journal CSS Vol 2 No 1 Tahun 2018 Vol. 2 No. 1 (2018): Jurnal Civicos Vol 2 No 1 Tahun 2018 Vol 1, No 1 (2017): Journal CSS VOL 1 NO 1 2017 Vol. 1 No. 1 (2017): Jurnal Civicos Vol 1 No 1 Tahun 2017 More Issue