cover
Contact Name
Tetep
Contact Email
tevs_gaya@yahoo.co.id
Phone
+628973170949
Journal Mail Official
jurnalcss@institutpendidikan.ac.id
Editorial Address
Jalan Pahlawan Sukagalih no.32 Tarogong Kidul, Garut
Location
Kab. garut,
Jawa barat
INDONESIA
Journal Civics and Social Studies
ISSN : 26557304     EISSN : 26558963     DOI : https://doi.org/10.31980
Core Subject :
Jurnal Civicos (Civics and Social Studies) memiliki Scope dan Fokusnya antara lain pada bidang : 1. Pendidikan dan Pembelajaran 2. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 3. Pendidikan Politik, Hukum dan Kenegaraan 4. Pendidikan IPS – Social Studies 5. Social Science 6. Humaniora 7. Ilmu Sosial Serumpun 8. Inovasi Pembelajaran 9. Pedagogik 10. Pendidikan Karakter 11. Multicultural Issues 12. Kajian Gender 13. Multimedia Pembelajaran IPS 14. Kajian Budaya
Arjuna Subject : -
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2023): Vol 7 no 1 Tahun 2023" : 13 Documents clear
Juridical Review of the Decision of BANDUNG District Court No. 166/Pdt/G/1991/PN.BDG After the Amendment of Law No. 7 of 1989 Maskur Maskur; Hermansyah Hermansyah; Ade Suherman; Prima Melati
Journal Civics and Social Studies Vol 7, No 1 (2023): Vol 7 no 1 Tahun 2023
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/civicos.v7i1.2699

Abstract

Judicial competence within the scope of judicial power includes general and religious courts. The explanation in Law No. 7 of 1989 regarding religious courts still provides a choice of law for those who litigate and adhere to Islam. This study aims to determine the legal position of the Bandung District Court decision No. 166/Pdt/G/1991/PN.BDG after the amendment of Law No. 7 of 1989. The research method used is descriptive analytical by using literature study and using secondary and primary legal sources and interviews. The results showed that the decision of the Bandung District Court No. 166/Pdt/G/1991/PN.BDG was based on the competence of the Religious Courts contained in Law No. 3 of 2006 after the amendment of Law No. 7 of 1989 regarding Religious Courts. Bandung District Court Decision No. 166/Pdt/G/1991/PN.BDG is null and void because the settlement of property and inheritance disputes for those who are Muslims must be resolved through the Religious Court because Law No. 3 of 2006 does not recognize the choice of law for those who are Muslims in resolving property and inheritance disputes as previously regulated in Law No. 7 of 1989.Keywords: Bandung District Court Decision No. 166/Pdt/G/1991/PN.BDG, UU No. 7 of 1989
Village Government's Efforts in Increasing the Work Discipline Of Village Apparatus In Gera Village Sikka District Maria Vevilia Nestin; Danar Aswim
Journal Civics and Social Studies Vol 7, No 1 (2023): Vol 7 no 1 Tahun 2023
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/civicos.v7i1.1971

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Upaya Pemerintah Desa Dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Aparat Desa di Desa Gera Kecamatan Mego Kabupaten Sikka dan faktor apa saja yang menghambat Upaya Pemerintah Desa dalam meningkatkan disiplin kerja Aparat Desa. Metode penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan deskriptif kualitatif sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Informan yang terlihat dalam penelitian ini adalah Kepala Desa, Aparat Desa dan Masyarakat Desa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan conclusion drawing/verification.  Hasil penelitian bahwa Upaya Pemerintah Desa dalam meningkatkan disiplin kerja aparat Desa di Desa Gera Kecamatan Mego Kabupaten Sikka dilakukan dengan cara Pembinaan Khusus untuk Aparat dan ada beberapa faktor penghambatan peningkatan kedisiplinan kerja Aparat  Desa yaitu faktor topografi atau medan jalan yang sangat sulit, banyak Aparat yang tidak memiliki kendaraan pribadi serta Kepala Desa dan Aparat Desa tempat tinggalnya jauh dari Kantor Desa. Penelitian ini menyarankan  untuk meningkatkan disiplin kerja aparat desa sebaiknya Kepala Desa memberikan motivasi secara terus menerus tentang pentingnya disiplin dalam bekerja. Kepala Desa seharusnya segera membuat Peraturan Desa sebagai dasar dalam meningkatkan kedisiplinan kerja aparat desa termasuk pemberian penghargaan dan sanksi kepada aparat desa. Serta Kepala Desa harus tetap memperhatikan daftar hadir setiap masuk jam kerja dan pulang kerja sebagai alat untuk mengotrol.
Relevance Compulsory Learning in Basic Education, Pancasila Students and The Golden Generation of Indonesia in 2045 Fitri Silvia Sofyan; Aris Riswandi Sanusi
Journal Civics and Social Studies Vol 7, No 1 (2023): Vol 7 no 1 Tahun 2023
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/civicos.v7i1.2969

Abstract

The results of this study indicate that an educational strategy is needed to create the Indonesian Generation towards 2045 as a superior generation. Careful, well-planned strategy and integrated steps for all elements of the nation. In this case basic education is the foundation for seeking to improve the quality of human resources. As stated in article 6 of RI Law No. 20 of 2003 "every citizen aged seven to fifteen years is obliged to attend basic education". The Pancasila Student Profile is designed according to the expectations or results of the Indonesian education system. As stated in the Ministry of Education and Culture (2021: 1) what is meant by Pancasila Students is: "Indonesian students are lifelong students who are competent, have character, and behave according to Pancasila values". This statement is closely related to two things, namely: "the competence to become citizens of a democratic Indonesia and to become superior and productive human beings in the 21st Century". In this case, Indonesian students are expected to be able to participate in global development that is sustainable and resilient in facing various challenges. Keywords: 12 Years Fair Education, Pancasila Students, Indonesian Golden Generation
Quality Of The Learning System And Services At The Institute Of Teacher Education (ITE) SYED ISMAIL SYED MUSTAPA; Azahar Aziz; Shamsazila Sa’aban; Salmiah Md.Salleh
Journal Civics and Social Studies Vol 7, No 1 (2023): Vol 7 no 1 Tahun 2023
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/civicos.v7i1.2916

Abstract

The Graduate Tracer Study is an annual survey conducted to determine graduates' satisfaction with the quality of the learning system and services provided after they have completed their studies. This study aims to survey Institute of Teacher Education (ITE) graduates' perspectives on eight (8) aspects, namely the content of the study programme, assessment system, counselling and career guidance services, teaching staff, infrastructure facilities, skills acquired from studies, self-preparedness, and perception of ITE's reputation. A total of 2191 graduates from 27 ITE campuses have answered the distributed instrument. The survey's findings suggest that the graduates' overall viewpoint on the eight (8) aspects of the study is at a high level, with a mean score of 4.67 (SD=. 55). The mean for each aspect is also high, which is the perspective on self-preparedness (mean 4.80; SD=. 43); skills obtained from studies (mean 4.79; SD=. 44); perception of ITE's reputation (mean 4.79; SD=. 48); teaching staff (mean 4.76; SD=. 48); study programme content (mean 4.77; SD=. 48); assessment system (mean 4.62; SD=. 58); counselling and career guidance services (mean 4.56; SD=. 65); and infrastructure facilities (mean 4.31; SD=. 82). Following that, the study's findings suggest that 2,126 graduates (97.0%) aim to continue their education at a higher level. The study's findings also suggest that many graduates (98.3%) showed a willingness to continue serving in the teaching profession. The researcher proposed increasing the male student recruitment quota for the Bachelor of Teaching programme. Similarly, infrastructure facilities need to be enhanced. Furthermore, ITE graduates must embrace the opportunity to continue their studies at a higher level. Simultaneously, ITE must accelerate the implementation of Masters and Doctoral study programmes at ITE.  Finally, the researcher recommended that additional research be conducted on the influence of parts of the ITE learning system and services to improve the teacher education programme.
Evaluation of the Implementation of Curriculum for Teaching Elementary School Malay Language Skills to Malay Language Teacher Students at the Teacher Education Institute (IPG) Amat Tarop bin Sumo
Journal Civics and Social Studies Vol 7, No 1 (2023): Vol 7 no 1 Tahun 2023
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/civicos.v7i1.2240

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk menilai kurikulum Pengajaran Kemahiran Bahasa Melayu Sekolah Rendah dalam kalangan siswa guru elektif teras Bahasa Melayu di IPG bagi Program Ijazah Sarjana Muda Perguruan (PISMP). Kajian ini akan menilai keberkesanan kurikulum ini kepada siswa guru bukan opsyen yang mengambil elektif teras Bahasa Melayu sebagai subjek minor. Model Penilaian Stufflebeam 1971 iaitu Context-Input-Process-Product (CIPP) telah digunakan dalam kajian ini. Keberkesanan kurikulum ini terhadap siswa guru akan dilihat dalam dimensi konteks, input, proses dan produk.  Kaedah kuantitatif  dengan menggunakan tinjauan soal selidik telah digunakan bagi mendapatkan data daripada siswa guru. Data kuantitatif diperoleh melalui soal selidik daripada 119 orang siswa guru. Analisis data menggunakan perisian IBM SPSS versi 26.0. Dapatan deskriptif menunjukkan beberapa aspek konteks, input, proses dan produk adalah baik. Melalui kajian ini didapati bahawa kurikulum Pengajaran Kemahiran Bahasa Melayu Sekolah Rendah amat memberi kesan yang positif  kepada siswa guru berdasarkan keempat-empat dimensi  Aspek-aspek seperti hasil pembelajaran dan isi kandungan kurikulum, sumber fizikal, sumber manusia, dan pentaksiran didapati memberi kesan yang positif kepada siswa guru yang mengambil kursus. Keberkesanan kurikulum ini terhadap siswa guru elektif teras Bahasa Melayu menjadi pemangkin untuk melahirkan siswa guru yang berpengetahuan luas berkenaan Kemahiran Bahasa Melayu Sekolah Rendah.
The Role of Departement of Transfortation Sikka District to Optimization of The Function of Lokaria Terminal, Kangae Sub-District Maria Nona Isa; Danar Aswim
Journal Civics and Social Studies Vol 7, No 1 (2023): Vol 7 no 1 Tahun 2023
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/civicos.v7i1.1927

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana Peran Dinas Perhubungan Dalam Optimalisasi Fungsi Terminal Angkutan Umum di Terminal Lokaria, Kecamatan Kangae dan Kendala apa saja yang di alami oleh Dinas Perhubungan dalam mengoptimalkan fungsi terminal. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber Data yang digunakan yaitu Sumber Data Primer dan Sumber Data Sekunder. Informan yang terlibat dalam penelitian ini adalah di Dinas Perhubungan Kabupaten Sikka bagian Seksi Lalu Lintas dan angkutan jalan, dan Pengguna Terminal Lokaria. Teknik Pengumpulan Data yang digunakan adalah Teknik Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Teknik Analisis data meliputi data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan conclusion drawing/verification (Penarikan Kesimpulan).  Hasil penelitian yang di dapatkan yaitu upaya telah dilakukan Dinas Perhubungan seperti mengajak masyarakat serta para pengguna terminal untuk menjaga dan merawat sarana terminal yang ada walaupun minim, koordinasi dengan para pengguna Terminal (pengusaha dan sopir) untuk memanfaatkan terminal secara optimal, Peningkatan kesadaran para pengguna Terminal termasuk dengan para Tukang Ojek agar memanfaatkan lokasi terminal dengan sebaik-baiknya, dan merencanakan pembangunan Terminal baru. Namun, dalam menjalankan perannya Dinas Perhubungan mendapatkan kendala atau hambatan yaitu jumlah aparat yang terbatas serta aparat yang mengelola terminal tidak memiliki pengetahuan khusus terminal, lokasi Terminal Lokaria yang tidak cukup menampung seluruh angkutan, belum ada kerjasama yang baik antara Dinas Perhubungandan stakeholder lainnya, kurang adanya dukungan dari para pengambil kebijakan. Penelitian ini menyarankan pemerintah Dinas Perhubungan menyediakan prasarana di terminal lokaria, menambah jumlah karyawan, membuat rencana kerja yang jelas, bersikap tegas terhadap pelanggaran yang dilakukan oleh pengguna Terminal Lokaria sehingga dapat menjalankan perannya dengan maksimal.
Development Digital Comic Using Pixton Based Of Model Problem Based Learning (PBL) On PPKn Material In Class VII Junior High School 10 At Serang City Desi Ardianti; Ria Yuni Lestari; Wika Hardika Legiani
Journal Civics and Social Studies Vol 7, No 1 (2023): Vol 7 no 1 Tahun 2023
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/civicos.v7i1.2901

Abstract

Abstrak This research was conducted to develop digital comic learning media in the subject of Pancasila and Citizenship Education which was carried out at SMP Negeri 10 Kota Serang. The purpose of developing digital comics is to help teachers in facilitating teachers in learning activities in the classroom and to attract students' attention. This research was conducted using the research and development (R&D) method using the Borg & Gall model which has been modified by Sugiono into 5 stages of development. Expert validation aims to determine the feasibility of the media carried out by two experts, namely media experts and material experts, obtaining a score of 80.00% from media experts who are categorized as feasible and obtaining a value of 81.33% from material experts who are included in the very feasible category. Trials were held to find out the responses and assessments of students which were carried out on 54 respondents who obtained a score of 83.22% which can be categorized as very feasible learning media.Keywords: Development, Digital Comic, Pancasila and Civic Education. Abstrak Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan media pembelajaran komik digital pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang dilakukan di SMP Negeri 10 Kota Serang. Tujuan dilakukan pengembangan komik digital yaitu untuk memembantu guru dalam memudahkan guru dalam kegiatan pembelajaran di dalam kelas dan untuk menarik perhatian siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan {R&D) menggunakan model Borg & Gall yang telah dimodifikasi oleh Sugiono menjadi 5 tahap pengembangan. Validasi ahli bertujuan untuk mengetahui kelayakan media yang dilakukan oleh dua orang ahli yaitu ahli media dan ahli materi memperoleh nilai 80,00% dari ahli media yang dikategorikan layak dan memperoleh nilai 81,33% dari ahli materi yang termasuk dalam kategori sangat layak. Uji coba diadakan untuk mengetahui respon dan penilaian dari peserta didik yang dilakukan pada 54 responden yang memperoleh nilai 83,22% yang dapat dikategorikan bahwa media pembelajaran sangat layak.Kata Kunci:  Pengembangan, Komik Digital, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
The Prevention Review of Chemicals The Misuse as Chemical Weapons in The Act of Attack In Indonesia Dewi Sulityowati
Journal Civics and Social Studies Vol 7, No 1 (2023): Vol 7 no 1 Tahun 2023
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/civicos.v7i1.2706

Abstract

In numerous regions of the globe, armed conflicts occur, causing not a few casualties in addition to physical destruction. Weapons of Mass Destruction (WMD) or commonly referred to as weapons of mass destruction have become one of the most dreaded weapons with the emergence of chemical, nuclear, radiological, biological, and explosive weapons. In fact, the use of weapons of mass destruction has been outlawed, but production remains unsupervised, allowing a number of so-called terrorists to use readily available chemical weapons raw materials, such as Triacetone Triperoxide (TATP), to manufacture bombs and the like. In addition, chemical weapons whose circulation in liquid and gas forms is not monitored by the Chemical Weapons Convention (CWC) pose a risk of long-term damage such as permanent burns or diseases that continue to plague victims long after the war has ended. The following events are certainly a threat to national security that can be caused by irresponsible individuals with access to chemicals. Therefore, it is necessary to prevent similar occurrences in order to minimize the damage they cause. Through in-depth interviews and secondary data analysis, this study aims to establish the truth. Consequently, participation from relevant stakeholders is required. Where the threat is an effort, work, activity, or action that is deemed a threat to the security, safety, and resilience of the Unitary State of the Republic of Indonesia and various national interests. The authorities supervise the licensing, purchase, and use of these precursors as detailed below. Therefore, it is necessary to develop a new and unique regulation for precursors circulating in Indonesia.
The Role Of The Department Of The Environment Sikka District In Dealing With Waste Management In The Waioti Sub-District Maria Kusmiati; Danar Aswim
Journal Civics and Social Studies Vol 7, No 1 (2023): Vol 7 no 1 Tahun 2023
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peran dan faktor penghambat Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sikka dalam menangani pengelolaan sampah diKelurahan Waioti. Metode penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu Sumber data primer dan Sumber data sekunder. Informan yang terlibat dalam penelitian ini adalah Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup, Kepala seksi penanganan sampah, Sopir pengangkut sampah, Lurah Waioti dan Masyarakat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.Teknik analisis data yang meliputi Data Reducion (Reduksi Data), Data Display (Penyajian Data), dan Conclusion Drawing/Verfication. Berdasarkan Hasil penelitian bahwa dinas lingkungan hidup kabupaten sikka telah menjalakan peranya yaitu memberikan sosialisasi dan edukasi serta memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam menangani pengolaan sampah di kelurahan waioti maka dinas lingkungan hidup sudah menjalakan perannya dengan baik dalam pengelolaan sampah di lingkungan masyarakat. Namun terdapat banyak  hambatan yang dialami dalam menjalakan perannya yaitu kurangnya sarana prasana, daya dukung mobilisasi kendaraan, dana, kurangnya pemahaman masyarakat. Penelitian ini menyarankan kepada dinas lingkungan hidup kabupaten sikka untuk terus memberikan sosialisasi serta pengawasan yang lebih dilingkungan masyarakat dan memberikan pelatihan kepada pada masyarakat untuk mendaur ulang untuk di jadikan bahan yang bernilai tinggi sehingga dapat mengurangi sampah yang berserakatan lingkungan masyarakat.
The Role of the Teacher as an Innovator in Growing Language Skills Student in the 21st Century Reksa, Lulu, Siti Pribadi, Damayanty, Iswandi
Journal Civics and Social Studies Vol 7, No 1 (2023): Vol 7 no 1 Tahun 2023
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/civicos.v7i1.2979

Abstract

Di era globalisasi seperti saat ini, interaksi dengan individu lain menjadi tidak terbatas. Interaksi yang terjadi bahkan memungkinkan seseorang untuk dapat berkomunikasi dengan warga di seluruh dunia, oleh karena itu keterampilan berkomunikasi dan kepercayaan dairi pada saat berkomunikasi sangatlah dibutuhkan. Cara menanamkan rasa percaya diri menggunakan bahasa Inggris ini salah satunya ialah mengadakan program bilingual di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peran guru dalam menumbuhkan keterampilan berbahasa, inovasi yang dilakukan oleh guru dalam menumbuhkan keterampilan berbahasa, dan mendeskripsikan keterampilan berbahasa peserta didik di sekolah. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, dimana pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan adanya kegiatan bilingual ini, pendidik perlu mengembangkan keterampilan berbahasa asing dengan baik serta memiliki kepercayaan diri yang dimilikinya. Dari hasil penelitian yang diperoleh peneliti, menunjukan adanya peningkatan kemahiran berbahasa asing serta rasa kepercayaan diri pada para pendidik.

Page 1 of 2 | Total Record : 13


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol. 9 No. 1 (2025): Vol 9 No 1 tahun 2025 Vol. 8 No. 2 (2024): Jurnal Civicos Vol 8 No 2 Tahun 2024 Vol. 8 No. 1 (2024): Jurnal Civicos Vol 8 No 1 Tahun 2024 Vol. 7 No. 2 (2023): Jurnal Civicos Vol 7 No 2 Tahun 2023 Vol 7, No 1 (2023): Vol 7 no 1 Tahun 2023 Vol. 7 No. 1 (2023): Jurnal Civicos Vol 7 No 1 Tahun 2023 Vol 6, No 2 (2022): Vol 6 No 2 Tahun 2022 Vol. 6 No. 2 (2022): Jurnal Civicos Vol 6 No 2 Tahun 2022 Vol 6, No 1 (2022): Vol 6 no 1 Tahun 2022 Vol. 6 No. 1 (2022): Jurnal Civicos Vol 6 No 1 Tahun 2022 Vol. 5 No. 2 (2021): Jurnal Civicos Vol 5 No 2 Tahun 2021 Vol 5, No 2 (2021): Volume 5 No 2 Tahun 2021 Vol 5, No 1 (2021): Volume 5 no 1 Tahun 2021 Vol. 5 No. 1 (2021): Jurnal Civicos Vol 5 No 1 Tahun 2021 Vol. 4 No. 2 (2020): Jurnal Civicos Vol 4 No 2 Tahun 2020 Vol 4, No 2 (2020): Call Paper Vol 4 no 2 Desember 2020 Vol. 4 No. 1 (2020): Jurnal Civicos Vol 4 No 1 Tahun 2020 Vol 4, No 1 (2020): Call Paper Vol 4 No 1 Juni 2020 Vol 3, No 2 (2019): vol 3 nomor 2 tahun 2019 Vol. 3 No. 2 (2019): Jurnal Civicos Vol 3 No 2 Tahun 2019 Vol 3, No 1 (2019): vol 3 nomor 1 tahun 2019 Vol. 3 No. 1 (2019): Jurnal Civicos Vol 3 No 1 Tahun 2019 Vol 2, No 2 (2018): Journal CSS Vol 2 No 2 Tahun 2018 Vol. 2 No. 2 (2018): Jurnal Civicos Vol 2 No 2 Tahun 2018 Vol. 2 No. 1 (2018): Jurnal Civicos Vol 2 No 1 Tahun 2018 Vol 2, No 1 (2018): Journal CSS Vol 2 No 1 Tahun 2018 Vol 1, No 1 (2017): Journal CSS VOL 1 NO 1 2017 Vol. 1 No. 1 (2017): Jurnal Civicos Vol 1 No 1 Tahun 2017 More Issue