cover
Contact Name
Juniarto Rojo Prasetyo
Contact Email
-
Phone
+6281293805765
Journal Mail Official
jurnalmanajemenkewirausahaan@gmail.com
Editorial Address
Jl. Ledta Natsir No. 7 Nagrak, Gunung Puteri, Bogor
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Manajemen Kewirausahaan
ISSN : 18581408     EISSN : 26549247     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal Manajemen Kewirausahaan (JMK) is a journal published twice a year (June and December) by LP2M Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta that focused on management studies. The aim of the journals is to disseminate the research in management studies that include marketing, finance, production, human resources, and strategic management. This journal did not give limitation on research methods, both quantitative and qualitative can be accepted and the data from primary, secondary, and literature review.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 16, No 2 (2019): JMK EDISI DESEMBER 2019" : 10 Documents clear
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PIZZA HUT DELIVERY CABANG CILEUNGSI Risko Ramadan; Rasipan Rasipan; Joni Heruwanto
Jurnal Manajemen Kewirausahaan Vol 16, No 2 (2019): JMK EDISI DESEMBER 2019
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonimi IPWI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33370/jmk.v16i2.333

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian untuk mengetahui kualitas pelayanan dan harga yang di berikan oleh Pizza Hut Delivery cabang Cileungsi serta untuk mengetahui kepuasan Pelanggan Pizza Hut Delivery cabang Cileungsi. Metode yang di gunakan dalam penelitian iniadalah metode kuantitatif hal ini di maksutkan untuk menghitung dari angket data kualitas pelayanan dan harga sebagai variabel bebas atau X1,X2 yang sudah di ketahui dan menghitung angket data kepuasan pelanggan,Hasil analisa regresi dapat di buat persamaan regresi berganda Penelitian menghasilkan dua temuan utama sesuai dengan hipotesis yang akan di ajukan yaitu kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan lalu Harga memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan. Maka berdasarkan temuan tersebut maka untuk meningkatkan kepuasan pelanggan di sarankan agar dilakukan upaya memperbaiki kualitas pelayanan dan meninjau Harga. Kata Kunci ; Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan pelanggan.
PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN DAN KEPERCAYAAN SERTA DAMPAKNYA PADA LOYALITAS KONSUMEN Aep Nurbani; Heru Mulyanto; Mursida Kusuma Wardani; Meli Andriyani
Jurnal Manajemen Kewirausahaan Vol 16, No 2 (2019): JMK EDISI DESEMBER 2019
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonimi IPWI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33370/jmk.v16i2.346

Abstract

Marketing mix and customer satisfaction are two of the factors that are thought to be relatively large in influencing trust and have a large impact on loyalty. To prove the effect of each variable, this research was conducted with the aim to determine the effect of marketing mix, satisfaction and trust and its impact on loyalty. This research was conducted at Harvest City Housing by taking a sample of 100 consumers as research samples. The research used in this study is a causal type explanatory research that seeks to test the influence of variables in a structural model. The study was conducted by testing one exogenous variable and three endogenous variables. The research resulted in the findings of the model analysis results are feasible due to the influence of marketing mix, satisfaction and trust and their impact on consumer loyalty in the equation model 0.805 MM + 1-0.83 R2 = 0.17, 0.440 MM + 0.364 SC + error 0.89 R2 0.11 and 0.137 MM + 0.223 SC + 0.519 TR + error 0.82 R2 0.18 where: 1) The marketing mix affects satisfaction. 2) Marketing mix influences trust. 3). The marketing mix has no effect on loyalty. 4). Satisfaction does not affect Trust 5) Satisfaction does not affect loyalty. 6). Trust influences loyalty. Based on these findings, it is suggested to improve loyalty to improve the quality of the marketing mix, customer satisfaction and trust. Keywords : Marketing Mix, Satisfaction, Trust and Loyalty.
ANALISIS DISIPLIN DAN LINGKUNGAN KERJA SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA ASISTEN DEPUTI SDM PARIWISATA DAN HUBUNGAN ANTAR LEMBAGA KEMENTERIAN PARIWISATA RI Esti Handayani; Meryati Meryati; Siti Laela
Jurnal Manajemen Kewirausahaan Vol 16, No 2 (2019): JMK EDISI DESEMBER 2019
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonimi IPWI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33370/jmk.v16i2.353

Abstract

Bagi organisasi tak terkecuali lembaga pemerintahan yang sudah mencapai kinerja lembaga yang baik tetap menghadapi permasalahan dalam kelembagaan,  yaitu bagaimana mempertahankan kinerja pegawai agar tetap tinggi.  Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana  pengaruh disiplin kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai pada salah satu deputi yaitu Asisten Deputi SDM Pariwisata dan Hubungan Antar Lembaga Kementerian Pariwisata RI. Penelitian ini dilakukan selain dengan interview dalam pengumpulan data juga dilakukan  dengan menyebar kuesioner kepada pegawai pada Asisten Deputi SDM Pariwisata dan Hubungan Antar Lembaga Kementerian Pariwisata RI. Kuesioner diisi oleh 67 responden sebagai sampel yang diambil dari total populasi 200 pegawai. Pengambilan jumlah sampel berdasarkan perhitungan menggunakan rumus Slovin. Skala pengukuran dalam penelitian ini adalah menggunakan skala lima, yaitu dimulai dari skala satu sangat tidak setuju sampai sangat setuju dengan skala lima. Model analisis penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda, untuk itu dilakukan juga uji instrumen, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Dalam pengolahan data penelitian menggunakan software SPSS. Hasil analisis dan pengolahan data dalam  penelitian ini diperoleh temuan bahwa disiplin dan lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai sebesar 65,2% pada Asisten Deputi SDM Pariwisata dan Hubungan Antar Lembaga Kementerian Pariwisata RI. Pengaruh Disiplin terhadap kinerja diperoleh hasil sebesar 0,290 yang berarti disiplin memiliki pengaruh yang lebih kecil daripada pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja yaitu sebesar 0,527. Kata Kunci:Disiplin, Lingkungan Kerja, Kinerja Pegawai
PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN PRODUK TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK SYARIAH Susilowati Budiningsih; Yuridistya Primadhita
Jurnal Manajemen Kewirausahaan Vol 16, No 2 (2019): JMK EDISI DESEMBER 2019
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonimi IPWI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33370/jmk.v16i2.339

Abstract

Kepuasan nasabah dapat dinilai dari kualitas layanan yang diterima oleh nasabah dan kualitas produk yang ditawarkan kepada nasabah. Ketika kualitas layanan dan produk dinilai baik oleh nasabah maka nasabah akan merasa puas dan selanjutnya akan memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk loyal kepada bank tersebut. Sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim yang besar, keberadaan bank syariah memiliki potensi besar untuk mengembangkan pasarnya karena menawarkan kegiatan perbankan yang sesuai dengan syariat Islam. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan dan produk terhadap kepuasan nasabah bank syariah. Analisis kepuasan nasabah dilakukan guna membantu Bank Muamalat terus meningkatkan kualitas layanan dan produknya. Penelitian yang dilakukan terhadap 40 nasabah Bank Muamalat menunjukkan bahwa kualitas layanan dan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah.
PENGARUH STRES KERJA DAN KUALITAS KERJA TERHADAP KINERJA KURIR DOKUMEN (STUDI KASUS JASA PENGIRIMAN PT. PRIMA MULTI CIPTA, JAKARTA SELATAN) Venty Melani; Agus Sudigdo
Jurnal Manajemen Kewirausahaan Vol 16, No 2 (2019): JMK EDISI DESEMBER 2019
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonimi IPWI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33370/jmk.v16i2.340

Abstract

This study aims to determine whether there is an influence of work stress and employee work quality on the performance of the courier at PT. Prima Multi Cipta South Jakarta branch. This research was conducted in August 2019 through the help of a questionnaire. The population in this study is the Courier PT. Prima Multi Cipta. Research power was obtained through a questionnaire about Stress and employee work quality to 50 respondents. The instrument testing method used is validity and reliability testing. The data analysis technique used is quantitative descriptive technique, multiple linear regression analysis and t test. Based on the results of the discussion outlined, it was concluded that there was a significant difference between work stress and performance. There is a positive and significant effect between employee work quality on  performance.Keywords: Job stress, Work Qualilty, Performance
PENGARUH PENGALAMAN KERJA DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN Erina Rulianti
Jurnal Manajemen Kewirausahaan Vol 16, No 2 (2019): JMK EDISI DESEMBER 2019
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonimi IPWI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33370/jmk.v16i2.314

Abstract

Di dalam dunia usaha sumber daya manusia merupakan hal yang sangat penting karena manusia sebagai pelaku kegiatan dalam mendukung jalannya operasional perusahaan. Oleh karena itu setiap perusahaan menginginkan kinerja yang tinggi dari setiap karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji pengaruh variabel pengalaman kerja dan kompensasi terhadap kinerja karyawan pada PT. Wilmar Benih Indonesia (tissue culture).Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh Pengalaman Kerja(X1) dan Kompensasi(X2) secara parsial dan simultan terhadap kinerja karyawan (Y) pada PT. Wilmar Benih Indonesia (tissue culture). Dengan jumlah responden 52 karyawan.Metode penelitian yang digunakan adalah dengan metode kuantitatif, jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan cara kuisioner. Dan diuji menggunakan validitas, realibilitas dan uji asumsi klasik (Uji Normalitas, Uji Multikolonieritas dan Uji Asumsi Heteroskedastisitas). Adapun hasil analisis regresi linear berganda adalah sebagai berikut ; (1)Terdapat pengaruh namun tidak signifikan secara parsial antara pengalaman kerja kinerja karyawan (koefisien beta 0.151 bertanda positif) (2) Terdapat pengaruh signifikan secara parsial antara kompensasi terhadap kinerja karyawan (koefisien beta 0.478 bertanda positif) (3) Terdapat pengaruh signifikan secara simultan antara pengalaman kerja, kompensasi, dan kinerja karyawan (Sig. F = 0.000 < 0.05). Kata Kunci : Pengalaman Kerja, Kompensasi, Kinerja
PENGARUH PERSEPSI HARGA, KUALITAS PRODUK DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PT. SCHNEIDER ELECTRIC – CIKARANG PLANT Irawan Irawan; Sugoto Sulistyono; S.M. Parulian Tanjung
Jurnal Manajemen Kewirausahaan Vol 16, No 2 (2019): JMK EDISI DESEMBER 2019
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonimi IPWI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33370/jmk.v16i2.352

Abstract

Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas dan Kepuasan Pelanggan merupakan tiga dari beberapa faktor yang diduga relatif besar dalam mempengaruhi Loyalitas pelanggan pada PT Schneider Electric–Cikarang Plant. Untuk membuktikan pengaruh ketiganya maka dilakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui PT Schneider Electric–Cikarang Plant. Penelitian ini dilakukan di PT Schneider Electric–Cikarang Plant dengan mengambil 100 Pelanggan sebagai sampel penelitian yang dihitung menggunakan rumus Slovin. Pengambilan data dilakukan dengan instrumen kuesioner tertutup lima skala penilaian dari sangat tidak setuju sampai sangat setuju. Penelitian dilakukan secara kuantitatif yaitu mendeskripsikan data penelitian dan melakukan analisis inferensi. Analisis regresi sederhana dan ganda sebagai analisis sedangkan pengujian hipotesis dilakukan uji t dan uji F. Penelitian menghasilkan dua temuan sesuai dengan hipotesis yang diajukan, yaitu: 1) Terdapat pengaruh secara simultan Persepsi Harga, Kualitas dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT Schneider Electric–Cikarang Plant; 2) Terdapat pengaruh secara parsial antara persepsi harga, kualitas dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT Schneider Electric-Cikarang Plant. Berdasarkan hasil temuan tersebut maka untuk meningkatkan Loyalitas Pelanggan disarankan agar dilakukan upaya memperbaiki persepsi harga, kualitas dan kepuasan pelanggan. Kata kunci:Persepsi harga, kualitas, kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan
KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BELI ONLINE Muh Ali Maskuri; Ergo Nurpatria Kurniawan; Mursida Kusuma Wardani; Meli Andriyani
Jurnal Manajemen Kewirausahaan Vol 16, No 2 (2019): JMK EDISI DESEMBER 2019
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonimi IPWI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33370/jmk.v16i2.348

Abstract

Berkembangnya teknologi internet dan meningkatnya pengguna internet, membuat kegiatan perdaganganpun mulai mengalami perkembangan. Banyak pelaku bisnis yang menggunakan internet untuk melakukan promosi dan melakukan perdagangan, bisnis baru dalam dunia digital ini disebut dengan perdagangan elektronik (e-commerce). Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepercayaan, kemudahan penggunaan dan electronic word of mouth terhadap minat beli online Tokopedia. Sampel dalam penelitian ini adalah orang-orang yang pernah melakukan belanja online di Tokopedia atau situs belanja online lain. Sampel yang digunakan sebanyak 96 orang yang dipilih menggunakan nonprobabilility sampling melalui kuesioner. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa regresi linier sederhana dengan alat bantu software komputer SPSS 22. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa variabel independen yang paling berpengaruh terhadap variabel dependen adalah Electronic Word Of Mouth (E_WOM) (0,521), diikuti oleh kepercayaan konsumen (0,421) dan yang terahir adalah kemudahan penggunaan (0,209). Hasil menunjukan bahwa variabel kepercayaan, kemudahan penggunaan dan electronic word of mouth berpengaruh positif terhadap minat beli online pada situs Tokopedia. Kata kunci: kepercayaan, kemudahan penggunaan, electronic word of mouth dan minat beli.
PENGARUH JUMLAH USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DAN JUMLAH TENAGA KERJA UMKM TERHADAP SUMBANGAN PRODUK DOMESTIK BRUTO UMKM PERIODE TAHUN 1997 – 2016 Cecep Sidin; Miralda Indiarti
Jurnal Manajemen Kewirausahaan Vol 16, No 2 (2019): JMK EDISI DESEMBER 2019
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonimi IPWI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33370/jmk.v16i2.366

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk membuktikan adanya pengaruh varibel bebas pertama yaitu Jumlah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan variabel bebas kedua yaitu Jumlah Tenaga Kerja UMKM terhadap variabel terikat yaitu Sumbangan Produk Domestik Bruto (PDB) UMKM sebagai salah satu indikator Perekonomian Indonesia periode tahun 1997-2016. Dengan bantuan program SPSS versi 24 didapat  hasil penelitian bahwa determinasi koefisien nilai R sebesar 0,767 dan sedangkan nilai R Square sebesar 0,588 atau 58,8%, hal ini dapat dinyatakan dengan hasil analisa secara bersama-sama variabel independen Jumlah UMKM (X1) dan Jumlah Tenaga Kerja UMKM (X2) terhadap variabel dependen Sumbangan Produk Domestik Bruto (PDB) UMKM (Y) memiliki nilai positif dan tingkat persentase pengaruhnya tinggi yaitu sebesar 58,8% dan sisanya sebesar 41,2% disebabkan oleh faktor-faktor lain. Berdasarkan pada hasil uji ANOVA didapat nilai ratio - F sebesar 12,126 dengan signifikansi sebesar 0,001 karena nilai tersebut  lebih kecil dari level signifikansi α ˃ 0,01 maka Ho ditolak. Selanjutnya dapat dikatakan variabel Jumlah UMKM (X1) dan Jumlah Tenaga Kerja UMKM (X2) secara bersama-sama berpengaruh signifikan dengan variabel Sumbangan PDB UMKM (Y) yaitu Hipotesis alternatif (Ha) terbukti.Kata kunci :  Wirausaha, UMKM, Tenaga Kerja, PDB.
DAMPAK MEDIA PROMOSI ONLINE, BRAND IMAGES DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI MAHASISWA Idham Maulana Oktora; Yoyo Indah Gunawan
Jurnal Manajemen Kewirausahaan Vol 16, No 2 (2019): JMK EDISI DESEMBER 2019
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonimi IPWI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33370/jmk.v16i2.345

Abstract

Penelitian Dampak Media Promosi Online, Brand Images dan Harga terhadap Keputusan Menjadi Mahaiswa Program Sarjana Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari masing-masing variabel terhadap keputusan menjadi mahasiswa. Sampel yang diambil dari populasi yang ada menggunakan rumus slovin didapat jumlah sebanyak 100 responden. Teknis analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi berganda, analisis determinasi, dengan menggunakan uji hipotesis, yaitu uji F dan Uji t. Hasil analisis regresi dapat dibuat persamaan regresi berganda sebagai berikut: Y= 2,896 + 0,107 X1 + 0,498 X2 + 0,317 X3 dengan arti koefisien regresi dampak Promosi Media Online bernilai positif sebesar 0,107, koefisien regresi Brand Images bernilai positif sebesar 0,498, koefisien regresi Harga bernilai positif sebesar 0,317, hal ini menunjukkan bahwa seluruh variabel independen berdampak positif terhadap variabel dependen yaitu keputusan menjadi Mahasiswa STIE IPWIJA. R Square (R2) sebesar 0,671. Hal ini menunjukan bahwa sebesar 67,1 % Variabel Media Promosi Online, Brand Images dan Harga secara simultan berdampak terhadap Keputusan Menjadi Mahasiswa, sedangkan sisanya 32,9 % didampaki faktor lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini seperti lokasi, pelayanan, status akreditasi dan lainnya. Uji hipotesis menyatakan Media Promosi Online tidak berdampak secara signifikan terhadap Keputusan Menjadi Mahasiswa Program Studi Manajemen STIE IPWIJA. Karena nilai t hitung (1,587) < t tabel (1,661) atau Sig (0,116) > α (0,05) maka dapat disimpulkan Ho diterima dan Ha ditolak. Brand Images berdampak secara signifikan terhadap Keputusan Menjadi Mahaiswa Program Studi Manajemen STIE IPWIJA. Karena nilai t hitung (7,547) > t tabel (1,661) atau Sig (0,000) < α (0,05) maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. Harga berdampak secara signifikan terhadap Keputusan Menjadi Mahasiswa Program Studi Manajemen STIE IPWIJA. Karena nilai t hitung (4,044) > t tabel (1,661) atau Sig (0,000) < α (0,05) maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima.Kata Kunci: Media Promosi Online, Brand Images, Harga dan Keputusan

Page 1 of 1 | Total Record : 10