cover
Contact Name
Irfan Habibie Martanegara
Contact Email
jurnalpls@uika-bogor.ac.id
Phone
+6285220494930
Journal Mail Official
jurnalpls@uika-bogor.ac.id
Editorial Address
Jl. K.H. Sholeh Iskandar km 2 Bogor 16162
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Luar Sekolah
ISSN : 18583628     EISSN : 27153363     DOI : 10.32832/jpls
Fokus Jurnal: Kajian tentang pendidikan dalam masyarakat.
Articles 77 Documents
Penanggulangan sampah dengan pendekatan sosial di Kelurahan Kedung Halang Bogor Endin Mujahidin; Indah Kurniasih
Jurnal Pendidikan Luar Sekolah Vol 13, No 2 (2019)
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (329.937 KB) | DOI: 10.32832/jpls.v13i2.2634

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan konsep yang dapat digunakan untuk menanggulangi sampah di Kelurahan Kedung Halang dengan pendekatan sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah metode grounded research dengan responden ketua RT (Rukun Tetangga) dan tokoh masyarakat yang berada di RW 13 (Rukun Warga). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sampah di Bogor berdasarkan catatan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bogor, setiap harinya volume sampah di kota hujan mencapai 600 ton. Sekitar 475 ton di antaranya dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Galuga. Pengelolan sampah yang dilakukan di Kelurahan Kedung Halang Kota Bogor dalam pengelolaan sampah masih menggunakan metode pengumpulan secara langsung dan dipindahkan serta di tampung di TPA Galuga di biarkan tanpa ada pengelolan lanjutan, metode ini jika dilakukan terus menerus akan berdampak buruk karena dengan meningkatnya jumlah penduduk setiap tahunnya maka meningkat pula jumlah sampah, sehingga lahan yang digunakan untuk TPA yang mempuanyai luas terbatas tidak dapat lagi menampung sampah serta membuangnya kesungai atau dibakar dihalaman rumah. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa cara untuk menanggulangi permasalahan sampah dapat dilakukan melalui pendekatan sosial dengan mengadakan gotong royang dan bank sampah. AbstractThis study aims to find concepts that can be used to tackle waste in Kedung Halang Village with a social approach. The research method used was a grounded research method with respondents from the head of the RT (Rukun Tetangga) and community leaders residing in RW 13 (Rukun Warga). The results of this study indicate that the garbage in Bogor is based on the records of the Bogor City Environmental Agency (DLH), the volume of garbage in the rainy city reaches 600 tons every day. Around 475 tons of which were disposed of at the Galuga Landfill. Waste management carried out in Kedung Halang Village, Bogor City in waste management still uses the method of collecting directly and being transferred and accommodated in the Galuga landfill left without any further management, this method if done continuously will have a bad impact because with the increasing number of population each year then the amount of waste also increases, so that the land used for the landfill which has a limited area can no longer accommodate the garbage and throw it into the river or be burned on the home page. Based on the results of data analysis, it can be concluded that the way to overcome the waste problem can be done through a social approach by holding a cooperative and a waste bank.
Upaya meningkatkan akhlak anak usia dini (5-6tahun) melalui pelajaran praktik langsung dan bercerita Rachmawati Rachmawati
Jurnal Pendidikan Luar Sekolah Vol 12, No 2 (2018)
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (167.301 KB) | DOI: 10.32832/jpls.v12i2.2797

Abstract

Pendidikan Ahlak merupakan pondasi dalam menumbuhkan generasi yang berdaya guna. Pendidikan Ahlak harus sudah di namakan sejak usia dini,karena pada masa ini anak memiliki kemampuan yang lebih besar untuk mampu menyerap stimulus yang diberikan.Guru seyogyanya mampu memilih strategi ideal yang di gunakan agar dapat mensukseskan pendidikan ahlak.Selain itu perlu juga memperhatikan langkah-langkah yang harus ditempuh untuk mengoptimalkan pelaksanaan pendidikan akhlak tersebut. penelitian ini menggunakan jenis penelitian Library Research, dengan menggunakan analisa rasionalistik, untuk membentuk insan kamil, pendidikan akhlak pada anak usia dini harus menanamkan nilai-nilai karakter diantaranya cinta Allah dan Rasulnya, disiplin, baik, bertanggung jawab dan mandiri, jujur, amanah, hormat dan santun, perduli, kasih sayang, kerjasama, percaya diri, kreatif, dan pantang menyerah, berjiwa kepemimpinan, adil, rendah hati, cinta damai dan toleran. Strategi pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran ini yaitu Inkulkasi Nilai, strategi pembinaan, keteladanan, pengembangan serta keteramplan akademik dan sosial, dan strategi fasilitasi. Langkah penerapan pendidikaan akhlak diawali dengan akhlak perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap penilaian. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan konsep Upaya Meningkatkan Akhlak Anak Usia Dini (5-6Tahun) Melalui Pelajaran Praktik Langsung dan Bercerita di RA.Asiyah Cilendek Timu.Metode Praktik langsung dan Bercerita 
Upaya peningkatan kemandirian anak melalui metode bercerita Dina Utami
Jurnal Pendidikan Luar Sekolah Vol 13, No 1 (2019)
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (202.237 KB) | DOI: 10.32832/jpls.v13i1.2774

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan konsep yang dapat digunakan dalam meningkatkan kemandirian anak usia dini berusia 5-6 tahun kelompok B di TKIT An-Naba, Bogor Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Adapun responden penelitiannya dari 15 wali murid. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode mendongeng dapat meningkatkan kemampuan kemandirian anak di TKIT An-Naba.
Pengaruh ekstrakulikuler pramuka terhadap kemandirian siswa Aminah, Siti; Masitoh, Masitoh; Monaranti, Monaranti; Kurniawati, Susi; Ramdhayanti, Tia
Jurnal Pendidikan Luar Sekolah Vol 12, No 1 (2018)
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/jpls.v12i1.2882

Abstract

Kemandirian merupakan salah satu modal penting untuk bertahan hidup ketika dewasa. Sekolah diharapkan mampu mengajarkan dan melatih kemandirian anak melalui kegiatan-kegiatan yang dapat menumbuhkembangkan sikap mandiri anak. Salah satunya yaitu melalui ekstrakurikuler pramuka. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh keaktifan mengikuti ekstrakurikuler pramuka terhadap kemandirian siswa/i SMK Bina Informatika Tahun Ajaran 2019-2020 sebanyak 50 siswa. Penelitian ini adalah penelitian asosiatif karena penelitian ini dilakukan untuk mencari hubungan antara dua variabel atau lebih, dan menurut metodenya merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 50 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana Uji validitas instrumen menggunakan teknik korelasi product moment dengan bantuan Microsoft Excel dan uji reliabilitas menggunakan teknik alpha Cronbach dari program SPSS versi 16.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan keaktifan mengikuti ekstrakurikuler pramuka terhadap kemandirian siswa SMK Bina Informatika dengan koefisien positif pada kemandirian. Hal ini dapat ditunjukkan dengan nilai koefisien positif terhadap kemandirian, yang diperoleh oleh Fhitung sebesar 7,586 dengan nilai probabilitas 0,008, Fhitung (7,586)> Ftabel (2,754), dan nilai signifikan lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05, atau nilai 0,008 <0,05 . Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima artinya secara bersama-sama nilai X memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Y.ABSTRACTIndependence is one of the important assets to survive as an adult. Schools are expected to be able to teach and train children's independence through activities that can foster children's independent attitude. One of them is through scout extracurricular. The purpose of this study was to determine the effect of activeness in scouting extracurricular activities on the independence of students of SMK Bina Informatika 2019-2020 Academic Year as many as 50 students. This research is an associative research because this research is conducted to find the relationship between two or more variables, and according to the method is a type of quantitative research. The population in this study were 50 students. Data collection techniques using a questionnaire. Test the validity of the instrument using the product moment correlation technique with the help of Microsoft Excel and the reliability test using the Cronbach alpha technique from the SPSS program version 16.00. Data analysis techniques in this study used simple linear regression analysis techniques. The results showed that there was a positive and significant effect on the activity of joining a scout estrakurikuler on the independence of SMK Bina Informatika students with a positive coefficient on independence. This can be shown in the coefficient value obtained by Fcount of 7.586 with a probability value of 0.008, Fcount (7.586)> F table (2.754), and a significant value smaller than the probability value of 0.05, or a value of 0.008 <0.05. Then it can be concluded that Ha is accepted means that together the value of X has a significant effect on Y.
Kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan terhadap pendidikan karakter kedisiplinan Nur Qoyimatul Uyun Al Azizi
Jurnal Pendidikan Luar Sekolah Vol 12, No 2 (2018)
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (213.732 KB) | DOI: 10.32832/jpls.v12i2.2793

Abstract

This research aims to find out the scouting extracurricular activities for character education in discipline at Zaid Bin Thabit SMPIT Bogor. The formation of this character is very important, education in Indonesia must have the development of the potential of students to become human beings who believe and obey God Almighty, have good character, have good knowledge, are creative, independent, disciplined and become citizens who are democratic and responsible, and one of the activities that is able to change it is scouting extracurricular activities. The research method used in this research is a qualitative descriptive method with 30 respondents in eighth grade. Data collection is done through interviews, observations, and documents. Data analysis technique is done by presenting data, data reduction, and drawing conclusions. The results of this study indicate that character education can be obtained namely, the accuracy of program targets, program implementation, and program monitoring in scouting extracurricular activities for disciplined character education. More than half of the students enjoyed participating in scouting activities, and stated that scouting activities needed to be carried out at school. Based on this research, scouting activities can be an alternative in discipline character education.AbstrakPenilitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan terhadap pendidikan karakter dalam kedisplinan di SMPIT Zaid Bin Tsabit Bogor. Pembentukan karakter ini sangat penting, pendidikan di Indonesia harus memiliki perkembangan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dani bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berilmu cakap, kreatif, mandiri, disiplin dan menjadi warga negara yangi demokratis serta bertanggung jawab, dan salah satu kegiatan yang mampu merubahnya adalah kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penilitian ini adalah metode diskriptif kualitatif dengan responden sebanyak 30 orang pada kelas delapan. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumen. Teknik analisis data dilakukan dengan penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan karakter dapat diperoleh yakni, ketepatan sasaran program, pelaksanaan program, dan pemantauan program dalam kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan terhadap pendidikan karakter kedisiplinan. Lebih dari setengahnya siswa senang mengikuti kegiatan kepramukaan, dan menyatakan bahwa kegiatan kepramukaan perlu dilaksanakan di sekolah. Berdasarkan penelitian ini, kegiatan kepramukaan dapat menjadi alternatif dalam pendidikan karakter kedisiplinan.
Pengaruh kesejahteraan guru terhadap kinerja guru PAUD di Kp.Cibadak Kayumanis Bogor Sifa Zulfah Massalim
Jurnal Pendidikan Luar Sekolah Vol 13, No 2 (2019)
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (223.598 KB) | DOI: 10.32832/jpls.v13i2.2650

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesejahteraan seorang guru berperan penting dalam meningkatkan kinerja guru Pendidikan Anak Usia Dini. Metode penelitian yang digunakan adalah Grounded Research dengan melibatkan responden 4 guru Raudhatul Athfal di Kampung Cibadak Kayumanis Bogor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesejahteraan guru Pendidikan Anak Usia Dini dalam bentuk sertifikasi berpengaruh terhadap Kinerja seorang guru PAUD. AbstractThis study aims to determine the welfare of a teacher plays an important role in improving the performance of Early Childhood Education teachers. The research method used was Grounded Research by involving 4 respondents Raudhatul Athfal teachers in Kampung Cibadak Kayumanis Bogor. The results of this study indicate that the welfare of Early Childhood Education teachers in the form of certification affects the performance of a PAUD teacher.
Pengaruh latar belakang pendidikan dan bimbingan orang tua terhadap motivasi belajar siswa Sri Rezeki Astuti; Salfiyah Isma Dayanti; Nujumul Laily; Raudhah Aisyu Hasanah
Jurnal Pendidikan Luar Sekolah Vol 12, No 1 (2018)
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (375.934 KB) | DOI: 10.32832/jpls.v12i1.2878

Abstract

 Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa motivasi belajar siswa tergolong rendah, masih banyak siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran. Adapun tujuan penelitian yang akan kami lakukan yaitu untuk: 1) Untuk menganalisis latar belakang pendidikan orang tua Mts Darul Himmah. 2) Untuk menganalisis seberapa penting bimbingan orang tua dalam motivasi belajar siswa Mts Darul Himmah. 3) Untuk menganalisis pengaruh latar belakang pendidikan dan bimbingan orang tua terhadap motivasi belajar siswa MTs Darul Himmah Depok.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel 77 siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan uji regresi linear ganda dengan SPSS 16. Berdasarkan data SPSS 16, diperoleh nilai Fhitung sebesar 10,212 dengan nilai probalitas (Sig) 0,000.karena nilai probalitas (Sig) 0,000 < 0,05 maka model persamaaan regresi berdasarkan data penelitian adalah signifikan.Model persamaan regresi berganda untuk memperkirakan motivasi belajar siswa yang dipengaruhi oleh latar belakang pendidikan dan bimbingan orang tua adalah 5.632 + 0.120X₁ + 0.342X₂. Kesimpulan penelitian ini yaitu latar belakang pendidikan orang tua tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa.Terdapat pengaruh yang signifikan antara bimbingan orang tua terhadap motivasi belajar siswa. AbstractThis research is motivated by the results of observations and experiences of researchers that student motivation is relatively low, there are still many students who are less active in learning. The purpose of the research we will do is to: 1) To analyze the educational background of MTs Darul Himmah's parents. 2) To analyze how important parental guidance is in students' motivation in MTs Darul Himmah. 3) To analyze the influence of educational background and parental guidance on student motivation in MTs Darul Himmah Depok. This study uses a quantitative approach with a sample of 77 students. Data collection techniques using questionnaire. The data obtained were then analyzed using the multiple linear regression test with SPSS 16. Based on the SPSS 16 data, a Fount value of 10.212 was obtained with a probability value (Sig) of 0.000. Because the probability value (Sig) of 0,000 <0.05, the regression equation model was based the research data is significant. The multiple regression equation models for estimating student motivation is influenced by educational background and parental guidance is 5,632 + 0.120X₁ + 0.342X₂. The conclusion of this study is that the educational background of parents does not have a significant effect on student motivasion. There is a significant influence between parental guidance on student motivasion.
Hubungan antara guru dan orang tua melalui program parenting perkembangan anak Fitriati Badiah Purnamasari
Jurnal Pendidikan Luar Sekolah Vol 13, No 1 (2019)
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (301.002 KB) | DOI: 10.32832/jpls.v13i1.2775

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara guru dan orangtua melalui parenting perkembangan anak di Paud Sahabat Bintang dengan menggunakan metode grounded research dengan responden sebanyak 10 orang yang terdiri dari 3 orang guru dan 7 orang tua murid di sekolah dan teknik observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa perlunya keseimbangan antara pengasuhan di sekolah dan rumah serta mengawasi anak bergaul dengan temannya
Hubungan antara pola asuh orangtua yang sama-sama bekerja dengan perkembangan kepribadian anak usia 4-6 tahun Rumaisya Nur Fadhilah
Jurnal Pendidikan Luar Sekolah Vol 12, No 2 (2018)
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (204.656 KB) | DOI: 10.32832/jpls.v12i2.2794

Abstract

Penelitian ini bertujuan : 1) Untuk memperoleh data dan informasi tentang pola asuh orangtua yang sama-sama bekerja di wilayah Blok M Taman Cimanggu Kota Bogor. 2) Untuk memperoleh data dan informasi tentang perkembangan kepribadian anak usia 4-6 tahun  di wilayah Blok M Taman Cimanggu Kota Bogor. 3) Untuk memperoleh informasi mengenai ada tidaknya hubungan pola asuh orangtua yang bekerja dengan perkembangan kepribadian anak usia 4-6 tahun  di wilayah Blok M Taman Cimanggu Tanah Sareal Kota Bogor. Penelitian menggunakan metode survey dengan 75 KK responden sampel yang diambil secara acak dari total populasi penelitian sebanyak 92 KK.  Metodologi yang digunakan dalam penelitian adalah metode survey dengan pendekatan korelasional yang terdiri dari variabel bebas, yaitu pola asuh orang tua yang sama-sama bekerja dan sebagai variabel terikat adalah perkembangan kepribadian  anak usia 4-6 tahun. Penelitian dilaksanakan di wilayah Blok M Perumahan Taman Cimanggu Kelurahan Kedungwaringin Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor mulai bulan Maret sampai dengan bulan Agustus tahun 2019. Untuk teknik analisis data hasil penelitian menggunakan uji statistik berupa korelasi sederhana dan regresi sederhana.  Pengujian hipotesis penelitian dilakukan pada taraf signifikansi 0,05.  Hasil dari penelitian ini adalah, terdapat hubungan positif yang kuat dan sangat signifikan antara Pola asuh orangtua yang sama-sama bekerja dengan Perkembangan kepribadian anak usia 4-6 tahun.
Penanggulangan putus sekolah dengan pelibatan orang tua di Desa Rumpin Agnesita Widi Larasati
Jurnal Pendidikan Luar Sekolah Vol 13, No 2 (2019)
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (248.189 KB) | DOI: 10.32832/jpls.v13i2.2651

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan konsep yang dapat menanggulangi putus sekolah yang berada di Desa Rumpin dengan pelibatan orang tua. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan sampel 30 responden orang tua dan anak putus sekolah yang ada di Desa Rumpin Bogor. Dengan cara penentuan sampel, jadi memilih beberapa responden yang telah ditentukan oleh peneliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) faktor penyebab anak putus sekolah di Desa Rumpin Bogor karena keadaan ekonomi yang membuat orang tua tidak bisa membiayai anaknya sekolah, ada juga karena pola pikir orang tua yang kurang mengetahui pentingnya pendidikan bagi masa depan, jarak lokasi rumah ke sekolah yang jauh dan akses jalur menuju sekolah juga transportasi kendaraan yang kurang memadai. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa upaya penaggulangan anak putus sekolah di Desa Rumpin Bogor dengan cara upaya penanggulangan secara preventif atau biasa disebut dengan pencegahan, upaya penanggulangan secara represif atau disebut dengan penanggulangan dan yang terakhir dengan cara pembinaan. Untuk itu pentingnya pelibatan atau partisipasi orang tua dalam penanggulangan putus sekolah yang ada di Desa Rumpin Bogor. Agar setidaknya dapat berkurang anak-anak yang putus sekolah di Desa Rumpin Bogor. AbstractThis study aims to find concepts that can overcome dropouts in Rumpin Village with the involvement of parents. The research method used was a survey method with a sample of 30 respondents parents and school dropouts in Rumpin Village, Bogor. By way of determining the sample, so choose some respondents who have been determined by researchers. The results of this study indicate that (1) the factors causing children to drop out of school in Rumpin Village Bogor due to economic conditions that make parents unable to pay for their children to go to school, there is also because the mindset of parents who do not know the importance of education for the future, the distance from home to distant schools and access routes to schools are also inadequate vehicle transportation. Based on the results of data analysis, it can be concluded that the effort to prevent school drop-outs in Rumpin Village in Bogor is preventive or commonly referred to as prevention, repressive measures or referred to as countermeasures, and finally by coaching. For this reason, the importance of involving or participating parents in overcoming school dropouts in Rumpin Village, Bogor. In order to at least reduce the number of children who drop out of school in Bogor Rumpin Village.