cover
Contact Name
Novita Eka Muliawati
Contact Email
novita@stkippgritulungagung.ac.id
Phone
+6282232308788
Journal Mail Official
novita@stkippgritulungagung.ac.id
Editorial Address
STKIP PGRI Tulungagung Jl. Mayor Sujadi Timur No. 7 Plosokandang, Tulungagung, Jawa Timur, Kode Pos 66221
Location
Kab. tulungagung,
Jawa timur
INDONESIA
JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika)
Published by STKIP PGRI Tulungagung
ISSN : 24607800     EISSN : 25803263     DOI : 29100
Core Subject : Education,
JP2M is stands for Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. JP2M is a high quality open access peer reviewed research journal that is published by Mathematics Education Department of STKIP PGRI Tulungagung. JP2M disseminates new research results in all areas of mathematics, mathematics education and their applications in learning by researchers, academicians, professional, practitioners and students from all over the world. Start from this year (September 2015), this journal will be published two times a year, in March and September.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2019)" : 6 Documents clear
Pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap kemampuan metakognisi siswa Miftachul Choridha; Sri Hariyani; Nur Farida
JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika) Vol 5, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Bhinneka PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/jp2m.v5i2.1735

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah model pembelajaran MMP mempengaruhi kemampuan metakognisi siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian one shoot chase study. Populasinya seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 2 Malang dengan sampel 1 kelas yaitu kelas IX-G yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan untuk mengetahui kemampuan metakognisi siswa adalah dengan menggunakan data sekunder berupa hasil UTS dan data primer berupa tes berbentuk essay yang diberikan setelah penerapan model pembelajaran MMP. Hasil analisis data sekunder diperoleh dengan rataan 65,78 dan data primer diperoleh dengan rataan 77,97. Data dianalisis menggunakan uji T bantuan program SPSS 21.0 for windows. Berdasarkan uji T yang dilakukan diperoleh thitung ttabel yaitu 7,043 1,697 dengan angka signifikansi sebesar 0,000 dan taraf signifikansi 0,05. Sehingga dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model MMP terhadap kemampuan metakognisi siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung di kelas IX SMP Negeri 2 Malang. Kemampuan metakognisi dapat meningkat dengan banyaknya latihan soal yang diberikan salah satunya dengan penerapan model pembelajaran MMP karena adanya tugas proyek. Dari hasil temuan ini peneliti merekomendasikan kepada guru agar model pembelajaran MMP dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran matematika.
Komparasi model pembelajaran TAI dan TGT terhadap motivasi dan hasil belajar Riska Vristyaningtyas; Dwi Shinta Rahayu
JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika) Vol 5, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Bhinneka PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/jp2m.v5i2.1755

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah motivasi dan hasil belajar siswa yang diberi model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih baik dari pada siswa yang diberi model pembelajaran kooperatif tipe TAI pada materi garis singgung lingkaran di SMPN 1 Ngantru. Hal ini dibuktikan melalui analisis data menggunakan Independent-samples T-Test dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan analisis data mengenai hasil belajar diperoleh P-value / Asymp sig. sebesar 0,002 sehingga hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa yang diberi model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih baik dari pada siswa yang diberi model pembelajaran kooperatif tipe TAI. Selain itu, analisis data mengenai motivasi belajar memperoleh nilai P-value / Asymp sig. sebesar 0,031, sehingga motivasi belajar siswa yang diberi model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih baik dari pada siswa yang diberi model pembelajaran kooperatif tipe TAI
Pengaruh self-esteem, self-regulation, dan self-confidence terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika Lenny Nuurotun Mashlihah; Maylita Hasyim
JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika) Vol 5, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Bhinneka PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/jp2m.v5i2.1736

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh self-esteem, self-regulation, dan self-confidence terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika materi operasi bentuk aljabar pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tugu tahun pelajaran 2017/2018.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian asosiatif kausal. Penelitian ini mengg)unakan rancangan penelitian non eksperimen dengan metode survey dan tes. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tugu yang berjumlah 220 siswa, sedangkan sampelnya adalah 96 siswa yang terbagi dalam 3 kelas dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan tes. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan terdapat pengaruh yang signifikan antara self-esteem, self-regulation, dan self-confidencesecara simultan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika materi operasi bentuk aljabar pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tugu tahun pelajaran 2017/2018. Model regresi berganda yang terbentuk adalah Y = -156,77 + 1,134 X1 + 0,486 X2 + 0.527X3, menunjukkan bahwa self-esteem, self-regulation, dan self-confidencememberikan pengaruh yang positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika.
Efektivitas model kooperatif CRH dan TGT dilihat dari karakter kerja keras dan hasil belajar Aminah Ekawati; Muhammad Royani
JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika) Vol 5, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Bhinneka PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/jp2m.v5i2.1752

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas karakter kerja keras menggunakan model CRH dan TGT dan efektivitas hasil belajar menggunakan model CRH dan TGT. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yang dilaskanakan di kelas VII SMPN 2 Sungai Tabuk Tahun Pelajaran 2017-2018 pada materi aljabar. Dua kelas yaitu kelas VIIB dan VIIC di pilih sebagai sampel penelitian Kelas VIIB dilaskanakan dengan model pembelajaran CRH dan Kelas VIIC dilaksanakan dengan model pembelajaran TGT. Teknik pengumpulan data berupa lembar observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah persentase, rerata, dan uji t dengan taraf signifikansi 5%. Namun sebelum dilakukan uji t terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil analisis data diperoleh kesimpulan: (1) terdapat perbedaan karakter kerja keras antara penerapan model kooperatif CRH dan TGT, (2) jika dilihat dari rerata karakter kerja keras pada penerapan model TGT lebih baik dari pada model kooperatif CRH, dan (3) tidak terdapat perbedaan hasil belajar antara penerapan model kooperatif CRH dan TGT.
Contextual teaching and learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi aritmatika sosial Hasma Aulia; Zahra Chairani; Winda Agustina
JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika) Vol 5, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Bhinneka PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/jp2m.v5i2.1753

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di kelas VII MTsN 11 Tabalong diperoleh informasi bahwa hasil belajar siswa sebelumnya pada materi Aritmatika Sosial belum sesuai harapan. Terdapat 40% siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 70 dengan rata-rata 60,34. Tujuan penelitian mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas VII MTsN 11 Tabalong dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri atas dua siklus, setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rata-rata dan persentasi. Hasil penelitian menunjukkan pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII pada materi Aritmatika Sosial dari sebelum tindakan 40% siswa yang tuntas menjadi 75,87% pada siklus I dan 89,66% pada siklus II
ANALISIS KESULITAN MENYELESAIKAN SOAL LINGKARAN BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM RANAH KOGNITIF Setyo Hartanto; Dwi Ratna Sari
JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika) Vol 5, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Bhinneka PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/jp2m.v5i2.4553

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis prosentase kesulitan siswa serta faktor-faktor internal yang mempengaruhi dalam menyelesaikan soal ligkaran berdasarkan taksonomi Bloom ranah kognitif. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengambilan data dilakukan dengan metode observasi, tes dan wawancara. Peneliti mengambil enam subjek untuk diwawancarai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, tingkat kesulitan tertinggi yaitu pada tahap evaluasi dan kesulitan terendah yaitu pada tahap pemahaman dan penerapan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah 1) prosentase rata-rata peserta didik yang mengalami kesulitan tahap pengetahuan yaitu 6,25%, tahap pemahaman 3,125%, tahap penerapan 3,125%, tahap analisis 12,5%, tahap sintesis 12,5% dan tahap penerapan 25%, 2) Faktor internal kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan soal pada pokok bahasan lingkaran berdasarkan taksonomi Bloom ranah kognitif kelas VIII yaitu: kurangnya minat belajar, kurangnya perhatian peserta didik, daya ingat peserta didik yang rendah, keadaan fisik peserta didik, kurangnya rasa percaya diri peserta didik, keahlian menghitung peserta didik yang masih kurang, peserta didik tergesa-gesa dalam mengerjakan dan tidak meneliti kembali ketika jawaban akan dikumpulkan.

Page 1 of 1 | Total Record : 6