cover
Contact Name
Arni
Contact Email
jkoikomunismuh@gmail.com
Phone
+62811449192
Journal Mail Official
jkoikomunismuh@gmail.com
Editorial Address
Jl. Sultan Alauddin No. 259 Kota Makassar, Prov. Sul-Sel 90221, Gedung Iqra Lantai 5, Prodi Ilmu Komunikasi
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Komunikasi dan Organisasi (J-KO)
ISSN : 26563010     EISSN : 26563487     DOI : https://doi.org/10.26644/jko.v1i1.1769
Core Subject : Humanities,
Komunikasi organisasi, studi media, teknologi komunikasi, komunikasi interpersonal, iklan, komunikasi antarbudaya, strategi komunikasi, public relations, kajian organisasi publik dan bisnis.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2020): Agustus" : 6 Documents clear
Strategi Komunikasi Satuan Tugas Terhadap Penerapan Kebijakan Pemerintah Dalam Penanganan Covid-19 Di Masa New Normal Di Kecamatan Rappocini Kota Makassar Amir Muhiddin; Ahmad Syarif; Nur Fadillah
Jurnal Komunikasi dan Organisasi J-KO Vol 2, No 2 (2020): Agustus
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi, FISIP Unismuh Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26644/jko.v2i2.8071

Abstract

Virus Covid-19 merupakan salah satu masalah besar yang dihadapi berbagai Negara, termasuk Indonesia. Kota Makassar merupakan salah satu daerah yang memiliki tingkat kasus Covid-19 yang kian memprihatinkan dan Kecamatan Rappocini merupakan salah satu kecamatan yang memiliki tingkat kasus Covid-19 tertinggi diantara 15 Kecamatan yang ada di Kota Makassar. Satuan tugas merupakan tim yang ditugaskan menangani hal tersebut memiliki tantangan tersendiri dalam menerapkan kebijakan Covid-19. Dalam memaksimalkan tugas tersebut tentunya membutuhkan strategi komunikasi yang baik dan tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kebijakan Covid-19 Masa New Normal di Kecamatan Rappocini, Kota Makassar. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan informasi, reduksi data, penyajian data dan tahap akhir. Hasil penelitian ini menunjukan strategi komunikasi yang digunakan satuan tugas dalam menerapkan kebijakan Covid-19 pada awalnya cukup optimal namun seiring berjalannya waktu dengan adanya tantangan berita hoax yang menyebar serta kurang konsistennya penegasan terhadap kebijakan yang ada, tingkat kasus Covid-19 di Kecamatan Rappocini kini terus meningkat dan belum mengalami perubahan yang signifikan serta aturan yang paling banyak dilanggar ialah pemakaian masker. Saran untuk peneliti serupa kedepan, semoga dapat menghadirkan solusi berkelanjutan yang dapat berguna bagi masyarakat Rappoccini terhadap penanganan Covid-19.
Adaptasi Mahasiswa Terhadap Culture Shock Wardah Wardah; Umrah Dea Sahbani
Jurnal Komunikasi dan Organisasi J-KO Vol 2, No 2 (2020): Agustus
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi, FISIP Unismuh Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26644/jko.v2i2.8077

Abstract

Perbedaan budaya dapat menimbulkan culture shock pada pihak-pihak yang terlibat dalam komunikasi antarbudaya. Mahasiswa asal Bima menjadi salah satu contoh mahasiswa yang mengalami culture shock sejak memutuskan kuliah di Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses adaptasi mahasiswa Bima terhadap culture shock di Unismuh Makassar serta hambatan yang diperoleh dalam proses adaptasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses adaptasi budaya terhadap culture shock pada mahasiswa Bima di Universitas Muhammadiyah Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder dengan jumlah informan sebanyak 5 orang mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan kondisi yang dialami masing-masing mahasiswa Bima dalam lima fase adaptasi budaya. Perbedaan kondisi sosial budaya mengakibatkan mahasiswa mengalami culture shock di Makassar. Namun mahasiswa memilih bertahan dan menghadapi segala kondisi yang ada, sehingga secara keseluruhan semua mahasiswa mampu beradaptasi di lingkungan budaya baru. Adapun hambatan dalam proses adaptasi mahasiwa Bima berasal dari dalam diri dan lingkungan.
Komunikasi Lingkungan: Antara Literasi Lingkungan dan Inovasi Arni Arni
Jurnal Komunikasi dan Organisasi J-KO Vol 2, No 2 (2020): Agustus
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi, FISIP Unismuh Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26644/jko.v2i2.8072

Abstract

PPL memiliki peran yang sangat urgen dalam – selain meningkatkan produksi pertanian – mengubah pola pikir petani bawang merah agar tergerak pikirannya untuk menggunakan pestisida sesuai standar baku yang ditetapkan. Namun untuk mengajak petani bawang merah di Enrekang melaksanakan program tersebut, tidak cukup dengan mengedukasi petani dengan literasi lingkungan tanpa memberikan solusi konket pemecahan masalah kepada petani. Strategi komunikasi yang dilakukan para PPL melalui pendekatan komunikasi lingkungan sejauh ini sudah dilakukan secara berkesinambungan, pendekatan yang digunakan adalah literasi lingkungan dan inovasi teknologi pertanian. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah komunikasi lingkungan dapat memberi perubahan berpikir pada petani bawang merah untuk menerapkan pertanian yang rama lingkungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif, sumber data diperoleh dari penelurusan data primer dan sekunder, teknik pengumpula data menggunakan teknik observasi, wawancara dan domentasi, analisis data menggunakan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1. Petani bawang merah memandang lingkungan dari kepentingan pragmatis dan 2. Untuk menciptakan pertanian sehat, literasi lingkungan dan inovasi harus berjalan bersama, karena komunikasi lingkungan yang hanya berfokus pada literasi lingkungan kurang seimbang jika tidak dibarengi dengan inovasi.
Pengaruh Komunikasi Visual Gambar Peringatan Bahaya Merokok Pada Kemasan Rokok Terhadap Sikap Perokok (Studi Kasus Masyarakat Dusun Kanang-Kanang Desa Tino Kec. Tarowang Kabupaten Jeneponto) Indah Pratiwi Manggaga; Jufri Jufri
Jurnal Komunikasi dan Organisasi J-KO Vol 2, No 2 (2020): Agustus
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi, FISIP Unismuh Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26644/jko.v2i2.8073

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gambar peringatan bahaya merokok pada kemasan rokok terhadap sikap perokok di Dusun Kanang-Kanang Desa Tino Kec. Tarowang Kab. Jeneponto. Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden kemudian diolah menjadi SPSS dengan menggunakan rank spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra peringatan bahaya merokok pada kemasan rokok berpengaruh terhadap sikap perokok di Dusun Kanang-Kanang. Temuan hubungan tidak signifikan dengan menggunakan analisis teori S-O-R. Responden mendapatkan stimulus (pesan) tentang citra kemasan rokok. Stimulus (pesan) tersebut disampaikan secara persuasif kepada organisme (responden) sehingga pesan yang disampaikan secara persuasif menimbulkan respon (efek) berupa kesadaran responden tentang bahaya merokok. Gambaran kemasan rokok cukup mampu menarik perhatian responden meskipun hubungannya rendah, karena ada variabel lain yang mempengaruhi rendahnya hubungan tersebut, seperti: 1) faktor harga produk (price of product), 2) faktor lingkungan sosial (kontrol orang tua atau pergaulan), 3) faktor perilaku (terlihat jantan atau maco).
Perilaku Komunikasi Toxic Friendship (Studi terhadap Mahasiswa Fisip Universitas Muhammadiyah Makassar) M Amin; Riveni Wajdi; Syukri Syukri
Jurnal Komunikasi dan Organisasi J-KO Vol 2, No 2 (2020): Agustus
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi, FISIP Unismuh Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26644/jko.v2i2.8074

Abstract

Perilaku komunikasi toxic friendship merupakan bagian dari proses komunikasi yang dialami oleh kalangan sesama mahasiswa. Pola komunikasi ini menggunakan bahasa yang tidak/kurang baik serta disertai dengan tindakan buruk. Hal ini memengaruhi perilaku komunikasi mereka, baik komunikasi secara verbal maupun nonverbal. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui perilaku komunikasi Toxic Friendship dengan teman sebaya melalui pesan verbal dan nonverbal dan Untuk mengetahui dampak perilaku komunikasi Toxic Friendship dengan teman sebaya pada mahasiswa Fisip Universitas Muhammadiyah Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu peneliti berusaha mengungkapkan suatu realita atau fakta fenomena sosial. sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sekunder dengan  jumlah Informan sebanyak 10 orang mahasiswa. Teknik untuk memperoleh data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan kondisi yang dialami masing-masing mahasiswa dalam menanggapi stimulus yang diberikan toxic friends. Perilaku komunikasi toxic friendship yang dialami oleh mahasiswa Fisipol angkatan 2015-2016 Universitas Muhammadiyah Makassar dominan mendapatkan bentuk komunikasi verbal dibandingkan dengan nonverbal, serta bentuk perilaku Toxic friendship yang dominan dialami beberapa mahasiswa yaitu        pengkritik dan tidak ada empati. Kemudian dampak yang dialami dominan merasakan kemarahan. Respon yang timbul yaitu beberapa mahasiswa memilih diam dan meninggalkan circle pertemanan tersebut adapula memilih bertahan dan membicarakannya.
Strategi Komunikasi Panitia Pemilihan Kecamatan Bontoala dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Makassar Tahun 2020 Sitti Rahmawati Arfah
Jurnal Komunikasi dan Organisasi J-KO Vol 2, No 2 (2020): Agustus
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi, FISIP Unismuh Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26644/jko.v2i2.8076

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi komunikasi panitia pemilihan kecamatan (PPK) Bontoala dalam meningkatkan partisipasi masyarakat pada pemilihan walikota dan wakil walikota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilakukan di kantor Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Bontoala. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi PPK Bontoala dikategorikan baik. Strategi komunikasi yang digunakan antara lain, tatap muka, media elektrnonik, sosial media, sosialisasi kepada pemilih milenial berupa ceramah dan dialog secara langsung dan menggunakan relawan demokrasi. Selanjutnya, informasi dalam bentuk program gerakan mencoklik, informasi berupa template cara memilih, informasi mengenai kapan pelaksanaan pemilih kepala daerah, serta informasi sah atau tidaknya surat suara yang dicoblos dan pemberian motivasi yang dilakukan PPK Bontoala tentang pemberian pemahaman pentingnya hadir ke TPS dan menggunakan hak pilih untuk memilih pemimpin, meskipun masih terdapat kendala yang dihadapi PPK Bontoala yaitu kendala administrasi, waktu, kekurangan sarana dan prasarana dalam menjalankan tugas organisasi dan kurangnya sumber daya manusia yang mampu mengoperasikan sosial media secara optimal.

Page 1 of 1 | Total Record : 6