cover
Contact Name
Iin Maulina
Contact Email
jurnal.edukasi.paud@unmuhpnk.ac.id
Phone
+6282154724037
Journal Mail Official
jurnal.edukasi.paud@unmuhpnk.ac.id
Editorial Address
Jalan Ahmad Yani No.111 Pontianak - 78124 Kalimantan Barat
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
ISSN : 23380535     EISSN : 25409913     DOI : 10.29406/jepaud
Core Subject : Education,
Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini merupakan terbitan berkala untuk memfasilitasi tulisan dan hasil karya dari mahasiswa, pendidik, akademisi (guru dan dosen) dan peneliti yang berkaitan dengan pendidikan anak usia dini.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 1 (2020): Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini" : 5 Documents clear
HUBUNGAN BERMAIN SAMBIL BELAJAR DI RUMAH DENGAN PERKEMBANGAN MOTORIK ANAK PAUD KAPUAS CERIA KECAMATAN SUNGAI RAYA Selviani, Selviani; Mawardi, Mawardi; Somantri, Elin B
Jurnal Edukasi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 8, No 1 (2020): Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29406/jepaud.v8i1.2179

Abstract

Abstrak Proses belajar untuk anak usia dini seharusnya dikemas dalam suatu model pembelajaran yang dapat dijalani anak dengan menyenangkan. Salah satu cara belajar yang sesuai untuk anak usia dini ialah model pembelajaran yang dikemas secara bersamaan dalam kegiatan bermain. Anak melalui bermain dapat mengekspresikan pikiran, perasaan, fantasi serta daya kreasi dengan tetap mengembangkan kreatifitasnya dan beradaptasi lebih efektif terhadap berbagai sumber stres. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif korelatif, yaitu memperoleh gambaran hubungan kegiatan bermain sambil belajar dengan perkembangan motorik anak. Sampel dalam penelitian ini adalah: anak peserta program PAUD Kapuas Ceria yang berjumlah 22 orang, ruang belajar dan fasilitas bermain anak di PAUD Kapuas Ceria Jl. Adisucipto KM 13,5 Kecamatan Sungai Raya.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara tidak langsung terhadap orang tua dan observasi terhadap kemampuan motorik anak. Teknik analsis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah analisis Tau Kendall yang dilakukan menggunakan Software Komputer (SPSS V. 18). Hasil penelitian  yang dilakukan diperoleh informasi sebagai berikut: 21 atau 95,45% dari 22 anak sering melakukan aktivitas bermain sambil belajar yang berhubungan dengan perkembangan motorik halus dan 21 atau 95,45% dari 22 anak sering melakukan aktivitas bermain sambil belajar yang berhubungan dengan perkembangan motorik kasar, 22 atau 100% dari 22 anak memiliki kemampuan motorik halus yang baik dan 19 orang atau 86,36% dari 22 anak memiliki kemampuan motorik kasar yang baik. Terdapat hubungan antara kegiatan bermain sambil belajar yang dilakukan anak di rumah dengan perkembangan motorik halus anak yang ditunjukkan dengan nilai  sebesar 0,215, nilai tersebut lebih besar dari nilai  (0,05) dan terdapat hubungan antara kegiatan bermain sambil belajar yang dilakukan anak dirumah dengan perkembangan motorik kasar anak peserta program PAUD Kapuas Ceria Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya yang ditunjukkan dengan nilai  sebesar 0,763 nilai tersebut lebih besar dari nilai  (0,05).Kata Kunci: Bermain, perkembangan motorik kasar, PAUD.
PENINGKATAN KEMAMPUAN SOSIAL ANAK MELALUI TEKNIK PEMBELAJARAN MENCARI PASANGAN DI KELOMPOK B.2 TK NEGERI PEMBINA SEKADAU Ramsyah, Ramsyah; Mawardi, Mawardi; Sartika, Ratna
Jurnal Edukasi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 8, No 1 (2020): Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29406/jepaud.v8i1.2180

Abstract

Abstrak Peneliti mengambil penelitian ini dilatarbelakangi oleh TK Negeri Pembina Sekadau belum pernah menerapkan teknik pembelajaran mencari pasangan. Selain itu, kemampuan sosial anak di kelompok B.2 TK Negeri Pembina Sekadau dalam kegiatan pembelajaran masih rendah, hal ini berdasarkan saat observasi yang dilakukan peneliti pada proses kegiatan pembelajaran berlangsung anak kurang berinteraksi dengan guru maupun sesama teman. Selain itu guru di kelompok B2 TK Negeri Pembina Sekadau masih mendominasi kegiatan pembelajaran.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap: (1) Bagaimana Pelaksanaan yang dilakukan guru untuk  meningkatkan kemampuan sosial anak melalui teknik pembelajaran  mencari  pasangan  di kelompok B.2 TK Negeri Pembina Sekadau. (2) Apakah  terjadi peningkatan kemampuan sosial anak melalui teknik pembelajaran mencari  pasangan  di kelompok B.2 TK Negeri Pembina Sekadau.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan bentuk penelitian tindakan kelas. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelompok B.2 yang hadir pada saat proses pembelajaran yang berjumlah dua puluh empat orang anak yang terdiri dari  sembilan anak laki-laki dan lima belas anak perempuan serta dua orang guru yang mengajar di kelompok B.2. Teknik dan alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: observasi langsung, komunikasi langsung dan dokumentasi. Alat yang digunakan adalah: pedoman observasi, pedoman wawancara dan bahan tertulis berupa arsip, buku, dan sebagainya. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara mereduksi data, mendisplay data serta menarik kesimpulan.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka penelitian ini dapat disimpulkan: 1) Pelaksanaan teknik pembelajaran mencari pasangan untuk meningkatkan kemampuan sosial anak di kelompok B.2 TK Negeri Pembina Sekadau telah dilakukan melalui penyusunan RKH, penyiapan media berupa kartu soal dan kartu jawaban, seting tempat serta pelaksanaan dengan menmginformasikan secara rinci kepada anak mengenai teknik pembelajaran mencari pasangan. Diakhir kegiatan anak-anak membentuk kelompok sesuai dengan pasangannya masing-masing. 2) Teknik pembelajaran mencari pasangan dapat meningkatkan kemampuan  sosial  pada   anak   kelompok   B.2   TK  Negeri  Pembina Sekadau. Hal ini sesuai dengan peningkatan  dari siklus-siklus yang telah dilaksanakan dan pencapaian indikator kinerja. Adapun peningkatannya yaitu sebesar 82.3%.Kata Kunci :  Kemampuan sosial, teknik pembelajaran , TK
PENGGUNAAN MEDIA FLANEL BOOK DALAM PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK AL-MUKADDIMAH PONTIANAK Yuliawati, Tri; Mawardi, Mawardi; Sutrisno, Sutrisno
Jurnal Edukasi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 8, No 1 (2020): Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29406/jepaud.v8i1.2181

Abstract

Abstrak Penelitian ini peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di Taman Kanak-kanak Al-Mukaddimah Pontianak pada kelompok BI yang berjumlah 26 siswa dan dua orang guru yang ada di kelas. Salah satu media yang dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak yaitu dengan media flanel book. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa dengan menggunakan media flanel book, Teknik pengumpul data yang digunakan adalah observasi, wawncara dan dokumentasi. Alat yang digunakan yaitu pedoman wawancara, pedoman observasi dan alat dokumentasi berupa foto. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam tiga siklus. Hasil penelitian disetiap siklus telah menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kognitif siswa dalam menyebutkan dan mengenal angka 1-10(siklus I 26,9%,siklus II 53,8%, siklus III 76,9%),mengenal konsep bilangan 1-10 (siklus I 23%, 53,8%, siklus III 80,7%), mengenal berbagai macam warna(siklus I 38,4%,siklus II 69,2%, siklus III 88,4%), mengenal berbagai macam bentuk geometri(siklus I 23%, siklus II 42,3 %, siklus III80,7%), membedakan banyak, sedikit, besar dan kecil (siklus I 23%, siklus II 53,8%, siklus III 80,7%).Terlihat tercapainya persentase keberhasilan anak meningkat sehingga hasil rata-rata tingkat keberhasilan anak melebihi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan.Kata Kunci: Kemampuan Kognitif, Media flanel book
USAHA GURU MENGATASI ANAK PENDIAM PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI SUTITAH SOEDARSO 3 DESA SUNGAI NIPAH Juliana, Juliana; Mawardi, Mawardi; Sutrisno, Sutrisno
Jurnal Edukasi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 8, No 1 (2020): Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29406/jepaud.v8i1.2182

Abstract

AbstrakPendidikan Anak Usia Dini tidaklah sekedar berfungsi untuk meletakkan dasar-dasar kemampuan akademik, melainkan juga pengembangan aspek psikososial anak.Salah satu permasalahan yang ada di lapangan adalah tidak semua anak dapat melewati proses perkembangannya dengan baik yang disebabkan factor tertentu anak yang mengalami hambatan atau masalah dalam perkembangannya.Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Pada penelitian ini peneliti melakukan menerapkan sebuah metode yaitu metode sosiodrama sebagai alternative pemecahan masalah. Pelaksanaan program menggunakan metode penelitian deskriftif dengan pendekatan kualitatif. Teknik dan alat pengumpul data menggunakan data dokumenter, catatan lapangan, observasi, wawancara.Teknik analisis data menggunakan display data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan dari hasil observasi, wawancara, catatan lapangan maupun dokumentasi bahwa salah satu data yang dihasilkan dalam penelitian tentang cara menentukan ciri-ciri anak pendiam pada anak,wawancara terhadap orang tua dan guru bahwa cara orang tua dalam menentukan ciri-ciri anak pendiam pada anak adalah melihat sikapnya yang kurang sosialisasinya dengan orang lain, lebih senang bermain sendiri biarpun ada teman yang mengajak bermain anak lebih senang bermain sendiri.Hasil penelitian yang dilakukan sebagai usaha mengatasi anak pendiam yaitu guru melakukan pendampingan, melakukan pendekatan, berdongeng, olahraga, bermain bersama, berpartisipasi, dan berkomunikasi terlaksana dengan baik dan  meningkatkan pemahaman guru.Kata Kunci: AnakPendiam, Metode,TeknikAnalisis Data
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP PENGETAHUAN PENCEGAHAN PELECEHAN SEKSUAL PADA ANAK KELOMPOK B2 DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 1 KOTA PONTIANAK Putri, Yani; Diana, Diana; Jati, Sri Nugroho
Jurnal Edukasi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 8, No 1 (2020): Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29406/jepaud.v8i1.2183

Abstract

AbstrakPenelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang terjadi pada anak kelompok B2 di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Kota Pontianak mengenai pengetahuan pencegahan pelecehan seksual yang masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang pengaruh penggunaan media audio visual terhadap pengetahuan pencegahan pelecehan seksual pada anak kelompok B2 di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Kota Pontianak. Penelitian ini mengguanakan metode eksperimen dengan bentuk Pre-Experimental One Group Pre-Test-Post-Test Design. Pengambilan sampel menggunakan  Non Probability Sampling dengan teknik sampling jenuh. Sampel penelitian yaitu anak kelompok B2 di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Kota Pontianak yang berjumlah 18 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan lembar chek list. Analisis data menggunakan rumus Uji Paired T Sampel Test nilai t hitung sebesar 17,386 dengan tingkat Sig.(2 tailed) = 0,000 dengan df = N – 1 = 18 – 1  = 17, sehingga nilai t tabel = 2,10982 pada taraf signifikansi (α = 0,05), karena t hitung ≥ t table maka, Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi terdapat pengaruh pengaruh penggunaan media audio-visual terhadap pengetahuan anak tentang pencegahan pelecehan seksual anak kelompok B2 di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Kota Pontianak.Kata Kunci: Penggunaan Media Audio Visual, Pengetahuan PencegahanPelecehan Seksual

Page 1 of 1 | Total Record : 5