cover
Contact Name
Iin Maulina
Contact Email
jurnal.edukasi.paud@unmuhpnk.ac.id
Phone
+6282154724037
Journal Mail Official
jurnal.edukasi.paud@unmuhpnk.ac.id
Editorial Address
Jalan Ahmad Yani No.111 Pontianak - 78124 Kalimantan Barat
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
ISSN : 23380535     EISSN : 25409913     DOI : 10.29406/jepaud
Core Subject : Education,
Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini merupakan terbitan berkala untuk memfasilitasi tulisan dan hasil karya dari mahasiswa, pendidik, akademisi (guru dan dosen) dan peneliti yang berkaitan dengan pendidikan anak usia dini.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 2 (2021): Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini" : 7 Documents clear
PENINGKATAN KOMPETENSI PENDIDIK PADA JENJANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI Fatimah, Laila Homsah; Kuswanto, Kuswanto
Jurnal Edukasi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 9, No 2 (2021): Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29406/jepaud.v9i2.2841

Abstract

Banyaknya seorang guru ditemukan dalam mengajar kegiatan pembelajaran tidak berjalan efektif dikarenakan masih kurang memilki kompetensi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang upaya meningkatkan kompetensi guru PAUD. Landasan teori dalam penelitian ini, peneliti merujuk kepada beberapa konsep yaitu : Kompetensi guru, Kompetensi pedagogik, Kompetensi kepribadian, Kompetensi sosial dan Kompetensi profesional. Metode yang penulis gunakan yaitu metode kualitatif untuk lebih menggali lebih dalam pemahaman yang ada didalam berbagai sumber yaitu dari skripsi, berbagai jurnal dan beberapa buku. Hasil penelitian ini adalah bimbingan berkelanjutan dapat meningkatkan kompetensi guru dalam kegiatan pembelajaran dan bimbingan berkelanjutan dapat meningkatkan motivasi guru. Kesimpulan dari penelitian ini merupakan suatu kecakapan yang harus dimiliki oleh seorang guru dan penerapan serta pengembangan kompetensi ini hendaknya terus berlangsung selama seseorang menjadi guru. Kompetensi guru yang tinggi akan menghasilkan luaran yang berkualitas baik.
PENGARUH GAWAI TERHADAP MORAL PADA ANAK USIA DINI Maulana, Andre Safrie
Jurnal Edukasi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 9, No 2 (2021): Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29406/jepaud.v9i2.2830

Abstract

Masalah yang dalam penelitian ini adalah pengaruh gawai seperti Smartphone terhadap moral anak. tujuan dari pembuatan artikel ini adalah supaya keluarga khususnya orang tua dapat memperhatikan tumbuh dan kembang anak tanpa harus mempengaruhkannya terhadap gawai yang dimiliki orang tuanya. . Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi literatur seperti mengumpulkan referensi dari berbagai buku dan artikel yang sudah ada. Analisis data dalam penelitian penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif.  Dari hasil penelitian mengungkapkan penyebab moral anak menjadi buruk seperti sifatnya yang egois, individualisme, dan masih banyak lagi. Dari penelitian ini juga mengungkapkan dampak positif dan dampak negatif yang ditimbulkan gawai ketika anak usia dini terlalu lama menggunakan gawai seperti smartphone. Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa moral anak berubah berasal dari perilaku yang mereka lakukan setiap harinya. Sedangkan perilakunya dihasilkan dari sejak kecil ketika mereka mencerminkan perilaku orang tua baik yang positif maupun yang negatif. Sehingga membentuk moral anak yang sekarang. Moral anak juga akan berpengaruh terhadap gawai jika tidak diawasi oleh orang tua supaya anak tidak bertergantungan terhadap gawai.
MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI METODE SHOW AND TELL Arika, Hesti Wela; Maemonah, Maemonah
Jurnal Edukasi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 9, No 2 (2021): Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29406/jepaud.v9i2.2963

Abstract

Indikator dalam penelitian ini yaitu kemampuan anak untuk berani tampil di depan kelas, show benda yang dipegang, show and tell benda yang dipegang dan mejawab pertanyaan dari guru. Penelitian bertujuan untuk melihat bagaimana metode show and tell dalam meningkatkan rasa percaya diri anak anak usia 4-5 tahun di TK IT Mun Kuta Lambhuk. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan III siklus, subjek pada penelitian berjumlah 7 anak terdiri dari 6 laki-laki dan 1 perempuan. Teknik pengumpulan data  berupa observasi melalui kegiatan show and tell benda yang dipegang oleh anak dengan tema sayuran dan transportasi. Penelitian ini  menghasilkan bahwa  terjadinya  peningkatan  rasa  percaya  diri  anak dengan memakai metode show and tell. Penelitian  ini menghasilkan bahwa dengan metode ini bisa meningkatkan rasa percaya diri anak berupa kegiatan anak  mengamati  benda  yang  dipegang  guru. Kemudian guru mempersilahkan anak maju ke depan kelas dan memilih benda apa yang akan dipakai untuk kegiatan show and tell dengan benda yang telah dipilih anak, yaitu anak memperlihatkan benda yang dipegang lalu menceritakan ciri-ciri benda yang dipegang. Disimpulkan bahwa sudah berkembang rasa percaya diri anak sesuai harapan yaitu pada siklus I terdapat 43%, kemudian siklus  II meningkat menjadi 57% dan siklus III mencapai 86%.
PENILAIAN PADA PEMBELAJARAN DARING DENGAN METODE PEMBERIAN TUGAS DI RAUDHATUL ATHFAL PERWANIDA nadhiroh, ulfatun
Jurnal Edukasi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 9, No 2 (2021): Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29406/jepaud.v9i2.2827

Abstract

Penilaian adalah proses mengumpulkan informasi melalui pengukuran, menafsirkan, mendeskripsikan, dan menginterpretasikannya. Penilaian menjadi dasar dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran. Pemberian tugas salah satu metode yang dapat dilakukan untuk melakukan penilaian. Penilaian pada PAUD  memiliki prinsip, salah satunya harus dilakukan secara objektif, transparan dan menyeluruh yang harus dilakukan secara langsung agar didapatkan hasil yang otentik. Namun, saat ini pembelajaran harus dilakukan dengan sistem daring, tanpa adanya interaksi secara langsung. Penelitian ini akan membahas mengenai bagaimana penilaian yang dilakukan RA Perwanida pada pembelajaran daring dengan menggunakan model pemberian tugas. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data berasal dari orang dan dokumen data dengan teknik pengumpulan data wawancara yaitu tanya jawab dengan narasumber. Analisis data pada penelitian terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, penilaian dengan model pemberian tugas dilakukan dengan aplikasi WhatsApp, dimana setiap hari guru memberi tugas lewat grub WhatsApp kemudian tugas yang sudah dikerjakan juga disetorkan di grub yang sama dengan batas waktu sampai jam 20.00 WIB. Penilaian diambil berdasarkan hasil yang dikirim lewat grub, penilaian menggunakan skala capaian yaitu BB, MB, BSH dan BSB yang diberikan dalam bentuk penilaian mingguan.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B4 DI TAMAN KANAK-KANAKKEMALA BHAYANGKARI 1 PONTIANAK Nur Hasanah, Usmi Rena
Jurnal Edukasi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 9, No 2 (2021): Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29406/jepaud.v9i2.2936

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:(1) Kemampuan kognitif anak kelompok B4 TK Kemala Bhayangkari 1sebelummenggunakan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament. (2) Kemampuan kognitif anak kelompok B4 TK Kemala Bhayangkari 1 sesudah menggunakan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament. (3) Ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap kemampuan kognitif anak kelompok B4 di Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari 1 Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan Kuantitatif. Subjek penelitian  terdiri dari 12 anak.. Yang dilaksanakan dalam beberapa tahap yaitu (1) Pre-Test/tes awal, (2) Treatmen/perlakuan, (3) Post-Test/test akhir. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian meliputi teknik observasi, wawancara, pengukuran.Hasil pre-test menunjukkan nilai rata-rata 14,58 sedangkan nilai post-test denganrata-rata 19,91.Berdasarkan data pre-test dan post-test maka dapat dilakukan dengan uji t melalui program SPSS 22 dengan hasil t hitung 10,721 sedangkan t tabel dengan taraf df=N-1=11-1=10 adalah 2.201 pada taraf signifikasi α=0,05. Dengan demikian nilai t hitung > t tabel (10,721 > 2.201). Dengan hasil tersebut berarti terdapat pengaruh kegiatan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap kemampuan kognitif anak kelompok B4.Kata Kunci: Kooperatif, Team Games Tournamen
PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANTARA SISWA YANG MENGIKUTI PAUD DENGAN SISWA YANG TIDAK MENGIKUTI PAUD DI KELAS 1 MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL ULUM KABUPATEN KUBU RAYA Oktaviani, Anita; ., Mawardi; Somantri, Elin B.
Jurnal Edukasi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 9, No 2 (2021): Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29406/jepaud.v9i2.600

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh kemampuan berhitung, dengan berbagai media dan metode yang tepat yang tidak merusak pola perkembangan anak, sehingga ketika anak telah memasuki kejenjang berikutnya yaitu Sekolah Dasar (SD) anak sudah memiliki kemampuan dalam berhitung. namun telah kita ketahui bahwa siswa itu berbeda antara satu dengan yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbandingan kemampuan berhitung siswa yang mengikuti PAUD dengan siswa yang tidak mengikuti PAUD di kelas 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa di kelas 1A dan siswa di kelas 1B. Teknik pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan penyebaran soal tes. Dari hasil penelitian, data profil siswa yang mengikuti PAUD dengan siswa yang tidak mengikuti PAUD di kelas 1A dan 1B dan observasi dilakukan dengan perhitungan uji-t dengan hasil t-hitung kemampuan berhitung siswa yang mengikuti PAUD 1.863 dengan tingkat Sig.(2- tailed = .069.) sedangkan hasil kemampuan berhitung siswa yang tidak mengikuti PAUD adalah t-hitung  sebesar 1.952 dengan tingkat Sig. (2-tailed =.058.) Kesimpulan dari penelitian ini bahwa terdapat perbandingan kemampuan berhitung antara siswa mengikuti PAUD dengan siswa yang tidak mengikuti di kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Kabupaten Kubu Raya.Kata kunci: kemampuan berhitung, mengikuti PAUD dan tidak mengikuti PAUD 
PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI METODE GERAK DAN LAGU DI KELAS B TAMAN KANAK-KANAK MENTARI MEKAR GEMILANG Juwi, JT; maulina, iin; Mawardi, Mawardi
Jurnal Edukasi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 9, No 2 (2021): Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29406/jepaud.v9i2.2942

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan motorik kasar anak di TK Mentari Mekar Gemilang, pembelajaran di sekolah terfokus pada kegiatan menulis dan membaca sehingga stimulasi kemampuan motorik kasar anak tidak diperhatikan. Tujuan dari penelitian ini adalah peneliti ingin mengetahui adanya peningkatan kemampuan motorik kasar anak melalui metode gerak dan lagu di kelas B Taman Kanak-kanak Mentari Mekar Gemilang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian ini diperoleh dari sumber data yang terdiri atas 23 orang murid Taman Kanak-kanak Mentari Mekar Gemilang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi dan dokumentasi. Alat yang digunakan adalah pedoman observasi dan dokumentasi.Sedangkan, teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan yaitu: Triangulasi dan member check. Peneliti memberikan batasan persentase keberhasilan minimal 80 %. Hasil observasi penguasaan anak setelah dilaksanakan siklus I yaitu  mencapai 25 %. Siklus II mencapai 40 %, hasilnya belum maksimal. Kemudian dilanjutkan siklus III mencapai 87%. Jadi setelah dilaksanakan siklus I,  II, dan  III perkembangan motorik kasar  anak mengalami peningkatan yang mencapai nilai di atas persentase minimal yaitu mencapai 87 %. Oleh karena itu, penelitian ini dinyatakan dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak melalui metode gerak dan lagu di kelas B Taman Kanak-kanak Mentari Mekar Gemilang.Kata Kunci: Motorik, kasar, Gerak,  lagu

Page 1 of 1 | Total Record : 7