cover
Contact Name
Abdul Rahmat
Contact Email
jurnalaksara@ung.ac.id
Phone
+62811435378
Journal Mail Official
jurnalaksara@ung.ac.id
Editorial Address
Lt. 1 Gedung Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Jl. Jend. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
ISSN : 24078018     EISSN : 27217310     DOI : 10.37905
Core Subject : Education, Social,
AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on current issues and trends in nonformal education including: Education Life Skills, Educational Management, Early Childhood Education, community education, empowerment and counseling, Literacy and educational equality including package A, package B and package C, Educational Institutions Courses and training, skills and job training Education, Social Sciences, Humanities, Arts, Tourism, Culture, Health, and other intended education. Published with open access while Abstracts and full text that have been obtained on the website can be read and downloaded. Scientific publications reviewed by experts in the field of expertise with abstracts in English and Indonesian. Peer Review Process, all manuscripts sent to this journal must follow the focus and scope, and the guidelines of the authors of this journal. Manuscripts sent must discuss scientific achievements or novelty in accordance with the focus and scope. All texts must be free of plagiarism content. All authors are advised to use plagiarism detection software to check the similarity. The script was published by the Masters in Nonformal Education Postgraduate at Gorontalo State University. Decree from the Indonesian Institute of Sciences no. 0005.020 / JI.3.2 / SK.ISSN / 2015.01 - January 16 2015.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 3 (2019): September 2019" : 12 Documents clear
Dampak Tunjangan Profesi Terhadap Motivasi Kerja Guru SMA di Kota Gorontalo Provinsi Gorontalo Mohammad Fadli A. Himran; Heldy Vanni Alam
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 5, No 3 (2019): September 2019
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.5.3.199-206.2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak tunjangan profesi terhadap motivasi kerja guru SMA Negeri di Kota Gorontalo Provinsi Gorontalo.Jenis penelitian survei dengan metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah guru PNS SMA Negeri di Kota Gorontalo yang berjumlah 215 orang.Jumlah sampel 140 orang guru yang diambil dengan menggunakan Rumus Slovin.Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, maka diperoleh persamaan regresi Ŷ= 19,668 + 0,627X yang berarti bahwa setiap terjadi perubahan pada satu-satuan variabel tunjangan profesi, maka akan diikuti oleh perubahan sebesar 0,627 atau 62,7% satuan pada varibel motivasi kerja guru.Hasil penelitian menunjukan pula bahwa tunjangan profesi memiliki dampak positif terhadap meningkatnya motivasi kerja guru SMA Negeri di Kota Gorontalosebesar 36,2%.Dengan demikian, hipotesis penelitian dapat diterima.
Pendidikan Masyarakat Pada Pertunjukan Turunani Dalam Upacara Adat Gorontalo La Ode Karlan; Abdul Rahmat; Mira Mirnawati
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 5, No 3 (2019): September 2019
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.5.3.163-170.2019

Abstract

Turunani yang dihadirkan dalam berbagai upacara adat peralihan masyarakat Desa Kramat, Kecamatan Tapa, memiliki perbedaan dari aspek kebentukannya, seperti: pada upacara adat aqiqah, khitanan, dan pernikahan. Sehingga muncul pertanyaan bagaimana bentuk pertunjukan turunani dalam berbagai upacara adat peralihan tersebut, dan alasan-alasan apa saja sehingga turunani dapat dihadirkan dalam upacara adat tersebut. Sehingga, dalam penelitian ini ditemukan bentuk secara musikal seperti teknik permainan pola tabuhan 3, 7, dan 9 yang digunakan pada prosesi upacara adat dalam konteks tertentu, dengan lantunan syair yang bermakna pembinaan moral, pembentukan ahlak, dan peningkatan kualitas keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, melalui sanjungan dan puji-pujian kepada Nabi Muhammad SAW menurut ajaran agama islam, sehingga menjadi pegangan hidup yang kokoh bagi masyarakat khususnya di Desa Kramat. Dengan demikian, terkait dengan maksud-maksud tersebut, maka fungsi turunani ditemukan 4 fungsi yang melingkupi kehadirannya dalam berbagai upacara adat peralihan yakni: Turunani sebagai fungsi Hiburan, sebagai fungsi komunikatif, sebagai fungsi yang berkaitan dengan norma sosial, dan turunani sebagai fungsi kesinambungan budaya.
Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Tematik Emi Kasim
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 5, No 3 (2019): September 2019
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.5.3.207-214.2019

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan sebagai upaya menjawab permasalahan yang terjadi dikelas II SDN 06 Marisa Kabupaten Pohuwato. Yaitu pelaksanaan pembelajaran tematik dengan memadukan beberapa mata pelajaran menjadi satu dalam bentuk tema. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peseta didik. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus yang pada tiap siklus meliputi empat tahap PTK, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran tematik mampu meningkatkan hasil belajar peseta didik kelas II SDN 06 Marisa Tahun Pelajaran 2015-2016. Melalui pembelajaran tematik diperoleh hasil belajar peserta didi pada siklus I sebesar 70,37% dan meningkat pada siklus II menjadi 88,88%. Hal ini berarti indikator keberhasilan kinerja sebagai ukuran keberhasilan peserta didik dalam proses pembelajaran tercapai.
Segmentasi Pasar di Hotel Grand Q Gorontalo Asminar Mokodongan
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 5, No 3 (2019): September 2019
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.5.3.171-178.2019

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk memperoleh gambaran tentang segmentasi pasar pada Hotel Grand Q Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian survei. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan studi dokumentasi, dengan sasaran segmentasi geografis, demografis, dan psikografis. Mencermati hasil penelitian tentang segmentasi pasar pada Hotel Grand Q Gorontalo ini dengan karakteristik pengunjung hotel sebagaimana digambarkan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa wisatawan yang memilih untuk menginap di Hotel Grand Q Gorontalo mayoritas merupakan pebisnis dengan fluktuasi jumlah pengunjung yang tergantung pada intensitas event penting yang diselenggarakan di Provinsi Gorontalo. Oleh karena itu disarankan sebaiknya Hotel Grand Q Gorontalo senantiasa melakukan analisis pasar secara efektif sehingga dapat menentukan strategi segmentasi pasar yang tepat, serta melakukan inovasi yang diarahkan pada peningkatan kualitas pengelolaan dan pelayanan.
Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Stres Kerja Karyawan Pada PT. Bosowa Berlian Motor Luwuk Ichsan Milang
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 5, No 3 (2019): September 2019
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.5.3.255-272.2019

Abstract

Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif yang di kuantitatifkan dengan menggunakan skala likert. Sampel yang digunakan sebanyak 16 responden yang menjadi karyawan pada PT. Bosowa Berlian Motor Luwuk. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan hasil persamaan Y = 19,523 + 0,182X1 + 0,163X2. Nilai konstanta (a) sebesar 19,523 berarti jika variabel faktor stres kerja yang berasal dari pekerjaan (X1) dan faktor stres kerja yang berasal dari luar pekerjaan (X2) benilai nol atau tidak ada maka nilai stres kerja (Y) sebesar 19,523. Nilai koefisien korelasi sebesar 0,803 menunjukkan bahwa hubungan antara variabel bebas faktor stres kerja yang berasal dari pekerjaan (X1) dan faktor stres kerja yang berasal dari luar pekerjaan (X2) yang digunakan dalam penelitian ini mempunyai hubungan yang sangat kuat terhadap variabel terikat stres kerja (Y) dengan nilai interval 0,80 – 1,000. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,644 menunjukkan besarnya sumbangan variabel bebas faktor stres kerja yang berasal dari pekerjaan (X1) dan faktor stres kerja yang bearasal dari luar pekerjaan (X2) terhadap variabel terikat stres kerja (Y) adalah sebesar 64,4% (0,644 x 100%), sisanya sebesar 35,6% (100% - 0,644%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Nilai thitung > t table dengan nilai taraf signifikansi variabel faktor stres kerja yang berasal dari pekerjaan (X1) sebesar 0,002 dan variabel stres kerja yang berasal dari luar pekerjaan (X2) sebesar 0,004 yang artinya terdapat pengaruh signifikan secara parsial. Hasil uji f secara simultan diperoleh nilai f hitung sebesar 12,657 dengan sig 0,001, lebih besar dari nilai F Tabel adalah 3,805 Maka Hasil penelitian ini menunjukan bahwa faktor stres kerja yang berasal dari pekerjaan dan dari luar pekerjaan berpengaruh signifikan terhadap stres kerja karyawan pada PT. Bosowa Berlian Motor Luwuk.
Meningkatkan Kemampuan Guru-Guru Dalam Membuat Kisi-Kisi Soal Melalui Teknik Kelompok Di SMP Negeri 1 Ponelo Kepulauan Imran Atute
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 5, No 3 (2019): September 2019
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.5.3.245-254.2019

Abstract

Peningkatan kemampuan guru-guru di SMP Negeri 1 Ponelo Kepulauan dalam dalam membuat tes ditandai dengan penguasaan guru secara optimal terhadap 7 indikator membuat tes mata pelajaran yaitu : a) Kemampuan menganalisis kompetensi dasar dalam kurikulum, b) Kemampuan menganalisis karakteristik siswa, c) Kemampuan analisis dan mengkaji cara membuat tes mata pelajaran, d) Kemampuan mendesain tes mata pelajaran, e) Kemampuan memvalidasi test mata pelajaran, f) Kemampuan mengidentifikasi dan menguji coba tes mata pelajaran dan g) Kemampuan menganalisis hasil tes mata pelajaranTeknik análisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menjabarkan secara rinci perencanaan, pelaksanaan, pengamatan serta hasil pelaksanaan tindakan setiap siklus sehingga diperoleh gambaran yang jelas tentang hasil penelitian.Berdasarkan hasil analisis ini menunjukkan bahwa terlihat perkembangan yang cukup signifikan dari kemampuan guru-guru di SMP Negeri 1 Ponelo Kepulauandalam membuat test mata pelajaran. Namun demikian kemampuan guru dalam meningkatkan kemampuan guru-guru di SMP Negeri 1 Ponelo Kepulauandalam membuat tes mata pelajaran perlu ditingkatkan karena terdapat 3 kemampuan dalam penyusunan test mata pelajaran yang belum dapat dilaksanakan guru dengan baik.
Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Melalui Pelatihan Berjenjang Trisnawaty B. Utiarahman
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 5, No 3 (2019): September 2019
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.5.3.215-222.2019

Abstract

Rendahnya profesionalisme terutama kompetensi pedagogik guru di SMP Negeri 1 Marisa merupakan masalah yang sangat mendesak untuk ditangani melalui penerapan pelatihan berjenjang model-model pembelajaran inovatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian tindakan sekolah melalui 2 (dua) siklus, yang masing-masing melalui tahap perencanaan, implementasi, observasi, dan refleksi. Objek penelitian adalah guru mata pelajaran tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 6 orang, terdiri dari 2 orang guru mata pelajaran IPA (Biologi dan Fisika) dan 2 orang guru mata pelajaran Bahasa Indonesia, 1 orang guru mata pelajaran matematika dan 1 orang guru mata pelajaran Bahasa Inggris. Hasil akhir dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan pelatihan/workshop berjenjang dapat meningkatkan kompetensi pedagogik dan penguasaan konsep kompetensi pedagogik guru di SMP Negeri 4 Marisa. Disamping itu penerapan pelatihan berjenjang sangat menentukan, kesiapan instruktur dan guru dalam mengikuti pelatihan serta dukungan dan motivasi dari kepala sekolah.
UU BHP dan Tendensi Liberalisasi Pendidikan (Mensintesis Perbaikan Kurikulum & Kelembagaan) Yuhelson, Yuhelson
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 5, No 3 (2019): September 2019
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.5.3.187-192.2019

Abstract

Terlepas dari pro dan kontra mengenai UU BHP, praktik pendidikan yang terjadi selama ini sehingga benang merah dari kontroversi UU BHP bisa diurai. Sudah bukan rahasia lagi jika pendidikan selama ini hanya menguntungkan kelas berpunya. Kondisi di atas berimbas pada kualitas sumber daya manusia (SDM) kita. Betapa tidak, dari 5,6 juta manusia muda yang berpendidikan SLTA, ternyata hanya 1,6 juta yang bisa mengenyam pendidikan tinggi. Sementara yang lainnya harus rela berijazah SLTA hanya karena terganjal masalah mahalnya biaya pendidikan. Karena itu, tidak perlu menutup muka jika kualitas pendidikan negeri ini merosot dan menempati urutan ke-110 dari 173 negara menurut Human Development Index (HDI). Padahal, UUD 1945 telah mengamanahkan dengan jelas bahwa negara memiliki kewajiban memberikan pendidikan yang layak bagi warga negaranya. Tulisan ini berpretensi pada wilayah pendidikan yang sejatinya merupakan institusi pencerahan lambat laun berubah menjadi lembaga berorientasi pasar. Dalam sebuah pasar, logika yang berlaku adalah meraup keuntungan sebesar-besarnya dengan modal sekecil-kecilnya. Dan, konsumen utama logika tersebut dalam dunia pendidikan tentu saja siswa dan mahasiswa. Ini yang akan kita kembangkan atau lebih popular BHP dibawah bayang-bayang liberalisasi pendidikan
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Mind Mapping Kasim, Syamsudin
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 5, No 3 (2019): September 2019
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.5.3.233-244.2019

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini apakah penggunaan model Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi iman kepada hari akhir pada pembelajaran PAI di kelas IX SMP Negeri 4 Kota Gorontalo?. Adapun tujuan penelitian ini adalah Adapun yang menjadi tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PAI materi iman kepada hari akhir melalui model pembelajaran Mind Mapping di kelas IX SMPN Kota Gorontalo. Penelitian ini terdiri atas 2 siklus dengan hasil pada siklus I yaitu dari 23 orang jumlah siswa, terdapat 11 orang siswa yang yang memperoleh nilai lebih dari 75 sebanyak 52,38 %. dan terjadi peningkatan pada siklus II yaitu dari 23 orang keseluruhan jumlah siswa, terdapat 22 orang siswa yang yang memperoleh nilai lebih dari 75 sebanyak 96%. Simpulan dari Penelitian ini adalah penggunaan model Mind Mapping sangat membantu guru dalam menanamkan materi iman kepada hari akhir pada pembelajaran PAI di Kelas IX SMP Negeri 4 Kota Gorontalo.
Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Metode Diskusi Pakaya, Femi Asri
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 5, No 3 (2019): September 2019
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.5.3.193-198.2019

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan metode diskusi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pengembangan mutu pendidikan di sekolah dasar. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 10 Kabila yang berjumlah 22 siswa. Teknik yang digunakan adalah menggunakan metode diskusi dalam pembelajaran. Analisis data atau pengujian hipotesis dilakukan secara bertahap dan berkesinambungan pada setiap akhir pembelajaran. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif. Pelaksanaan penelitian dilakukan melalui dua tahap yakni kegiatan pembelajaran siklus I dan siklus II. Pada akhir pembelajaran dilakukan evaluasi dan refleksi untuk mengetahui keberhaislan pembelajaran. Berdasarkan data yang diperoleh pada kegiatan siklus I nilai hasil test evaluasi masih rendah yakni daya serap hanya 59,16% yang mampu memahami mater yang dibelajarkan. Pada saat dilaksanakan siklus II ditemukan peningkatan yang signifikan yakni 77.4% yang sudah memahami materi pembelajaran. Dengan nilai capaian tersebut telah mencapai kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yakni 70%Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi dapat memberikan dampak positif berupa peningkatan hasil belajar siswa.

Page 1 of 2 | Total Record : 12