cover
Contact Name
Putu Sucita Yanthy
Contact Email
editorjkh@unud.ac.id
Phone
+6285102887878
Journal Mail Official
jkh@unud.ac.id
Editorial Address
editorjkh@unud.ac.id
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas
Published by Universitas Udayana
ISSN : 9772581D     EISSN : 25810669     DOI : -
The journal is committed to a broad range of topics including tourism and travel management, leisure and recreation studies and the emerging field of event management. It contains both theoretical and applied research papers, and encourages the submission of the results of collaborative research undertaken between academia and industry.
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2018): Vol.2,No.1,2018" : 11 Documents clear
preferensi wisatawan terhadap pemilihan akomodasi di kabupaten bangli bali ni wayan siska agustini; I Gusti Ngurah Widyatmaja; I Nyoman Jamin Ariana
Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas Vol 2 No 1 (2018): Vol.2,No.1,2018
Publisher : DIPLOMA IV TOURISM PROGRAM STUDY, TOURISM FACULTY,UDAYANA UNIVERSITY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (492.373 KB) | DOI: 10.24843/JKH.2018.v02.i01.p02

Abstract

Preferensi wisatawan membantu dalam menciptakan produk baru sesuai dengan jenis akomodasi yang diinginkan oleh wisatawan selama berwisata ke suatu daerah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui preferensi wisatawan terhadap pemilihan akomodasi di Kabupaten Bangli. Teknik penentuan sampel yang digunakan yaitu accidental sampling dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 200 wisatawan yang terdiri dari 100 wisatawan nusantara dan 100 wisatawan mancanegara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif dengan menggunakan analisis konjoin. Dalam penelitian ini menggunakan 7 (tujuh) atribut yaitu lokasi, fasilitas, kualitas pelayanan, harga, reputasi, promosi dan loyalty program. Berdasarkan hasil perhitungan analisis menggunakan SPSS versi 23 yaitu wisatawan nusantara lebih menyukai akomodasi dengan harga diantara Rp. 200.000 – Rp. 600.000 yang lokasinya terletak dekat dengan daya tarik wisata dengan fasilitas berupa villa, reputasi yang dinilai oleh wisatawan yaitu rating situs online dari akomodasi yang bersangkutan, promosi yang dilakukan melalui media sosial, memiliki loyalty program berupa adanya promo pada hari-hari tertentu dengan kualitas pelayanan yang mengutamakan keramah tamahan. Kemudian untuk wisatawan mancanegara lebih menyukai atau mempertimbangkan akomodasi yang letaknya dekat dengan daya tarik wisata dengan harga diantara Rp. 200.000 – Rp. 600.000 dimana wisatawan mancanegara lebih menyukai fasilitas akomodasi villa, reputasi yang dinilai yaitu melalui rating situs online dari akomodasi yang bersangkutan, melakukan promosi melalui media sosial, memiliki loyalty program berupa pemberian promo pada hari-hari tertentu dan wisatawan mancanegara juga lebih menyukai akomodasi yang mengutamakan keramah tamahan. Kata kunci : Preferensi, wisatawan, dan akomodasi.
Strategi promosi untuk meningkatkan occupancy kamar di ubud padi villas I Made Dwi Kurnia; Agus Muriawan Putra; I Gusti Ngurah Widyatmaja
Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas Vol 2 No 1 (2018): Vol.2,No.1,2018
Publisher : DIPLOMA IV TOURISM PROGRAM STUDY, TOURISM FACULTY,UDAYANA UNIVERSITY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (347.633 KB)

Abstract

Perkembangan Hotel dan villa di Ubud mengalami peningkatan yang sangat pesat. Salah satu villa yang berpengaruh terhadap tingkat kunjungan wisatawan adalah Ubud Padi Villas. Namun Ubud Padi Villas bukanlah satu-satunya jasa penginapan yang ada di kawasan Ubud. Adanya banyak villa di kawasan Ubud membuat Ubud Padi Villa harus menerapkan upaya promosi yang efektif agar dapat bersaing dengan para pesaingnya, terutama dalam meningkatkan occupancy kamar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi dalam meningkatkan occupancy kamar di Ubud Padi Villas serta kendala yang dihadapi dalam meningkatkan occupancy kamar di Ubud Padi Villas. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif sedangkan sumber datanya adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi, wawancara, studi pustaka, dokumentasi, dan kuesioner. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, untuk mengukur penilaian wisatawan terhadap produk promosi Kamar di Ubud Padi Villas, penulis menggunakan skala likert dan diuraikan secara singkat menggunakan analisis SWOT. Hasil dari penelitian yang dilakukan menyimpulkan bahwa strategi promosi untuk meningkatkan occupancy kamar di Ubud Padi Villas sesuai dengan analisis SWOT antara lain peningkatan pelayanan di restoran villa terutama pada saat breakfast, menyediakan transportasi yang nyaman mengingat jarak tempuh dari bandara ke villa cukup lama, melakukan pembaharuan informasi di website villa serta menyediakan brosur sebagai salah satu media promosi.
Dampak keberadaan villa bagi masyarakat di banjar canggu kuta bali I Nengah Sukradana; I Nyoman Jamin Ariana; Putu Ratna Sari
Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas Vol 2 No 1 (2018): Vol.2,No.1,2018
Publisher : DIPLOMA IV TOURISM PROGRAM STUDY, TOURISM FACULTY,UDAYANA UNIVERSITY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (531.036 KB) | DOI: 10.24843/JKH.2018.v02.i01.p03

Abstract

Abstract The purpose of this research is to know the development of villas within the last 5 years, the perception of society along with the economic, socio-cultural and environmental impacts that exist in Banjar Canggu Kuta Bali. Data collection in this research was done by observation method, structured interview, questionnaire, and library study by using qualitative descriptive data analysis technique. The results of this study: The development of villas from 2012 to 2016 has increased from 111 units to 245 units of villas. Based on the results of the research obtained through the analysis of public opinion about the impact of the existence of villas for the community in Banjar Canggu Kuta Bali using Likert scale that the economic impacts such as: Banjar Adat income (excellent), society income (excellent) employment opportunities for local society (enough), lend price are less productive (excellent), total and demand for marine fish products (excellent) opportunities for entrepreneurship or self-employment (excellent), socio-cultural impacts such as: level of security (excellent), social life society (excellent), imitation of lifestyle and culture of the tourists (enough), insight and outlook on the outside world (good), preservation of traditional arts and customs (excellent), and environmental impacts such as: preservation of environmental authenticity (not good) the beauty of the environment (excellent), maintenance and improvement of various public facilities (excellent), management of waste management or waste from oprasional villas (enough), pollution and environmental pollution (not good). So the impact of the existence of villas for society in Banjar Canggu Kuta Bali (good). Keywords : Impact, Banjar Canggu society, and villa.
faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian wisatawan individual ke Jendela Bali The Panoramic Resto I Putu Suyasa Putra; Agung Sri Sulistyawati; Ni Nyoman Sri Aryanti
Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas Vol 2 No 1 (2018): Vol.2,No.1,2018
Publisher : DIPLOMA IV TOURISM PROGRAM STUDY, TOURISM FACULTY,UDAYANA UNIVERSITY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (731.369 KB) | DOI: 10.24843/JKH.2018.v02.i01.p08

Abstract

Abstrak Penelitian ini berjudul faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian wisatawan individual ke Jendela Bali The Panoramic Resto. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor - faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan pembelian wisatawan individual ke Jendela Bali The Panoramic Resto dan faktor apa yang dominan dan yang terendah mempengaruhi keputusan pembelian wisatawan individual ke Jendela Bali The Panoramic Resto. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, dan kuesioner. Teknik penentuan sampel menggunakan metode Slovin dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisi faktor dengan menggunakan program SPSS. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat enam faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian wisatawan individual ke Jendela Bali The Panoramic Resto dengan total variance 59.558%. Adapun faktor tersebut adalah : Faktor 1 (Harga) memiliki variance 31.596%. Faktor 2 (lokasi) memiliki variance 7.128%. Faktor 3 (Kualitas Pelayanan) memiliki variance 6.163% . Faktor 4 (Kesesuaian Cara Pembayaran dan tempat parkir) memiliki variance 5.510%. Faktor 5 (Kualitas Produk) memiliki variance 4.682%. Faktor 6 (Kesesuaian Dengan Spesifikasi) memiliki variance 4.480%. Faktor yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian wisatawan individual ke Jendela Bali The Panoramic Resto adalah faktor 1 (Harga) karena memiliki variance 31.596%, sedangkan faktor yang terendah mempengaruhi keputusan pembelian wisatawan individual ke Jendela Bali The Panoramic Resto yaitu faktor 6 (Kesesuaian Dengan Spesifikasi) karena memiliki variance 4.480%. Kata Kunci: Analisis faktor, keputusan pembelian , wisatawan individual.
Tingkat organizational citizenship behavior (OCB) karyawan di four points seminyak Alberto Chandra Sanusi; Nyoman Ariana; Ni Made Ariani
Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas Vol 2 No 1 (2018): Vol.2,No.1,2018
Publisher : DIPLOMA IV TOURISM PROGRAM STUDY, TOURISM FACULTY,UDAYANA UNIVERSITY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1124.564 KB) | DOI: 10.24843/JKH.2018.v02.i01.p04

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilaksanakan di Four Points by Sheraton Bali, Seminyak (FPS), Badung, Bali. Kurangnya tingkat Organizational Cititzenship Behavior (OCB) karyawan ditandai dengan karyawan yang sering mengeluh terhadap pekerjaan, ketidakikutsertaan terhadap kegiatan hotel, dan tingginya tingat turnover karyawan yang telah mencapai 25,35 persen. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui tingkat OCB karyawan dan bagaimana hubungan karakteristik karyawan FPS dengan OCB. Jenis data menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Sumber data adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, kusioner, studi pustaka dan dokumentasi. Teknik penentuan sampel menggunakan faktor jenuh dengan jumlah sampel 92 orang. Teknik analisis data adalah analisis statistik deskriptif yang ditunjang oleh deskriptif kualitatif yang menggunakan skala likert, juga menggunakan analisis crosstab (tabulasi silang). Hasil penelitian berdasarkan rata-rata skor setiap indikator adalah, altruism (998 / tinggi), courtesy (1.143 / tinggi), civic virtue (902 / sedang), conscientiousnes (756 / sedang), sportsmanship (1202 / sangat tinggi). Kesimpulan tingkat OCB adalah 5001 atau sebesar 72,48 persen dan termasuk dalam tinggi. Hasil dari analisis crosstab hubungan karakteristik karyawan dengan OCB yaitu karyawan berjenis kelamin perempuan, karyawan yang berusia 30 – 39 tahun, karyawan dengan tingkat pendidikan SMA/Sederajat, karyawan dengan masa kerja >1 tahun, dan karyawan yang sudah menikah tingkat memiliki tingkat OCB yang lebih tinggi dibandingkan yang lainnya. Karakteristik karyawan berdasarkan daerah asal dan departemen memiliki hasil yang kurang signifikan dikarenakan hasil persentase analisis crosstab yang tersebar secara acak, dan tidak ada yang mendominasi, sehingga tidak dapat dikatakan bahwa salah satu daerah asal karyawan atau departemen memiliki tingkat OCB yang tinggi. Kata Kunci : Organizational Citizenship Behavior (OCB), Karyawan, Tingkat.
Identifikasi dan persepsi wisatawan terhadap capsule hotel di kuta bali Ni Made Widiarsani; Agung Sri Sulistyawati; Nyoman Sri Aryanti
Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas Vol 2 No 1 (2018): Vol.2,No.1,2018
Publisher : DIPLOMA IV TOURISM PROGRAM STUDY, TOURISM FACULTY,UDAYANA UNIVERSITY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (340.228 KB) | DOI: 10.24843/JKH.2018.v02.i01.p9

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan untuk mengetahui persepsi wisatawan terhadap capsule hotel di Kecamatan Kuta khususnya mengenai kualitas servicescape . Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, kuesioner, wawancara, studi kepustakaan serta dokumentasi. Teknik penentuan informan menggunakan purposive sampling sementara teknik penentuan sample menggunakan quota sampling. Jumlah sample yang digunakan adalah 50 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif dengan skala likert. Berdasarkan hasil penelitian, capsule hotel di Kecamatan Kuta merupakan hotel nonbintang dengan jumlah kamar 14-102 kamar. Kamar kapsule dilengkapi dengan fasilitas untuk tidur, stok kontak, saklar, loker, tirai penutup dan fasilitas tambahan di beberapa capsule hotel seperti meja, cermin dan gantungan baju. Sementara fasilitas hotel secara umum dilengkapi dengan recepsionis, tv kable, functional room, kamar mandi komunal dan tempat parkir. Segmen pasar capsule hotel adalah solo travel dengan rentang usia 15-35 tahun dari berbagai Negara. Lokasi hotel berada di daerah pariwisata dengan tujuan tamu menginap umumnya adalah untuk berlibur. Berdasarkan hasil analisis kualitas servicescape di kapsule hotel di Kuta, semua indikator dari variable servicescape dinyatakan sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan walaupun memiliki ruang yang terbatas capsule hotel tetap memberikan kualitas yang sangat baik dalam layanan lingkungan hotel. Kata Kunci : Identifikasi, Capsule hotel, Persepsi, Kualitas, Servicescape
Preferensi Wisatawan Muslim Dalam Memilih Restoran Di Kelurahan Kuta Kabupaten Badung Anisa Devi Damayanti; Agus Muriawan Putra; Ni Nyoman Sri Aryanti
Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas Vol 2 No 1 (2018): Vol.2,No.1,2018
Publisher : DIPLOMA IV TOURISM PROGRAM STUDY, TOURISM FACULTY,UDAYANA UNIVERSITY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1082.013 KB) | DOI: 10.24843/JKH.2018.v02.i01.p05

Abstract

The domestics muslim traveler needs of food and drinks during the touristic travel requires specific criteria. The domestics muslim traveler prefer the restaurant which have halal sertificate. Domestics Muslim traveller who visit the Kuta Village are fced with many restaurant available there. The study aims to determine the preferences of domestics muslim traveler in choosing a restaurant in Kuta Village. The technique of determination the sample using the te qouta sampling technique with the number of samples of 100 respondents and sampling techniques using incidental sampling (domestics muslim travelers ever come to Kuta Village and enjoy the restaurants in Kuta Village). The data analysis in this study used qualitative analysis techniques and conjoin analysis with the help of Statistical Product and Service Solution (SPSS) version 23. The results of this research show that the domestics muslim travellers in selecting preference restaurant of attributes and the level attribute the highest is the price of restaurant menu is priced at Rp 50,000 – Rp 100,000 for main dishes, the kind of restaurants is informal, menu of restaurants is Ala Carte, the atmosphere of restaurant is traditional and service of restaurant is Table Service. The results also show the correlation estimation and actual have a very strong relationship and the significance of the relationship attribute and attribute levels have a strong relationship. Keyword : Preference, Muslim Traveller, Restaurant.
Pengaruh tipologi wisatawan terhadap pengembangan pariwisata kota padang Sarbaitinil .; I Wayan Thariqy Kawakibi Pristiwasa
Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas Vol 2 No 1 (2018): Vol.2,No.1,2018
Publisher : DIPLOMA IV TOURISM PROGRAM STUDY, TOURISM FACULTY,UDAYANA UNIVERSITY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (548.608 KB) | DOI: 10.24843/JKH.2018.v02.i01.p10

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh tipologi wisatawan terhadap pengembangan pariwisata kota Padang yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan mengacu pada konsep tipologi dan pengembangan pariwisata. Populasi dalam penelitian ini adalah social situation yaitu pemerintah, para pelaku usaha pariwisata, masyarakat dan wisatawan. Instrument dalam penelitian ini adalah angket yang disebarkan kepada wisatawan yang berkunjung ke kota Padang melalui Bandara Internasional Minangkabau tahun 2016, panduan wawancara dan observasi, menggunakan model Coding, interpretasi dan congrulation. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Wisatawan yang berkunjung ke kota Padang jarang menggunakan biro perjalanan wisata dalam melakukan perjalanan wisata, maka tipologi wisatawan yang dominan berkunjung ke kota Padang adalah tergolong incipient mass. Wisatawan lebih suka melakukan perjalanan wisata ke mana saja, asal merasa cocok dengan kondisi keuangannya; (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara tipologi wisatawan terhadap pengembangan pariwisata kota Padang, yakni Fhit sebesar 11.726 dengan nilai signifikan = 0,001, karena pada kolom signifikan 0,001 < 0,05. Tipologi wisatawan merupakan informasi bagi pengelola pariwisata dalam melakukan pengembangan kawasan wisata agar sesuai dengan segmentasi wisatawan Kata Kunci: Tipologi, Pariwisata, Pemerintah, Para Pelaku Pariwisata, Masyarakat,Wisatawan
Persepsi wisatawan mancanegara dalam memilih restoran di kelurahan ubud gianyar bali Ni Kadek Septiyanti; Ni Ketut Arismayanti; Nyoman Ariana
Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas Vol 2 No 1 (2018): Vol.2,No.1,2018
Publisher : DIPLOMA IV TOURISM PROGRAM STUDY, TOURISM FACULTY,UDAYANA UNIVERSITY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (619.565 KB) | DOI: 10.24843/JKH.2018.v02.i01.p01

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi wisatawan mancanegara dalam memilih restoran di Kelurahan Ubud. Penelitian ini menggunakan teknik accidental sampling kepada 100 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner, studi kepustakaan dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan tabulasi silang. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata skor tiap indikator persepsi yaitu harga makanan memperoleh rata-rata 4,39 (sangat setuju), suasana memperoleh rata-rata 4,34 (sangat setuju), kualitas makanan memperoleh rata-rata 4,46 (sangat setuju), keunikan makanan memperoleh rata-rata 4,27 (sangat setuju), porsi memperoleh rata-rata 4,25 (sangat setuju), standar konsisten memperoleh rata-rata 4,16 (setuju), jenis menu memperoleh rata-rata 4,27 (sangat setuju), tingkat pelayanan memperoleh rata-rata 4,41 (sangat setuju) dan lokasi memperoleh rata-rata 4,25 (sangat setuju). Persepsi wisatawan mancanegara dalam memilih restoran di Kelurahan Ubud secara keseluruhan memperoleh rata-rata sebesar 4,31 yang termasuk dalam kategori sangat setuju. Saran dari hasil penelitian ini adalah (1) pihak restoran sebaiknya memiliki strategi untuk memuaskan keinginan konsumen dengan cara melakukan sebuah penelitian untuk menggali informasi tentang persepsi konsumen; (2) pihak restoran sebaiknya lebih aktif memanfaatkan media internet untuk memberikan informasi kepada pembeli tentang restoran . Kata Kunci : Persepsi, Wisatawan Mancanegara, Restoran.
Pengaruh Employee Relation terhadap Motivasi Kerja Karyawan InterContinental Bali Resort Dheanita Sekarini Octanisa; Ni Putu Ratna Sari; Ni Made Ariani
Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas Vol 2 No 1 (2018): Vol.2,No.1,2018
Publisher : DIPLOMA IV TOURISM PROGRAM STUDY, TOURISM FACULTY,UDAYANA UNIVERSITY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (572.295 KB) | DOI: 10.24843/JKH.2018.v02.i01.p06

Abstract

Penelitian ini dilakukan di InterContinental Bali Resort dan berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat komplain yang terjadi telah melebihi target yang telah ditentukan sehingga menunjukan dan juga terjadinya penurunan kualitas kinerja karyawan dan masih adanya sikap ketidakdisiplinan karyawan dalam absensi, maka pihak manajemen berusaha meningkatkan motivasi kerja karyawan untuk dapat meningktakn produktivitas dan kedisplinan melalui employee relation. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan employee relation serta pengaruhnya terhadap motivasi kerja karyawan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, kuesioner, dan stadi kepustakaan. Teknik penentuan sampel menggunakan teknik stratified sampling dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 84 responden. Data diproses dengan menggunakan SPSS (Statistical Product and Service Solutions ) versi 21 for windows. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif, menggunakan uji instrumen yaitu uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linier sederhana dan uji dengan taraf signifikan 5 persen. Berdasarkan hasil dari employee relation yang telah dilakukan untuk meningkatkan motivasi kerja karyawan di InterContinental Bali Resort antara lain: (1) program pelatihan dan pendidikan (2) program penghargaan (3) program acara khusus terdiri dari (4) program media komunikasi internal (5) komunikasi karyawan (6) penilaian sikap karyawan (7) program konseling dan (8) program keselamatan dan teknologi baru. Hasil dari uji diketahui bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara employee relation terhadap motivasi kerja di InterContinental Bali Resort dengan nilai 7,541 > ttabel 1,663.Berdasarkan hasil tersebut Hendaknya terus melaksanakan employee relation karena terbukti mampu meningkatkan motivasi kerja dengan harapan tujuan perusahan dapat dicapai. Kata Kunci: Hubungan Karyawan, Motivasi Kerja, Hotel

Page 1 of 2 | Total Record : 11