cover
Contact Name
Agus Fahmi
Contact Email
fahmieal2@gmail.com
Phone
+6285214422886
Journal Mail Official
jurnalvisionary@gmail.com
Editorial Address
Prodi AP IKIP Mataram,
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan
Published by IKIP Mataram
ISSN : 25034669     EISSN : 26567563     DOI : 10.33394
The focus of this journal is research and development in the field of Educational Administration and education management including also about education in general, social humanities, economics, business, psychology, and culture.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Volume 2 Nomor 2 Oktober 2016" : 9 Documents clear
INOVASI KEPALA SEKOLAH DENGAN KINERJA GURU Muslim, Ahmad; Ningsih, Lilia
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Volume 2 Nomor 2 Oktober 2016
Publisher : Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (107.949 KB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada ?HubunganAntara Inovasi Kepala Sekolah Dengan Kinerja Guru di SMAN 7 Mataram TahunPelajaran 2014/2015??. Sedangkan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian iniadalah ingin mengetahui ?Hubungan Antara Inovasi Kepala Sekolah Dengan KinerjaGuru di SMAN 7 Mataram Tahun Pelajaran 2014/2015?. Untuk mendapatkan datatentang penelitian, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode angketsebagai metode pokok dan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Selanjutnyametode analisis data yang digunakan adalah metode analisis statistik dengan rumuskoefesien korelasi ?product moment?. Berdasarkan hasil analisis data dalampenelitian ini, diperoleh nilai rhitung 0,453 selanjutnya nilai tersebut dikonsultasikandengan rtabel product moment pada taraf signifikansi 5% dengan N= 55 diperoleh nilaisebesar 0,266. Kenyataan tersebut menunjukan bahwa rhitung lebih besar dari pada rtabelatau 0,453?0,266, maka analisis data dalam penelitian ini dinyatakan signifikan.Kata Kunci : Inovasi Kepala Sekolah, Kinerja Guru
PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DENGAN ETOS KERJA GURU Fahmi, Agus
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Volume 2 Nomor 2 Oktober 2016
Publisher : Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (125.347 KB)

Abstract

Keberhasilan suatu lembaga pendidikan tidak lepas dari kepemimpinankepala sekolah yang membawahinya. Karena kepala sekolah sebagai pimpinan dilembaganya, maka dia harus mampu membawa lembaganya menjadi lembaga yangmampu berdaya saing dan memiliki kompetensi untuk kemajuan pendidikan, terutamadalam meningkatkan etos kerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dammemperoleh data peran kepala sekolah sebagai supervisor di SMPN I Rhee KabupatenSumbawa, untuk mengetahui etos kerja guru dan untuk mengetahui seberapa besarperan kepala sekolah sebagai supervisor dengan etos kerja guru SMPN I RheeKabupaten Sumbawa Tahun Pelajaran 2014/2015. Kepala sekolah sebagai supervisoradalah pemimpin pendidikan yang mempunyai peran penting untuk meningkatkan etoskerja guru di sekolah, berkembangnya etos kerja, kerjasama yang harmonis, sertasuasana kerja yang menyenangkan. Populasi dalam penelitian ini adalah kepalasekolah dan guru SMPN I Rhee Kabupaten Sumbawa Tahun Pelajaran 2014/2015yang berjumlah 33 guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodekuantitatip dengan teknik angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan merumuskan hipotesis nihil (ho), membuat tabel kerja, memasukkandata ke dalam rumus, menguji signifikan dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasilpenelitian yang di peroleh sebesar 0.296 dan nilai r-tabel pada taraf signifikan 5%dengan N=33 di peroleh 0.344 menunjukan bahwa r-hitung < r-tabel (0,296<0,344).Maka dapat di simpulkan bahwa Ho diterima dan Ha ditolak artinya tidak terdapathubungan peran kepala sekolah sebagai supervisor dengan etos kerja guru di SMPN IRhee Kabupaten Sumbawa Tahun Pelajaran 2014/2015, artinya hasil penelitian iniadalah ?Tidak Signifikan?.Kata kunci: Kepala Sekolah, Supervisor, Etos Kerja
KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA Rohiyatun, Baiq; Zulkipli, Zukipli
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Volume 2 Nomor 2 Oktober 2016
Publisher : Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (122.107 KB)

Abstract

Berdasarkan salah satu dari empat kompetensi yang dimiliki guru yaitukompetensi pedagogik, guru harusnya bisa lebih memahami peserta didiknya baik dariaspek fisik, intelektual, sosial, emosional, moral, dan latar belakang sosial budaya.Rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah: Apakah ada korelasiantara kompetensi pedagogik guru dengan motivasi belajar siswa di SMPN 1 PrayaBarat tahun pelajaran 2014/2015?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untukmengetahui ada tidaknya korelasi antara kompetensi pedagogik guru dengan motivasibelajar siswa di SMPN 1 Praya Barat tahun pelajaran 2014/2015. Metodepengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket sebagai metodepokok, sedangkan metode analisis data menggunakan rumus koefesien korelasiproduct moment. Dari hasil perhitungan rxy yang dieroleh dalam penelitian ini adalah0,347, sedangkan nilai rxydalam tabel dengan taraf signifikansi 5% dan N=44 adalah0,297 atau (0,347>0,297), kenyataan ini menunjukkan bahwa nilai ? lebih besardari pada . Maka dapat dikemukakan bahwa Hipotesis Nol (H0) ?ditolak? danHipotesis alternatif (Ha) ?diterima?. Jadi kesimpulan analisis dalam penelitian iniadalah: Ada Korelasi Antara Kompetensi Pedagogik Guru dengan Motivasi BelajarSiswa di SMPN 1 Praya Barat Tahun Pelajaran 2014/2015 dalam kategori rendah.
PERAN KOMITE SEKOLAH DENGAN MUTU PENDIDIKAN Faqih, Muhammad; Mulianti, Etik
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Volume 2 Nomor 2 Oktober 2016
Publisher : Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (81.363 KB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ?Apakah Ada HubunganPeran Komite Sekolah Dengan Mutu Pendidikan di SMAN 1 Gangga Lombok UtaraTahun Pelajaran 2014/2015??. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah ?UntukMengetahui Hubungan Peran Komite Sekolah Dengan Mutu Pendidikan di SMAN 1Gangga Lombok Utara Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode pengumpulan data yangdigunakan dalam penelitian ini yaitu dengan metode angket dan metode dokumentasi.Sedangkan metode analisis data yang yang di gunakan dalam penelitian ini adalahmetode analisis statistik dengan rumus koefisien korelasi product moment, dengan N= 40. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini, diperoleh nilai rhitungsebesar 0.130, selanjutnya nilai tersebut dikonsultasikan dengan nilai rtabel productmoment pada taraf siginifikansi 5% dengan N = 40 diperoleh nilai sebesar 0.312.kenyataan tersebut menunjukan bahwa rhitung lebih kecil dari nilai rtabel atau 0.130< 0.312, maka hasil analisis data dalam penelitian ini dinyatakan tidak siginifikan. Halini berarti (Ho) diterima sedangkan (Ha) ditolak. Kesimpulan yang di peroleh dalampenelitian ini adalah ?Tidak Ada Hubungan Peran Komite Sekolah Dengan MutuPendidikan di SMAN 1 Gangga Lombok Utara Tahun Pelajaran 2014/2015.Kata kunci : Peran Komite Sekolah, Mutu Pendidikan
KEMAMPUAN OPERASIONAL KEPALA SEKOLAH DENGAN PRODUKTIVITAS KERJA STAF TATA USAHA Zulfakar, Zulfakar; Tarmizi, Tarmizi
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Volume 2 Nomor 2 Oktober 2016
Publisher : Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (92.509 KB)

Abstract

Keberhasilan pendidikan di sekolah ditentukan oleh keberhasilan kepalasekolah dalam mengelolah tenaga pendidik yang tersedia di sekolah. Staf tata usahamempunyai hubungan yang penting dalam pencapaian keberhasilan suatu pendidikan,Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ?Apakah Ada HubunganKemampuan Operasional Kepala Sekolah Dengan Produktivitas Kerja Staf Tata UsahaDi SMAN 2 Pujut Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2015/2016??. Sedangkan tujuandari penelitian ini adalah ?Untuk Mengetahui Hubungan Kemampuan OperasionalKepala Sekolah Dengan Produktivitas Kerja Staf Tata Usaha Di SMAN 2 PujutLombok Tengah Tahun Pelajaran 2015/2016?. Penelitian ini mengunakan penelitianpopulasi. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu metodeangket sebagai metode pokok sedangkan metode dokumen sebagai metode pelengkap.Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisisstatistik dengan rumus koefisien korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisisdata dalam penelitian ini, diperoleh nilai r hitung sebesar 0,764, selanjutnya nilai tersebutdikonsultasikan dengan nilai r tabelproduct moment pada taraf signifikansi 5% denganN= 11 diperoleh nilai sebesar 0,602. Kenyataan tersebut menunjukkan bahwa r hitunglebih besar dari r tabel atau (r hitung 0,764 > r tabel 0,602). Maka hasil analisis data dalampenelitian ini dinyatakan ?signifikan?. Hal ini berarti (H0) ditolak sedangkan (Ha)diterima. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah ?Ada HubunganKemampuan Operasional Kepala Sekolah Dengan Produktifitas Kerja Staf Tata Usahadi SMAN 2 Pujut Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2015/2016?.Kata Kunci : Kemampuan Operasional kepala Sekolah, Produktivitas Kerja StafTata Usaha.
PENGARUH KOMPETENSI DOSEN, KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA IKIP MATARAM Suhardi, Muhammad
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Volume 2 Nomor 2 Oktober 2016
Publisher : Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (113.1 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari informasi tentang pengaruhkompetensi dosen, lingkungan belajar, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasanpelanggan. Penelitian ini diselenggarakan pada mahasiswa IKIP Mataram dengansampel sebanyak 86 mahasiswa, yang dipilih secara acak dengan menggunakansampel acak sederhana. Metode penelitian dengan menggunakan analisis jalur danmenguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruhlangsung kompetensi dosen terhadap kepuasan pelanggan; (2) terdapat pengaruhlangsung lingkungan belajar terhadap kepuasan pelanggan; (3) terdapat pengaruhlangsung kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan; (4) terdapat pengaruhlangsung kompetensi dosen terhadap kualitas pelayanan; (5) terdapat pengaruhlangsung lingkungan belajar terhadap kualitas pelayanan; dan (6) terdapat pengaruhlangsung kompetensi dosen terhadap lingkungan belajar. Oleh karena itu, untukmenmgkatkan kepuasan pelanggan mahasiswa dapat ditingkatkan melalui kompetensidosen, lingkungan belajar, dan kualitas pelyanan.Kata kunci: kompetensi dosen, lingkungan belajar, kualitas pelayanan, dankepuasan pelanggan.
STUDI KASUS PENGELOLAAN HUMAS DALAM MENUNJANG PELAKSANAAN PROGRAM SEKOLAH Hardiansyah, Hardansyah
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Volume 2 Nomor 2 Oktober 2016
Publisher : Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (118.045 KB)

Abstract

Sekolah sebagai lembaga sosial yang diselenggarakan dan dimiliki olehmasyarakat, harus memenuhi kebutuhan masyarakatnya. Sekolah mempunyaikewajiban secara legal dan moral untuk selalu memberikan penerangan kepadamasyarakat tentang tujuan-tujuan, program-program, kebutuhan dan keadaannya, dansebaliknya sekolah harus mengetahui dengan jelas apa kebutuhan, harapan, dantuntutan masyarakatnya. Makin majunya pengertian masyarakat akan pentingnyapendidikan anak-anaknya, maka merupakan kebutuhan vital bagi sekolah danmasyarakat untuk menjalin kerjasama. Kerjasama tersebut dimaksudkan demikelancaran pendidikan di sekolah pada umumnya, dan untuk meningkatkan prestasibelajar siswa pada khususnya. Secara etimologis, ?hubungan masyarakat?diterjemahkan dari perkataan bahasa Inggris ?public relation?, yang berarti hubungansekolah dengan masyarakat ialah sebagai hubungan timbal balik antara suatuorganisasi (sekolah) dengan masyarakatnya. Adapun rumusan masalah dalampenelitian ini adalah bagaimanakah pengelolaan hubungan masyarakat sekolah dalammenunjang pelaksanaan program sekolah di SMPN 1 Lunyuk, sedangkan tujuan yangingin dicapai adalah untuk mengetahui pengelolaan hubungan masyarakat sekolahdalam menunjang pelaksanaan program sekolah di SMPN 1 Lunyuk. Metodepenentuan subyek dalam penelitian ini dengan teknik populasi karena jumlah gururelatif sedikit yang berjumlah 23 orang, metode pengumpulan data yaitu metodeangket sebagai metode pokok dan metode dokumentasi serta wawancara sebagaimetode pelengkap, sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis statistikdengan rumus prosentase. Hasil analisis data yang diperoleh dalam penelitian iniadalah sebesar 78,41 %, setelah dikonversikan dengan pedoman ternyata angka 78,41% berada diantara angka 65-79 % yang termasuk dalam kategori Sedang. Dengandemikian dapat disimpulkan bahwa pengelolaan hubungan masyarakat sekolah dalammenunjang pelaksanaan program sekolah di SMPN 1 Lunyuk sudah dilaksanakandengan baik.Kata Kunci : Pengelolaan Humas, Pelaksanaan Program Sekolah
PENGEMBANGAN KARIR DENGAN PRODUKTIFITAS KERJA GURU Aryani, Menik; Wahida, Anisatul
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Volume 2 Nomor 2 Oktober 2016
Publisher : Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (126.994 KB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada Hubunganpengembangan karier dengan produktivitas kerja guru di SMPN 3 Praya TengahTahun Pelajaran 2015/2016?. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahuiHubungan pengembangan karier dengan produktivitas kerja guru, dengan jumlahsubyek 27 orang guru. Dalam penelitian ini, metode pengumpulan data yangdigunakan adalah metode angket sebagai metode pokok sedangkan metodedokumentasi sebagai metode pelengkap. Penelitian ini menggunakan analisis rumuskorelasi Poduct Moment. Berdasarkan hasil perhitungan nilai rxy (Product Moment)yang diperoleh dalam penelitian ini sebesar 0,412, sedangkan nilai rxy dalam tabeldengan taraf signifikansi 5% dengan N = 27 adalah 0,381atau (0,412>0,381),kenyataan ini menunjukkan bahwa nilai rxy hitung yang diperoleh lebih besar daripada nilai rxy tabel. Maka dapat dikemukakan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak danhipotesis alternatif (Ha) diterima. Jadi kesimpulan analisis dalam penelitian ini adalahsebagai berikut: Ada Hubungan pengembangan karier dengan produktivitas kerja gurudi SMPN 3 Praya Tengah Tahun Pelajaran 2015/2016?.Kata Kunci : Pengembangan Karir, Produktivitas Kerja Guru.
HUBUNGAN KERJASAMA KEPALA SEKOLAH DENGAN PROFESIONALITAS GURU DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU Najwa, Lu`luin; Kurniawati, Lia
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Volume 2 Nomor 2 Oktober 2016
Publisher : Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (87.3 KB)

Abstract

Permasalahan utama penelitian ini adalah masih kurangnya disiplin danprofesional guru dalam melaksanakan proses pembelajaran di SMPI DarussalamahNW Praida Kroya Lombok Timur Tahun Pelajaran 2015/2016. Tujuan dari penelitianini adalah untuk mengetahui hubungan kerjasama kepala sekolah denganprofesionalitas guru dalam meningkatkan kinerja guru di SMPI Darussalamah NWPraida Kroya Lombok Timur Tahun Pelajaran 2015/2016. Untuk memperoleh datatentang variabel tersebut, maka metode pengumpulan data dalam penelitian ini, yaitudengan metode angket sebagai metode pokok, metode dokumentasi sebagai metodepelengkap. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik dengan rumuskorelasi product moment. Hasil analisis data diperoleh nilai rhitung sebesar 0,472sedangkan nilai rtabel pada taraf signifikansi 5% dengan N=28 diperoleh nilai rtabelproduct moment sebesar 0,374. Nilai rhitung lebih besar dari nilai rtabel productmoment atau 0,472 > 0,374. Dengan demikian hasil analisis data dalam penelitian inidinyatakan Signifikan. Hipotesis nihil (H0) Ditolak dan sebaliknya hipotesis alternatif(Ha) Diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ?Ada hubungan kerjasama kepalasekolah dengan profesionalitas guru dalam meningkatkan kinerja guru di SMPIDarussalamah NW Praida Kroya Lombok Timur Tahun Pelajaran 2015/2016?.Kata Kunci: Kerjasama Kepala Sekolah, Profesionalitas Guru, Kinerja Guru.

Page 1 of 1 | Total Record : 9