cover
Contact Name
Agus Fahmi
Contact Email
fahmieal2@gmail.com
Phone
+6285214422886
Journal Mail Official
jurnalvisionary@gmail.com
Editorial Address
Prodi AP IKIP Mataram,
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan
Published by IKIP Mataram
ISSN : 25034669     EISSN : 26567563     DOI : 10.33394
The focus of this journal is research and development in the field of Educational Administration and education management including also about education in general, social humanities, economics, business, psychology, and culture.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Volume 3 Nomor 1 April 2017" : 9 Documents clear
KEBAHAGIAAN ANAK DENGAN ORANG TUA YANG BERCERAI Rayani, Dewi
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Volume 3 Nomor 1 April 2017
Publisher : Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (292.956 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kualitatif fenomenologisdengan 3 partisipan, yaitu terdiri dari 2 laki-laki dan 1 orang perempuan dari orangtua bercerai. Penelitian ini dilakukan berdasarkan keingintahuan terhadap maknakebahagiaan dilihat dari sudut pandang anak dengan orang tua yang bercerai.Kebahagiaan merupakan salah satu bentuk emosi positif yang didambakan olehsetiap manusia. beberapa hasil penelitian mengungkapkan bahwa kebahagiaanmanusia dapat disebabkan oleh pernikahan. Akan tetapi, jika mengacu padafenomena yang ada, kususnya pada masyarakat lombok yang dapat dikatakan ?kawincerai adalah tradisi masyarakat ini, dengan fenomena yang terjadi dapat disimpulkanbahwa pernikahan tidak selalu dapat membawa kebahagiaan, bahkan dapat berujungpada perceraian. Selain itu, terdapat beberapa dampak negatif dari perceraianberdasakan beberapa hasil penelitian yaitu perceraian pada umumnya akanmelahirkan stres akibat perceraian yang akan berdampak pada pasangan dan padaanak. Namun, anak akan menggambarkan kebahagiaan denngan adanya kedekatandengan teman sebagai sumber kebahagiaan yang utama, kemudian relasi dengananggota keluarga dan adanya kebebasan setelah perceraian orang tua. Dalampenelitian ini dukungan materi tidak ditemukan sebagai sumberkebahagiaan anakdengan orang tua bercerai.Kata kunci: Kebahagiaan, Perceraian
PELAKSANAAN MANAJEMEN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH Fahmi, Agus; Muslim, Ahmad
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Volume 3 Nomor 1 April 2017
Publisher : Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (176.212 KB)

Abstract

Keberhasilan suatu sekolah terletak pada manajemen kepemimpinankepala sekolah dalam mengoptimalkan peningkatan komunikasi di Sekolah yangbersangkutan. Karena besarnya hubungan manajemen kepemimpinan kepala sekolahdengan peningkatan komunikasi sekolah, maka kepala sekolah sebagai pemimpin disekolah harus memperhatikan cara atau gaya kepemimpinan yang dipergunakan agarprogram sekolah yang telah ditetapkan sebelumnya dapat tercapai. Fokus penelitianini adala pelaksanaan manajemen kepemimpinan kepala sekolah sedangkantujuannya adalah ingin mengetahui pelaksanaan manajemen kepemimpinan kepalasekolah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengandesain studi kasus. Pengumpulan data menggunakan instrumen wawancara,observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini mengungkap bahwasalah satu upaya yang harus dilakukan oleh kepala sekolah sebagai administratordalam meningkatkan komunikasi sekolah adalah melaksanakan pembinaan secarateratur, sistematis dan berkesinambungan kepada semua personil sekolah termasukstaf tata usaha dan mengupayakan agar pegawai dapat meningkatkan komunikasi,selain itu kegiatan yang dilakukan kepala sekolah diantaranya seperti perencanaan,pengorganisasian, pengkoordinasiaan, pengarahan, pembiyaan, dan pemantauan,dan penilaian harus dilakukan secara kontinue.Kata Kunci : Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah
MEDIA CETAK BERBASIS PROJECT BASED LEARNING Puji Astuti, Endah Resnandari; Baysha, Muhammad Husein
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Volume 3 Nomor 1 April 2017
Publisher : Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1857.516 KB)

Abstract

Pelaksanaan Project Based Learning pada mata kuliah media cetak denganmenghasilkan suatu produk, sebagai alternatif pilihan dalam mengembangkan softskill mahasiswa sesuai bidang keahlian. Tujuan penelitian pada mata kuliah produksimedia cetak adalah; (1) mendeskripsikan pelaksanaan project Basedd learning, (2)mengetahui ketercapaian hasil pelaksanaan project Basedd learning, (3)mengidentifikasi kendala pelaksanaan project Basedd learning. Metode yang dipakaidalam penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif. Penentuan sumber datamenggunakan metode sampel bertujuan (purposive sampling). Keabsahan data yangdiperoleh dari penelitian ini maka digunakan data triangulation, dimana penelitimenggunakan beberapa sumber data yang sama. Metode pengumpulan data yangdigunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumen. Teknik analisis yangdigunakan dalam penelitian ini melalui cara; (1) reduksi data, yaitu merupakanproses pemilihan, pemusatan perhatian pada penyederhanaan, pengabstrakan dantransformasi data kasar yang diperoleh di lapangan, (2) penyajian data, yaitu denganmenyajikan berbagai informasi yang diseleksi dalam rangka penarikan kesimpulan,(3) verifikasi data. Langkah-langkah pelaksanaan Project Based Learning yaitu:penentuan pertanyaan mendasar (start with essential question), menyusunperencanaan proyek (design project), menyusun jadwal (create schedule), memantaumahasiswa dan kemajuan proyek (monitoring the students and progress of project),melakukan penilaian hasil (assess the outcome), dan evaluasi pengalaman(evaluation the experience). Pelaksanaan Project Based Learning pada matakuliahproduksi media cetak merupakan suatu langkah yang baik bagi perkembangan mutupembelajaran pada prodi Teknologi Pendidikan, namun dalam pelaksanaannya masihterdapat kendala mendasar yaitu masih kurangnya pengetahuan dan keterampilanmahasiswa dalam menulis dan dalam editing.Kata kunci: Media Cetak, Project Basedd Learning.
MANAJEMEN PROGRAM UNGGULAN DI PONDOK PESANTREN Hariawan, Rudi; Hakim, Lukmanul
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Volume 3 Nomor 1 April 2017
Publisher : Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (358.798 KB)

Abstract

Pondok pesantren (Islamic boarding school) selama ini masih dianggapsebagai lembaga pendidikan kelas dua yang menjadi pilihan banyak masyarakatkelas menengah ke bawah, karena pendekatan pembelajaran masih menggunakancara konvesional dan fasilitas terbatas, sangat berbeda dengan sekolah/madrasahnegeri (public school) memiliki sumber daya yang memadai. Anggapan ini mulaiberkurang seiring kemampuan pondok pesantren mengelola program pendidikan danpondok pesantren sebagai program unggulan yang tidak akan ditemui di sekolahnegeri. Program unggulan untuk mengembangkan berbagai potensi peserta didik(santriwan/santriwati) dengan keahlian dibidang ilmu agama dan science,penguasaan bahasa Asing, dan keterampilan dibidang teknologi informasi dankomunikasi. Pondok pesantren (Islamic boarding school) dapat dikatakan sebagaimodel lingkungan pendidikan yang paling tepat untuk membentuk karakter manusiayang berahlak mulia, cakap dibidang IPTEK, dan mampu serta terampil berbahasaAsing (Arab dan Inggris). Maka wajarlah jika pondok pesantren YANMU NW Prayaselalu menarik minat masyarakat Lombok Tengah memilih pondok pesantren ini.Kata Kunci: Manajemen Pendidikan, Program Unggulan Pondok Pesantren
PENERAPAN METODE PEER TEACHING GROUP TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGAJAR MAHASISWA FPOK IKIP MATARAM TAHUN AKADEMIK 2014/2015 Bausad, Andi Anshari; Musrifin, Arif Yanuar
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Volume 3 Nomor 1 April 2017
Publisher : Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (211.241 KB)

Abstract

Pendidikan jasmani dan olahraga pada hakikatnya adalah prosespendidikan yang memanfaatkan aktivitas fisik (jasmani) dan olahraga untukmenghasilkan perubahan holistik dalam kualitas individu, baik dalam hal fisik,mental serta emosional. Dibutuhkan seorang tenaga pengajar yang berkualitas untukbisa melaksanakan proses pembelajaran penjasorkes sehingga tujuan pembelajarandapat tercapai. Secara khusus, tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkanketerampilan mengajar mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakankelas (class action research) yang menggunakan metode deskriptif denganpendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa FakultasPendidikan Olahraga dan Kesehatan IKIP Mataram. Instrumen penelitian ini adalahkusioner yang dibagikan kepada mahasiswa disetiap akhir siklus dan didukungdengan dokumentasi serta observasi langsung oleh peneliti. Analisis data dilakukansecara kualitatif dengan model interaktif melalui pengumpulan data, penyajian data,dan verifikasi atau pengambilan kesimpulan. Hasil analisis menunjukkan bahwajumlah mahasiswa 9 (30%) berkategori cukup, 17 (56,66%) berkategori rendah dan 4(14,33%) berkategori sangat rendah pada siklus I. Dari 30 mahasiswa yang dijadikansubyek penelitian dapat diliat 14 (46,66%) mahasiswa yang berkategori cukup, inimembuktikan adanya peningkatan sebanyak 16,66% dari siklus I. 15 (50%)mahasiswa berada pada kategori rendah dan tersisa 1 mahasiswa yang berada padakategori sangat rendah. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh maka dapatdisimpulkan bahwa penerapan metode peer teaching group dapat meningkatkanketerampilan mengajar mahasiswa FPOK IKIP Mataram.Kata Kunci: Keterampilan Mengajar, Peer Teaching Group
STRATEGI KERJASAMA SEKOLAH DENGAN DUNIA USAHA DAN DUNIA INDUSTRI (DU/DI) DI SMK NEGERI 3 MATARAM Suhardi, Muhammad
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Volume 3 Nomor 1 April 2017
Publisher : Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (215.004 KB)

Abstract

Strategi merupakan seni untuk mengelola sumber daya agar mampumencapai sasaran yang dituju dengan efektif dan efesien. Tujuan penelitian iniadalah untuk mengetahui kemampuan kepala sekolah dalam menjalin hubungankerjasama, meliputi: Program kerjasama SMK; Mekanisme kerjasama SMK denganDU/DI untuk meningkatkan kompetensi lulusan; dan Faktor yang mempengaruhihubungan kerjasama SMK dengan DU/DI. Melalui pendekatan kualitatif denganmetode deskriptif, teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara,observasi, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah DU/DI, kepala sekolah,waka humas, dan guru pembimbing pada SMK Negeri 3 Mataram. Hasil penelitianditemukan: Program SMK yaitu merumuskan visi dan misi sekolah, penyusunankurikulum bersama, dan menjalin kerjasama dengan DU/DI; Mekanisme kerjasamaSMK dengan DU/DI tergambar dari adanya kesepakatan kedua belah pihak dalambentuk MOU dalam pelaksanaan prakerin, kerjasama lain adalah guestpeaker,pelaksanaan uji kompetensi, audiensi dan seminar lainnya; dan faktor yangmempengaruhi hubungan kerjasama SMKN3 dengan DU/DI dalam meningkatkankompetensi lulusan adalah terlihat dari adanya keterlibatan dan komitmen bersamatenaga personil sekolah dalam penyusunan regulasi dan profil sekolah. Diharapkankepada kepala sekolah dan waka humas agar program kerjasama dengan DU/DI terusdibina secara berkesinambungan, kerjasama yang dilaksanakan dengan dasar MOUharus disosialisasikan agar kedua belah pihak dapat melaksanakan hak dankewajibannya secara tepat guna, kepada SMKN 3 Mataram dan stakeholder agarlebih komunikatif dalam menjalin hubungan kerjasama dalam meningkatkankompetensi lulusan pada SMKN3 Mataram.Kata Kunci: Strategi Hubungan Kerjasama, Kompetensi Lulusan SMK
STRATEGI PENGAMBILAN KEPUTUSAN DENGAN IKLIM ORGANISASI SEKOLAH Ridlo, M Rasyid; Subhan, Subhan
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Volume 3 Nomor 1 April 2017
Publisher : Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (77.133 KB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian dengan judul ?Apakah Ada HubunganStrategi Pengambilan Keputusan Dengan Iklim Orgaisasi di SMPN 1 Pringgabayatahun pelajaran 2014/2015?. Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan yangingin dicapai dalam penelitian ini adalah: ?Untuk Mengetahui Hubungan StrategiPengambilan Keputusan Dengan Iklim Orgaisasi di SMPN 1 Pringgabaya tahunpelajaran 2014/2015. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 53orang guru.Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode angketsebagai metode pokok sedangkan metode dokumentasi sebagai metode pelengkap.Sedangkan metode analisis data menggunakan analisis statistik dengan rumus KorelasiProduct Moment. Dengan hasil penelitian yaitu berdasarkan analisis data tentangHubungan Strategi Pengambilan Keputusan DenganIklim Orgaisasi di SMPN 1Pringgabaya tahun pelajaran 2014/2015. Berdasarkan hasil perhitungan rumusKorelasi Product Moment diperoleh hasil rhitung sebesar 0,302 dengan nilai rtabel sebesar0,279 pada taraf signifikansi 5% dan N=53 atau (0,302 >0,279). Hal ini menunjukanbahwa (H0) ditolakdan (Ha) diterima. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian iniadalah: Ada Hubungan Strategi Pengambilan Keputusan Dengan Iklim Orgaisasi diSMPN 1 Pringgabaya tahun pelajaran 2014/2015.Kata Kunci: Strategi Pengambilan Keputusan, Iklim Organisasi Sekolah
HUBUNGAN IMPLEMENTASI REINFORCEMENT GURU DENGAN PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA Ridlo, M Rasyid; Kurdianto, Kurdianto
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Volume 3 Nomor 1 April 2017
Publisher : Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (194.839 KB)

Abstract

Reinforcement, motivasi belajar Siswa sangat menunjang sekali di dalamperoses belajar mengajar, dimana imflementasi reinforcement guru kalau di terapkanoleh soorang guru akan mampu menciptakan peroses belajar mengajar yang efektifdan efisien. Karena itu rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ?Apakah AdaHubungan imflementasi reinforcement guru dalam Peningkatan motivasi belajarsiswa di SMPN 3 Praya Timur Tahun Pelajaran 2013/2014. Sedangkan TujuanDalam Penelitian ini adalah ?Untuk mencari Hubungan Antara imflementasireinforcement guru dengan Peningkatan motivasi belajar siswa di SMPN 3 PrayaTimur Tahun Pelajaran 2013/2014?. Penelitian ini menggunakan metode angketsebagai metode pokok, metode dokumentasi sebagai metode pelengkap, yangmenjadi subyek populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru dan siswa kelasVIII di SMPN 3 Praya Timur dengan jumlah guru 30 orang dan siswa menggunakanteknik sampling karena jumlah siswa lebih dari 100, dari hasil penelitian inimenunjukkan imflementasi reinforcement guru ada hungan dengan Peningkatanmotivasi belajar siswa. Karena r tabel pada tarap signipikan 5 % = 0,361. Sedangkanr hitung yaitu 0,474 yang menolak hipotesis nihil (Ho), berarti hipotesis kerja (Ha).Yang berbunyi ?Ada Hubungan imflementasi reinforcement guru denganPeningkatan motivasi belajar siswa di SMPN 3 Praya Timur Tahun Pelajaran2013/2014?. Diterima karena (r hitung >r tabel ) yaitu 0,474>0,361. Sesuai dengananalisis diatas, peneliti menyimpulkan bahwa penelitian ini dinyatakan?Signifikan?dan hubungannya termasuk dalam katagori sedang.Kata Kunci: Reinforcement, Motivasi Belajar
STRATEGI PROMOSI DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA HIJAU BILEBANTE KECAMATAN PERINGGARATA KABUPATEN LOMBOK TENGAH Aryani, Menik
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Volume 3 Nomor 1 April 2017
Publisher : Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (218.811 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif melaluimetode studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, obervasi dan studiliterature, dan dokumentasi. Adapun langkah analisis data meliputi reduksi data,penyajian data, dan verifikasi. Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah untukmengetahui strategi promosi Desa Wisata Hijau Bilebante, Kabupaten Lomboktengah yang dijalankan oleh Kelompok Penggerak Pariwisata Jari Sholah.Menjalankan promotion mix yang meliputi word of mouth, public relation, personalselling, event, eksebisi, publikasi dan internet. Dari keseluruhan bentuk promosi,prioritas utama promosi dilakukan melalui media social dan public relation. Dalampenelitian ini disimpulkan bahwa Kompepar Jari Sholah belum merumuskan strategipromosi secara komprehensif dan terintegrasi.Kata kunci : Strategi Promosi, Desa Wisata Hijau, Promotion Mix

Page 1 of 1 | Total Record : 9