Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat
Jurnal ABDIMASKU adalah jurnal multidisiplin yang diterbitkan oleh LPPM, Universitas Dian Nuswantoro Semarang yang berfokus pada hasil-hasil karya pengabdian masyarakat. Pengiriman artikel tidak dipungut biaya, kemudian artikel yang diterima akan diterbitkan secara online dan dapat diakses secara gratis. Topik dari jurnal adalah hasil-hasil pengabdian masyarakat di bidang-bidang sebagai berikut : Teknologi informasi, ilmu komputer, budaya, bahasa, ekonomi dan bisnis, teknik, kesehatan, desain komunikasi visual, ilmu komunikasi, hukum, pariwisata dan bidang-bidang yang lain.
Articles
13 Documents
Search results for
, issue
"Vol 3, No 1 (2020): Januari 2020"
:
13 Documents
clear
PENDAMPINGAN PENINGKATAN SANTRIPRENEUR PADA SISWA-SISWI PONDOK PESANTREN USWATUN HASANAH SEBAGAI BEKAL MENJADI WIRAUSAHA
Mahmud Mahmud;
Mila Sartika;
Hendri Hermawan Adinugraha
ABDIMASKU : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT Vol 3, No 1 (2020): Januari 2020
Publisher : LPPM UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (671.832 KB)
|
DOI: 10.33633/ja.v3i1.74
Indonesia membutuhkan sedikitnya 4 (empat) juta wirausahawan baru untuk turut mendorong penguatan struktur ekonomi. Saat ini jumlah wirausahawan masih sekitar 3,1% dari total populasi penduduk atau sekitar 8,06 juta orang. Data menurut Menteri Perindustrian bahwa meskipun rasio tersebut sudah melampaui standar internasional, yaitu sebesar 2%, akan tetapi Indonesia masih mengejar capaian negara tetangga. Kementerian Koperasi dan UKM melansir data olahan BPS dan menyimpulkan adanya pertambahan jumlah pengusaha yang dari sebelumnya 1,6% menjadi 3,1% dari populasi. Angka itu menggembirakan karena telah menembus batas psikologis 2%. Jumlah wirausaha di suatu negara kerap dianggap sebagai indikator kemajuan. Patokannya minimal 2% dari jumlah penduduk harus berprofesi sebagai wirausaha. Dengan jumlah penduduk 250 juta jiwa, negeri ini paling kurang harus memiliki 5 juta jiwa wirausaha.Tujuan dari pelaksanaan pengabdian ini adalah menambah pengetahuan dan pemahaman bagi siswa-siswi pondok pesantren Uswatun Hasanah Semarang tentang kewirausahaan, membantu siswa-siswi pondok pesantren Uswatun Hasanah agar mampu membuka mindset untuk menjadi wirausaha dan dapat membantu menggali ide untuk berwirausaha.Metode pelaksanaan kegiatan ini menggunakan pendekatan edukasi, sosialisasi dan pelatihan serta pendampingan bagi siswa-siswi pondok pesantren Uswatun Hasanah Semarang, dengan metode pelatihan kewirausahaan. Sedangkan luaran yang dihasilkan dari kegiatan pengabdian ini adalah siswa-siswi pondok pesantren Uswatun Hasanah memiliki pengetahuan tentang kewirausahaan dan dikemudian hari mampu berwirausaha.
Sosialisasi Efek Positif Dan Negatif Dari Video Games Untuk Anak-anak di RT 001/RW 002 Desa Cibeunying Kecamatan Majenang
Wiga Maulana Baihaqi;
Chyntia Raras Ajeng Widiawati;
Sarmini Sarmini
ABDIMASKU : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT Vol 3, No 1 (2020): Januari 2020
Publisher : LPPM UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (338.013 KB)
|
DOI: 10.33633/ja.v3i1.52
Meningkatnya jumlah game online di Indonesia telah memberikan dampak positif dan negatif. Anak-anak yang lalai dengan kegiatan belajar dan mengaji, lupa waktu dan kurangnya interaksi dengan orang tua serta teman bahkan melakukan tindakan kekerasan yang ditiru dari sebuah video game online merupakan beberapa dampak negatif yang ditimbulkan dari game online. Kurangnya pengetahuan anak-anak dan orang tua menjadi salah satu faktor penyebab tingginya paparan dampak negatif dari game online kepada anak-anak. Game online tidak selamanya memberikan dampak negatif namun kurangnya pengetahuan mengenai dampak/efek negatif dan positif dari game online menjadikan angka dampak negatif game online semakin meningkat. Maka pentingnya untuk dilakukan sebuah sosialisasi mengenai dampak dari game online. Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan anak-anak kepada anak-anak mengenai dampak negatif dan positif dari game online sehingga mereka dapat dengan bijak untuk menggunakan waktunya bermain game online dan dapat mendapatkan manfaat positifnya. Kegiatan sosialisasi dilakukan dengan metode pendekatan monologis dan dialogis. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan antusiasme peserta sosialisasi terkait dengan materi yang disampaikan dan tanggapan yang positif dari peserta.
Pengembangan Media Komunikasi Digital Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Semarang Melalui Pemetaan Masjid Berbasis Android Untuk Meningkatkan Integrasi Informasi Organisasi
Muhammad Syaifur Rohman;
Galuh Wilujeng Saraswati;
Nurul Anisa Sriwinarsih
ABDIMASKU : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT Vol 3, No 1 (2020): Januari 2020
Publisher : LPPM UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (617.384 KB)
|
DOI: 10.33633/ja.v3i1.62
Dewan Masjid Indonesia (DMI) adalah organisasi tingkat nasional dengan tujuan untuk mewujudkan fungsi masjid sebagai pusat ibadah, pengembangan masyarakat dan persatuan umat salah satunya melalui aplikasi yang dibuatnya. Namun aplikasi tersebut masih banyak kekurangan terutama mengenai informasi masjid di Kota Semarang. Berdasarkan permasalahan tersebut DMI kota Semarang bekerjasama dengan Pemerintah Kota semarang dengan mengembangkan aplikasi pencarian masjid yang digunakan untuk menemukan lokasi masjid terdekat dari posisi pengguna. Untuk melengkapi aplikasi DMI kota Semarang untuk menyajikan detail informasi dan data seluruh masjid di kota semarang maka perlu adanya pendataan titik kordinat masjid. Titik koordinat ini nantinya akan menghubungkan titik koordnat masjid dengan posisi pengguna shingga dapat memandu jamaah untuk sampai kemasjid yang dituju. Dengan menggunakan media komunikasi Grup Whatsapp, maka pendataan titik kordinat masjid akan dikirimkan oleh para takmir yang tergabung didalamnya. Program pengabdian masyarakat ini bermanfaat bagi Pengurus Daerah DMI Kota Semarang, Para Takmir Masjid dan masyarakat Semarang dengan luaran berupa aplikasi Dewan Masjid Indonesia (DMI) yang dapat memberikan lokasi masjid masjid dengan jarak terdekat melalui Media Komunikasi grup Whatsapp untuk pengelolaan produk dan kegiatan masjid Kota Semarang. Selain itu melalui Media Komunikasi grup Whatsapp yang sudah disediakan, pelayanan informasi untuk jamaah terkait dengan penggunaan aplikasi bisa dilakukan setiap saat.
Pemberdayaan Perempuan Melalui Sekolah Wirausaha Aisyiah Kabupaten Semarang
Sih Darmi Astuti;
Dwi Eko Waluyo;
Herry Subagyo
ABDIMASKU : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT Vol 3, No 1 (2020): Januari 2020
Publisher : LPPM UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (355.495 KB)
|
DOI: 10.33633/ja.v3i1.75
Laporan mengenai rendahnya keterlibatan perempuan dalam partisipasi ekonomi di Indonesia mendorong Aisyiah, Organisasi sosial kemayarakatan di kabupaten Semarang mengembangkan sekolah kewirausahaan. Sekolah ini dimaksudkan untuk memfasilitasi para perempuan yang memiliki minat menjalankan usaha. sebagai langkah pertama, organisasi ini telah melakukan pelatihan dengan topik “Pemberdayaan Perempuan Melalui Sekolah Kewirausahaan” pelatihan ini diikuti oleh 35 orang peserta. Materi yang diberikan meliputu: Pentingnya peran perempuan dalam ekonomi keluarga, Kewirausahaan dan Pengenalan media sosial. Berdasarkan hasil evaluasi menunjukan bahwa para peserta merasakan manfaat dari pelatihan ini sehingga membangkitkan semangat untuk terus meningkatkan peran dalam ekonomi keluarga melalui berwirausaha
UP GRADING CAPACITY APARATUR DESA MELALUI PELATIHAN DI DESA TEGALARUM KABUPATEN DEMAK
Moeljono, Moeljono;
Alfiyanto, Nasron
ABDIMASKU : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT Vol 3, No 1 (2020): Januari 2020
Publisher : LPPM UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (473.279 KB)
Kapasitas dan ketrampilan aparat desa dalam melaksanakan tugas administrasi dan tata kelola pelaporan keuangan masih lemah, untuk meningkatkan kapasitas dan ketrampilan para aparatur desa diperlukan adanya pelatihan, untuk meningkatkan kapasitas aparatur pemerintahan desa. Diharapkan melalui kegiatan tersebut akan mendorong tata kelola pemerintahan desa yang akuntabel dan transparan serta melahirkan aparatur desa yang memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan yang baik. Metode kegiatan yang digunakan adalah Participatory Learning and Action. Kegiatan ini dilakukan dengan menekankan pada kegiatan ceramah, diskusi, curah pendapat yang dilakukan secara interaktif dengan aparatur desa dan masyarakat, dilanjutkan dengan kegiatan pelatihan yang relevan dengan materi pemberdayaan masyarakat. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat berjalan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan, aparatur desa dan masyarakat memilki respon dan antusias terhadap pelatihan dan tercipta perubahan pengetahuan, sikap dan keterampilan.
IMPLEMENTASI FACEBOOK MARKETPLACE UNTUK PRODUK UMKM SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PEMASARAN DAN PENJUALAN ONLINE
Susanto, Ajib;
Sari, Christy Atika;
Moses, De Rosal Ignatius;
Rachmawanto, Eko Hari;
Mulyono, Ibnu Utomo Wahyu
ABDIMASKU : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT Vol 3, No 1 (2020): Januari 2020
Publisher : LPPM UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (630.864 KB)
Saat ini pemasaran dan penjualan hasil produk UMKM masih dilakukan dengan mengikuti berbagai macam pameran produk UMKM yang diadakan oleh pemerintah maupun perusahaan yang memberikan fasilitas pameran, melalui broadcast pesan dan menunggu pengunjung datang ke toko. Metode ini belum optimal dalam penyampaian informasi karena promosi yang dilakukan tidak menjangkau masyarakat yang berada jauh dari lokasi galeri pameran/toko. Media sosial saat ini menjadi alat yang sangat populer dan diminati oleh pelaku UMKM salah satunya adalah facebook yang di dalamnya terdapat fitur marketplace yang dapat menjangkau promosi dan penjualan yang tidak mengenal ruang dan waktu. Metode yang digunakan dalam penggunaan facebook marketplace dengan melakukan pelatihan langsung kepada pelaku UMKM untuk mem-posting produk, meng-share dan melayani pembelian konsumen. Hasil implementasi facebook marketplace memudahkan pelaku UMKM dalam memasarkan produk dan sekaligus melakukan penjualan dengan menggunakan smartphone yang dimiliki sehingga mampu meningkatkan volume penjualan
UTILIZATION OF INTERNET-BASED SOFTWARE TO MAKE PRESENTATIONS FOR ADIWERNA ISLAMIC VOCATIONAL HIGH SCHOOL STUDENTS
Wiyono, Slamet
ABDIMASKU : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT Vol 3, No 1 (2020): Januari 2020
Publisher : LPPM UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (956.448 KB)
SMK Islamiyah Adiwerna merupakan salah satu sekolah swasta yang ada di Kecamatan Adiwena Kabupaten Tegal. Sebagai sekolah berbasis vokasional, sekolah berusaha membekali siswa berbagai keterampilan. Salah satu ketrampilan yang diajarkan yaitu kemampuan melakukan presentasi. Namun demikain, sekolah belum memanfaatkan tool yang dapat menghasilkan materi presentasi yang mudah dan menarik. Pembuatan materi presentasi diajarkan masih menggunakan tool yang kurang menarik. Dengan demikian diperlukan adanya pengenalan materi pemanfaatan tool yang dapat menghasilkan materi presentasi yang mudah dan menarik. Prezi merupakan tool dalam pembuatan presentasi berbasis internet. Kegitan pengabdian dilakukan dengan megenalkan Prezi kepada perwakilan siswa sebanyak 40 siswa. Selama kegiatan, siswa sangat antusias mengikuti pelatihan tersebut. Hal ini ditunjukan dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh peserta. Siswa dapat dengan mudah mengikuti kegiatan karena tool yang digunakan sangat mudah dipahami. Selain itu, tool yang digunakan juga berbasis internet sehingga siswa tidak perlu melakukan instalasi software. Setelah dilakukan pelatihan penggunaan Prezi dalam membuat presentasi, siswa dapat membuat materi presentasi dengan mudah dan menarik.
Sekolah Dolanan Tradisional Sebagai Tempat Pengembalian Eksistensi Permainan Tradisional di Kampung Tambak Lorok Semarang
rexza berliyana;
Rachelina Nur Ilyasaf;
Sari Ayu Wulandari
ABDIMASKU : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT Vol 3, No 1 (2020): Januari 2020
Publisher : LPPM UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (435.76 KB)
|
DOI: 10.33633/ja.v3i1.58
Indonesia adalah negara dengan kekayaan yang sangat ruah melimpah. Dimulai dari sumber daya alam, tanah yang subur dan kekayaan budaya. Berdasarkan data sensus penduduk pada tahun 2010 menyebutkan bahwa ada 1.331 suku dan 652 bahasa daerah yang berbeda. Tidak hanya terletak dari kekayaan bahasa daerah, indonesia juga memiliki kekayaan pada budayanya. Salah satu dari kekayaan budaya di Indonesia adalah permainan tradisional. Bhisop dan Curtis (2005) mengatakan bahwa permainan tradisional adalah permainan yang telah diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya dengan permainan tersebut mengandung nilai baik, positif, bernilai dan diinginkan. Permasalahan terhadap mulai ditinggalkannya permainan tradisional dikalangan anak-anak ini terjadi di salah satu wilayah di kota Semarang. Permasalahan ini terjadi di Kampung Tambak Lorok. Kampung Tambak Lorok adalah salah satu wilayah di kota semarang yang sebagian besar penduduknya bekerja sebagai nelayan. Kurangnya minat anak-anak dalam bermain permainan tradisional membuat eksistensi permainan tradisional dikalangan anak-anak mulai memudar dan jarang dimainkan. Dari permasalahan tersebut maka perlu adanya sebuah solusi yaitu dengan diadakannya sebuah sekolah sabtu untuk mengenalkan kembali kepada anak-anak tentang permainan tradisional yang eksistensinya mulai dilupakan oleh kalangan anak-anak Indonesia khususnya anak-anak Tambak Lorok Kota Semarang.
Pembelajaran Matematika dan Bahasa Inggris dengan Metode Total Physical Response (TPR) di TK Al Firdaus Kandri Gunungpati Semarang
yani parti astuti;
Egia Rosi Subhiyakto;
Liya Umaroh
ABDIMASKU : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT Vol 3, No 1 (2020): Januari 2020
Publisher : LPPM UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33633/ja.v3i1.68
Dalam perkembangan ilmu pengetahuan di Indonesia, matematika dan bahasa inggris merupakan ilmu dasar yang harus dipelajari oleh setiap anak pelajar di Indonesia. Sehingga materi matematika dan bahasa inggris sudah dikenalkan sejak pendidikan anak usia dini. Namun di pendidikan anak usia dini hanya diajarkan berhitung untuk matematika dan pengenalan benda pada bidang bahasa inggris. Hal ini terjadi pada TK Al Firdaus Kandri Gunungpati Semarang. Di TK Al Firdaus ini anak – anak sudah diajarkan mengeja huruf, berhitung dan juga bahasa inggris..Dalam pengabdian ini dikenalkan metode pembelajaran yang dinamakan Total Phycical Response (TPR). Metode ini merupakan metode pembelajaran di mana anak diajarkan materi dengan menggunakan gerakan. Hal ini paling cocok untuk materi bahasa inggris yang untuk mengenalkan benda dan juga melakukan suatu pekerjaan. Dalam materi matematika akan diselipkan juga materi berhitung dalam bahasa inggris dengan jari. Melalui pembelajaran ini, maka anak – anak di TK Al Firdaus semakin mencintai pelajaran berhitung dan bahasa inggris pada khususnya. Karena mengingat tempat TK Al Firdaus berada di desa wisata kandri. Sangat mendukung apabila generasi – generasinya pandai berbahasa inggris dan juga berhitung. Selain itu materi ini bisa untuk bekal memasuki jenjang berikutnya yaitu Sekolah Dasar (SD).
Pelatihan Penggunaan Aplikasi Dewan Masjid Indoensia (DMI) Untuk Pengelolaan Produk dan Kegiatan Masjid Kota SemarangPelatihan Penggunaan Aplikasi Dewan Masjid Indoensia (DMI) Untuk Pengelolaan Produk dan Kegiatan Masjid Kota Semarang
Galuh Wilujeng Saraswati;
Muhammad Syaifur Rohman;
Nurul Anisa Sri Winarsih
ABDIMASKU : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT Vol 3, No 1 (2020): Januari 2020
Publisher : LPPM UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (867.522 KB)
|
DOI: 10.33633/ja.v3i1.60
Saat ini peranan teknologi dibidang telekomunikasi digunakan oleh organisasi sebagai media pendukung untuk mempermudah para anggotanya mencari informasi dari suatu organisasi yang diikuti. Perpaduan Sistem Informasi dan teknologi GPS yang ada dalam smartphone ini membantu suatu organsisasi dalam melakukan Marketing Communication, sehingga para anggtota yang tegabung dalam sebuah organisasi dapat menawarkan produk/jasa yang mereka miliki ke anggota yang lain. Selain itu dalam mengembangkan potensi wisata dan ekonomi potensial masyarakat perlu adanya dukungan yang baik dari segi sarana prasarana, organisasi dan pemasaran untuk mengatur semua kegiatan sehingga semua jadwal dan agenda dapat terstruktur dengan baik. Oleh karena itu Pengurus Daerah Dewan Masjid Indonesia (PD DMI) Kota Semarang ingin membuat sebuah aplikasi berbasis android yang mewadahi seluruh kegiatan pengelolaan produk jamaah dan kegiatan masjid di Kota Semarang. Aplikasi ini bertujuan untuk mengelola seluruh aktivitas pengurus, takmir dan jamaah sehingga semua kegiatan dan informasi dapat di akses secara mudah tanpa adanya batasan waktu dan tempat. Selain itu kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mendukung perekonomian masyarakat sekitar masjid dan membagi informasi kegiatan rutin masjid.