Inobis: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia
Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia (INOBIS), diterbitkan oleh Pengurus Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, secara berkala empat kali dalam setahun. Jurnal INOBIS bertujuan untuk menyebar luaskan hasil penelitian di bidang manajemen dan bisnis kepada para akademisi, praktisi, mahasiswa dan pihak yang berminat. Jurnal INOBIS menerima kiriman artikel yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Penulis harus menyatakan bahwa artikel yang dikirim ke Jurnal INOBIS tidak dikirim atau dipublikasikan ke jurnal lain. Penentuan artikel yang dimuat di Jurnal INOBIS melalui proses review oleh tim dewan redaksi Jurnal INOBIS dengan mempertimbangkan antara lain: terpenuhinya persyaratan baku publikasi jurnal, metode riset yang digunakan, signifikansi, dan kontribusi hasil penelitian terhadap keilmuan manajemen.
Articles
11 Documents
Search results for
, issue
"Vol. 6 No. 2 (2023): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia"
:
11 Documents
clear
Determining Factors in SMEs Innovation Performance: An Empirical Study in Indonesia
Tri Siwi Agustina;
Muhammad Ega Patria Arganata
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 6 No. 2 (2023): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (304 KB)
|
DOI: 10.31842/jurnalinobis.v6i2.265
In today’s business world, innovation performance is widely acknowledged as an essential factor in enhancing business performance. Therefore, the present study attempts to identify and examine the factors that may enhance the innovation performance of SMEs in the creative industry. More specifically, the research aims to explore the relationship of entrepreneurial orientation, knowledge management and collaborative innovation activities with innovation performance. The study empirically examines this conceptual model using a sample of 32 business owners in Small and Medium Enterprises (SMEs) Centers of Wallet and Bag Production in Mojokerto, East Java, Indonesia. PLS-SEM technique has been applied in data analysis and the SmartPLS 3.0 software is used to test the study hypotheses. The results indicate that entrepreneurial orientation and knowledge management has a direct effect on collaborative innovation activities. Similarly, the relationship of collaborative innovation activities and innovation performance is* also found to be significant. The findings also show the indirect effect of entrepreneurial orientation and knowledge managemen on innovation performance through collaborative innovation activities. The research implications, limitations and future research directions are highlighted in the concluding sections of the study.
The impact of community marketing on the food-online application during the pandemic in the region of Karawang West Java
Ignatius Septo Pramesworo;
Tiolina Evi
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 6 No. 2 (2023): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (288.62 KB)
|
DOI: 10.31842/jurnalinobis.v6i2.266
This study aims to analyze the effect of service quality, promotions, and customer satisfaction on customer loyalty of Gofood application users during the Covid-19 Pandemic at Perumnas Bumi Teluk Jambe Blok X Karawang, West Java. This research uses quantitative methods. The sample used was 109 respondents. Data analysis used multiple linear regression analysis which was processed using the SPSS version 25 application. The results showed that the multiple regression coefficients of service quality had no significant effect on customer loyalty, promotion had no significant effect on customer loyalty, customer satisfaction had a significant effect on customer loyalty and simultaneously a significant effect between service quality, customer satisfaction and promotion of customer loyalty.
Pembentukan Portofolio Optimal pada Saham yang Terdaftar di Indeks IDX Value 30 dengan Metode Indeks Tunggal
Alverell Panangian Hutagalung;
Vera Intanie Dewi
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 6 No. 2 (2023): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (222.312 KB)
|
DOI: 10.31842/jurnalinobis.v6i2.267
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membentuk portofolio optimal menggunakan metode indeks tunggal. Indeks yang digunakan pada penelitian ini adalah index IDX Value 30 (IDXV30). Periode waktu penelitian ini selama Agustus 2019 sampai Januari 2022. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yang menghasilkan 8 saham sebagai sampel. Saham yang lolos dalam pembentukan portofolio optimal dengan metode indeks tunggal merupakan saham yang memiliki nilai ERB ? Ci. Lebih lanjut penelitian ini menghasilkan tiga saham pembentuk portofolio optimal. Saham tersebut terdiri dari sektor energi (ADRO dan ITMG) dan sektor barang baku (INKP). Expected return yang dihasilkan dari portofolio optimal adalah 2,470% dan risiko 0,467%. Dan expected return dari portofolio optimal lebih tinggi dari risk free dengan return 0,34%. Hasil penelitian ini memberikan informasi bahwa portofolio optimal pada saham yang masuk pada index IDX value 30 pada periode waktu Agustus 2019 hingga Januari 2022 meliputi komposisi saham ADRO sebanyak 64,3%, ITMG sebanyak 26,5%, dan INKP sebanyak 9,3%.
Perbandingan Efektivitas Healthy Food Advertising di Instagram dengan Perbedaan Visual Aesthetics dan Information Quality
Sony Kusumasondjaja
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 6 No. 2 (2023): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (309.443 KB)
|
DOI: 10.31842/jurnalinobis.v6i2.268
Penelitian ini menguji perbedaan food healthiness, food tastiness, dan niat beli berdasarkan perbedaan visual aesthetics dan information quality menggunakan uji MANOVA. Selain itu, penelitian ini juga menguji efek mediasi visual aesthetics dan information quality terhadap niat beli yang dimediasi oleh food healthiness dan food tastiness menggunakan uj Macro PROCESS. Penelitian ini menggunakan desain faktorial 2 visual aesthetics (classical vs expressive) x2 information quality (high vs low) pada 120 partisipan. Variabel terukur food healthiness (5 indikator), food tastiness (5 indikator), dan niat beli (5 indikator), masing-masing diukur dengan skala Likert 5 poin. Dalam penelitian ini, hasil main effect MANOVA menunjukkan bahwa niat beli lebih kuat bila iklan produk makanan sehat disajikan dengan classical visual aesthetics dan high information quality. Ditemukan juga bahwa terdapat food healthiness dan food tastiness cenderung lebih kuat bila iklan produk makanan sehat disajikan dengan classical visual aesthetics dan high information quality. Selain itu, menggunakan Macro PROCESS, ditemukan juga bahwa food tastiness memediasi parsial pengaruh visual aesthetics dan information quality terhadap niat beli, serta food healthiness memediasi parsial pengaruh visual aesthetics dan information quality terhadap niat beli makanan sehat. Food tastiness juga ditemukan sebagai faktor mediasi yang lebih kuat daripada food healthiness dalam hubungan antara visual aesthetics, information quality, dan niat beli produk makanan sehat.
Pengaruh Pelatihan, Lingkungan Kerja, Motivasi dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Gudang PT. Mentari Indonesia Jakarta
Lorensius Leni Waskito;
Tin Agustina K;
Moh Bukhori
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 6 No. 2 (2023): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (366.417 KB)
|
DOI: 10.31842/jurnalinobis.v6i2.269
Sumber daya manusia dalam sebuah perusahaan sangatlah penting bagi kelangsungan hidup perusahaan. Perhatian terhadap SDM memberikan dampak dalam kinerja karyawan. Kinerja adalah hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seseorang karyawan dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diharapkan oleh perusahaan. Kinerja karyawan dapat dicapai dengan melalui berbagai cara diantaranya memberikan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan kerja karyawan, menciptakan lingkungan kerja yang baik, memperhatikan motivasi kerja karyawan yang mampu mendorong seseorang untuk dapat melakukan sesuatu dengan sebaik mungkin dan ingin mendapatkan hasil yang maksimal serta memberikan kompensasi yang sesuai bagi pegawai yang bekerja dalam suatu organisasi sehingga dapat meningkatkan kinerja karyawan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara parsial atau individu pada variabel pelatihan, lingkungan kerja, motivasi dan kompensasi terhadap kinerja karyawan bagian gudang PT. Mentari Indonesia di Jakarta. Metode pengambilan sampel penelitian dengan teknik sampling jenuh pada seluruh 50 karyawan bagian gudang PT. Mentari Indonesia. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dan uji hipotesis parsial menggunakan uji t dengan bantuan program SPPS 25. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa pelatihan, lingkungan kerja, motivasi dan kompensasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan Gudang PT. Mentari Indonesia.
Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Terhadap Purchase Intention Kendaraan Listrik di Indonesia
Ridwan Permana;
Elevita Yuliati;
Permata Wulandari
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 6 No. 2 (2023): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (482.95 KB)
|
DOI: 10.31842/jurnalinobis.v6i2.270
Masalah pencemaran lingkungan yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir memaksa sektor transportasi untuk mempercepat adopsi kendaraan listrik yang ramah lingkungan. Indonesia merupakan pasar yang besar untuk kendaraan roda dua dan roda empat. Walaupun demikian, adopsi kendaraan listrik di Indonesia masih tergolong sedikit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dari faktor-faktor yang dapat mempengaruhi niat pembelian (purchase intention) kendaraan listrik di Indonesia. Penelitian ini menggunakan landasan Theory of Planned Behavior dan Technology Acceptance Model dengan tambahan lima variabel yaitu price value, perceived risk, environmental self-image, infrastructure barrier, dan financial incentive policy untuk lebih menjelaskan niat pembelian kendaraan listrik di Indonesia. Data penelitian diambil dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan secara online dengan cara non-probability sampling. Data diolah menggunakan metode PLS-SEM dengan software SmartPLS. Berdasarkan data sampel 242 responden, didapatkan hasil bahwa perceived usefulness, perceived ease of use, dan price value secara positif mempengaruhi attitude terhadap perilaku pembelian kendaraan listrik. Temuan lain adalah attitude terhadap perilaku pembelian, price value,, dan financial incentive policy secara positif mempengaruhi purchase intention sementara perceived risk dan infrastructure barrier berpengaruh negatif terhadap intensi tersebut.
Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Brand Image, dan Servicescape terhadap Minat Berkunjung Di Taman Sari Yogyakarta
Alexsander Delpiero;
Ety Istriani
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 6 No. 2 (2023): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (315.611 KB)
|
DOI: 10.31842/jurnalinobis.v6i2.271
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Electronic Word of Mouth, Brand Image, dan Servicescape baik secara parsial maupun simultan terhadap Minat Berkunjung di Taman Sari Yogyakarta. Teknik dalam pengambilan data menggunakan purposive sampling. Penentuan jumlah sampel yang digunakan adalah 100 responden yang diukur menggunakan rumus Cochran. Responden merupakan masyarakat Indonesia dengan usia minimal 17 tahun dan pernah mengunjungi tempat wisata Taman Sari Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner berbasis Google Form kepada responden, yang kemudian data diolah menggunakan SPSS Versi 26. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan berbagai uji hipotesis yaitu uji determinan , uji T, dan uji F. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Electronic Word of Mouth, Brand Image, dan Servicescape berpengaruh terhadap Minat Berkunjung masyarakat pada Taman Sari Yogyakarta baik secara parsial maupun simultan.
Analisis Importasi Barang dengan Skema BC 1.6 dengan BC 2.0 Menggunakan Simulasi Dinamis, Studi Kasus Ban Truck Tambang dengan Rig Pengeboran
Tri Warcono Adi;
Kushariyadi Kushariyadi;
Nur Ardiansah;
Fara Kamila Hudy
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 6 No. 2 (2023): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (320.801 KB)
|
DOI: 10.31842/jurnalinobis.v6i2.272
Pemerintah pada bulan Maret 2016 telah mengumumkan beroperasinya Pusat Logistik Berikat (PLB). Insentif PLB diharapkan dapat mengurangi biaya logistik nasional dengan menurunkan waktu tinggal di pelabuhan dan mendekatkan gudang bahan baku ke industri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan waktu tinggal antara impor barang dengan formulir Custom Clearance umum (BC 2.0) dan impor barang melalui PLB dengan formulir BC 1.6. Dengan formulir BC 1.6, waktu tinggal akan berkurang dengan menunda proses pembayaran bea masuk, memenuhi syarat aturan pembatasan, dan pemeriksaan dokumen dan fisik peti kemas. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif untuk membuktikan dampak fasilitas PLB terhadap industri dalam negeri dalam hal efisiensi biaya logistik. Alat penelitiannya menggunakan pemodelan sistem dinamis. Obyek penelitian adalah proses impor ban truk tambang dan rig pengeboran. PLB yang menjadi obyek penelitian adalah percepatan peralatan pendukung untuk industri dalam negeri, efisiensi pemulihan biaya untuk Industri Pertambangan, dan efisiensi waktu dan biaya dalam proses perizinan dalam prosedur kepabeanan. Dengan pemindahan beberapa kegiatan pre-clearance ke PLB, secara signifikan mengurangi kejadian ketidakpastian waktu proses di Pelabuhan, yang dapat menimbulkan biaya tambahan (denda dan sewa progresif). PLB juga digunakan untuk kegiatan impor sementara, pada projek pengeboran minyak dan gas lepas pantai. PLB menampung dan menyimpan peralatan tersebut sesuai peraturan impor sementara Dirjen Bea dan Cukai Secara umum, PLB juga telah mendorong peningkatan perekonomian Indonesia.
Memanfaatkan Instagram Story dan Influencers Untuk Mencapai Brand Awareness Produk Makanan Beku “Cedea”
Ni Luh Made Vinaya Medhiatika
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 6 No. 2 (2023): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (285.009 KB)
|
DOI: 10.31842/jurnalinobis.v6i2.273
Era pandemi Covid-19 dari tahun 2020 hingga saat ini terus saja membawa perubahan, salah satu hal yang mengalami perubahan yaitu perilaku konsumen. Kebijakan Pemerintah untuk bekerja dan belajar dari rumah menjadikan konsumen harus memutar otak untuk menyajikan makanan yang bervariasi. Hal ini turut mengubah pola konsumsi, terutama pada konsumsi produk makanan beku atau frozen food. Produk makanan beku di Indonesia cukup beragam, salah satunya merek Cedea. Cedea memiliki beragam varian produk, namun sayangnya merek ini belum menjadi yang nomor 1 untuk makanan beku yang direkomedasikan di Indonesia. Survey yang dilakukan dengan 102 responden menunjukkan hasil bahwa merek Cedea belum menjadi top of mind atau yang teratas di benak konsumen. Pemasar harus memahami tren perubahan perilaku konsumen dimana iklan dilakukan secara digital. Salah satu jejaring sosial yaitu Instagram memiliki fitur story berupa video yang bertahan selama 24 jam. Influencers juga memegang peranan penting dalam promosi digital karena dari word-of-mouth dapat mempengaruhi keputusan pembelian produk. Saran yang diberikan bagi Cedea adalah memilih influencers yang tepat, dengan jumlah pengikut yang sangat banyak sehingga exposure dari pengulangan unggahan stories pada akun Cedea maupun akun influencers dapat diterima oleh konsumen sehingga konsumen tidak hanya mengenali produk tetapi juga menjadikan Cedea sebagai top of mind atau pilihan utama untuk produk olahan makanan beku.
Pengaruh Word of Mouth dan Personal Selling terhadap Niat pakai melalui Brand Image (Studi Kasus pada Bank Digital Jenius)
Patricia Bianca Thamrin;
Irsanti Hasyim
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 6 No. 2 (2023): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (308.769 KB)
|
DOI: 10.31842/jurnalinobis.v6i2.274
Melalui bantuan teknologi, kegiatan perbankan saat ini dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja dengan adanya layanan perbankan digital. Jenius dari Bank BTPN merupakan salah satu bank digital yang tersedia di Indonesia dan merupakan bank digital pertama di Indonesia. Namun sangat disayangkan, meski Jenius merupakan pelopor di Indonesia, Jenius belum menjadi bank digital dengan jumlah pengguna terbanyak, bahkan saat ini Jenius memiliki citra merek yang terbilang kurang baik. Citra buruk tersebut salah satunya berupa banyaknya ulasan negatif tentang produk dan pelaksanaan personal selling Jenius. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh word of mouth dan personal selling terhadap niat pakai Jenius melalui citra merek sebagai variabel mediator. Penelitian terapan ini merupakan penelitian eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini mengunakan instrument kuesioner yang dibagikan kepada yang sampel dikumpulkan menggunakan teknik pengambilan sampel non-probabilistic sampling yaitu purposive sampling dan kemudian diolah mengunakan deskriptif statistik dan SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa calon nasabah memiliki persepsi buruk mengenai word of mouth Jenius, namun disisi lain ternyata memiliki persepsi yang cukup baik mengenai personal selling dan citra merek Jenius. Meskipun begitu, niat mengunakan Jenius masih terbilang rendah. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa word of mouth dan personal selling memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap variabel niat pakai, baik secara langsung maupun secara tidak langsung melalui variabel mediator citra merek.