Jurnal Ilmiah Ar-Risalah: Media Ke-Islaman, Pendidikan, dan Hukum Islam
Ar-Risalah: Media Keislaman, Pendidikan dan Hukum Islam is a Islamic journal that focuses on critical studies of Islamic studies, education, and Islamic law. Ar-Risalah published by Institut Agama Islam Ibrahimy Genteng Banyuwangi. Publishing two times a year: issues 1 on april and issue 2 on october. Ar-Risalah have a registration number print ISSN 1693-0576 and online ISSN 2540-7783 published by the Indonesian Institute of Sciences (LIPI). Ar-Risalah: Media Keislaman, Pendidikan dan Hukum Islam is a Islamic journal that focuses on critical studies of Islamic studies, education, and Islamic law.
Articles
15 Documents
Search results for
, issue
"Vol 12 No 2 (2014): (Oktober 2014)"
:
15 Documents
clear
ZAKAT PROFESI DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM
Rahman, Kholilur
Ar-Risalah: Media Keislaman, Pendidikan dan Hukum Islam Vol 12 No 2 (2014): (Oktober 2014)
Publisher : Institut Agama Islam Ibrahimy Genteng Banyuwangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (333.546 KB)
Tulisan ini berangkat dari dasar pemikiran banyaknyaproblem ekonomi dan pendidikan yang dialamimasyarakat Indonesia khususnya Umat Islam.Kemampuannya sering dipandang sebelah mata olehsebagian kalangan, karena kemampuannya yangdianggap tidak representatif apabila dibanding denganjumlah penganutnya dalam membangun kekuatanekonomi dan kemajuan dibidang pendidikan. Secararepsentatif.keberadaan umat islam di ?identik? dengankemiskinan, keterbelakangan dan level negatif lainnya.Pada bagian lain, keradaan Islam sebagai agama tidakhanya melahirkan konsep ritual semata, tetapi hadirsebagai sistem nilai yang dapat mewarnai perilakuumatnya ke arah khidupan yang lebih baik. Melalui susdutpandang ini, zakat -khususnya zakat profesi- memilikipotensi strategis yang layak dikembangkan menjadi salahsatu instrumen pemerataan pendapatan umat islamdilndonesia. Upaya pengenatasan kemiskinan sebenarnyatelah banyak dilakukan oleh pemerintah, terutama dengankeluaranya paket kebijakan UU Nomor 32 Tahun 2004Tentang Pemerintahan Daerah, yang salah satumaksudnya adalah untuk meningkatkan kesejahteraanmayarakat daerah yang dimekarkan. Namu setelah dievaluasi, ternyata paket tersebut hanya mampumelahirkan ?pemerataan? kemiskinan, atau ?migrasikemiskinan? dari daerah induk ke daerah pemakaranMengingat umat islam di Indonesia merupakan pendudukmayoritas, maka merupakan sebuah keniscayaan apabilapotensi yang dimiliki kita kembangkan untuk kepentinganpihak lain yang lebih membutuhkan. Potensi yang lebihberpeluang untuk dikembangkan adalah zakat sebagaibagian integral dari norma keberaagamaan umat islam.
TEOLOGI PEMBERANTASAN KORUPSI (SEBUAH TELAAH ETIKA NORMATIF ISLAM)
Salim, Agus
Ar-Risalah: Media Keislaman, Pendidikan dan Hukum Islam Vol 12 No 2 (2014): (Oktober 2014)
Publisher : Institut Agama Islam Ibrahimy Genteng Banyuwangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (432.247 KB)
Artikel ini membahas tentang kajian normatif dalampemberantasan korupsi. al-Qur?an memang tidakmemberikan solusi aplikatif terhadap masalah korupsisebab kedudukan al-Qur?an sendiri bukanlah lembagayang mampu turun langsung untuk menyelesaikanmasalah korupsi. al-Qur?an adalah sumber nilai normatifyang memberikan pelajaran nilai-nilai baik agar manusiatidak melaksanakan tindakan korupsi. Hal-hal yang bisamenjauhkan manusia dari korupsi apabila ia membangunkepribadian yang baik; menguatkan nilai moral-spritual;menjauhkan dari perbuatan bathil, mencintai secarasederhana tentang dunia; bersifat jujur dan amanah; tidakkhianat; kesaksian palsu; menjauhi fitnah sertamenegakkan keadilan di dunia. Etika dan nilai normatifbaik yang harus dikembangkan oleh seorang muslim. AlQur?an memberikan penekanan khusus supaya terhindardari perbuatan korupsi yang merusak sendi-sendikehidupan berbangsa, bernegara dan beragama.
CHILDREN AND THE EARTH ON WHICH WE LIVE (PEMBELAJARAN KONSEP BUMI DAN JAGAD RAYA PADA ANAK USIA SD)
Faizah, Kurniyatul
Ar-Risalah: Media Keislaman, Pendidikan dan Hukum Islam Vol 12 No 2 (2014): (Oktober 2014)
Publisher : Institut Agama Islam Ibrahimy Genteng Banyuwangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (560.86 KB)
Bumi merupakan bagian dunia yang sangat luas. Bumidiperkirakan berbentuk seperti bola dan bergerak mengelilingimatahari setiap tahunnya. Bulan mengelilingi bumi dalam satu kaliperiode setiap 28 hari. Adanya siang malam, perubahan cuaca,pasang surut air laut semuanya merupakan dampak dari adanyaperputaran tersebut.Bumi adalah salah satu planet diantara planet-planet yanglain dalam tatanan tata surya galaksi bima sakti dimanamemungkinkan adanya sebuah kehidupan. Kehidupan Mahluk hidup(tumbuhan, newan dan manusia) dapat berlangsung turun temurundibumi dalam sebuah siklus berantai yang melibatkan hubunganantara unsur- unsur biotic dan abiotik. Bumi tediri atas batu-batuan,% nya merupakan perairan, sebagian yang lain terdiri dari tanah,udara yang mengelilinginya disebut atmosfer, keadaan tentangperairan, tanah, dan atmosfer perlu untuk diketahui, keunikan tatasurya serta adanya kehidupan dibumi. Mineral dan batuan,perairan,lautan, atmosfer, dan energy dari matahari semuanya merupakansumber kehidupan yang sangat penting.
MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR FISIKA SISWA DENGAN MODEL STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) DISERTAI LKS DI KELAS X.4 SMA NEGERI BALUNG PADA MATERI LISTRIK DINAMIS
Budiarso, Aris Singgih
Ar-Risalah: Media Keislaman, Pendidikan dan Hukum Islam Vol 12 No 2 (2014): (Oktober 2014)
Publisher : Institut Agama Islam Ibrahimy Genteng Banyuwangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (174.826 KB)
This aim of study to describe model Student TeamAchievement Division with worksheet to improve studentlearning activities on X.4 physics class Balung Senior HighSchool. The population of study is comprising X.4 classconsist of 38 student, the purposive sampling usesampling area method. The technique of data analysis beused average score to determine the level of studentactivity. Based on the calculations, the physics studentsthat the learn activities use model Student TeamAchievement Division with worksheet on the matterdynamic power can increase middle became high active.
REKONTRUKSI FIQH HIJAB BERWAWASAN NUSANTARA KAJIAN PENAFSIRAN AYAT HUKUM DALAM QS. AL-AHZAB : 59
Hakim, Lukman
Ar-Risalah: Media Keislaman, Pendidikan dan Hukum Islam Vol 12 No 2 (2014): (Oktober 2014)
Publisher : Institut Agama Islam Ibrahimy Genteng Banyuwangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (492.293 KB)
Pakaian atau Hijab menjadi perdebatan panjang dari masa kemasa. Fiqh al-Qur?an telah memperlihatkan bagaimanawacana pakaian / pakaian bukan hanya menelisik dari sisiakal tetapi juga doktrin teologi-politik. Ekplorasi tentang tubuhmerambah pada haiyang sensitif darimanusia disebabkanpakaian adalah identitas dari manusia. Artikel ini mencobamerekontruksi pemahaman ayat-ayat hukumtentang fiqh yangberwawasan nusantara. Hal ini menjadi penting, sebab didunia global pemahaman antar budaya saling berpagut danbertarung. Kontruksi pemikiran liberal semisal teori hudu alasyahrur bukan malah memperbaiki keadaan tetapimenimbulkan kekisruhan budaya. Projek rekontruksi fiqhhijab/pakaian berwawasan nusantara harus memaksimlakancendekiawan-cendikiawan nusantara yang tidak kalahkemampuannya. Quraish Syihab mendebat Syahrur tentangareal tubuh yang didefinisikan sebagai aurat dan jugapemahaman tentang juyub (lubang) apakah terkait dengantubuh atau alat untuk menutupi tubuh.
IMPLEMENTASI UU NO 6 TAHUN 2014 TENTANG DESA DALAM PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM
Hidayati, Emi
Ar-Risalah: Media Keislaman, Pendidikan dan Hukum Islam Vol 12 No 2 (2014): (Oktober 2014)
Publisher : Institut Agama Islam Ibrahimy Genteng Banyuwangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (315.369 KB)
Desa, dewsa ini menjadi pusat sorotan. Salah satunyaadalah akan ada Pengimplementasian UU No. 6 Tahun2014 tentang Desa. Satu sisi, UU baru ini adalah peluang,tetapi di sisi lain adalah tantangan. Sebagai peluang desaakan diberi otonominya untuk membangun dan melakukanpemberdayaan masyarakatnya. Di sisi lain, turunnya danadesa yang sangat banyak menyisakan problem dari sisibagaimana transparansi keuangan tersebut. Mayoritaspenduduk negara Indonesia adalah beragama Islam harusdisambut sebagai peluang untuk mengembangkan potensimasyarakat Islam. Sinergi antara pemerintah pusat dandaerah menjadi ?harga mati? sebab 2 lembaga inilah UUdesa ini akan tercapai tujuannya. Angan-angan desasebagai pusat perekonomian akan menjadi kenyataanapabila syarat- syarat sebagai desa ideal terpenuhi. Dalamkonteks regional Pemerintah Propinsi dan Kabupatenperlu bekerja sama dengan berbagai stakeholders untukmembangun program dan kegiatan dalam mengawaldesa, khususnya melakukan training atau pelatihan dalamimplementasi UU No 6 Tahun 2014 dalam penerapandana desa agar tidak terjadi penyimpangan dan optimaldalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa
MANAJEMEN PENGELOLAAN ZAKAT, INFAQ, DAN SHADAQOH (Sebuah Analisis Teoritis)
Multazim A.A
Jurnal Ilmiah Ar-Risalah: Media Ke-Islaman, Pendidikan dan Hukum Islam Vol 12 No 2 (2014): (Oktober 2014)
Publisher : LPPM IAI IBRAHIMY GENTENG BANYUWANGI
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Pemberdayaan masyarakat menjadi sangat penting dalammasyarakat Islam. Tentunya, aktifitas tersebutmembutuhkan pendanaan. Islam sebagai agamarohmatan lil alamin telah menyusun ajaran yang mengaturpengelolaan dana untuk pemberdayaan melalui syariatZakat, infaq dan shodaqoh (ZIS). Untuk mencapai tujuantersebut, perlu dilakukan ilmu pengelolaan (manajemen)dana sehingga tercapai tujuan ZIS. Tentunya, sistempengelolaan tersebut harus berdasarkan syariat Islam.Kalau dahulu, tata kelola ZIS diatur dalam ilmu fiqh, tetapidengan bertambahnya kompleksitas yang dihadapimanusia maka perlu ada perombakan besar-besaran yaknidengan memasukkan ilmu manajemen dalampemahamanfiqh ZIS. Ada empat hal yang harus diperhatikan dalammanajemen pengelolaan zakat Manajemen Pengumpulan,Manajemen Operasional, Manajemen Pentasharufan danManajemen Pengendalian.
ZAKAT DAN SEDEKAH BERBASIS KOMUNITAS MASJID (Studi Kasus Pengelolaan ZIS di Kecamatan Purwoharjo Banyuwangi)
Irfan Afandi
Jurnal Ilmiah Ar-Risalah: Media Ke-Islaman, Pendidikan dan Hukum Islam Vol 12 No 2 (2014): (Oktober 2014)
Publisher : LPPM IAI IBRAHIMY GENTENG BANYUWANGI
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Program Pendampingan Manajerial Zakat dan Sedekahberbasis Komunitas Masjid ini bertujuan untukmenguatkan fungsi masjid dalam pemberdayaanmasyarakat. Pendapingan ini dilaksanakan diKecamatan Purwoharjo kabupaten Banyuwangi. Adatiga metode yang akan dilaksakan dalam pengabdian iniyakni, metode kemitraan, metode partisipasi, danmetode kolaborasi dan kooperasi. Pendampingan inidilaksankan oleh tim STAI Ibrahimy yang berkolaborasidengan MWC NU Purwoharjo. Hasil dari pendapingan iniadalah membentuk lembaga Amil zakat, infaq dansedekah berbasis komunitas masjid yang menerapkanmanajemen modern yang menjadi pilot projectpengelolaan zakan, infaq dan sedekah. Ada 21kelompok komunitas masjid yang melaksanakanpengelolaan zakat dan sedekah denganmempergunakan manajemen pengumpulan danpentasyarufan untuk pemberdayaan masyarakat.
PENDIDIKAN NILAI MELALUI PENDEKATAN KOMPREHENSIP UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR
Zidniyati Zidniyati
Jurnal Ilmiah Ar-Risalah: Media Ke-Islaman, Pendidikan dan Hukum Islam Vol 12 No 2 (2014): (Oktober 2014)
Publisher : LPPM IAI IBRAHIMY GENTENG BANYUWANGI
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Sekolah dasar merupakan masa yang amat penting untukmembiasakan siswa berperilaku mulia. PendekatanKomprehensip merupakan salah satu pendekatan dalampendidikan nilai. Dalam tulisan ini dibahas mengenaikonsep pendidikan nilai dan wacana mengenaipendekatan nilai. Diawali dengan uraian mengenai definisipendidikan nilai, diikuti dengan pengertian nilai, danmacam-macam nilai. Diskusi mengenai domainperkembangan moral menjadi topik selanjutnya yangdibahas dalam tulisan ini. Bagaimana prosespembentukan nilai dapat dilakukan dan pendekatan apayang tepat untuk diterapkan di sekolah dasar menjadikajian selanjutnya dalam tulisan ini. Perkembangan moraldan kognitif siswa sekolah dasar dan evaluasi pendidikannilai menjadi bagian akhir pada tulisan ini.
ZAKAT PROFESI DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM
Kholilur Rahman
Jurnal Ilmiah Ar-Risalah: Media Ke-Islaman, Pendidikan dan Hukum Islam Vol 12 No 2 (2014): (Oktober 2014)
Publisher : LPPM IAI IBRAHIMY GENTENG BANYUWANGI
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Tulisan ini berangkat dari dasar pemikiran banyaknyaproblem ekonomi dan pendidikan yang dialamimasyarakat Indonesia khususnya Umat Islam.Kemampuannya sering dipandang sebelah mata olehsebagian kalangan, karena kemampuannya yangdianggap tidak representatif apabila dibanding denganjumlah penganutnya dalam membangun kekuatanekonomi dan kemajuan dibidang pendidikan. Secararepsentatif.keberadaan umat islam di “identik” dengankemiskinan, keterbelakangan dan level negatif lainnya.Pada bagian lain, keradaan Islam sebagai agama tidakhanya melahirkan konsep ritual semata, tetapi hadirsebagai sistem nilai yang dapat mewarnai perilakuumatnya ke arah khidupan yang lebih baik. Melalui susdutpandang ini, zakat -khususnya zakat profesi- memilikipotensi strategis yang layak dikembangkan menjadi salahsatu instrumen pemerataan pendapatan umat islamdilndonesia. Upaya pengenatasan kemiskinan sebenarnyatelah banyak dilakukan oleh pemerintah, terutama dengankeluaranya paket kebijakan UU Nomor 32 Tahun 2004Tentang Pemerintahan Daerah, yang salah satumaksudnya adalah untuk meningkatkan kesejahteraanmayarakat daerah yang dimekarkan. Namu setelah dievaluasi, ternyata paket tersebut hanya mampumelahirkan “pemerataan” kemiskinan, atau “migrasikemiskinan” dari daerah induk ke daerah pemakaranMengingat umat islam di Indonesia merupakan pendudukmayoritas, maka merupakan sebuah keniscayaan apabilapotensi yang dimiliki kita kembangkan untuk kepentinganpihak lain yang lebih membutuhkan. Potensi yang lebihberpeluang untuk dikembangkan adalah zakat sebagaibagian integral dari norma keberaagamaan umat islam.