Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter
The journal acts as a medium of publication the result of research covering the learning innovation theme from the elementary to higher education level. The journal also acts as a medium of disseminating research thought conducted by teachers and lecturers. In substance, the articles published in the journal are projected to inspire circles of education in conducting innovation in the teaching and learning process.
Articles
10 Documents
Search results for
, issue
"Vol 8, No 1 (2023): Edisi Januari 2023"
:
10 Documents
clear
PENINGKATAN KOMPETENSI BELAJAR INDUKSI MAGNET DAN ELEKTROMAGNETIK MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS PROBLEM POSING
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 8, No 1 (2023): Edisi Januari 2023
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
In learning Physics, students are often faced with materials that are abstract and verbal. The impact of these conditions causes students to be unable to understand the material, less active, creative, and unable to work on more varied questions. have an impact on learning outcomes that have not been completed. The goal to be achieved in this study is to apply problem posing cooperative models to increase the creativity of Magnetic and Electromagnetic Induction materials; describe the increase in results Classroom action research was carried out in two cycles. Each cycle consists of four stages, including preparation, action, training and evaluation, as well as reflection analysis. The first and second cycles consisted of three meetings The results of the action were able to increase the average creativity of students from a less average to very good. Acquiring the value of learning outcomes before the action averaged 66.91 which was completed only 50.00% increased the average value to 73.38 and which was completed 70.58% with KKM 75. After reflection in the second cycle, the learning outcomes at the end of the cycle test showed an increase in the class average of 78.08 and 88.23% completeness. From the results of the discussion it can be concluded that with problem posing-based cooperative learning the creativity of students increases, so that learning outcomes also increase.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN SISWA PADA MATERI WAWASAN NUSANTARA DENGAN MODEL DEBAT
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 8, No 1 (2023): Edisi Januari 2023
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Minat dan partisipasi aktif siswa kelas X MIPA 2 MAN 2 Semarang kurang dalam proses pembelajaran yang berakibat perolehan nilai. Nilai PKn yang dicapai pada ulangan harian pertama terendah dari 11 kelas dengan nilai rata-rata 27, jumlah siswa yang kompeten 3, 33 tidak kompeten dengan ketuntasan 8,3%, KKM di bawah 75. Ketuntasan belajar menengah diharapkan 85%. Masalah yang akan dikaji dengan menggunakan Model Debat untuk meningkatkan kompetensi siswa pada materi Wawasan Nusantara sesuai dengan kompetensi dasar mata pelajaran PKn adalah mengkarakterisasi makna penting Wawasan Nusantara dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dalam waktu 4 bulan dari bulan Januari sampai dengan April 2022 dengan menggunakan dua siklus. Subyek penelitian berjumlah 34 orang. Berdasarkan hasil temuan disimpulkan bahwa penggunaan Model Debat dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep pembelajaran Wawasan Nusantara dapat meningkatkan minat dan peran aktif siswa. Disarankan kepada guru PKn agar kreatif dalam inovasi pembelajaran dan mencoba menggunakan Model Debat dalam pembelajaran PKn.
“DEMO BULAN JULI” UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI BELAJAR SISWA PADA OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT KELAS VI
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 8, No 1 (2023): Edisi Januari 2023
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui Demonstrasikan Bukti Langsung Jual Beli (Demo Bulan Juli) bagi siswa kelas VI MI Negeri 3 Banjarnegara pada materi operasi hitung bilangan bulat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas, dengan melakukan dua tindakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian penggunaan metode Demo Bulan Juli dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari pra siklus aktivitas tinggi 7 siswa menjadi 19 siswa pada akhir siklus II. Hasil belajar meningkat dari pra siklus nilai rata-rata 65,65 menjadi nilai rata-rata 80,86 pada akhir siklus II berarti telah terjadi peningkatan nilai sebesar 15,21. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Metode Demonstrasikan Bukti Langsung Jual Beli (Demo Bulan Juli) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM TATA SURYA DENGAN METODE DISKUSI BERBANTUAN DADU KUSORA
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 8, No 1 (2023): Edisi Januari 2023
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa kelas VI pada materi sistem tata surya yang disebabkan proses pembelajaran yang dilakukan guru masih menggunakan metode ceramah, tidak ada tanya jawab dan diskusi kelompok, serta tidak ada media yang digunakan guru dalam materi ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran, peningkatan hasil belajar, serta perubahan perilaku yang menyertai peningkatan hasil belajar IPA materi sistem tata surya menggunakan metode diskusi berbantuan dadu kusora. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah 25 siswa kelas VI SDN Sriwedari 2 tahun pelajaran 2017/2018. Dari hasil pengolahan data Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan metode diskusi berbantuan dadu kusora, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode diskusi berbantuan dadu kusora memberikan dampak positif bagi proses pembelajaran IPA materi sistem tata surya, karena dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam proses pelaksanaan pembelajaran, hasil belajar, serta perubahan perilaku yang menyertai peningkatan hasil belajar siswa.
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA QUIZIZZ DALAM MATERI AJAR KETERAMPILAN MENULIS SURAT LAMARAN PEKERJAAN
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 8, No 1 (2023): Edisi Januari 2023
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil keterampilan menulis surat lamaran pekerjaan pada peserta didik kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 3 Tegal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis surat lamaran pekerjaan dan untuk mengetahui perubahan perilaku pada pembelajaran menulis surat lamaran pekerjaan dengan model Problem Based Learning berbantuan media Quizizz. Adapaun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui tes dan non tes. Teknik tes dilakukan sebanyak dua kali yaitu pada siklus I dan siklus II. Bentuk tes tertulis diperoleh melalui penilaian tes esai dan tes praktik menulis surat lamaran pekerjaan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media Quizizz. Sedangkan data nontes diperoleh melalui lembar observasi, lembar wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis data penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan. Nilai pengetahuan tahap prasiklus mencapai ketuntasan. Nilai keterampilan tahap prasiklus mengalami peningkatan yang cukup signifikan, Nilai sikap tahap prasiklus mengalami peningkatan pada setiap siklus. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan adanya peningkatan hasil tes keterampilan menulis surat lamaran pekerjaan dan perubahan perilaku peserta didik setelah melalui model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Quizizz.
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EDITORIAL MELALUI MODEL THINK TALK WRITE (TTW) BERBANTUAN MEDIA VIDEO
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 8, No 1 (2023): Edisi Januari 2023
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis teks editorial dan perubahan perilaku pada pembelajaran menulis teks editorial melalui Model Think Talk Write (TTW) Berbantuan Media Video pada Peserta Didik Kelas XII MIPA 6 SMA Negeri 3 Tegal Semester I Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini dilaksanakan pada pertengahan bulan Juli sampai dengan awal bulan November 2022. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus ada 3 pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes dan nontes. Alat pengumpulan data yang digunakan berupa karya peserta didik dalam menulis teks editorial, hasil tes pengetahuan tentang struktur dan kebahasaan teks editorial, dan hasil observasi berupa penilaian sikap peserta didik selama pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan keterampilan menulis teks editorial yang signifikan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat kenaikan nilai keterampilan menulis, pengetahuan, dan sikap melalui model Think Talk Write (TTW) .
PENINGKATAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI INTERPRETASI CITRA MELALUI DISCOVERY LEARNING DENGAN GOOGLE EARTH
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 8, No 1 (2023): Edisi Januari 2023
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Tujuan dari penelitian ini guna menjelaskan: (1) Peningkatkan hasil belajar sub bab interpretasi citra dengan model pembelajaran Discovery Learning melalui media Google Earth, (2) Peningkatkan perilaku peserta didik pada materi Interpretasi Citra melalui model pembelajaran Discovery Learning dengan media Google Earth. Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas XII IPS 2 Semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023, sebagai sampel penelitian ini sejumlah 34 siswa terdiri dari 14 laki-laki dan 20 perempuan. Penelitian ini bertempat di SMA N 3 Tegal. Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu teknik tes dan nontes (pengamatan, jurnal, dokumentasi). Berikut adalah hasil penelitianya: 1) Keadaan awal, menyatakan daya serap pada nilai pengetahuan semua siswa hanya sebanyak 35% yang artinya berada jauh dibawah ketuntasan klasikal yang ditentukan yaitu mencapai 85%, 2) Di siklus pertama daya serap klasikal sebesar 76% yang berarti masih dibawah ketuntasan klasikal, 3) Pada siklus dua, menyatakan daya serap klasikal sebesar 88% berada di atas ketuntasan klasikal yang ditentukan yakni 85%. Berdasarkan hasil penelitian bisa dibuat kesimpulan bahwa ada kenaikan hasil belajar dan perilaku melalui model pembelajaran Discovery Learning dengan media Google Earth .
PENINGKATAN KEMAMPUAN MATERI AL QUR’AN DAN HADITS MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARMING
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 8, No 1 (2023): Edisi Januari 2023
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Materi Al-Qur'an dan Hadits di tingkat sekolah menengah atas yaitu memahami Al-Quran dan Hadits dan ijtihad sebagai hukum islam. Namun, diketahui dari hasil observasi pada proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam, penulis menemukan permasalahan khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu, Dari hasil ulangan harian hanya (50%) dari jumlah siswa 20 orang siswa yang telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Berangkat dari hal tersebut, maka perlu dilakukan suatu tindakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa tersebut, dalam hal ini yaitu strategi pembelajaran cooperative learning. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah strategi pembelajaran model cooperatif learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada materi memahami Al-Quran dan Hadits, serta ijtihad sebagi sumber hukum islam. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Adapun hasil penelitian, menunjukkan bahwa melalui penerapan model cooperatif lerning, dapat meningkatkan hasil belajar siswa X SMA Negeri 1 Longkib, dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar sebelum dilakukan tindakan siklus I, siklus II, serta siklus III. Sebelum dilakukan tindakan hasil belajar siswa tergolong kurang dengan rata- rata 50%, terjadi peningkatan pada siklus I dengan rata-rata 65%, kemudian meningkat pada siklus II dengan rata-rata 75%, hingga pada siklus III terjadi peningkatan secara optimal dengan rata-rata 85% yaitu kategori baik.
PENGEMBANGAN UJI KOMPETENSI SKEMA KLASTER INSTALASI KABEL JARINGAN BERBASIS SISTEM INFORMASI
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 8, No 1 (2023): Edisi Januari 2023
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Pandemi covid 19 berdampak pada proses pembelajaran yang beralih ke online sehingga siswa XI SMK jurusan Teknik Komputer Jaringan yang mengikuti ujian kompetensi di sekolah mengalami kendala yaitu kurangnya siapnya siswa dalam pengujian kompetensi dikarenakan belum ada media pembelajaran yang memudahkan siswa dalam mempelajari materi apa saja yang akan diujikan.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menganalisis kelayakan, kepraktisan dan menganalisis efektivitas sistem informasi pada siswa kelas XI SMK jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah RnD dengan pendekatan ADDIE. Penelitian ini melibatkan dua validator ahli media, dua validator ahli materi, dan dua puluh satu siswa. Sistem informasi diimplementasikan pada uji klaster pertama yaitu instalasi kabel jaringan. Pengumpulan data menggunakan observasi analisis kebutuhan, angket uji kelayakan sistem informasi, pre-test dan post-test kepada siswa. Kemudian data dianalisis menggunakan mean, analisis deskriptif persentase, Paired sample t-Test, dan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) uji kelayakan sistem informasi menunjukkan rata-rata sebesar 4,79 untuk media yang dikategorikan sangat layak dan 4,71 untuk materi yang dikategorikan sangat layak; 2) uji kepraktisan sistem informasi menunjukan rata-rata skor keseluruhan yaitu 97% dengan kriteria praktis ; 3) media sistem informasi dinyatakan efektif dalam meningkatkan kometensi siswa dengan rata-rata N-gain sebesar 73% dikategorikan cukup efektif.
PENINGKATAN KOMPETENSI MATERI AJAR PERTUMBUHAN DAN PEMBANGUNAN EKONOMI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 8, No 1 (2023): Edisi Januari 2023
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Keberhasilan pengimplementasian suatu model pembelajaran akan bergantung pada keterampilan guru dalam menggunakan metode, teknik, dan taktik pembelajaran. Keterampilan dasar mengajar sangat diperlukan, agar guru dapat melaksanakan perannya dalam proses pembelajaran secara efektif dan efisien. Di samping itu, keterampilan dasar merupakan syarat mutlak agar guru bisa mengimplementasikan berbagai model pembelajaran di kelas. Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam penelitian tindakan ini dilakukan dalam 2 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dari 60,72% % pada Siklus l, dapat meningkat menjadi 100 % pada siklus II. Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together pada materi pertumbuhan dan pembangunan adalah efektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Longkib Kota Subulussalam.