cover
Contact Name
Eko Supraptono
Contact Email
eko@i-rpp.com
Phone
-
Journal Mail Official
eko@i-rpp.com
Editorial Address
Jalan Sampangan Baru IV B / 9 A Semarang
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia
ISSN : 24772240     EISSN : 24773921     DOI : -
Core Subject : Education,
The journal is a scientific publication of research articles from the educational sphere, where every issue has a theme as the focus of the publication.
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2021): Januari - April 2021" : 15 Documents clear
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS WARTA BAHASA SUNDA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING Aprilani, Ani
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 6, No 1 (2021): Januari - April 2021
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIDANG STUDI EKONOMI PADA MATERI PERTUMBUHAN EKONOMI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION -, Darmian
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 6, No 1 (2021): Januari - April 2021
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hasil belajar siswa pada bidang studi ekonomi materi pertumbuhan ekonomi menunjukkan hasil yang rendah. Berdasarkan hasil pra siklus diperoleh kesimpulan bahwa masih banyak siswa yang belum mencapai tujuan yang diharapkan, hanya 5 orang dari 24 siswa yang mencapai KKM yang ditetapkan. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ekonomi pada pokok bahasan pertumbuhan ekonomi melalui model pembelajaran group investigation. Data yang dianalisis untuk mendeskripsikan ketuntasan hasil belajar siswa diperoleh dari tes akhir baik siklus I maupun siklus II.  hasil penelitian menunjukkan nilai terendah dari 25 menjadi 60, tertinggi dari 80 menjadi 90, dan nilai rata-rata dari 65,63 menjadi 82,29. Secara teoretis penelitian ini bermanfaat untuk memperluas teori yang sudah ada dengan menumbuhkan hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran ekonomi melalui metode group investigation dapat meningkatkan kriteria ketuntasan minimal. Manfaat secara praktik, bagi siswa dapat meningkatkan hasil evaluasi untuk mencapai KKM, memupuk sikap saling menghargai pendapat orang lain, meningkatkan penguasaan materi pelajaran, dan mempertinggi peran serta siswa secara perorangan. Bagi guru penelitian ini dapat meningkatkan kinerja guru, meningkatkan pemahaman dan pengalaman dalam proses pembelajaran, dan meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola proses pembelajaran.
PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN EFEKTIF MELALUI MODEL SUPERVISI OBSERVASI KELAS -, Mujiyono
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 6, No 1 (2021): Januari - April 2021
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu tugas kepala sekolah adalah melaksanakan supervisi  di sekolah yang menjadi tanggung jawabnya. Untuk melaksanakan supervisi observasi kelas secara efektif diperlukan keterampilan konseptual, interpersonal dan teknikal. Salah satu upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah melalui peningkatan kinerja guru dalam proses belajar mengajar yang dilakukan melalui pembinaan supervisi observasi kelas kepala sekolah. Tujuan dari penelitian tindakan sekolah ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peningkatan kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran yang efektif di SDN Kedungjati 01 melalui supervisi observasi kelas. Dalam penelitian tindakan ini dilakukan dalam 3 siklus. Berdasarkan hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan kinerja guru dengan mencapai standar ideal. Pada siklus 1 tingkat kinerja guru menduduki angka 57,5%. Kemudian meningkat menjadi 67,5% pada siklus 2 dan terjadi peningkatan kembali pada siklus 3 yang mencapai 78,75%. Hasil penelitian tindakan sekolah ini menunjukkan bahwa penerapan supervisi observasi kelas kepala sekolah dapat meningkatkan kinerja guru dengan ketuntasan mencapai 100%. Tanggapan guru adalah sangat positif terhadap pembinaan yang dilakukan kepala sekolah melalui supervisi observasi kelas.   © 2021 Jurnal P 
PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MEMBUAT DAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA MELALUI PENDEKATAN SUPERVISI KLINIS CONTOH DISKUSI KERJA (CONDISKER) -, Mulyono
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 6, No 1 (2021): Januari - April 2021
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kemampuan guru dalam membuat dan menggunakan alat peraga masih rendah, berdasarkan hasil supervisi yang dilakukan terhadap enam guru kelas, diperoleh hasil yang menunjukkan dua orang guru dengan nilai 40 (kurang) dan empat guru dengan nilai 30-35 (sangat kurang). Penelitian ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam membuat dan menggunakan alat peraga. Tujuan khusus dalam penelitian ini, yaitu mendeskripsikan peningkatan kemampuan guru dalam membuat dan menggunakan alat peraga serta mendeskripsikan cara pendekatan supervisi klinis condisker dalam meningkatkan kemampuan membuat dan menggunakan alat peraga. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan sekolah. Data yang dianalisis adalah data kuantitatif yang berupa nilai angka dengan cara membandingkan perolehan pada siklus I dengan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan nilai tertinggi pada siklus I adalah 73 dan terendah 48. Nilai tertinggi pada siklus II adalah 93 dan terendah 63. Manfaat dalam penelitian ini secara teoretis  diharapkan  menjadi salah satu penyumbang teori supervisi akademik  dalam pembuatan serta penggunaan alat peraga pada guru lewat pendekatan supervisi klinis condisker. Secara praktis, manfaat dalam penelitian ini dibagi menjadi tiga yaitu bagi guru, sekolah, dan kepala sekolah. Bagi guru dapat membuat serta menggunakan alat peraga membaca menulis permulaan sehingga berdampak pada peningkatan mutu siswa, bagi sekolah tersedianya kelengkapan alat peraga pada setiap pembelajaran, dan bagi kepala sekolah  penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai rujukan dalam membimbing guru kelas.
UPAYA PENINGKATKAN KOMPETENSI GURU MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DALAM PELAKSANAAN STANDAR PROSES PEMBELAJARAN Patiah, Patra
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 6, No 1 (2021): Januari - April 2021
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan guru dalam pelaksanaan standar proses pembelajaran. Hal tersebut disebabkan oleh lemahnya pengelolaan, pengorganisasian dan pengembangan institusi. Upaya yang dapat dilakukan yakni lebih dititikberatkan kepada peningkatan mutu sumber daya manusia, khususnya kemampuan dalam pelaksanaan standar proses pembelajaran. Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini dirancang dalam dua siklus, dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru SMA Negeri 86 Jakarta Selatan ini sebanyak 9 guru. Hasil penilaian menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan pada setiap siklusnya, pada kondisi awal nilai rata-rata sebesar 86,44 dan masuk dalam kategori cukup, pada siklus pertama nilai rata-rata perolehan sebesar 69,72 dan masih masuk dalam kategori cukup, sedangkan pada siklus kedua perolehan nilai rata-rata perolehan sebesar 85,29 dan masih masuk dalam kategori baik. sehingga dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan penelitian tindakan sekolah untuk meningkatkan kompetensi guru dalam kegiatan pembelajaran melalui supervisi akademik dinyatakan berhasil dan selesai pada siklus kedua.
OPTIMALISASI PERAN MGMP INTERNAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMBUATAN ADMINISTRASI GURU Komariah, Siti
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 6, No 1 (2021): Januari - April 2021
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu tugas kepala sekolah adalah tugas manajerial, sehingga sumber daya yang ada dapat dimanfaatkan secara optimal untuk mencapai tujuan sekolah secara efektif. Penulisan ini  bertujuan mengetahui tahapan untuk mengoptimalkan MGMP internal  dan mengetahui dampak positif  internal yang dapat meningkatkan pembuatan administrasi guru. Metode penyelesaian masalah yang digunakan dengan tiga tahapan yaitu pendampingan, pemberdayaan dan Supervisi. Hasil penelitian yang didapat antara lain pendampingan yang dipimpin oleh kepala sekolah untuk melakukan diskusi dengan ketua  terkait dengan permasalahan administrasi,  kedua pemberdayaan  merupakan wadah untuk berdiskusi sesama guru mata pelajaran yang dilaksanakan setiap satu minggu sekali yang dikoordinir oleh ketua MGMP,  dan  ketiga supervisi  dengan melakukan supervisi administrasi terhadap semua guru dengan mengevaluasi administrasi guru dibantu oleh ketua. Simpulan penelitian adalah muncul dampak positif antara lain guru-guru yang sudah mendapatkan pelatihan diluar sekolah semakin mumpuni karena ilmu yang diperoleh dari pelatihan bisa langsing dapat diterapkan, sesama guru baik mata pelajaran serumpun maupun tidak akan bertukar pengalaman sehingga akan saling menutupi kelemahan yang ada dan  semua guru berlomba untuk melengkapi administrasinya secara lengkap dan cepat.  Manfaat yang didapat dari penelitian ini adalah profesionalitas guru semakin meningkat dan meningkat pula kualitas pendidikan di sekolah.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIDANG STUDI PKN PADA POKOK BAHASAN NORMA KEHIDUPAN BERBANGSA MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS BELAJAR DAN RESITASI Zahid, Muhammad
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 6, No 1 (2021): Januari - April 2021
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan  tidak lagi mengutamakan pada penyerapan melalui pencapaian informasi, tetapi lebih mengutamakan pada pengembangan kemampuan dan pemrosesan informasi. Fakta yang ditemukan di SMA Negeri 1 Singkil Utara  menunjukkan siswa belum merespon dengan baik dan aktif di dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil Pre test yang diberikan pada siswa Kelas XI IPS-1 SMA Negeri 1 Singkil Utara  hanya 16 dari 31 siswa saja yang sudah mencapai nilai KKM. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti melakukan penelitian dengan menerapkan  metode pemberian tugas dan resitasi untuk meningkatkan hasil belajar bidang Studi PKN pada siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan teknik analisis  data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan  hasil belajar menggunakan  metode pemberian tugas belajar dan resitasi. Hal ini dibuktikan dari persentase ketuntasan belajar klasikal siswa meningkat dari setiap siklusnya, di mana pada kondisi awal (Prasiklus) nilai rata-rata tes pormatif 66,45 dan ketuntasan belajar klasikalnya sebesar 51,61%, Pada Siklus I nilai rata-rata tes pormatif 77,42 dan persentase  ketuntasan belajar klasikal sebesar 70,97% dan Pada Siklus II nilai-nilai tes formatif 87,42 dan pesentase ketuntasan belajar klasikalnya sebesar 90,32%.
IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN Berampu, Antoni
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 6, No 1 (2021): Januari - April 2021
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Manajemen peningkatan mutu lulusan yang direncanakan agar output yang dihasilkan mampu bersaing. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis wujud partisipasi, transparansi dan akuntabilitas para stakeholders dalam proses penyusunan, pelaksanaan dan evaluasi perencanaan sumber daya pendidikan dalam upaya peningkatan mutu lulusan SMKN 1 Penanggalan Kota Subulussalam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah observasi, wawancara dan kajian dokumen. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan (1) proses penyusunan rencana sekolah hanya melibatkan komponen intern sekolah saja, (2) pelaksanaan perencanaan bidang ketenagaan, sarana prasarana dan pembiayaan dilakukan dengan tim work oleh personil sekolah dengan dasar keahlian dan bidang jabatan masing-masing, mengkomunikasikan visi misi sekolah, dan mendelegasikan  wewenang, namun program tidak terlaksana secara komprehensif dan efektif, akibat masih rendahnya SDM, (3) evaluasi perencanaan dilakukan melalui dokumen laporan tertulis dari masing-masing pihak sebagai monitor dalam mengetahui tingkat kepercayaan masyarakat. Berdasarkan data yang ditemukan, penulis menyarankan untuk dapat memprogramkan perencanaan lebih sederhana, perlunya pembentukan tim evaluator yang terdiri dari gabungan pihak komite, warga sekolah, DU/DI, Supervisor dalam mengevaluasi program-program yang telah dirumuskan.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PERPINDAHAN KALOR MELALUI METODE DEMONSTRASI SERTA EKSPERIMEN -, Kholidin
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 6, No 1 (2021): Januari - April 2021
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kemampuan siswa dalam mencapai pembelajaran IPA masih rendah. Hal tersebut, dibuktikan dengan beberapa kali ulangan, hanya 5 siswa dari 19 siswa di kelas V yang mencapai tingkat pemahaman materi sebesar 26,32% . Hasil ulangan harian rata-rata dari 19 siswa hanya 68,4 masih jauh di bawah KKM yaitu 75. Tujuan penelitian ini secara umum untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran IPA dengan metode demonstrasi serta eksperimen dan meningkatkan prestasi belajar, sedangkan tujuan secara khusus untuk meningkatkan hasil belajar terutama pada materi perpindahan  kalor. Analisis data dalam penelitian menggunakan data kualitatif dan analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan tindakan siklus I hasil rata-rata ulangan harian meningkat dari 73,37 terjadi peningkatan 4,97%, dan pada tindakan siklus II meningkat sangat signifikan dengan rata-rata nilai ulangan menjadi 81 terjadi peningkatan 7,3%. Manfaat penelitian secara praktis bagi siswa metode demonstrasi serta eksperimen dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk membangun  serta menemukan sendiri pengetahuannya. Bagi guru sebagai masukan yang berguna untuk upaya peningkatan prestasi belajar siswa dan perbaikan kualitas proses belajar mengajar. Bagi sekolah memberikan masukan dan pembinaan pada guru untuk meningkatkan prestasi belajar IPA di sekolah.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIDANG STUDI MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN DENGAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING Hastuti, Mami
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 6, No 1 (2021): Januari - April 2021
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa untuk Sekolah Menengah Atas dikarenakan  kesulitan-kesulitan yang sering dihadapi pada setiap materi pokok pembelajaran. Hal ini terlihat dari hasil belajar yang masih belum mencapai standar KKM (80) yang telah ditentukan. Yang menjadi rumusan masalah yang ditemukan di lapangan adalah apakah metode pembelajaran problem solving dapat meningkatkan hasil belajar Bidang Studi Matematika pada pokok bahasan persamaan lingkaran siswa kelas XII IPS-1 SMA Negeri 1 Gunung Meriah sebagai upaya meningkatkan hasil belajar serta mengatasi kesulitan-kesulitan tersebut, peneliti memberikan proses perbaikan melalui metode pembelajaran problem solving. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa pembelajaran yang diberikan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya pada pokok bahasan persamaan lingkaran. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana setiap siklusnya meliputi: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, tahap evaluasi, dan tidak lanjut. Populasi yang digunakan yaitu seluruh siswa  yang digunakan adalah 1 kelas yaitu kelas XII IPS-1 yang  berjumlah 32 orang siswa dengan purposive sample. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan berganda sebanyak 20 item dengan 5 option dan juga wawancara. Siswa yang tidak tuntas belajarnya  harus mengikuti Metode Pembelajaran Problem solving sebagai proses penyembuhan. Berdasarkan analisis data, dapat diketahui bahwa rata-rata hasil  belajar pra siklus menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa hanya 69,22 dan pada metode pembelajaran problem solving siklus I adalah 82,50 dan setelah pemberian tindakan berupa metode pembelajaran problem solving siklus II diberikan dengan menggunakan metode tutor sebaya, maka didapat rata-rata hasil belajar siswa 90,16. Berdasarkan data penelitian di atas, peneliti menyimpulkan bahwa hasil belajar bidang Studi Matematika pada pokok bahasan persamaan lingkaran meningkat dengan menerapkan metode pembelajaran Probelm Solving.

Page 1 of 2 | Total Record : 15