cover
Contact Name
Herson Anwar
Contact Email
herson.anwar@iaingorontalo.ac.id
Phone
+6281392251255
Journal Mail Official
jurnaljpi.pasca@iaingorontalo.ac.id
Editorial Address
Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
Al-Minhaj
ISSN : 2622965X     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
Al-Minhaj Jurnal Pendidikan Islam adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo yang mempublikasikan tulisan ilmiah dosen, guru, mahasiswa dan peneliti. Terbit dua kali dalam satu tahun setiap 6 bulan sekali yaitu bulan Juni dan Desember berisi tulisan ilmiah dari hasil riset/penelitian, kajian kepustakaan, gagasan konseptual dan pengalaman praktis yang mencakup lingkup kajian Dasar Pendidikan Islam (Studi Al-Quran dan Hadis; Filsafat Pendidikan Islam; Sejarah Pendidikan Agama Islam), Kelembagaan Pendidikan Islam (Kebijakan Pendidikan Islam, Politik Pendidikan Islam, Pengelolaan Pendidikan Islam), Profesionalisme lingkup Pendidikan Islam (Pengembangan lingkup ilmu pengetahuan, pengembangan bahan/materi, pengembangan karir dan pekerjaan), Kurikulum Pendidikan Islam (Isi Kurikulum, Islamisasi Sains, dll), Pemanfaatan dan Pengembangan media ICT dalam dunia Pendidikan Islam, E-Learning dalam Pendidikan Islam, Lingkungan Pendidikan Islam yang memupuk nilai-nilai, Pendidikan Islam berbasis kearifan lokal, Pendidikan Karakter, Pendidikan Gender dan berbagai penelitian atau kajian yang membahas masalah fundamental/umum tentang paradigma pendidikan Islam
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2021): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam" : 20 Documents clear
PENERAPAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN PAI & BUDI PEKERTI MATERI HAKIKAT SHALAT DAN DZIKIR KELAS VII-5 DI SMP NEGERI 2 GORONTALO Roni R. Daud
Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 4 No 1 (2021): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan metode Discovery Learning dalam meningkatkan motivasi belajar pesertadidik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, khususnya materi Hakikat Shalat dan Dzikir di Kelas VII-5 SMPN 2 Gorontalo. Metode Discovery Learning diharapkan dapat menciptakan suasana belajar yang aktif dan partisipatif, di mana siswa diajak untuk menemukan konsep secara mandiri melalui eksplorasi dan interaksi. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desaineksperimen. Data dikumpulkan melalui angket motivasi belajar sebelum dan sesudah penerapan metode, serta observasi selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam motivasi belajar siswa, yang ditandai dengan peningkatan skor angket dan antusiasme siswa dalam mengikuti pelajaran. Temuan ini mengindikasikan bahwa penerapan metode Discovery Learning efektif dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti, sehingga dapat direkomendasikan sebagai alternatif strategi pembelajaran yang inovatif di sekolah.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL MATERI IMAN KEPADA HARI AKHIR (KELAS IX C SMP NEGERI 7 GORONTALO) Rusdin R. Husain
Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 4 No 1 (2021): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IX C SMP Negeri 7 Gorontalo pada materi iman kepada hari akhir melalui penggunaan media audio visual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar, observasi aktivitas siswa, dan umpan balik dari peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep iman kepada hari akhir. Rata-rata nilai siswa mengalami peningkatan dari siklus pertama ke siklus kedua, serta terjadi peningkatan dalam keterlibatan dan interaksi siswa selama proses pembelajaran.
PENGUNAAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI HORMAT DAN PATUH KEPADA GURU KELAS 3 DI SDN NO.92 KOTA UTARA Sartin Suma
Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 4 No 1 (2021): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pengunaan metode role playing untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi hoormat dan patuh kepada guru kelas 3 di SDN 92 Kota Utara. . Metode ini dipilih karena dapat mendorong partisipasi aktif siswa serta meningkatkan pemahaman konsep melalui pengalaman langsung. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk tindakan kelas dengan melibatkan 30 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes hasil belajar sebelum dan sesudah penerapan metode. Hasil menunjukkan bahwa penggunaan metode role playing secara signifikan meningkatkan keterlibatan siswa dan hasil belajar mereka, dengan peningkatan nilai rata-rata tes pasca tindakan dibandingkan dengan tes pra tindakan. Temuan ini menyarankan bahwa metode role playing efektif untuk meningkatkan sikap hormat dan patuh siswa terhadap guru. dapat dijadikan alternatif yang efektif dalam proses pembelajaran PAI untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di SDN 92 Kota Utara.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI ASMA AL-HUSNA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TIPE INDEX CARD MATCH SISWA KELAS V SD Siska
Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 4 No 1 (2021): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi asmaulhusna menggunakan metode Index Card Match. Penelitian termasuk jenis penelitian tindakan kelas sasaran dari penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 27 Kota Selatan yang terdiri dari 26 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan Tes tertulis, Observasi dan dokumentasi. dari hasil penelitian diperoleh bahwa metode Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi asmaulhusna. Sebelum diterapkannya metode Index Card Match hasil belajar siswa masih jauh dari kata tuntas. Hal ini dibuktikan dari nilai kelulusan siswa yaitu hanya mencapai 27% dari 26 siswa. Setelah diterapkannya metode Index Card Match pada siklus I maka nilai yang dicapai siswa mulai meningkat yaitu sekitar 38% dari 26 siswa. Dan pada siklus II nilai yang di capai siswa lebih meningkat menjadi 81% dari 26 siswa. pada tahap ini siswa lebih aktif mengikuti pembelajaran di banding pada tahap sebelum menggunakan metode Index Card Match hal ini dapat dilihat dari ketuntasan yang diperoleh.
MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI MEYAKINI KITAB-KITAB ALLAH DENGAN METODE MAKE A MACTH KELAS VIII SMP NEGERI 12 GORONTALO Sofyanti Sanudi
Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 4 No 1 (2021): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hasil belajar merupakan tolak ukur dalam proses pembelajaran, melakukan PenelitianTindakan Kelas (PTK) merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan prestasi belajarPeserta didik . PTK yang berjudul “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Meyakini Kitab-Kitab Allah Menggunakan Metode Pembelajaran Make A Match Pada Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 12 Gorontalo ”dengan rumusan masalah apakah dengan menggunakan metode pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada Materi Sifat – sifat mustahil bagi Allah SWT kelas VIII Semester I SMP NEGERI 12 GORONTALO ?. Data yang diperlukan penulis peroleh melalui penelitian dengan cara melakukan tindakan kelas dan wawancara dengan guru observer. Setelah dianalisis diperoleh kesimpulan sebagai berikut: A. Hakikat pembelajaran pada materi Meyakini Kitab-Kitab Allah Dengan Metode Pembelajaran make a match pada peserta didik Kelas VIII. Hakikat Meyakin Kitab-Kitab Allah yaitu dengan mempersiapkan media yang diperlukan dalam pembelajaran tersebut, C.Menerapkan Metode Pembelajaran make a match dalam proses Materi Meyakini kitab-kitab Allah. Pembelajaran dilakukan dalam dua siklus. Hasil pembahasan pada pelaksanaan perbaikan pelajaran siklus I dan siklus II Setelah diadakan perbaikan persiklus pada siklus I dan siklus II ternyata hasil belajar mengalami kenaikan, hasil dari evaluasi pada pra siklus sebesar 19 % naik menjadi 81 % pada siklus I. Kenaikan hasil ketuntasan belajar dari pra siklus ke siklus I sebesar 62 %. Karena hasil pembelajaran belum mencapai target KKTP yang ditentukan, maka perlu diadakan perbaikan pembelajaran siklus II.Pada perbaikan siklus II diperoleh hasil kenaikan yang signifikan pada siklus I dari ketuntasan belajar sebesar 81 % naik menjadi 100% ketuntasan belajar. Sehingga ketuntasan belajar peserta didik kelas VIII SMP NEGERI 12 GORONTALO dianggap telah mencapai KKTP maka tidak diperlukan lagi perbaikan pembelajaran suklus VIII. Strategi belajar peserta didik yang dilaksanakan dengan metode pembelajaran make a match tersebut dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada Materi meyakini kitab-kitab Allah
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI MATERI HIDUP DAMAI DENGAN SALING MEMAAFKAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING Sri Novita Sudarmo
Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 4 No 1 (2021): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa pada materi Hidup Damai dengan Saling Memaafkan melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning di SDN 61 Kota Timur. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pada siklus pertama, hasil observasi menunjukkan bahwa penerapan model Discovery Learning memperoleh nilai persentase 75%, yang termasuk dalam kategori baik. Namun, masih terdapat beberapa kekurangan yang memerlukan perbaikan. Pada siklus kedua, hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan model Discovery Learning terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar PAI siswa.
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING (PJBL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III MATERI ELEMEN AKIDAH-AKHLAK DI SDN NO. 86 SIPATANA Yuningsih Setiawati
Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 4 No 1 (2021): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Elemen Akidah Akhlak mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui model Project Based Learning (PjBL). Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase B Kelas 3 SDN No.86 Sipatana Tahun Ajaran 2024/2025, yang terdiri dari 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh model Project Based Learning (PjBL) berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Elemen Akidah Akhlak. Sebelum diterapkannya model Project Based Learning (PjBL) hasil belajar siswa secara klasikal hanya 8 siswa (40%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 64.0. Setelah diterapkannya model tersebut pada siklus I sebanyak 14 siswa (70%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 70. dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 19 siswa (95%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 95. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena model ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.
PENGGUNAAN METODE DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS 3 SDN 80 KOTA TENGAH Susi S, Raat
Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 4 No 1 (2021): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini penggunaan metode discovery learning dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di SDN 80 Kota Tengah pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Metode discovery learning menekankan keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar melalui eksplorasi, pengamatan, dan refleksi. Dengan menerapkan metode ini, siswa diharapkan dapat memahami konsep-konsep PAI secara lebih mendalam dan relevan dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilakukan dalam dua siklus, yang masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, tes praktik, dan wawancara, kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam Meningkatkan Prestasi belajar siswa pada materi Bakti Kepada Orang Tua Dan Guru Serta Menghormati Orang Lain. peserta didik setelah penerapan metode discovery learning . Pada siklus pertama, banyak peserta didik yang masih tergolong Sedang. Sudah ada peningkatan hasil belajar akan tetapi masih dibawah target yang diinginkan yaitu 80% dari jumlah siswa, namun di siklus kedua terjadi peningkatan yang cukup signifikan dalam preses pembelajaran Pendidikan Agama Islam . Dengan demikian, penerapan metode Discovery Learning terbukti efektif dalam meningkatkan Prestasi belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam , membantu siswa tidak hanya memahami materi, tetapi juga mengembangkan sikap dan nilai-nilai yang diajarkan dalam agama. Diharapkan penelitian ini dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan metode pembelajaran yang lebih inovatif dalam pendidikan agama.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING MATERI MELANTUNKAN SHALAWAT, SYAIR ATAU QASIDAH Zakaria Isilaku
Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 4 No 1 (2021): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi melantunkan shalawat, syair atau qasidah pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui model pembelajaran cooperative learning. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase B SDN No. 27 Kota Selatan Kota Gorontalo, yang terdiri dari 23 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan pre-test, post-test, observasi guru dan observasi siswa. Hasil penelitian diperoleh model pembelajaran cooperative learning berhasil meningkatkan hasil belajar siswa pada materi melantunkan shalawat, syair atau qasidah. Sebelum diterapkan model pembelajaran cooperative learning hasil belajar siswa secara klasikal hanya 5 orang siswa yang tuntas (21,73%) dengan nilai rata-rata 61,65. Setelah diterapkannya model tersebut pada siklus I sebanyak 12 siswa (52,17%) yang tuntas dengan nilai rata-rata 78,17 dan pada siklus II terjadi peningkatan yang signifikan sebanyak 20 siswa (87%) yang tuntas dengan nilai rata-rata 84. Dengan diterapkan model pembelajaran cooperative learning siswa lebih antusias dalam melaksanakan tugas, berdiskusi, dan melantunkan shalawat dan tingkat pemahaman mereka terhadap materi yang disampaikan sangat baik. Aktivitas siswa juga meningkat, terutama dalam hal partisipasi aktif dan kemandirian dalam kelompok yang berpengaruh besar pada peningkatan hasil belajar siswa.
PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP KISAH NABI MUHAMMAD SAW PERIODE MEKAH MELALUI METODE STORYTELLING Paisal Usman
Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 4 No 1 (2021): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kisah Nabi Muhammad SAW Periode Mekah melalui Metode Storytelling), Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase B SDN 9 Kota Barat Tahun Ajaran 2023/2024, yang terdiri dari 15 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi Hasil penelitian diperoleh metode Story Telling berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Hidup lapang dengan berbagi. Sebelum diterapkannya metode story telling hasil belajar siswa secara klasikal hanya 3 siswa (20%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 56.4. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 11 siswa (66%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 74.46 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 13 siswa (86,66%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 80.. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Page 1 of 2 | Total Record : 20


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol 7 No 2 (2025): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 7 No 1 (2024): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 6 No 4 (2024): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 6 No 3 (2024): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 6 No 2 (2024): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 6 No 1 (2023): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 5 No 4 (2023): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 5 No 3 (2023): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 5 No 2 (2023): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 5 No 1 (2022): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 4 No 4 (2022): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 4 No 3 (2022): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 4 No 2 (2022): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 4 No 1 (2021): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 3 No 4 (2021): Al-Mihnah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 3 No 3 (2021): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 3 No 2 (2021): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 3 No 1 (2020): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 2 No 4 (2020): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 2 No 3 (2020): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 2 No 2 (2020): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 2 No 1 (2019): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 2 No 1 (2019): Jurnal al-Minhaj Vol 1 No 4 (2019): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 1 No 3 (2019): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 1 No 2 (2019): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 1 No 1 (2018): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam More Issue